Pandemi COVID-19 mengharuskan pemilik bisnis agara menjadi lebih kreatif. Misalnya dengan menawarkan produk atau layanan Anda kerumah konsumen Anda?
Ini akan terlihat berbeda untuk setiap perusahaan, tetapi langkah pertama yang baik adalah mempertimbangkan target Anda dan apa yang saat ini mereka lakukan di rumah.
Apa yang mereka cari yang akan mengisi waktu mereka atau memenuhi salah satu kebutuhan baru mereka? Jangan takut untuk mencoba berbagai ide pemasaran kreatif yang berbeda, karena ini adalah wilayah yang belum pernah ada sebelumnya.
Anda bukan satu-satunya pemilik bisnis yang mencoba mengetahuinya, berikut adalah beberapa cara untuk memulai taktik pemasaran baru Anda.
Cara Memulai Taktik Pemasaran Baru
1. Tunjukkan Bagaimana Produk atau Layanan Anda Dapat Digunakan di Rumah
Bergantung pada apa produk atau layanan Anda, Anda mungkin perlu berpikir out of the box tentang bagaimana konsumen dapat menggunakannya di rumah. Misalnya, jika Anda menjual sepatu atau sesuatu yang berhubungan dengan aktivitas di luar, kreativitas diperlukan.
Anda dapat menggunakan saluran media sosial dan memposting ulang foto pelanggan yang mengenakan sepatu Anda saat berjalan-jalan dengan anjingnya. Anda bisa mengubahnya menjadi pesan pemasaran yang unik, seperti, “Sepatu ini sangat nyaman sehingga Anda bisa memakainya di dalam ruangan”.
Pesan ini memang terdengar lucu, namun ingatlah bahwa humor akan membuat Anda menonjol dan selalu diingat. Menurut penelitian Chegg, 80 persen mahasiswa mengingat iklan yang membuat mereka tertawa. Dosis humor yang bagus dan kreatif akan sangat membantu.
2. Gunakan Selebriti dan Influencer untuk Pemasaran
Salah satu keuntungan dari keputusan tinggal di rumah: Selebritas dan influencer ada di rumah dan memiliki lebih banyak waktu untuk posting bersponsor. Sekarang adalah saat yang tepat untuk menjangkau influencer atau selebriti ideal tersebut dan meminta mereka untuk mewakili Anda secara online.
Saat mendekati influencer untuk kampanye iklan Anda, pastikan untuk memberikan banyak arahan kreatif. Dan untungnya, karena semua orang ada di rumah, di situlah selebriti atau influencer harus mengambil foto atau video mereka.
3. Selenggarakan Streaming Langsung di Media Sosial
Setelah pedoman jarak sosial diberlakukan, seluruh dunia menjadi virtual. Gabungan yang dihasilkan antara dunia virtual dan secara langsung paling baik dicirikan oleh fungsi video langsung di platform media sosial.
Streaming langsung telah digunakan untuk segala hal. Cobalah untuk melakukan streaming langsung setidaknya sekali seminggu, dan gunakan kesempatan ini untuk mendapatkan ide untuk serial harian atau mingguan yang terkait dengan produk Anda.
Sekarang adalah waktu yang tepat untuk mulai membangun hubungan yang lebih baik dengan pelanggan Anda. Mereka ada di rumah, bosan dan menggunakan ponsel mereka. Mereka mungkin juga belajar atau mendengar dari Anda melalui video langsung.
4. Posting Konten yang Menghibur
Alih-alih terus-menerus menjual ke pengikut Anda di media sosial dengan posting yang mengatakan hal-hal seperti, “Beli sekarang,” posting konten yang menghibur audiens Anda dan membuat mereka mencari pembaruan Anda di feed mereka.
Salah satu merek yang menguasai konsep ini adalah Death Wish Coffee. Postingan edgy dan humor gelap mereka telah membangun komunitas pembeli online yang sangat terlibat tanpa hampir tidak pernah melakukan penjualan langsung di media sosial.
Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.