Black Friday dan Cyber Monday, yang sebelumnya merupakan hari penjualan pesaing, sekarang tampaknya akan muncul sebagai satu acara “ekstravaganza” e-niaga raksasa berkat peningkatan penyerapan e-niaga di antara konsumen.
Ide lama, menghasilkan hal baru
Hanya mendaur ulang wawasan dari Black Friday tahun lalu tidak akan berhasil pada tahun 2020. Pandemi Covid-19 telah merubah perilaku konsumen, akibat dari adanya pembatasan belanja di dalam toko, ritel digital mengalami peningkatan.
Pendatang baru dalam belanja online dan mereka yang siap untuk terapi ritel setelah tahun yang sulit akan ditambahkan ke “Deal hunter”, yang akan menggunakan banyak perangkat dan saluran untuk meneliti dan membeli item pilihan mereka.
Beradaptasi saat dalam perjalanan
Pemasar harus memastikan bahwa mereka telah mengalokasikan sumber daya selama periode ini untuk mengumpulkan data untuk analisis yang dapat mereka gunakan untuk bereaksi dengan cepat. Misalnya, mereka harus menetapkan anggaran media yang dapat disesuaikan naik atau turun sesuai dengan efektivitas, atau bahkan dialihkan ke saluran lain seluruhnya.
Ada kemungkinan media sosial adalah saluran pilihan tahun ini. Anggaran harus dikelola secara fleksibel dan responsif sesuai dengan saluran mana yang berkinerja terbaik pada waktu tertentu. Pemasar juga harus memastikan bahwa mereka memiliki sistem analitik dan pelaporan untuk memantau data kinerja secara real time.
Pemasar membutuhkan kemampuan untuk melihat dan bereaksi terhadap perubahan permintaan yang bergerak cepat setiap hari.
Ketergantungan yang berlebihan hanya pada penawaran otomatis dari Google atau vendor pihak ketiga harus dihindari. Sistem ini bereaksi terhadap kinerja historis yang diamati, sehingga pemasar dapat mengurangi tawaran pada saat-saat permintaan puncak dan kemudian melakukan penawaran berlebih setelah mereda.
Salah satu opsinya adalah memasang struktur kampanye campuran di mana kampanye tawaran manual dapat digunakan untuk bereaksi lebih cepat terhadap tren real time. Kampanye otomatis dan manual dapat disiapkan sebelumnya, lalu diaktifkan dan dinonaktifkan berdasarkan kinerja real time.
Pengecer juga harus memastikan bahwa umpan produk mereka dioptimalkan. Ini sudah menjadi praktik terbaik standar, tetapi meningkatkan kualitas data feed akan menuai manfaatnya musim ini. Ini harus diperbarui sedekat mungkin dengan real time dengan penyegaran harian minimal.
Pemasar harus secara proaktif membuat promosi pedagang dan menetapkan harga jual dengan tanggal efektif. Ini harus didukung dengan mengisi item dengan atribut produk yang direkomendasikan sebanyak mungkin seperti GTIN, MPN, merek, ukuran, warna, dan biaya ongkos kirim.
Kesimpulan
Perilaku konsumen baru yang muncul tahun ini akan tetap ada dan mempelajari sebanyak mungkin tentang perilaku tersebut sekarang akan memberikan anda insight untuk tahun mendatang. Pengoptimalan penelusuran berbayar yang cepat dan ringkas sekarang dapat digunakan untuk analisis di masa mendatang yang dapat meningkatan pada pencarian di situs.
Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.