Media Bisnis Online | by APPKEY

News Bisnis Diskon Online Cara Terbaik untuk Meningkatkan Penjualan di Tengah...

Diskon Online Cara Terbaik untuk Meningkatkan Penjualan di Tengah Kemerosotan Daya Beli

-

Promo harga diskon dan acara promosi akan menjadi penting untuk memikat konsumen ke platform e-commerce di tengah penurunan daya beli selama pandemi, pakar dan pelaku bisnis telah menyatakan.

Direktur Riset Katadata Insight Center Mulya Amri mengatakan bahwa secara historis, acara promosi seperti Hari Jomblo tahun lalu di bulan November serta Harbolnas (Hari Belanja Online Nasional) pada bulan Desember 2019, meningkatkan penjualan online masing-masing sebesar 3,7 kali dan 5,3 kali lipat.

Angka tersebut didasarkan pada studi bersama antara media dan firma riset Katadata dan aplikasi pinjaman kredit Kredivo yang mengamati 10 juta transaksi e-commerce oleh pengguna aplikasi tahun lalu.

“Tren ini akan terus berlanjut tahun ini, tetapi kami memperkirakan volume penjualan akan turun karena daya beli masyarakat yang menurun,” katanya dalam webinar pada hari Selasa, menambahkan bahwa liburan termasuk Natal dan Hari Valentine juga mengalami sedikit peningkatan dalam penjualan online.

Itu sebabnya platform e-commerce masih harus memanfaatkan hari-hari ini untuk acara promosi, katanya. Mulya melanjutkan dengan mengatakan bahwa sementara banyak orang telah melihat kehilangan pendapatan karena pemotongan gaji, cuti dan PHK selama pandemi, beberapa orang memiliki pengeluaran yang dapat dibuang, karena bekerja jarak jauh memungkinkan mereka menghemat biaya transportasi dan pakaian.

Promo Harga Diskon Menjadi Penting Saat Ini

Belanja rumah tangga, yang menyumbang lebih dari setengah produk domestik bruto (PDB), turun 5,51 persen tahun ke tahun di kuartal kedua, karena ekonomi berkontraksi 5,32 persen untuk pertama kalinya sejak 1999.

Survei terbaru yang dilakukan oleh Lembaga Demografi Universitas Indonesia (UI) bekerja sama dengan Gojek menunjukkan bahwa 85 persen usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) yang disurvei mengalami penurunan penjualan antara Maret dan Juni.

Namun, menurut survei oleh perusahaan konsultan manajemen Redseer pada Mei, sektor e-commerce Indonesia diproyeksikan tumbuh 50 persen yoy menjadi $ 35 miliar tahun ini dari $ 23 miliar pada 2019, karena pandemi menciptakan kebiasaan baru dalam berbelanja.

Survei tersebut juga menemukan bahwa sekitar 30 persen dari responden survei mengatakan mereka baru mengenal pasar online, 40 persen di antaranya mengatakan mereka akan terus menggunakan e-commerce setelah pandemi selesai.

General Manager Kredivo, Lily Suriani, juga mengatakan bahwa konsumen mendapatkan promo harga diskon karena banyak yang menunggu harga turun sebelum membeli barang tertentu. Dia melanjutkan bahwa konsumen kini meningkatkan ukuran keranjang mereka di platform e-commerce, terutama pembeli milenial dan Gen Z, yang menyumbang 85 persen dari transaksi online.

Namun, Lily juga mengatakan generasi tua juga menunjukkan kepercayaan pada e-commerce, karena orang rata-rata melakukan pembelian di toko online 17 hingga 20 kali setiap tahun tanpa memandang kelompok umur.

“Orang-orang sekarang lebih percaya diri menggunakan e-commerce bahkan untuk membeli gadget dan mobil. Saya pikir tren ini akan terus berlanjut,” katanya kepada pers.

Namun, Ketua Indonesia E-Commerce Association (idEA) Ignatius Untung mengatakan, platform e-commerce tidak boleh berlebihan dalam memberikan promo harga diskon, karena bukan strategi bisnis yang berkelanjutan.

“Pandemi telah mendorong orang untuk tinggal di dalam rumah dan beralih ke e-commerce untuk berbelanja. Jadi meski tanpa promo harga diskon, e-commerce sudah mendapatkan daya tarik yang bagus,” ujarnya.

Kepala Pemasaran dan Aliansi Kredivo Indina Andamari Said mengatakan bahwa sekitar 70 persen dari pinjaman platform digunakan untuk pembayaran e-niaga dan untuk melayani semakin banyak pembeli online.

Perusahaan menargetkan 80% pinjamannya bisa dicairkan untuk pembayaran toko online tahun ini. “Kami juga berencana membuat produk pinjaman baru untuk usaha kecil dan menengah [UKM], tapi masih kami rumuskan,” ujarnya. Perusahaan telah melaporkan memiliki hampir 2 juta pengguna aktif, meningkat 42 persen sejak Januari.

Berita ini dilansir dari situs TheJakartaPost.
[business-about]

Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang IT, Bisnis, Ekonomi, Berita Domestik dan Global langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

Blog Post Ranking 10

7 Jenis Font Paling Sering Digunakan Oleh Para Profesional Dalam Desain Grafis

Anda seorang desainer grafis? Atau, Anda baru hendak terjun kedalam dunia desain grafis? Pekerjaan membuat desain, meski terlihat mudah,...

10 Contoh Iklan Penawaran Jasa dan Produk Paling Menarik!

Jika Anda pernah mengeluarkan produk atau layanan baru, Anda tahu betapa sulitnya mengeluarkan kata. Anda mungkin melakukan iklan penawaran...

Startup Repair Adalah ? Penyebab dan Cara Mengatasinya

Saat ini laptop menjadi alat yang memiliki peran begitu penting. Hampir semua orang menggunakan laptop untuk menyelesaikan pekerjaannya atau...

7 Prinsip Desain Grafis yang Perlu Kamu Ketahui & Pelajari

Pernahkah Anda melihat sebuah film animasi atau sebuah gambar dengan desain grafis yang cantik, estetik dan menarik? Pernahkah Anda...

Jenis-Jenis Perusahaan Jasa di Indonesia

Perusahaan dapat dibedakan menjadi dua berdasarkan komoditi yang dipromosikan ke masyarakat, yaitu barang dan jasa. Perusahaan produk sudah jelas...

14 Aplikasi Desain Taman Untuk Pemula (Gratis)

Anda adalah salah seorang yang ingin memiliki rumah dengan desain taman yang menarik maka sangat cocok sekali beberapa informasi...

Facebook Ads dan Panduan Utamanya Untuk Bisnis Anda

Hampir semua orang pernah mengakses Facebook dan dari hasil pengumpulan survey, jumlah pengguna Facebook di Indonesia pada tahun 2018...

5 Aspek Pemasaran Dalam Kewirausahaan

Aspek pemasaran dalam kewirausahaan adalah aspek-aspek yang harus Anda perhatikan sebelum Anda memulai sebuah usaha. Nantinya aspek pemasaran tersebut...

Teknologi Jaringan Tanpa Kabel Disebut ? | Pengertian & Ulasannya

Belakangan ini kita sering mendengar perusahaan-perusahaan gadget yang menawarkan aneka produk nirkabel untuk lebih memudahkan aneka pekerjaan masyarakat. Biasanya, kita...

25 Tempat Jual Beli Online Terbaik dan Terpercaya di Indonesia

Dewasa ini, berkembangnya teknologi di Indonesia memunculkan beragam startup e-commerce berkonsep tempat jual beli online yang menjual produk lengkap...

Jasa Web

Bisnis online

Pengembangan

Murah

Profesional

Toko online

SEO

Pemasaran

Tips

Jasa Aplikasi

Pembuatan Aplikasi

Bisnis online

Pemasaran

Istilah IT

TIPS

TOOLS

JASA

HARGA

Jasa Marketing

Istilah SEO

Teknik SEO

Tips Marketing

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya