Media Bisnis Online | by APPKEY

News Bisnis Mereka yang Berinovasi, Memimpin New Normal untuk Transformasi Digital

Mereka yang Berinovasi, Memimpin New Normal untuk Transformasi Digital

-

Pandemi Covid-19 menyebabkan perlambatan besar-besaran dalam ekonomi global, karena organisasi dan bahkan masyarakat terpaksa menghentikan aktivitas mereka sejalan dengan pembatasan. PBB memperkirakan kerugian ekonomi dunia akibat pandemi akan melampaui $ 1 triliun.

Namun terlepas dari biaya langsung dan menyakitkan ini, efek samping pandemi yang menonjol adalah tampaknya telah mendorong inisiatif digital lebih jauh ke dalam agenda banyak organisasi.

Kemampuan untuk meluncurkan inisiatif digital baru dengan cepat telah menjadi semakin penting, sehingga banyak organisasi sekarang menilai kembali kemampuan mereka untuk mempercepat transformasi digital dan berinovasi lebih cepat dari sebelumnya.

Peningkatan Dramatis dalam Permintaan Digital

Sebagian besar tekanan ini disebabkan oleh perubahan kebiasaan yang disebabkan oleh lockdown nasional. Laporan tahunan Bangsa Online Ofcom baru-baru ini mengungkapkan bahwa penggunaan internet Inggris melonjak ke tingkat rekor pada April 2020, karena orang dewasa menghabiskan lebih dari seperempat hari mereka untuk online.

Meningkatnya penggunaan aplikasi panggilan video, dan perpindahan dari televisi tradisional ke platform streaming video menyebabkan permintaan akan layanan digital melonjak. Seiring dengan meningkatnya permintaan untuk layanan ini, demikian pula harapan agar layanan tersebut menawarkan pengalaman yang canggih dan terhubung. Dengan kata lain, produk dan layanan digital sangat dihargai.

Bahkan ketika pembatasan mulai berkurang, pola perilaku konsumen ini dan meningkatnya ekspektasi mereka terhadap layanan digital tampaknya akan tetap ada. Hal ini menempatkan banyak organisasi dalam situasi yang sulit.

Tak pelak, anggaran telah terpukul keras olehlockdown: Gartner memperkirakan bahwa pengeluaran TI akan turun 8% dibandingkan dengan 2019. Dengan ‘bisnis seperti biasa’ masih menjadi prospek yang jauh, ada tekanan lebih besar pada organisasi untuk menemukan solusi yang memaksimalkan nilai, sumber daya dan kemampuan digital mereka yang ada jika mereka ingin berkembang dalam ‘new normal’.

Perjuangan yang Akrab

Bahkan di waktu normal, departemen TI berjuang untuk memenuhi tujuan transformasi digital mereka secepat yang dibutuhkan. Menurut penelitian, 59% direktur TI melaporkan bahwa mereka tidak dapat menyelesaikan semua proyek mereka tahun lalu.

Sebagian besar ini disebabkan oleh kompleksitas TI dan tantangan yang melekat dalam upaya mengintegrasikan berbagai sumber data, aplikasi, dan sistem dengan cara yang gesit yang mendukung tujuan transformasi. Terlalu sering, organisasi mengandalkan kemampuan menghubungkan bersama dengan integrasi point-to-point, yang tidak fleksibel dan tidak cocok dengan dinamika lingkungan IT modern.

Akibatnya, mereka merasa sulit untuk meluncurkan produk dan layanan inovatif yang berpusat pada pelanggan dengan cepat, karena mereka tidak dapat menyatukan kemampuan yang mendorong mereka dengan cara yang hemat biaya dan waktu.

Pada saat yang sama, sering kali transformasi digital sebagian besar diserahkan kepada departemen TI. Tim TI yang telah terbebani oleh tanggung jawab pemeliharaan sehari-hari semakin ditugaskan untuk mendorong seluruh organisasi ke depan, dengan dukungan terbatas dari tim lain dalam bisnis.

Maklum, hal ini menyebabkan ‘kesenjangan pengiriman’ yang semakin lebar antara apa yang diharapkan bisnis dan apa yang dapat dicapai TI. Ketika kami memperhitungkan bahwa direktur TI sekarang berpotensi memiliki lebih sedikit sumber daya yang mereka miliki, jelas bahwa solusi harus segera ditemukan.

API dan Perusahaan yang Dapat Disusun

Untuk mengatasi masalah transformasi digital mereka, banyak organisasi telah melihat API sebagai solusinya. Dengan strategi API yang diterapkan, direktur TI dapat membayangkan kembali data dan kapabilitas sebagai rangkaian ‘blok penyusun’ yang dapat digunakan kembali dan dapat dipasang masuk dan keluar untuk membangun produk dan layanan baru dengan cepat.

Dengan mengekspos API ini melalui platform integrasi, organisasi dapat menumbuhkan budaya penggunaan kembali, jadi tim TI tidak perlu memulai setiap proyek digital dari awal jika bagian dari kemampuan yang mereka butuhkan telah dibuat di tempat lain.

Inilah yang dikenal sebagai strategi perusahaan yang dapat disusun, dan ini membuat operasi menjadi jauh lebih gesit. Pada saat organisasi perlu memaksimalkan nilai sumber dayanya, mereka yang mendorong perusahaan yang dapat disusun akan menjadi contoh yang diikuti.

Satu organisasi yang menemukan nilai API untuk menavigasi tekanan normal baru adalah Rail Delivery Group, badan keanggotaan industri kereta Inggris. Menghadapi situasi di mana jumlah penumpang berkurang sebanyak 95%, Rail Delivery Group mampu beradaptasi dengan memprioritaskan inovasi digital.

Dan melengkapi dirinya dengan cepat meluncurkan layanan baru yang berhadapan dengan pelanggan untuk mendukung pekerja utama yang masih mengandalkan jaringan rel. Dengan merangkul strategi API, daripada mengerem inovasi, Rail Delivery Group telah mampu menghubungkan berbagai sumber data, untuk memberi pelanggan gambaran gabungan tentang segala sesuatu yang mungkin memengaruhi perjalanan mereka.

Seperti pembaruan langsung di fasilitas yang tersedia di stasiun, atau ketersediaan tempat duduk di kereta, untuk membantu menjaga jarak sosial. Saat industri kereta api meningkatkan kapasitas sekali lagi.

New Normal

Cukup adil untuk mengasumsikan bahwa ‘normalitas’ seperti yang kita tahu tidak akan kembali untuk beberapa waktu, dan pandemi akan meninggalkan bekas permanen pada bisnis dan masyarakat. Namun peran yang dimainkan pandemi dalam mempercepat transformasi digital pada new normal adalah salah satu efek jelas yang tidak dapat diabaikan oleh organisasi.

Banyak yang sudah menerapkan inisiatif digital jauh sebelum krisis, dan sekarang sedang mempertimbangkan untuk mempercepat proyek-proyek tersebut untuk menangani dampaknya pada kelangsungan bisnis. Semua ini telah secara efektif menggarisbawahi nilai transformasi digital, dan mendorong bisnis dari semua jenis untuk menata rumah digital mereka.

Dalam ‘new normal’, API telah muncul sebagai katalisator efektif untuk transformasi digital. Dengan membuka nilai dari sumber daya yang ada, organisasi dapat mengaktifkan ketangkasan yang diperlukan untuk memenuhi tuntutan digital baru.

Berita ini dilansir dari situs ITProPortal.
[business-about]

Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang IT, Bisnis, Ekonomi, Berita Domestik dan Global langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

Blog Post Ranking 10

7 Jenis Font Paling Sering Digunakan Oleh Para Profesional Dalam Desain Grafis

Anda seorang desainer grafis? Atau, Anda baru hendak terjun kedalam dunia desain grafis? Pekerjaan membuat desain, meski terlihat mudah,...

10 Contoh Iklan Penawaran Jasa dan Produk Paling Menarik!

Jika Anda pernah mengeluarkan produk atau layanan baru, Anda tahu betapa sulitnya mengeluarkan kata. Anda mungkin melakukan iklan penawaran...

Startup Repair Adalah ? Penyebab dan Cara Mengatasinya

Saat ini laptop menjadi alat yang memiliki peran begitu penting. Hampir semua orang menggunakan laptop untuk menyelesaikan pekerjaannya atau...

7 Prinsip Desain Grafis yang Perlu Kamu Ketahui & Pelajari

Pernahkah Anda melihat sebuah film animasi atau sebuah gambar dengan desain grafis yang cantik, estetik dan menarik? Pernahkah Anda...

Jenis-Jenis Perusahaan Jasa di Indonesia

Perusahaan dapat dibedakan menjadi dua berdasarkan komoditi yang dipromosikan ke masyarakat, yaitu barang dan jasa. Perusahaan produk sudah jelas...

14 Aplikasi Desain Taman Untuk Pemula (Gratis)

Anda adalah salah seorang yang ingin memiliki rumah dengan desain taman yang menarik maka sangat cocok sekali beberapa informasi...

Facebook Ads dan Panduan Utamanya Untuk Bisnis Anda

Hampir semua orang pernah mengakses Facebook dan dari hasil pengumpulan survey, jumlah pengguna Facebook di Indonesia pada tahun 2018...

5 Aspek Pemasaran Dalam Kewirausahaan

Aspek pemasaran dalam kewirausahaan adalah aspek-aspek yang harus Anda perhatikan sebelum Anda memulai sebuah usaha. Nantinya aspek pemasaran tersebut...

Teknologi Jaringan Tanpa Kabel Disebut ? | Pengertian & Ulasannya

Belakangan ini kita sering mendengar perusahaan-perusahaan gadget yang menawarkan aneka produk nirkabel untuk lebih memudahkan aneka pekerjaan masyarakat. Biasanya, kita...

25 Tempat Jual Beli Online Terbaik dan Terpercaya di Indonesia

Dewasa ini, berkembangnya teknologi di Indonesia memunculkan beragam startup e-commerce berkonsep tempat jual beli online yang menjual produk lengkap...

Jasa Web

Bisnis online

Pengembangan

Murah

Profesional

Toko online

SEO

Pemasaran

Tips

Jasa Aplikasi

Pembuatan Aplikasi

Bisnis online

Pemasaran

Istilah IT

TIPS

TOOLS

JASA

HARGA

Jasa Marketing

Istilah SEO

Teknik SEO

Tips Marketing

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya