Apakah Anda pernah membuat daftar belanjaan menggunakan bantuan asisten suara? atau mungkin Anda telah masuk ke situs web menggunakan login media sosial untuk pengalaman yang lebih dipersonalisasi?
Perlu Anda ketahui, jenis interaksi tersebut didukung oleh jaringan luas antarmuka pemrograman aplikasi (API) yang bekerja di belakang layar untuk menghubungkan dan mengintegrasikan berbagai sistem teknologi.
Tentunya API ini memberikan banyak keuntungan bagi organisasi, karena memberikan banyak nilai, terutama pengalaman pelanggan dan integrasi data.
Data yang akurat dan dapat ditindaklanjuti akan membantu organisasi mengerti lebih banyak tentang pelanggan dan tetap terhubung dengan mereka. Tingkat personalisasi ini juga akan menciptakan kepuasan pelanggan adalah yang menarik sehingga mendorong konversi dan memperkuat loyalitas.
Saat pandemi hadir, membuktikan dengan cepat bahwa organisasi tanpa pengalaman pelanggan yang kuat dan strategi yang berpusat pada data akan tertinggal jauh. Bisnis juga harus memikirkan bagaimana mereka mempertahankan pelanggan dalam jangka panjang.
Daftar Isi
Konektivitas API dapat tingkatkan pengalaman pelanggan
Jika Anda ingin meraih kesuksesan dalam ekonomi digital, Anda juga harus bisa memanfaatkan teknologi sebaik mungkin. Dengan pendekatan arsitektur yang mengutamakan API, perusahaan akan mendapatkan beberapa manfaatnya, seperti :
Peningkatan kualitas data pelanggan
API bertindak sebagai penghubung antara aplikasi modern dan lama. API juga memberikan kemampuan untuk memproses data transaksional penting yang mengalir antar sistem. API dapat digunakan untuk membuat tampilan 360 derajat agar pelanggan lebih memahami perjalanan dan interaksi yang mereka lakukan.
Integritas yang mulus dari sistem teknologi yang berbeda
Transformasi digital biasanya terdiri dari teknologi yang berbeda-beda, seperti CRM, platform perdagangan, dan database lama. Secara mandiri, sistem akan beroperasi dan akan mengalami kesulitan dalam berkomunikasi satu sama lain.
API dapat menghubungkan sistem ini, perjalanan pelanggan adalah yang paling penting dan dapat dilacak, serta satu tampilan pelanggan adalah sesuatu yang dapat dijangkau.
Jadwal implementasi yang dipercepat
API memungkinkan organisasi beradaptasi langsung ke dalam sistem teknologi yang digunakan dan akan meningkatkan pengalaman pelanggan akhir.
Ketangkasan dan kecepatan alur kerja yang lebih baik
Setelah fondasi arsitektur yang dipimpin API dan aplikasi pendukungnya jadi, tim teknis akan terkesan dengan kemampuan API dalam memprioritaskan masalah bisnis yang berbeda.
Efisiensi internal untuk penjualan dan layanan
Tak hanya pengguna, API juga akan menghubungkan berbagai aplikasi dan sistem organisasi serta mengintegrasikan data secara real time. Efektivitas tersebut akan memungkinkan tim pemasaran, penjualan, dan layanan untuk memiliki informasi terbaru tentang pelanggan mereka sehingga dapat memenuhi kebutuhannya.
Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.