Media Bisnis Online | by APPKEY

News Bisnis Apa Saja Hal Yang Perlu Dipertimbangkan Untuk Mulai Melakukan...

Apa Saja Hal Yang Perlu Dipertimbangkan Untuk Mulai Melakukan Pemasaran Influencer?

-

Pemasaran influencer bukan lagi hal yang asing bagi banyak orang. Industri ini diprediksi akan menjadi industri global senilai $15 miliar atau sekitar 211 Triliun lebih jika konversikan ke mata uang rupiah pada tahun 2022, naik dari $8 miliar pada tahun 2019. Tidak mengherankan jika CMO (Chief Marketing Officer) terus menekankan strategi pemasaran influencer dalam rencana mereka.

Dalam Survei Pengeluaran CMO Gartner 2019-2020, 74% CMO berencana untuk meningkatkan pengeluaran pemasaran sosial (termasuk pemasaran influencer) sementara 65% berencana untuk meluncurkan kampanye influencer penuh, dengan perkiraan $6,5 miliar telah digunakan untuk kampanye semacam itu pada tahun 2019.

Masalah pengikut palsu dan keterlibatan tidak autentik, dan seluk-beluk pemilihan influencer berkontribusi pada lanskap influencer yang didefinisikan dengan kompleksitas yang terus meningkat.

Selain itu, pemasar ditantang untuk berpikir secara holistic, dimana influencer cocok dengan strategi pemasaran mereka yang lebih luas. Untuk mengatasi tantangan ini dan memastikan kesuksesan jangka panjang, penting bagi pemasar untuk menilai terlebih dahulu kesiapan merek mereka untuk kemitraan influencer. Terdapat 3 pertimbangan utama untuk melakukan ini.

Menilai kinerja merek relatif terhadap influencer

Pemasar harus bertanya pada diri mereka sendiri “dapatkah merek saya memperoleh peningkatan yang signifikan dalam keterlibatan media sosial dari pos bermerek influencer atas pos merek saya?”

Sebuah riset dari Gartner menunjukkan bahwa pemasar lebih sukses daripada influencer dalam kategori otomotif, ritel khusus, dan elektronik konsumen.

Sebaliknya, mayoritas merek barang produk konsumen seperti perawatan pribadi, makanan & minuman berkinerja buruk apabila tanpa influencer.

Saat merek bekerja dengan influencer untuk terlibat dengan konsumen di sepanjang pembelian dari kesadaran hingga konversi, pemasar harus memantau langkah-langkah peningkatan merek yang dapat diatribusikan seperti tingkat keterlibatan dan pertumbuhan komunitas. Melakukan tinjauan internal ini dapat membantu membenarkan pengeluaran iklan dan menentukan apakah kemitraan ini akan menambah nilai atau tidak.

Ukur keinginan konsumen

untuk melihat lebih banyak konten influencer dalam kategori tertentu, pemasar harus bertanya pada diri sendiri “apakah konsumen menginginkan lebih banyak konten influencer dalam kategori produk saya?”

Ini adalah langkah penting dalam proses karena minat konsumen yang lebih tinggi untuk melihat lebih banyak konten influencer dapat membantu mendapatkan dukungan organisasi dan menghilangkan kesalahpahaman bahwa pemasaran influencer tidak tepat untuk suatu kategori.

Evaluasi kinerja merek relatif terhadap rekan-rekan di sektor

Pemasar harus bertanya pada diri mereka sendiri “apakah rekan-rekan sektor saya menggunakan influencer sebagai bagian dari strategi media sosial mereka yang lebih luas?”

Memahami pandangan pasar yang lebih luas akan membantu menentukan apakah dan bagaimana merek harus memanfaatkan pemasaran influencer.

Ini mungkin merupakan bagian penting dari pengalaman konsumen dalam kategori dengan aktivitas posting bersponsor dengan influencer tinggi atau berfungsi sebagai keunggulan kompetitif dan pembeda dalam kategori dengan aktivitas bersponsor rendah.

Setelah menententukan bahwa kemitraan influencer sudah sesuai, pemasar ditugaskan untuk memilih jenis influencer yang tepat dan KPI yang relevan untuk mengukur kesuksesan. Sementara influencer tingkat atas mencapai jangkauan yang luas, penelitian Gartner menunjukkan bahwa influencer yang lebih kecil membantu membangun interaksi yang lebih besar.

Pemasar yang mengeksplorasi kemitraan influencer harus mempertimbangkan untuk memulai dengan influencer yang lebih kecil dengan memanfaatkan biaya yang lebih rendah dengan potensi keterlibatan yang lebih tinggi untuk menguji dan mempelajari apakah ini merupakan strategi yang efektif untuk merek.


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang IT, Bisnis, Ekonomi, Berita Domestik dan Global langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

Blog Post Ranking 10

7 Jenis Font Paling Sering Digunakan Oleh Para Profesional Dalam Desain Grafis

Anda seorang desainer grafis? Atau, Anda baru hendak terjun kedalam dunia desain grafis? Pekerjaan membuat desain, meski terlihat mudah,...

10 Contoh Iklan Penawaran Jasa dan Produk Paling Menarik!

Jika Anda pernah mengeluarkan produk atau layanan baru, Anda tahu betapa sulitnya mengeluarkan kata. Anda mungkin melakukan iklan penawaran...

Startup Repair Adalah ? Penyebab dan Cara Mengatasinya

Saat ini laptop menjadi alat yang memiliki peran begitu penting. Hampir semua orang menggunakan laptop untuk menyelesaikan pekerjaannya atau...

25 Tempat Jual Beli Online Terbaik dan Terpercaya di Indonesia

Dewasa ini, berkembangnya teknologi di Indonesia memunculkan beragam startup e-commerce berkonsep tempat jual beli online yang menjual produk lengkap...

Facebook Ads dan Panduan Utamanya Untuk Bisnis Anda

Hampir semua orang pernah mengakses Facebook dan dari hasil pengumpulan survey, jumlah pengguna Facebook di Indonesia pada tahun 2018...

7 Prinsip Desain Grafis yang Perlu Kamu Ketahui & Pelajari

Pernahkah Anda melihat sebuah film animasi atau sebuah gambar dengan desain grafis yang cantik, estetik dan menarik? Pernahkah Anda...

Tahapan Produksi | Indikator Keberhasilan

Dalam dunia bisnis, produksi adalah hal yang wajib dilakukan. Tanpa adanya produksi, lalu bagaimana produk akan ada? Seorang pengusaha...

Pemasaran Internasional Adalah ? | Fungsi, Tujuan & Contoh

Salah satu topik bahasan wajib dalam dunia bisnis dan ekonomi adalah pemasaran. Kita memang tidak akan pernah terlepas dari...

14 Aplikasi Desain Taman Untuk Pemula (Gratis)

Anda adalah salah seorang yang ingin memiliki rumah dengan desain taman yang menarik maka sangat cocok sekali beberapa informasi...

Cara Mengedit Aplikasi Android Dengan Apk Editor

Pernahkah Anda berpikir untuk mengedit aplikasi Android? Jika pernah, ada banyak sekali pilihan aplikasi untuk mengedit aplikasi Android yang...

Jasa Web

Bisnis online

Pengembangan

Murah

Profesional

Toko online

SEO

Pemasaran

Tips

Jasa Aplikasi

Pembuatan Aplikasi

Bisnis online

Pemasaran

Istilah IT

TIPS

TOOLS

JASA

HARGA

Jasa Marketing

Istilah SEO

Teknik SEO

Tips Marketing

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya