3 Cara Menentukan Tujuan Pemasaran (Marketing)

 

Meskipun telah menetapkan tujuan pemasaran, apa yang menjadi alasan ketidakberhasilan Anda dalam hal tersebut?

Meskipun telah menentukan tujuan pemasaran, terdapat beberapa kasus ketika tujuan tersebut tidak bisa dicapai. Dalam cara menetapkan tujuan pemasaran, diperlukan jug acara-cara untuk menghindari kegagalan-kegagalan yang mungkin saja terjadi seperti penjelasan berikut ini. Untuk dapat melakukan hal tersebut, pertama, kesalahan dan kegagalan yang biasa terjadi dalam pemasaran.

Ambiguitas dari angka yang telah ditetapkan

Meskipun telah menetapkan tujuan pemasaran, kita tidak dapat mengetahui apakah kita akan mampu mencapai atau tidak tujuan tersebut jika angka atau target pencapaian tidak dapat diketahui dengan jelas. Untuk dapat mencapai tujuan pemasaran yang telah ditentukan, kita harus mengetahui angka aktual dari tujuan yang hendak kita capai.

Tidak mengetahui situasi atau kondisi dari market saat ini

Selain itu, kasus yang sering terjadi ketika menentukan tujuan pemasaran adalah tidak mengetahui perbedaan dari situasi terkini hingga ketika tujuan pemasaran tersebut ditetapkan. Tentu saja sangat penting untuk menentukan nilai/angka, namun untuk menentukan layak/tidaknya hal tersebut harus didasarkan pada situasi terkini. Dalam merancang tujuan pemasaran, harus diketahui dengan jelas target angka dalam situasi terkini sampai tujuan tersebut ditargetkan untuk tercapai.

Tidak memiliki kemampuan dalam perencanaan

Selain dari 2 alasan yang telah disebutkan di atas, ketika berpikir mengenai tujuan pemasaran, mustahil untuk mengabaikan ‘kemampuan perencanaan’. Dalam merancang tujuan pemasaran, penting juga untuk memiliki kemampuan menganalisis dengan cara apa dan berapa lama waktu yang diperlukan untuk dapat mencapai tujuan tersebut.

Perhatikanlah 3 hal di atas dalam menetapkan tujuan pemasaran

Dalam cara-cara merancang tujuan pemasaran, perhatikanlah hal-hal yang telah disebutkan di atas. Baik angka yang konkret maupun kemampuan perencanaan, keduanya adalah hal yang penting dalam tujuan pemasaran. Pastikan Anda bekerja dengan memperhatikan hal-hal tersebut.
 


Sponsor Link

Tujuan pemasaran didasarkan pada angka untuk merumuskan strategi

Apa itu tujuan pemasaran? Tujuan pemasaran dilakukan untuk menentukan arah dari aktivitas pemasaran, serta menentukan hasil dari angka yang telah ditetapkan. Dalam strategi bisnis dan strategi pemasaran, menentukan tujuan untuk merancang strategi adalah hal yang mendasar yang harus dilakukan. Strategi yang akan dilakukan akan berbeda berdasarkan target yang telah ditentukan.

Komponen atau objek dari pemasaran sangat beragam, hal tersebut berdasarkan perusahaan dan bisnis yang dijalankan, namun secara umum adalah seperti berikut ini.  Target pemasaran yang menunjukan keuntungan dari bisnis seperti ROI (Return on Investment) atau keuntungan dan Cash Flow (Arus Kas), target pemasaran yang menunjukkan pertumbuhan bisnis seperti penjualan dan pangsa pasar, kepuasan pelanggan, rasio produk baru, brand/image adalah komponen dari pemasaran itu sendiri.

Kemampuan dan pengetahuan yang dibutuhkan dalam bisnis

Jika berbicara mengenai pemasaran, bagian/department yang berhubungan dengan hal ini adalah marketing. Namun, dalam sales (penjualan), dibutuhkan pula kemampuan untuk dapat merancang tujuan pemasaran. Terlebih lagi, berdasarkan skala dari perusahaan, terdapat perusahaan yang tidak memiliki Marketing Department di dalamnya. Dalam keadaan seperti itu, sales harus bisa secara aktif mengatur target pemasaran.

Selanjutnya, Smarketing (Sales x Marketing) akan menjadi hal penting

SMarketing merupakan kata kombinasi untuk Sales dan Marketing. Baik sales (penjualan) maupun marketing (pemasaran) memiliki tujuan yang sama yaitu menaikkan pertumbuhan bisnis dan menambah keuntungan. Lebih jauh lagi, tujuan pemasaran merupakan hal penting dalam bisnis dan harus disebarkan di seluruh perusahaan. Orang-orang di departemen selain marketing, sebagaimana di departemen marketing itu sendiri, harus mengetahui bagaimana cara membuat tujuan pemasaran.

Caranya sangat sederhana! Perhatikan 3 hal berikut!

Terdapat 3 hal mendasar sebagai cara menetapkan tujuan pemasaran. Meskipun hal itu akan bertambah rumit sesuai dengan perusahaan atau industri yang dijalankan, namun 3 hal ini harus selalu dipikirkan. 3 hal tersebut akan dijabarkan sebagai berikut.
 


Sponsor Link

Cara menentukan tujuan pemasaran no. 1 : mulailah dengan mengetahui situasi terkini dari market Anda!

Dalam dunia bisnis, target diperlukan untuk penjualan dan pemasaran. Namun, tidak mudah untuk menetapkan tujuan pemasaran dengan benar jika hal tersebut belum pernah dilakukan. Kali ini, akan dijelaskan mengenai perusahaan yang memanfaatkan website untuk penjualan, serta menentukan target pada pelanggan dengan tipe BtoB (Business to Business). Ayo lihat lebih jauh mengenai cara menetapkan tujuan pemasaran!

Cara menentukan tujuan pemasaran : memastikan keadaan saat ini, index manajemen, dan kemungkinan tercapainya target.

Pertama, masukkanlah angka yang ada pada saat ini. Angka yang dimasukkan pada saat ini, didasarkan pada data yang diterima pada satu tahun terakhir. Kemudian, hitung kembali indikator manajemen dan kalkulasikan angka yang dibutuhkan. Hitung kembali target penjualan dan target negosiasi, kemudian isi angka pada data tersebut. Saat itu, mengacu pada angka yang keluar, akan berdampak baik jika Anda bisa memperbaiki tempat-tempat yang mana bisa diperbaiki. Terakhir, periksa kembali kemungkinan target tersebut untuk bisa tercapai.
 


Cara menentukan tujuan pemasaran no. 2 : menentukan target dengan ‘SMART’ Goal Set!

Dalam tujuan pemasaran, untuk sebuah lead (lead: perolehan bisnis baru), Anda harus sukses dalam inbound marketing campaign. (Inbound Marketing adalah sebuah cara pemasaran, dengan ‘menarik’ pelanggan masuk melalui branding dan usaha menjadikan situs/sosial media perusahaan teratas dalam search engine dan menarik pelanggan untuk melihat-lihat sehingga terdapat kesempatan untuk mendapatkan lead). Dengan adanya target, bisa dipastikan apakah cara tersebut efektif dan Anda bisa fokus pada tugas-tugas yang harus dilakukan serta melakukan improvisasi. Sebuah target tidak akan ada artinya jika target tersebut tidak realistis.

Silahkan meninjau kembali ‘Smart’ target Anda dengan melihat inbound marketing di HubSpot.

Cara menetapkan target dengan ‘SMART’.

Specific : Spesifik (jelas). Tentukan tanggal yang realistis dan konten yang konkret, dan buatlah dengan ringkas.

Measurable : Terukur (buatlah angka yang terukur jelas). Buatlah angka yang spesifik dan tidak ambigu.

Attainable : Dapat dicapai. Buatlah target yang bisa diraih, menantang, namun tetap realistis.

Relevant : Relevan. Buatlah tujuan pemasaran yang relevan dengan bisnis yang Anda kelola.

Timebound : Timebound. Tentukan deadline.

Jangan menunda dengan bertanya, ‘kapankah hal ini dapat tercapai?’.

Cara menentukan tujuan pemasaran no. 3 : menyelesaikan langkah demi langkah untuk mencapai target penjualan!

Anda telah memutuskan untuk mencapai target dalam Marketing Department, namun belum mengetahui tujuan seperti apa yang hendak ditentukan.

Apakah mungkin untuk melakukan branding dan menaikkan CS? Berikut adalah bagaimana cara menetapkan tujuan pemasaran secara spesifik.

Hal terpenting adalah ‘visualisasi’! Berusaha setiap hari penting untuk meraih hasil.

 

・Tentukan tujuan pemasaran dengan memperhatikan kondisi.

・Pastikan tujuan pemasaran mungkin untuk tercapai setiap harinya.

・Bekerjalah sebagai individu yang optimis.

 

Perhatikanlah tiga poin tersebut untuk menentukan tujuan pemasaran.

Berpeganglah pada tiga poin tersebut untuk mencapai hasil!

Pada kesempatan ini kita telah belajar bagaimana cara untuk menentukan tujuan pemasaran dan contoh-contoh kesalahan yang mungkin terjadi dalam pemasaran. Pengetahuan ini dibutuhkan untuk menjadi seorang sales person di masa depan. Penting untuk selalu mengingat 3 cara ini ketika menentukan tujuan pemasaran dan kaitkanlah dengan hasilnya. Dengan mempertimbangkan orang-orang yang terlibat dalam pemasaran, juga orang yang terlibat dalam penjualan, lihatlah bagaimana metode ini bekerja untuk mereka.

Apakah Anda memiliki masalah dalam pekerjaan Anda? | PT APPKEY
Tidak hanya terbatas pada penyediaan konten-konten tentang SEO, kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Tentang Kami
Pengenalan Layanan
Pengenalan Perusahaan
Kontak Kami
Sponsor Link

Tell Us What You Think
0Like0Love0Haha0Wow0Sad0Angry