Saat pandemi tidak sedikit bisnis yang susah payah bertahan, namun banyak juga yang mengalami perkembangan pesat. Di sisi lain, pengalaman pelanggan juga juga dengan cepat mengikuti tren teknologi dan kebutuhan bisnis saat ini. Dengan hadirnya inovasi teknologi baru dan tren e-commerce saat ini membuat organisasi harus dengan cepat melakukan inovasi dan beradaptasi dengan keadaan yang baru.
Lalu apa saja ya tren teratas yang harus diperhatikan merek tahun 2021?
Gunakan data
Perusahaan mengumpulkan lebih banyak data pelanggan dari berbagai sumber yang terus berkembang. Dengan memanfaatkan sumber-sumber ini akan membantu Anda memiliki pemahaman yang lebih baik mengenai keinginan pelanggan, yang pada akhirnya akan menciptakan interaksi yang lebih relevan dan dapat dipersonalisasi untuk pengalaman pengguna yang lebih baik.
Platform Data Pelanggan (CDP)
Setiap alat CRM menangkap data dengan cara yang berbeda dan dimaksudkan untuk melayani tujuan uniknya sendiri. Karena perusahaan ingin memanfaatkan data pelanggan untuk berbagai tindakan dan interaksi, CRM tidak dapat memenuhinya, maka masuklah platform data pelanggan CDP.
CDP bekerja menyatukan data pelanggan dan memberikan wawasan serta analisis kontekstual mengenai kebutuhan dan keinginan pelanggan. Dengan menyatukan data di satu tempat, CDP akan mengoptimalkan pengeluaran pemasaran dan iklan, meningkatkan pengalaman pelanggan, dan meningkatkan efisiensi operasional.
Menggunakan antarmuka nirsentuh
Antarmuka nirsentuh contohnya seperti asisten suara, pengenalan wajah, dan pembayaran tanpa kontak. Sebanyak 77% pelanggan berharap untuk menggunakan lebih banyak teknologi nirsentuh guna menghindari kontak fisik selama pandemi dan selanjutnya.
Tren teknologi nirsentuh ini diklaim akan tetap ada dan berkembang, walaupun pandemi telah selesai. Hal tersebut karena pelanggan sudah terbiasa dengan kemudahan dan efisiensi interaksi tanpa sentuhan. Merek harus menyadari dan memanfaatkan tren ini.
Hipersonalisasi melalui AI
Saat ini kecerdasan buatan menjadi bagian penting dalam pengalaman pelanggan. Sampai dengan saat ini, banyak organisasi yang telah berfokus pada hasil yang lebih rendah, seperti menggunakan Artificial Intelligence (AI) untuk memprediksi pola perilaku atau untuk analisis data pelanggan.
2021 menjadi tahun yang menarik bagi pengalaman pelanggan digital. Organisasi dapat memanfaatkannya untuk membangun kemajuan yang akan menciptakan interaksi yang dipersonalisasi, bermakna, dan positif.
Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.