Teknik Pemasaran | 7 Teknik Analisis Pemasaran

Jika Anda menyukai artikel ini
Acungkan jempol

Banyak dari orang yang baru pertama kali melakukan bisnis pemasaran dan sebagian orang yang baru-baru ini menjadi penanggung jawab bagian pemasaran tidak tahu harus memulai dari mana.

Sebelum membuat strategi dan taktik untuk membeli barang atau layanan, pertama-tama Anda perlu menganalisis situasi lingkungan sekitar perusahaan Anda.

Pada kesempatan ini, kami telah merangkum 7 teknik analisis yang sangat diperlukan dalam bisnis pemasaran.

Analisis PEST

Analisis PEST adalah teknik pemasaran untuk menganalisis pengaruh lingkungan makro dari empat perspektif.

PEST terdiri dari empat huruf awal dari empat hal di bawah ini.

  • Politics (aspek politik)
  • Economy (aspek ekonomi)
  • Society (aspek sosial atau gaya hidup)
  • Technology (aspek teknologi)

 

Dengan menganalisis dari keempat perspektif di atas, Anda dapat menyaring berita dan informasi yang berguna untuk strategi pemasaran yang tepat dari berita dan informasi yang berdatangan setiap hari.
 


Sponsor Link

Analisis 5 Force

Analisis 5 Force adalah teknik pemasaran untuk mengukur tingkat keuntungan dengan menganalisis lingkungan kompetitif dan faktor-faktor industri di sekitar perusahaan.

Kami akan menganalisis faktor-faktor yang menciptakan lingkungan kompetitif ke dalam lima kategori berikut.

  • Hubungan pertentangan antara perusahaan yang bersaing
  • Ancaman pendatang baru
  • Ancaman produk dan layanan alternatif
  • Kemampuan menawar pembeli
  • Kemampuan menawar perusahaan pemasok

 

Misalnya, KFC yang terkenal dalam industri makanan cepat saji, ada fitur yang menyulitkan untuk membedakan produk di antara perusahaan yang sama, sehingga persaingan di antara perusahaan yang sama menjadi semakin ketat. Karena ada banyak pesaing yang dapat menggantikan produk seperti hamburger dan kentang, perusahaan selalu perlu untuk mengawasi ancaman dari produk dan layanan alternatif.

Analisis Value Chain

Analisis Value Chain adalah teknik pemasaran untuk menganalisis setiap proses hingga melahirkan nilai-nilai untuk produk dan layanan perusahaan.

Pertama, kami mengklasifikasikan faktor-faktor yang secara langsung berkontribusi untuk menghasilkan nilai tersebut menjadi lima faktor sebagai berikut.

  • Pembelian logistik
  • Manufaktur
  • Pengiriman logistik
  • Penjualan/pemasaran
  • Layanan

 

Kemudian, kami mengklasifikasikan faktor-faktor yang secara tidak langsung berkontribusi untuk menghasilkan nilai tersebut menjadi empat faktor sebagai berikut.

  • Administrasi umum
  • Manajemen sumber daya manusia/tenaga kerja
  • Pengembangan teknologi
  • Kegiatan pemasokan

 

Analisis Value Chain dilakukan dengan melewati seluruh 9 proses di atas.
 


Sponsor Link

Analisis Value Chain akan membantu perusahaan menemukan bagian-bagian yang dapat menghemat biaya dalam kegiatan pemasaran dan mengidentifikasi bagian-bagian yang menghasilkan nilai tinggi.

Analisis 3C

Analisis 3C adalah teknik pemasaran berupa kerangka kerja yang berguna untuk menganalisis lingkungan tempat produk dan layanan digunakan.

Teknik pemasaran ini disebut sebagai analisis 3C karena diambil dari tiga huruf C pertama kata di bawah ini.

  • Customer (pelanggan)
  • Competitor (pesaing)
  • Company (perusahaan)

 

Misalnya, toserba memiliki banyak kasus di mana ada pesaing di sekitarnya atau ada pesaing baru membuka toko di sekitarnya, jadi mereka perlu selalu menganalisis pelanggan yang pergi ke toko mereka dan menganalisis toko pesaing untuk membuat strategi toko mereka.

Analisis SWOT

Analisis SWOT adalah teknik pemasaran untuk menganalisis lingkungan pasar dengan empat kategori berikut.

  • Strengths (kekuatan)
  • Weaknesses (kelemahan)
  • Opportunities (peluang)
  • Threats (ancaman)

 

Dengan menganalisis empat kombinasi di atas saat melakukan pengembangan strategi pemasaran, hal tersebut akan mengarahkan perusahaan pada penemuan peluang baru dan potensi risiko.
 


Analisis STP

Analisis STP adalah teknik pemasaran untuk mempersempit kategori pelanggan berdasarkan informasi yang diperoleh dengan analisis lingkungan.

Sebutan STP diambil dari huruf pertama tiga kata di bawah ini.

  • Segmentation (segmentasi)
  • Targeting (target)
  • Positioning (posisi)

 

Daripada menargetkan pelanggan di pasar secara keseluruhan, Anda dapat memanfaatkan 3 celah untuk mempersempit target yang akan membantu Anda menemukan pelanggan terbaik untuk perusahaan Anda.

Analisis 4P

Analisis 4P adalah teknik pemasaran yang digunakan untuk menentukan konten pemasaran dasar dan terdiri dari empat huruf pertama di bawah ini.

  • Product (produk)
  • Price (harga)
  • Place (lokasi)
  • Promotion (promosi)

 

4P tidak berdiri sendiri, penggunaan kombinasi 4P akan membantu perusahaan untuk mengembangkan strategi pemasaran yang mengarah ke peningkatan penjualan dan akuisisi pelanggan.
 


Rangkuman

Pemasaran dimulai dengan memahami lingkungan di sekitar perusahaan Anda dengan memanfaatkan teknik analisis yang telah dipaparkan pada kesempatan ini.

Setelah menentukan target berdasarkan hasil analisis, Anda perlu membuat strategi dan taktik. Daripada memikirkan strategi dan taktik secara tiba-tiba, lebih penting bagi pemasaran untuk melakukan proses secara berurutan.

Mari lakukan analisis terlebih dahulu, kemudian rencanakan strategi dan taktik yang tepat.

Apakah Anda memiliki masalah dalam pekerjaan Anda? | PT APPKEY
Tidak hanya terbatas pada penyediaan konten-konten tentang SEO, kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Tentang Kami
Pengenalan Layanan
Pengenalan Perusahaan
Kontak Kami
Sponsor Link

Jika Anda menyukai artikel ini
Acungkan jempol