Teknik Pemasaran Produk yang Efektif dan Efisien

 

Saat ini sudah hadir banyak teknik untuk pemasaran produk.  Namun harus diakui jika tidak semua teknik pemasaran efektif dan efisien.  Untuk itu disini akan dijelaskan mengenai teknik pemasaran produk yang efektif dan efisien.  Ini akan menjadi di jalan keluar terbaik bagi yang ingin meningkatkan penjualannya dengan strategi yang lebih baik. Ada teknik apa saja yang dapat digunakan untuk pemasaran produk? Disini akan dijelaskan lebih lanjut mengenai teknik tersebut. Namun sebelum itu kita akan membahas mengenai persiapan yang harus dilakukan sebelum mulai memasarkan produk.

Persiapan Sebelum Mulai Belajar Teknik Pemasaran Produk

Ada beberapa persiapan yang harus dilakukan untuk memperoleh hasil maksimal dalam pemasaran produk. Persiapan ini akan menjadi awal yang baik apabila dijalankan dengan baik. Apa saja persiapan yang diperlukan? Berikut beberapa diantaranya.

Memahami Produk yang Akan Ditawarkan

Sponsor Link

Pertama kita harus lebih dulu memahami produk yang kita tawarkan.  Tentunya  kita tidak akan dapat menerapkan sebuah teknik pemasaran produk yang efektif dan efisien jika tidak mengenal produk yang akan ditawarkan. Pastikan jika komponen-komponen yang ada dalam produk sudah kita ketahui dengan baik. Hal ini juga termasuk tema atau garis besar yang nantinya akan ditawarkan pada calon konsumen sebagai ciri khas produk tersebut.  Untuk itu rancangan dari produk tersebut sebaiknya dipahami oleh semua anggota tim yang akan berperan dalam promosi ini. Untuk produk berupa makanan pahami apa bahan serta tujuan dari produk tersebut dibuat. Hal ini juga berlaku untuk produk lainnya. Misalnya saja untuk produk perawatan tubuh, tentu kita harus mengetahui apa saja kelebihan dari produk tersebut dibanding dengan produk lain.

Memastikan Goal Pemasaran

Selanjutnya yang harus dibuat adalah memastikan goal dari pemasaran tersebut.  Setiap  produk tentu memiliki goalnya masing-masing. Hal ini yang harus dipastikan di di awal. Pasalnya hal tersebut akan mempengaruhi pemilihan teknik pemasaran produk nantinya. Harus diingat jika tidak semua teknik pemasaran cocok digunakan untuk semua target pemasaran.  Kehadiran goal ini sekaligus menjadi tujuan yang nantinya akan memperjelas arah berjalannya produk tersebut.

Menetapkan goal dalam jangka waktu tertentu juga tidak masalah.  Misalnya saja ditetapkan beberapa goal untuk beberapa jangka waktu. Untuk jangka waktu yang dimaksud disini adalah jangka waktu panjang yang artinya goal tersebut dicapai dalam waktu yang lama, serta jangka waktu pendek yang artinya goal tersebut dicapai dalam jangka waktu dekat. Guna membuat goal-goal tersebut tercapai, tak ada salahnya untuk menerapkan goal dalam jangka waktu tertentu. Maksudnya adalah goal target harian, mingguan maupun bulanan. Sesuaikan dengan goal yang ada dalam jangka waktu utama( jangka waktu panjang dan pendek).

Membuat Budget yang Sesuai

Kemudian yang dapat dilakukan adalah membuat budget pemasaran yang telah disesuaikan dengan goal pemasaran. Selain itu jangan lupa sesuaikan budget pemasaran dengan kondisi keuangan perusahaan. Kehadiran budget pemasaran ini turut berperan serta dalam menentukan teknik pemasaran produk yang sesuai. Ingat untuk mempertimbangkan faktor-faktor lain dalam pembuatan budget pemasaran ini.  Untuk itu tak ada salahnya untuk mulai membuat sebuah budget pemasaran melalui kerjasama dengan divisi lainnya. Tak lupa juga pertimbangkan hal-hal yang sifatnya darurat atau di luar keadaan umum. Ini guna mencegah budget pemasaran yang kurang karena adanya hal-hal tersebut. Setelah menyusun budget maka kita dapat berlanjut ke persiapan selanjutnya.

Menyiapkan Kebutuhan Pemasaran

Kemudian yang selanjutnya akan dibahas adalah mencakup persiapan akan kebutuhan pemasaran.  Tentu saja untuk melakukan sebuah pemasaran diperlukan banyak persiapan yang dilakukan. Tidak hanya dari persiapan material saja, namun juga termasuk persiapan rancangan pemasaran. Kebutuhan  internal pemasaran juga harus diperhatikan.  Seperti contohnya logistik tim, transportasi tim atau tambahan tenaga tim apabila dirasa dibutuhkan. Persiapan kebutuhan pemasaran ini memiliki nilai yang cukup Sentral bagi kelancaran pemasaran tersebut nantinya.

Lebih baik lagi jika disiapkan daftar kebutuhan pemasaran yang nantinya juga dapat digunakan untuk  mengecek apabila ada kebutuhan yang terlewat. Bagi daftar sesuai dengan masing-masing fokus persiapan. Misalnya saja daftar kebutuhan untuk logistik, tim maupun kebutuhan untuk administrasi.

Elemen Penting Dalam Teknik Pemasaran Produk

Ada beberapa elemen penting yang diperlukan agar teknik pemasaran produk yang dipilih dapat berjalan dengan lancar. Untuk  lebih lanjut akan dijelaskan dalam uraian di bawah ini. Hal ini  juga sekaligus  menjadi  poin penting dalam keberhasilan pemasaran produk.

Produk Itu Sendiri

Pertama yang harus disiapkan adalah produk itu sendiri. Harus dipastikan jika produk tersebut memiliki karakter kuat yang akan selaras dengan kebutuhan dari pelanggan. Hal tersebut menjadi sebuah sorotan yang penting ketika akan memasarkan sebuah produk.

Perlu diketahui jika kebanyakan pelanggan atau Konsumen akan lebih menyukai produk yang dirasa mampu dapat menyelesaikan masalah yang mereka miliki. Tonjolkan bagian produk tersebut yang dirasa sesuai untuk menyelesaikan masalah masalah dari calon konsumen tersebut. Sebaiknya tunjukkan juga keuntungan yang dapat diperoleh saat menggunakan produk tersebut. Hal ini juga dapat ditonjolkan dari fitur-fitur atau bahan yang dimiliki oleh produk tersebut.

Pengenalan Target Pasar

Sponsor Link

Selanjutnya yang harus dipahami sebagai sebuah elemen penting dari teknik pemasaran produk yang efektif dan efisien adalah bahwasannya Kita harus mengerti mengenai target pasar yang akan disasar. Mengenal target pasar ini dapat dilakukan dengan berbagai macam cara. Salah satunya adalah dengan melakukan sebuah riset mengenai target pasar yang akan dituju. Fokuskan riset tersebut pada karakteristik umum yang dimiliki calon target pasar. Seperti contohnya adalah mengenai usia atau jenis kelamin dari target pasar tersebut. Hal tersebut memiliki pengaruh yang cukup banyak bagi strategi marketing yang akan diambil nantinya. Apalagi mengingat karakteristik umum akan berpengaruh terhadap pola pengembangan brand yang nanti akan dilakukan. Memahami target pasar juga berarti memudahkan tim untuk mengerti bagaimana pola pemasaran yang paling sesuai dengan target pasar tersebut.  Ini berarti nantinya keberhasilan pemasaran akan menjadi lebih tinggi.

Tim yang Solid

Selain kedua elemen di atas masih ada elemen lain yang tak kalah penting untuk memperoleh hasil yang maksimal. Elemen yang dimaksud adalah tim yang solid.  Harus dipahami jika kegiatan pemasaran ini merupakan sebuah kerjasama tim dan tentunya bukan menjadi sebuah tugas yang mudah. Apalagi untuk menghadapi persaingan dari produk lain yang sejenis. Untuk menghadapi hal tersebut diperlukan tim yang Solid sehingga perencanaan pemasaran produk dapat berjalan dengan lancar. Tak hanya itu, kehadiran tim yang solid akan membuat target pemasaran lebih cepat tercapai.

Peran ketua tim disini sangatlah besar. Ia harus mampu untuk membuat sebuah perencanaan pemasaran yang mampu melibatkan keseluruhan anggota tim. Selain itu rencana pemasaran tersebut juga harus mampu membuat banyak orang yang ada dalam tim bekerjasama dengan baik. Pastikan juga jika ketua tim mampu mengkondisikan agar target target yang telah dibuat dapat tercapai dengan baik.

Promosi Untuk Produk Tersebut

Elemen penting yang selanjutnya dari sebuah pemasaran produk adalah promosi. Harus dipahami jika promosi berperan penting terhadap ketercapaian penjualan. Promosi ini tidak boleh asal dilakukan. Harus ada pertimbangan yang matang untuk memastikan promosi nantinya berjalan dengan baik dan juga sesuai dengan target yang ditentukan. Menyiapkan strategi marketing yang tepat juga penting di sini.  Strategi tersebut juga dapat diterapkan melalui promosi yang diadakan. Kemudian jangan lupa untuk memilih media promosi yang tepat.

Analisa yang Matang

Elemen lain yang harus diperhatikan dalam melakukan pemasaran produk adalah analisa. Harus dipahami jika tidak semua strategi pemasaran produk memiliki hasil yang sempurna. Apabila nantinya ditemui kegagalan dalam penerapan strategi pemasaran tersebut maka pihak tim pemasaran harus pandai menganalisa dimana letak kesalahan strategi tersebut.

Melalui sebuah analisa yang matang akan diperoleh jawaban mengenai permasalahan yang timbul sehingga strategi tersebut tidak berjalan dengan baik. Permasalahan yang timbul akhirnya dapat diselesaikan dengan baik melalui analisa yang tepat. Selain itu analisa yang tepat juga dapat membantu pihak tim untuk menentukan kapan eksekusi yang tepat untuk strategi yang akan dijalankan. Bahkan analisa yang matang juga memiliki potensi untuk mengerti hasil dari penerapan strategi tersebut Jauh sebelum strategi tersebut diterapkan.

Ragam Teknik Pemasaran Produk yang Dinilai Efektif dan Efisien

Tadi kita sudah banyak membicarakan mengenai elemen penting dalam teknik pemasaran produk. Kali ini kita akan membahas mengenai teknik pemasaran yang dirasa paling cocok diterapkan untuk banyak produk. Strategi pemasaran atau teknik pemasaran yang akan dibahas di bawah ini dapat menjadi referensi untuk yang ingin menerapkan teknik pemasaran yang efektif dan efisien.

Membagikan Sampel Produk

Salah satu cara yang dinilai efektif untuk menarik pelanggan adalah dengan membagikan sampel produk yang dimiliki. Ini utamanya untuk produk yang sekali pakai. Dalam pembagian sampel produk ini produsen atau perusahaan dapat menyiapkan versi mini dari produk yang dimilikinya untuk kemudian dibagikan kepada masyarakat yang dinilai dapat menjadi pelanggan potensial.

Sampel produk ini juga sekaligus mengajak masyarakat mengenal langsung produk yang dimiliki. Potensi keberhasilan dari cara promosi yang satu ini sebenarnya cukup besar. Juga harus dilihat terkait dengan kondisi produk dan juga target pasar yang akan menjadi sasaran.

Biasanya yang banyak menerapkan strategi marketing yang satu ini adalah produk-produk makanan maupun produk perawatan untuk tubuh. Tak jarang promosi pembagian sampel produk ini dibarengi dengan promosi lain. Misalnya saja promosi beli satu gratis satu atau promosi yang lainnya.

Melakukan Promosi Melalui Media Sosial

Harus diakui jika saat ini media sosial memiliki peran besar terhadap pola dari masyarakat.  Hal ini termasuk dengan pola pembelian produk yang dilakukan oleh masyarakat. Tak jarang masyarakat memilih mencari referensi produk yang akan dibeli melalui media sosial.

Itulah yang kemudian membuat Kenapa promosi produk melalui media sosial penting untuk dilakukan. Hanya saja harus diingat, jika promosi produk melalui media sosial tidak boleh asal. Konten konten yang menarik diperlukan untuk membuat pelanggan menjadi tertarik mengunjungi media sosial dari produk yang ditawarkan.

Di sisi lain ketika melakukan promosi menggunakan media sosial, sebaiknya jangan lupa untuk menggunakan fitur iklan yang terpasang di dalam media sosial tersebut. Hampir setiap media sosial mempunyai fitur iklan ini. Contohnya saja Facebook ads, fitur yang satu ini memungkinkan penggunanya untuk mengirim iklan pada pengguna Facebook tertarget.

Fitur yang hampir sama juga hadir di media sosial lainnya. Memanfaatkan fitur ini dapat menjadi salah satu alternatif untuk melakukan promosi pada pelanggan tertarget. Promosi yang dilakukan menggunakan fitur iklan media sosial ini juga dinilai cukup efektif.

Sponsor Link

Membuat Sebuah Kuis

Salah satu strategi pemasaran produk yang efektif selanjutnya yang akan dibahas disini adalah membuat sebuah kuis. Namun untuk membuat sebuah kuis yang menarik minat pelanggan tentu butuh kreativitas serta kemampuan untuk melihat peluang yang hadir dalam kondisi target. Sebaiknya kuis yang dihadirkan juga harus mempertimbangkan keadaan dari target pasar yang akan dituju.  Selain itu hadiah dari kuis juga sebaiknya menarik perhatian pelanggan. Namun harus diingat bahwa produk yang dimiliki juga harus ditonjolkan dari kuis ini.

Lebih baik jika  mampu membuat kuis yang dapat sekaligus dijadikan media promosi gratis. Seperti contohnya saja kuis yang banyak dilakukan di Instagram saat ini. Di mana peserta Kuis harus lebih dulu mengirimkan atau mengulas seputar produk tersebut dalam akun Instagram mereka. Selain itu biasanya para peserta dari kuis ini diminta untuk lebih dulu mengikuti akun media sosial milik mereka. Hal ini dapat sekaligus menjadi media promosi yang efektif, pasalnya setiap peserta kuis ikut mempromosikan produk tersebut kepada para pengikutnya di Instagram.

Membuat  Diskon Besar-Besaran

Siapa yang tidak suka diskon? Rasanya hampir semua orang menyukai kegiatan Potong harga ini. Apalagi jika diskon yang diberikan cukup besar. Sebagai langkah awal pengenalan produk tak ada salahnya untuk mencoba memberikan diskon kepada calon pelanggan yang dirasa potensial. Ini mungkin hampir sama dengan metode pembagian sampel yang telah dibahas sebelumnya. Namun kali ini tentu saja pelanggan harus tetap membayar untuk produk yang dibelinya hanya saja dengan harga miring.

Melakukan sebuah diskon besar-besaran bukan berarti tidak memiliki resiko. Tapi hampir dapat selalu dikatakan jika diskon menjadi salah satu teknik pemasaran produk yang disukai oleh banyak calon konsumen ataupun konsumen yang telah lama berlangganan produk tersebut. Pihak tim marketing harus memahami kapan saat yang tepat untuk mengeksekusi teknik pemasaran yang satu ini.  Sesuaikan dengan acara acara lokal maupun nasional. Tak ada salahnya juga menyesuaikan diskon ini dengan berbagai peristiwa penting di tanah air. Seperti halnya hari raya maupun hari kemerdekaan.

Menjual Paket Produk

Strategi lain yang dapat dilakukan untuk membuat produk dapat segera memenuhi target pemasaran yang sesuai adalah melalui penjualan paket produk. Jangan lupa beri keterangan mengenai berapa pelanggan dapat hemat ketika memilih paket produk ini. Hal tersebut merupakan sebuah teknik pemasaran produk yang banyak digunakan saat ini. Tapi jangan lupa untuk menghitung apakah paket produk yang ditawarkan juga turut memberikan keuntungan bagi perusahaan atau justru menimbulkan kerugian.

Strategi promosi yang satu ini juga dapat dilakukan untuk acara-acara tertentu. Ini membuat paket produk tersebut akan menjadi terkesan eksklusif. Sebaiknya cantumkan juga keterangan mengenai isi dari paket produk tersebut. Itulah beberapa teknik pemasaran produk yang dinilai cukup efektif dan efisien. Namun sebelum mulai memasarkan sebuah produk jangan lupa untuk memperhatikan persiapan yang telah dibahas pada awal tulisan ini.

Elemen-elemen penting dalam pemasaran produk juga sebaiknya. Ini supaya nantinya pemasaran produk dapat berjalan dengan lancar dan juga sesuai target yang telah diterapkan. Nah jadi bagaimana sudah siap untuk memasarkan produk terbaik anda?

Apakah Anda memiliki masalah dalam pekerjaan Anda? | PT APPKEY
Tidak hanya terbatas pada penyediaan konten-konten tentang SEO, kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Tentang Kami
Pengenalan Layanan
Pengenalan Perusahaan
Kontak Kami
Sponsor Link
Tell Us What You Think
0Like0Love0Haha0Wow0Sad0Angry