Sistem dan Strategi Pemasaran Produk yang Efektif

 

Bagi Anda pelaku bisnis usaha kecil menengah ataupun seorang entrepreneur, tentu wajib memiliki strategi pemasaran guna meningkatkan penjualan produk ataupun jasa yang Anda tawarkan. Sebab, tanpa adanya sistem ataupun strategi pemasaran yang sesuai dan pas untuk menjalankan bisnis usaha kecil menengah dan juga entrepreneurship, bisnis Anda akan sulit mengalami perkembangan. Maka dari itu, sangat penting bagi Anda pelaku usaha bisnis rintisan maupun pelaku usaha enterpreneurship wajib mengerti, mengetahui, dan mempraktekkan sistem dan strategi bisnis manajemen pemasaran yang sesuai dengan bidang bisnis atau usaha yang tengah Anda jalankan. Sebab, banyak perusahaan perusahaan atau jenis usaha wiraswasta akan gulung tikar karena kesalahan dalam pemilihan sistem manajemen pemasaran produk dan jasa yang digelutinya.

Akan tetapi, masih banyak pelaku bisnis baik bisnis rintisan ataupun perusahaan ternama masih belum paham tentang strategi pemasaran. Oleh sebab itu, pada kesempatan kali ini, kami akan membahas tentang beberapa sistem dan strategi strategi dalam manajemen pemasaran untuk bisnis dan pelaku usaha wiraswasta.

Apa Itu Strategi Pemasaran ?

Banyak para pelaku usaha baik usaha bisnis ataupun wiraswasta ini belum mengerti bahkan mengetahui tentang apa itu strategi pemasaran. Nah, setiap menjalankan bisnis usaha, tentu wajib memiliki pandangan arah dan tujuan agar produk barang dan jasa yang Anda pasarkan dapat dijual secara maksimal. Nah, strategi pemasaran adalah sebuah proses menawarkan bisnis atau jasa yang disediakan oleh perusahaan atau pelaku usaha dengan mengedepankan analisa, perencanaan, pengawasan, hingga penjualan produk atau jasa agar produk atau jasa yang dijual mendapatkan respons positif dan target penjualan dapat terpenuhi.

Maka dari itu, dalam hal strategi pemasaran produk ataupun jasa ini wajib mengetahui sistem dan strategi dalam pemasaran produk ke konsumen. Selain itu, tanpa adanya sistem dan strategi dalam pemasaran juga dapat menimbulkan ketidakjelasan program program yang disusun oleh pemilik perusahaan atau pelaku usaha wiraswasta.

Konsep Dalam Membangun Strategi Pemasaran

Sponsor Link

Sebelum berbicara mengenai sistem dan juga strategi dalam hal manajemen pemasaran, maka Anda harus paham terlebih dahulu tentang konsep dalam membangun manajemenisasi pemasaran yang baik dan juga benar. Sebab, dari konsep atau pemikiran tentang pemasaran produk dan jasa ini yang nantinya akan menemukan sistem dan strategi yang tepat untuk menyusun manajemen pemasaran di lingkup bisnis yang tengah Anda jalankan tentunya.

Ada baiknya bagi Anda pelaku bisnis usaha untuk mengerti terlebih dahulu tentang manajemen konsep pemasaran sebelum memilih sistem ataupun strategi dalam hal pemasaran. Konsep pemasaran pertama adalah tentang konsep produksi. Nah, konsep produksi ini adalah konsep dimana Anda berpikir barang atau jasa yang seperti apakah yang ingin Anda jual serta pasarkan pada konsumen Anda. Konsep ini merupakan konsep dasar dalam menjalankan bisnis usaha apapun. Pada konsep produksi ini, pastikan bahwa Anda memilih produk kreatif dan tentunya berbeda dengan perusahaan lainnya agar produk atau jasa yang Anda tawarkan dapat diterima konsumen dan laris di pasaran.

Setelah mengerti tentang konsep produksi, maka konsep selanjutnya adalah tentang konsep penjualan. Nah, konsep penjualan ini merupakan sebuah konsep yang mana perusahaan dituntut untuk menjualkan produk atau jasa yang telah diproduksi. Nah, dalam konsep penjualan ini terdapat strategi marketing berupa promosi, memberikan diskon, hingga flash sale yang tentunya bertujuan untuk memikat para konsumen agar mau membeli produk yang tengah Anda tawarkan. Pada tahap konsep penjualan ini, Anda dituntut untuk berpikir kreatif bagaimana cara yang tepat dan jitu agar produk barang dan jasa yang tengah Anda jual dapat laku dan laris di pasaran. Tanpa adanya konsep penjualan yang disusun secara matang juga beresiko kegagalan dalam menjalankan usaha bisnis tentunya.

Setelah memiliki gambaran tentang konsep penjualan, maka langkah selanjutnya adalah konsep pemasaran. Bisnis yang Anda jalankan tidak akan mampu menembus pangsa pasar di bidang bisnis yang tengah Anda geluti tanpa memikirkan konsep pemasaran yang menjadi bagian dari manajemen pemasaran barang produk dan jasa dari suatu perusahaan. Dalam konsep pemasaran ini Anda dituntut untuk menjalin mitra kerja sama dengan ritel atau toko kelontong, atau mencari distributor dan agen agen untuk memasarkan produk Anda ke luar daerah hingga luar negeri serta melayani pembelian secara satuan ataupun secara grosir. Hal ini sangat penting karena nantinya akan memudahkan dalam proses penjualan sehingga semakin banyak produk Anda ditawarkan di pasaran maka semakin besar pula peluang produk barang dan jasa yang Anda kelola diterima di masyarakat terutama konsumen.

Nah, itulah beberapa konsep konsep dasar dalam membangun strategi pemasaran untuk Anda yang tengah menggeluti bidang usaha bisnis perusahaan ataupun rintisan. Pastikan bahwa Anda telah menguasai ketiga konsep dasar dalam membangun manajemen pemasaran yang solid.

Faktor Faktor Yang Melandasi Keberhasilan Dalam Mengelola Strategi Pemasaran

Sebagai pelaku bisnis usaha, tentunya Anda wajib memiliki sistem pengelolaan strategi pemasaran yang handal dan memadai untuk dapat menjalankan sebuah usaha bisnis yang tengah Anda geluti. Sebab, tanpa adanya sistem pengelolaan manajemenisasi pemasaran yang handal dan memadai, maka sudah dapat dipastikan bisnis yang Anda jalankan tidak akan mencapai target penjualan per harinya.

Lalu, faktor apa sajakah yang dapat melandasi keberhasilan dalam pengelolaan strategi pemasaran di perusahaan yang tengah Anda kelola ? Nah, untuk faktor faktor yang melandasi keberhasilan dalam tata pengelolaan pemasaran ini terdiri dari beberapa hal. Diantaranya adalah sebagai berikut ini :

1. Pekerja atau Karyawan

Faktor yang melandasi keberhasilan dalam tata pengelolaan strategi pemasaran suatu perusahaan atau pelaku bisnis usaha rintisan adalah faktor pekerja atau karyawan yang dapat diandalkan dalam tata pengelolaan manajemen termasuk di bidang pemasaran produk barang ataupun jasa. Sebab, jika Anda selaku pemilik sebuah bidang usaha yang tidak memiliki karyawan yang kompeten di bidang manajemenisasi pemasaran, maka Anda akan kesulitan dalam memasarkan produk produk yang Anda jual tentunya. Maka dari itu, pastikan Anda merekrut pekerja atau karyawan yang berkompeten di bidang pemasaran.

2. Menggunakan Strategi Pemasaran Yang Jitu

Jika Anda hanya mempekerjakan karyawan yang berkompeten di bidang pemasaran namun perusahaan Anda menggunakan strategi pemasaran yang tidak tepat maka akan sia sia juga. Nah, memiliki karyawan yang berkompeten di bidang tersebut wajib juga didukung dengan penggunaan strategi bisnis pada bidang pemasaran yang jitu agar produk produk yang tengah Anda pasarkan dapat diterima di kalangan masyarakat khususnya konsumen setia dari produk yang Anda produksi.

3. Menjual Jenis Produk Yang Dibutuhkan Oleh Konsumen

Nah, faktor selanjutnya yang melandasi keberhasilan dalam mengelola strategi pemasaran suatu perusahaan adalah menjual jenis produk yang dibutuhkan oleh konsumen. Sebab, meskipun memiliki tim manajemen pemasaran yang mumpuni dan berkompeten di bidangnya serta menggunakan strategi pemasaran yang dinilai jitu dan tepat namun perusahaan Anda menjual produk yang tidak sesuai dengan kebutuhan para konsumen Anda, maka dipastikan bahwa bisnis yang sedang Anda geluti pun bakal sepi peminat atau sepi pembeli. Untuk itu, lakukanlah riset terlebih dahulu untuk produk yang akan Anda pasarkan ke masyarakat sehingga Anda dapat memperkirakan produk yang Anda jual apakah mendapatkan respons positif atau justru mendapat respons negatif di kalangan masyarakat khususnya yang menjadi pangsa pasar produk yang Anda jual tersebut.

Nah, itulah beberapa faktor faktor yang melandasi bisnisman dalam meraih keberhasilan dengan menggunakan sistem metode pemasaran yang jitu dan handal. Ketiga faktor tersebut sangat berkaitan, jadi Anda wajib menyelaraskan ketiga faktor yang menjadikan usaha bisnis yang Anda jalani ini menemui keberhasilan.

Strategi Dalam Menjalankan Manajemen Pemasaran Untuk Pelaku Bisnis Atau Perusahaan

Setelah mengupas tentang berbagai hal tentang manajemenisasi pemasaran untuk pelaku usaha atau entrepreneurship dan juga untuk perusahaan, maka kali ini kami akan membahas tentang beberapa strategi pemasaran dalam menjalankan tata pengelolaan manajemen pemasaran untuk Anda yang terjun di bidang bisnis usaha rintisan ataupun perusahaan. Sebab, strategi pemasaran atau marketing ini memiliki peran vital dalam menjalankan sebuah bisnis tertentu karena nantinya akan menentukan ke arah manakah produk Anda akan dipasarkan.

Untuk Anda yang masih belum mengerti ataupun mengetahui tentang beberapa strategi dalam memasarkan produk yang Anda produksi, maka inilah beberapa strategi pemasaran yang mungkin dapat Anda terapkan pada perusahaan milik Anda. Diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Strategi pemasaran target market

Strategi pemasaran yang pertama adalah strategi target market, Strategi manajemenisasi pemasaran dengan menggunakan target market sebagai objek utamanya adalah dengan memetakan pangsa pasar potensial yang kemungkinan akan banyak konsumen yang membeli produk produk yang Anda jual. Ya, nantinya Anda akan memetakan daerah manakah yang menjadi daerah potensial dari produk yang nantinya akan Anda jual ke para konsumen.

Memang, tidak semua daerah menjadi kawasan potensial dari produk yang Anda sajikan. Namun, dengan lebih fokus ke daerah kawasan potensial maka akan menggenjot penjualan dari produk produk yang Anda jual ke masyarakat. Dan nantinya, menjadi tugas para karyawan Anda untuk melebarkan sayap ke beberapa daerah yang belum tertarik dengan produk yang Anda jual menjadi kawasan pangsa pasar potensial bagi produk yang Anda produksi tersebut.

Strategi pemasaran target market ini banyak digunakan oleh beberapa perusahaan perusahaan yang bergerak di bidang barang jadi seperti konveksi, perlengkapan rumah tangga, dan bidang bisnis sejenis lainnya. Jadi, dengan menggunakan strategi pemasaran target market, maka diharapkan mampu mendongkrak penjualan produk per harinya sesuai dengan target yang diinginkannya. Tak heran pula strategi pemasaran target market ini juga sering digunakan oleh para pelaku bisnis usaha rintisan atau para wirausaha.

Sponsor Link

2. Strategi Pemasaran Bauran Market (Mix Market)

Strategi pemasaran selanjutnya adalah strategi bauran market atau mix market. Ya, strategi pemasaran yang banyak diadopsi oleh beberapa perusahaan perusahaan besar yang tentunya memiliki kompetitor atau saingan bisnis di bidang yang sama. Akan tetapi, untuk mendongkrak penjualan dan memperoleh “nama”di hati masyarakat, maka perusahaan tersebut wajib menggunakan strategi pemasaran bauran market karena strategi pemasaran ini tidak hanya mengedepankan pangsa pasar potensial di area kawasan strategis, namun juga mengedepankan aspek aspek kepuasan dari para pelanggan. Ya, perusahaan wajib memenuhi beberapa variabel variabel indikator kepuasan dari para pelanggan seperti harga jual produk, kualitas produk, pendistribusian produk, langkah langkah promosi, diskon, ataupun flash sale, hingga kemasan dari produk yang dibuat semenarik mungkin untuk menggaet para konsumen.

Jadi, dengan mengedepankan variabel variabel indikator dari kepuasan para pelanggan inilah yang nantinya menjadi tolak ukur perusahaan tertentu untuk memenuhi keinginan dan kebutuhan dari konsumen agar nantinya pangsa pasar potensial dari perusahaan tersebut semakin meluas dan juga dapat merebut hati masyarakat agar ia menjadi pelanggan tetap dari produk produk yang Anda jual.

Bagaimana Sistem Manajemen Pemasaran Yang Cocok Untuk Meningkatkan Penjualan Produk ?

Setelah membahas tentang strategi pemasaran, kini ada baiknya kita membahas tentang beberapa sistem manajemen pemasaran yang cocok untuk diterapkan pada bisnis yang tengah Anda geluti untuk meningkatkan tingkat penjualan produk barang atau jasa yang Anda sediakan. Salah satunya adalah sebagai berikut :

1. Bekerja Sama Dengan Perusahaan Lain

Sistem manajemen pemasaran yang pertama adalah dengan bekerja sama dengan perusahaan lain. Sistem ini dirasa cukup menguntungkan karena dengan bekerja sama dengan perusahaan lain maka Anda dapat menggenjot jumlah produksi dan juga dapat menggunakan strategi promosi bundling yang mana dapat memberikan keuntungan satu sama lainnya.

2. Menjaga Tingkat Kepuasan Dari Pelanggan Lama

Sebagai seorang pelanggan lama, tentunya sangat ingin lebih diperhatikan dan juga ingin selalu produk produk yang dijual oleh perusahaan tetap menjaga kualitas dan kuantitas barang yang diproduksinya. Sebab, dengan menjaga tingkat kepuasan dari pelanggan lama inilah yang menjadi konsumen potensial yang akan selalu membeli produk produk yang Anda jual ke pasaran. Hal tersebut tentunya menjadi tantangan tersendiri bagi perusahaan yang bergerak di bidang apapun untuk memproduksi produk produk baru namun tetap memperhatikan kualitas dan kuantitas yang tetap terjaga.

3. Membuat Iklan Promosi Semenarik Mungkin

Salah satu hal yang membuat konsumen tertarik dengan suatu produk baru adalah memiliki hal unik dan tentunya viral di kalangan masyarakat. Oleh karena itu, agar produk yang dijual oleh suatu perusahaan dapat diterima di kalangan konsumen baru, maka Anda dapat membuat iklan promosi atau membuat kemasan produk semenarik mungkin agar dapat menarik minat masyarakat tentunya sehingga mereka akan penasaran dengan produk yang Anda jual. Nah, untuk dapat membuat iklan promosi serta desain kemasan produk yang dapat diterima di masyarakat luas, maka Anda dapat melakukan riset sederhana untuk mengetes pangsa pasar potensial agar Anda mengetahui iklan promosi dan kemasan produk yang bagaimanakah yang mungkin akan diterima oleh para konsumen potensial dari produk yang Anda jual tersebut sehingga produk Anda nantinya akan laku keras di pasaran. Dan juga Anda dapat melibatkan karyawan karyawan Anda untuk mendiskusikan hal hal tersebut guna menemukan ide kreatif dalam pembuatan iklan promosi dan desain kemasan produk yang akan Anda jual.

Nah, itulah beberapa sistem dan strategi pemasaran yang perlu untuk Anda mengerti, ketahui, dan pelajari sebelum terjun ke dunia bisnis usaha rintisan atau perusahaan. Pastikan bahwa Anda memilih sistem dan juga strategi manajemen pemasaran yang sesuai dengan jenis bidang usaha yang akan Anda kelola agar Anda tidak mengalami kebangkrutan atau gulung tikar.

Apakah Anda memiliki masalah dalam pekerjaan Anda? | PT APPKEY
Tidak hanya terbatas pada penyediaan konten-konten tentang SEO, kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Tentang Kami
Pengenalan Layanan
Pengenalan Perusahaan
Kontak Kami
Sponsor Link
Tell Us What You Think
0Like0Love0Haha0Wow0Sad0Angry