Interaksi antara pemasaran merek dan permintaan menjadi semakin bernuansa karena pemasaran B2B menavigasi spektrum penuh saluran pemasaran. Pemasaran B2B adalah mencapai kuantum pertumbuhan pemasaran yang tepat. Pemasaran, pada akhirnya, adalah tentang memainkan permainan hak jangka pendek dan jangka panjang, dan dengan demikian, LinkedIn telah meluncurkan panduan berwawasan untuk pemasar.
Pertarungan antara metrik jangka panjang dan jangka pendek ini sedang berlangsung, dengan pemasar lebih condong ke pemasaran permintaan ketika mereka mencari dampak jangka pendek yang dapat diukur, sementara pemasaran merek sebagian besar untuk jangka panjang dan membutuhkan lebih banyak waktu untuk mengukur. Meskipun keduanya memiliki kelebihan masing-masing, ketidakmampuan untuk melihat hasil dalam jangka pendek sering kali menjadi penghalang paling produktif untuk membangun merek di antara para pemasar.
Studi oleh LinkedIn, bersama dengan Les Binet dan Peter Field dari Institute of Practitioners in Advertising (IPA), mengamati 4.000 pemasar B2B di 22 pasar untuk mendalami interaksi menarik antara pemasaran merek dan permintaan. Tema yang muncul dan jelas adalah bahwa tidak satu pun dari kedua ekstrem tersebut dapat bekerja secara terpisah dan prinsip pertumbuhan pemasaran merupakan kombinasi dari menemukan keseimbangan sempurna antara keduanya, untuk mencapai hasil dan pertumbuhan yang optimal.
Daftar Isi
Menyeimbangkan antara akuisisi dan strategi pertumbuhan pelanggan
Meskipun poin ini mungkin jelas bagi beberapa pemasar, kebenaran pemasaran ini sering terlewatkan, menargetkan pelanggan lama dan baru bersama-sama akan membantu mendorong strategi pertumbuhan yang lebih cepat dan lebih terisolasi.
Sesuai temuan IPA, membobol anggaran baru pada pelanggan baru, serta memelihara pelanggan yang sudah ada, akan memaksimalkan pertumbuhan. Penelitian menunjukkan bahwa menargetkan pelanggan baru dan yang sudah ada bersama-sama, seringkali dapat membantu menciptakan efek bisnis 1,6x lebih besar.
Mendapatkan campuran yang tepat dari konsistensi, jangkauan, dan durasi iklan
Sangat penting bagi pemasar untuk mendapatkan ketenaran agar menjadi top of mind setiap tahap corong pembelian. Sesuai temuan IPA, ketersediaan mental penting untuk B2B dan B2C yang berarti bahwa kampanye yang bertujuan untuk meningkatkan pangsa pikiran perusahaan paling efektif apakah itu B2B atau B2C.
Sekitar 77% pemasar di Asia Pasifik menjalankan kampanye merek mereka selama enam bulan atau kurang. Namun, penelitian menunjukkan bahwa pemasar harus membiarkan kampanye merek mereka berjalan selama lebih dari enam bulan sebelum dampak yang cukup besar dapat terlihat.
Kesadaran dalam skala besar tampaknya memiliki dampak terbesar pada pertumbuhan. Data menunjukkan bahwa ketika kampanye dijalankan setidaknya selama 6 bulan, mereka mencapai ketenaran dan juga membawa efek bisnis 2,2x lebih besar.
Memainkan teka-teki pemasaran jangka pendek dan jangka panjang dengan benar
Investasi seimbang dalam kampanye jangka pendek dan panjang merupakan komponen penting dari pertumbuhan. Sesuai laporan tersebut, bisnis membutuhkan aktivitas merek untuk menciptakan permintaan dalam jangka panjang, dan aktivasi untuk mengubah permintaan itu secara efisien menjadi pendapatan dalam jangka pendek.
Di Asia Pasifik, rata-rata 45% dari anggaran pemasaran dialokasikan untuk pemasaran merek dalam organisasi B2B. Investasi yang seimbang mendorong pertumbuhan. Pemasar sebaiknya mengingat untuk menerapkan aturan 50/50 saat mereka mengalokasikan investasi merek dan permintaan.
Menyeimbangkan upaya penargetan yang tajam dengan penargetan yang luas
Berfokus sebagian besar bagus tetapi, sesuai data, penargetan hiper memiliki keterbatasan. Menargetkan terlalu sempit dapat menjadi kontraproduktif karena dapat membatasi jangkauan, dengan mengabaikan lingkaran pembelian dan calon pembeli. Seringkali ada baiknya untuk menargetkan secara luas untuk menjangkau lingkaran pembelian penuh dan pembeli di masa mendatang.
Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.