Media Bisnis Online | by APPKEY

News Bisnis Brand Harus Peka Terhadap Perubahan Perilaku Masyarakat di Masa...

Brand Harus Peka Terhadap Perubahan Perilaku Masyarakat di Masa Pandemi

-

Sebelum adanya pandemi Covid-19, masyarakat lebih bebas melakukan aktivitas di luar rumah tanpa takut apapun. Namun semenjak Covid-19 menyebar di hampir seluruh dunia hingga Indonesia, beberapa wilayah seperti Jakarta pun mulai menerapkan pembatasan sosial berskala besar alias PSBB. Alasannya jelas, yakni untuk memutus mata rantai penyebaran Virus Corona.

Namun, PSBB diyakini menjadi salah satu faktor pergeseran perilaku masyarakat yang terjadi akhir-akhir ini. Teknologi memiliki peran yang sangat penting untuk menjembatani pergeseran pola perilaku masyarakat tersebut, misalnya murid yang biasa datang kesekolah untuk belajar kini diganti dengan kelas online yang memanfaatkan teknologi video conference dalam hal belajar mengajar.

Coba bayangkan jika pada situasi yang seperti ini, manusia masih belum menemukan teknologi serupa, segala aktivitas pasti akan tersendat atau bahkan tidak akan berjalan sama sekali.  Di samping itu, teknologi juga mempunyai peran penting untuk hiburan, guna menaggulangi resiko stress dan bosan karena hanya beraktivitas didalam rumah dalam jangka waktu yang lumayan lama.

Pergeseran pola perilaku masyarakat ini pun diyakini akan berlangsung hingga pandemi usai. Oleh karena itu, brand harus mampu melihat peluang yang ada. Orang-orang yang bekerja pada bidang marketing harus bisa memahami bagaimana brand mereka dapat berinteraksi dengan konsumen di masa pascapandemi.

Kebangkitan Digital Pada Masa Pandemi

Berdasarkan berita yang disampaikan oleh Kompas, terjadi lonjakan terhadap akses konten streaming dan e-learning dari 51,8 persen menjadi 56,4 persen. Selain itu, konten media yang diminati masyarakat selama pandemi juga cukup unik. Telkomsel pun mendapat peningkatan iklan digital sebesar 7,5 persen, layanan streaming 7,3 persen, dan e-learning sebesar 236 persen.

Serta ada juga peningkatan sebesar 11 persen untuk pembelian di dalam aplikasi pada aplikasi game mobile. Melihat hal ini, pemasar memerlukan perancangan terhadap berbagai strategi pemasaran dengan memanfaatkan platform-platform digital agar tetap dapat bertahan.

Fokus Pada ROI

Untuk meningkatkan ROI atau Return On Investment, para pemasar harus jeli terhadap area kinerja utama atau key result area (KRA), hal ini berguna untuk membantu pertumbuhan penjualan. Segala aktivitas maupun hasilnya pun harus selalu diawasi.

Selain itu, pemasar perlu membuat tujuan jangka pendek, menengah, serta panjang untuk mengatur strategi yang ingin diterapkan. Selain itu, pemasar perlu melakukan pertimbangan untuk beriklan pada beberapa media seperti Youtube atau instagram untuk mendapat target yang lebih luas.

Memberikan Nilai

Brand perlu merancang komunikasi interaktif yang dapat memberikan nilai terhadap produk yang ditawarkan. Pasalnya, masyarakat mendapat tekanan finansial selama pandemi ini sehingga pendapatannya berkurang.

Maka dari itu, masyarakat akan lebih fokus untuk menggunakan uangnya untuk membeli produk yang memiliki nilai dan fungsi. Brand perlu pula menggali lebih lebih dalam terhadap insight yang didapatkan dari hasil beriklan.

Sebuah aplikasi berbagi konten yang holistik, contohnya seperti SHAREit, mampu memberikan insight-insight penting. Yang paling utama adalah konten digital dan minat pengguna dan membantu brand menjangkau target audiens yang lebih luas dan tepat.

New normal akan menjadi permulaan dalam buku pemasaran yang memberikan perubahan besar akibat dari adanya pergeseran pola perilaku masyarakat. Ini akan menjadi tantangan baru bagi brand, namun yang paling penting dari semua itu adalah, baik brand maupun pemasar harus mampu beradaptasi dengan situasi krisis seperti ini agar bisa bertahan dan memenangkan pertarungan ini.


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang IT, Bisnis, Ekonomi, Berita Domestik dan Global langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

Blog Post Ranking 10

7 Jenis Font Paling Sering Digunakan Oleh Para Profesional Dalam Desain Grafis

Anda seorang desainer grafis? Atau, Anda baru hendak terjun kedalam dunia desain grafis? Pekerjaan membuat desain, meski terlihat mudah,...

10 Contoh Iklan Penawaran Jasa dan Produk Paling Menarik!

Jika Anda pernah mengeluarkan produk atau layanan baru, Anda tahu betapa sulitnya mengeluarkan kata. Anda mungkin melakukan iklan penawaran...

Startup Repair Adalah ? Penyebab dan Cara Mengatasinya

Saat ini laptop menjadi alat yang memiliki peran begitu penting. Hampir semua orang menggunakan laptop untuk menyelesaikan pekerjaannya atau...

7 Prinsip Desain Grafis yang Perlu Kamu Ketahui & Pelajari

Pernahkah Anda melihat sebuah film animasi atau sebuah gambar dengan desain grafis yang cantik, estetik dan menarik? Pernahkah Anda...

Facebook Ads dan Panduan Utamanya Untuk Bisnis Anda

Hampir semua orang pernah mengakses Facebook dan dari hasil pengumpulan survey, jumlah pengguna Facebook di Indonesia pada tahun 2018...

25 Tempat Jual Beli Online Terbaik dan Terpercaya di Indonesia

Dewasa ini, berkembangnya teknologi di Indonesia memunculkan beragam startup e-commerce berkonsep tempat jual beli online yang menjual produk lengkap...

Pemasaran Internasional Adalah ? | Fungsi, Tujuan & Contoh

Salah satu topik bahasan wajib dalam dunia bisnis dan ekonomi adalah pemasaran. Kita memang tidak akan pernah terlepas dari...

14 Aplikasi Desain Taman Untuk Pemula (Gratis)

Anda adalah salah seorang yang ingin memiliki rumah dengan desain taman yang menarik maka sangat cocok sekali beberapa informasi...

5 Aspek Pemasaran Dalam Kewirausahaan

Aspek pemasaran dalam kewirausahaan adalah aspek-aspek yang harus Anda perhatikan sebelum Anda memulai sebuah usaha. Nantinya aspek pemasaran tersebut...

Jenis-Jenis Perusahaan Jasa di Indonesia

Perusahaan dapat dibedakan menjadi dua berdasarkan komoditi yang dipromosikan ke masyarakat, yaitu barang dan jasa. Perusahaan produk sudah jelas...

Jasa Web

Bisnis online

Pengembangan

Murah

Profesional

Toko online

SEO

Pemasaran

Tips

Jasa Aplikasi

Pembuatan Aplikasi

Bisnis online

Pemasaran

Istilah IT

TIPS

TOOLS

JASA

HARGA

Jasa Marketing

Istilah SEO

Teknik SEO

Tips Marketing

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya