Facebook memiliki total audiens iklan sekitar 2,14 miliar orang. Terlebih, rata-rata pengguna Facebook mengklik 12 iklan per bulan. Bagi pengiklan dan merek, Facebook telah lama memberikan peluang besar untuk menjangkau audiens yang besar dan ditargetkan. Namun ternyata, banyak sekali tantangan didalamnya.
Tantangan terbaru iklan Facebook saat ini adalah dengan hadirnya sistem operasi iPhone terbaru, yaitu iOS 14.
Perubahan apa yang terjadi di iOS 14?
Terdapat fitur yang bernama App Tracking Transparency. Fitur tersebut berfungsi untuk pelacakan keikutsertaan eksplisit yang akan diterapkan Apple untuk semua aplikasi di platformnya selama 2021.
Sebelumnya, pengguna harus mengaktifkan Batasi Pelacakan Iklan (LAT) di iPhone mereka jika ingin menyembunyikan identitas mereka dari pengiklan, sehingga nantinya mencegah iklan bertarget muncul di ponsel.
Namun, mulai tahun ini iOS 14 akan mengaktifkan LAT secara default untuk semua situs web dan aplikasi. Tentu saja ini akan menimbulkan dua perbedaan utama, yaitu pengguna dapat menonaktifkan LAT untuk aplikasi individu dan pengembang aplikasi dapat mematikan LAT jika telah mendapatkan izin dari pengguna.
Jika pengguna menolak, aplikasi tidak dapat meminta lagi, kecuali jika dihapus atau dipasang ulang.
Di mana pengaruhnya untuk iklan Facebook?
Kemampuan pengguna iOS untuk mengontrol secara cermat aplikasi dan situs web yang menargetkan mereka dengan iklan tertentu menjadi hal yang baik bagi banyak orang. Namun berbeda dengan iklan Facebook, hal tersebut mengungkapkan bahwa mudah sekali pendekatan berbasis cookie tradisional untuk penargetan iklan berubah.
Sistem iklan Facebook menggunakan pelacakan lintas situs untuk menemukan apa yang pengguna lihat. Dengan hadirnya iOS 14, hal tersebut tidak akan mungkin, kecuali pengguna memberikan izin eksplisit.
Namun bukan sepenuhnya Anda tidak dapat menjalankan iklan Facebook, hanya saja iklan yang muncul akan terbatas. Hal tersebut karena pengguna yang sepenuhnya bertanggung jawab dalam hal memberikan izin kepada cookie pelacakan.
Pembaruan LAT diharapkan akan tiba di iOS 14.4, yang kemungkinan akan menghantam iPhone sekitar Q1 tahun 2021.
Jika dampak iOS 14.4 mengganggu Anda, maksimalkan kampanye pemasaran email, kampanye SMS, dan database pelanggan yang sudah Anda miliki.
Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.