Membangun Sistem Pemasaran Online Era Baru

 

Apa itu sistem pemasaran online?

Pemasaran awalnya dilakukan untuk menyusun strategi seperti survei, manufaktur, transportasi, penyimpanan, penjualan, iklan, dan lain-lain sesuai dengan produk dan tren pasar dengan tujuan untuk menjual produk dalam jumlah besar dan efisien.

Pada akhirnya masyarakat konsumen terus berkembang, kebutuhan konsumen menjadi beragam, batas pemasaran produksi secara masal dan konsumsi masal secara tradisional telah terlihat, serta pemasaran yang disesuaikan dengan keadaan individu masing-masing pelanggan menjadi semakin dibutuhkan.

Penggunaan secara komersial melalui internet mulai dilakukan ketika latar belakang/motif pasar berubah dengan cepat, sistem pemasaran online akan sangat berkontribusi pada pelaksanaan strategi era baru dimana pemasaran menargetkan individu.

Agar berhasil membangun sistem pemasaran online, Anda perlu mempertimbangkan dengan pasti sejauh mana strategi pemasaran yang berorientasi pada pendekatan individu dapat diterapkan sebagai sistem IT.
 


Sponsor Link

Dari pemasaran ‘one-to-many’ menjadi ‘one-to-one’.

Pada dasarnya, pemasaran masal yang sebelumnya, menggunakan metode ‘one-to-many’ atau penargetan konsumen dalam jumlah besar dengan satu produk.

Contohnya adalah iklan TV atau iklan pada media masa seperti koran dan majalah, semua penjual menaruh iklan pada media atau halaman yang menurut mereka sangat berkaitan.

Namun, dalam hal iklan pencarian untuk iklan di internet, iklan terbaik untuk pengguna tersebut ditampilkan satu demi satu terlepas dari waktu pada saat pengguna melakukan pencarian.

Selain itu, Anda dapat mengakumulasi data seperti misalnya jenis halaman seperti apa yang sering dikunjungi di sebelumnya oleh pengguna yang sedang mengunjungi beranda Anda.

Kemudian berdasarkan data tersebut, sistem juga dapat merekomendasikan halaman yang mungkin diminati pengguna atau Anda dapat menyediakan situs internet yang hanya terdiri dari informasi yang diperlukan oleh pengguna tersebut.

Ini berarti bahwa prinsip dari sistem pemasaran di era baru adalah ‘one-to-one’.

Apa itu sistem pemasaran era baru?

Contoh dari sistem pemasaran era baru adalah sistem manajemen dan analisis informasi pelanggan dengan database, sistem CTI (Computrade Technology International), sistem Call Center, SFA (Sales Force Automation: sistem dukungan penjualan dan tenaga penjualan), sistem upaya penjualan seperti direct mail, sistem manajemen pusat, sistem manajemen pelanggan prospektif seperti otomatisasi pemasaran, dan lain-lain.

Dalam sistem-sistem tersebut, Anda perlu menetapkan strategi tentang bagaimana melakukan pemasaran untuk pelanggan Anda sendiri dan membangun sistem dengan biaya yang masuk akal.

Metode ini bukan satu-satunya cara untuk mengembangkan sistem pemasaran era baru dengan memanfaatkan teknologi IT.

Contohnya, Anda dapat melakukan pendekatan one-to-one dengan pengguna lebih mudah dan tanpa biaya dengan metode pemasaran (pemasaran internet) menggunakan situs internet yang memungkinkan Anda memasang iklan yang sesuai dengan atribut pengguna, menargetkan calon pelanggan dari bagian tanya-jawab, dan mengirimkan informasi menggunakan situs perusahaan.

Apa itu pemasaran internet?

Mari kita lihat salah satu metode pemasaran internet yang dapat dengan mudah dilakukan oleh perusahaan kecil dan menengah.

Optimisasi mesin pencari (SEO)

Optimisasi mesin pencari atau yang disebut SEO adalah tindakan/strategi untuk meningkatkan akses dari mesin pencari seperti Google dan Yahoo!.

Bahkan jika sebelumnya situs tersebut tidak sepadan dengan kondisi sebenarnya, mereka dapat meningkatkan peringkat pencarian dengan tautan/link (tautan yang ditempelkan ke situs) yang dibeli dengan uang, tetapi kasus ini merupakan kasus terdahulu.

We need the know-how of content SEO to provide benefits to customers who have come to our site by raising the quality of the internal measures and the content they provide.

Sangatlah penting untuk mengetahui dan memahamai bagaimana konten SEO itu sendiri untuk memberikan manfaat kepada pelanggan yang telah mengunjungi situs Anda dengan meningkatkan kualitas tindakan secara internal dan penyediaan konten.

Iklan listing

Iklan listing menggunakan iklan sebagai sarana untuk meningkatkan pendapatan melalui mesin pencari.

Meningkatkan arus pendapatan melalui mesin pencari dengan berada pada posisi atas hasil pencarian disebut pencarian alami (organic search).

Arti listing mengacu pada iklan jenis tautan mesin pencari yang merupakan iklan yang tercantum sesuai dengan kata-kata pencarian.

Pada iklan listing, iklan akan diposting pada posisi yang lebih mencolok daripada hasil pencarian alami dengan mendaftar ke AdWords, memilih jenis iklan, mengatur iklan dan membayar sejumlah biaya.

Karena berbayar, Anda memerlukan keahlian dan waktu untuk mengelola efektivitas biaya dengan tepat.

SMM (Social Media Marketing)

Ini adalah pemasaran yang dilakukan untuk memperbanyak penggemar dan mempererat hubungan dengan pelanggan yang dilakukan dengan mengelola media sosial seperti Facebook dan Twitter untuk perusahaan.

Meskipun ada beberapa keuntungan seperti dapat melakukan dialog langsung dengan pengguna dan pengguna dapat menyebarkan informasi yang Anda unggah, di sisi lain, jika korespondensi perusahaan Anda buruk, hal ini akan menyebarkan citra negatif dan dapat merusak citra merek perusahaan Anda.

Anda perlu melakukan upaya secara terus-menerus dan memiliki pengetahuan untuk mempertahankan penggunaan media sosial yang baik untuk membuat penggemar menjadi lebih aktif.

Selain SMM gratis, Anda dapat melakukan iklan media sosial dengan mengirimkan iklan ke dinding media sosial yang serupa dengan iklan listing di halaman website.

Seperti iklan listing, Anda juga memerlukan pengetahuan manajemen operasi.

LPO (Landing Page Optimization)

Dalam pemasaran website, halaman strategis yang mendorong pengguna yang berasal dari mesin pencari atau iklan listing untuk melakukan pertanyaan, permintaan informasi, pembelian, dan lain-lain disebut halaman arahan (LP/Landing Page).

Pada halaman arahan, tautan ke luar situs sengaja tidak diunggah dan merangkum pesan di dalam halaman tersebut untuk menjaga ketertarikan pengguna di dalam halaman tersebut.

Halaman arahan dimulai dari tampilan pertama yang terdiri dari susunan kata yang menarik dan gambar yang besar, serta normal untuk menaruh informasi dalam jumlah banyak yang diatur secara vertikal agar mudah digulir berkali-kali untuk membacanya sampai akhir.

Untuk meningkatkan rasio konversi atau CVR halaman arahan ini, Anda perlu melakukan LPO atau optimalisasi halaman arahan yang dilakukan dengan menyusun komposisi dan konten halaman arahan Anda.

Dalam beberapa kasus, Anda dapat menyiapkan beberapa tampilan dan melakukan tes AB untuk menguji tampilan mana yang sesuai.

EFO (Entry Form Optimization)

EFO adalah tindakan pengoptimalan untuk mencegah pelanggan pergi saat mengisi formulir untuk meminta bahan atau membeli barang yang dilakukan dengan membuatnya lebih mudah dilihat atau mengurangi jumlah informasi.

Meskipun SEO, iklan listing, LPO dan lain-lain telah sampai pada titik di mana pengguna memasukkan informasi pada formulir, tetapi ini akan membuat uang yang telah diinvestasikan sebelumnya dan tenaga SDM yang telah digunakan menjadi sia-sia jika pengguna pergi karena formulir tersebut sulit untuk digunakan.

EFO memiliki berbagai macam teknik, tetapi pada dasarnya terdapat tiga poin yang perlu dilakukan, yaitu memperjelas item-item penting untuk mengurangi kebocoran input, mencegah peringatan error yang sulit dipahami muncul berkali-kali, dan meningkatkan visibilitas untuk mengurangi upaya input.

Apa itu pemasaran online?

Melalui pemasaran online, Anda dapat membangun sebuah era baru dalam sistem pemasaran dengan semua peralatan digital.

Situs internet yang dapat menyediakan media untuk individu secara one-to-one menggunakan antarmuka pengguna grafis yang telah lama menjadi pusat sistem pemasaran era baru, tetapi saat ini telah muncul berbagai media digital selain website yang dapat merealisasikan pendekatan one-to-one kepada pengguna.

Media digital baru tersebut adalah smartphone, tablet, sensor, speaker pintar dan sebagainya.

Apa itu Omni Channel?

Omni Channel adalah strategi penjualan untuk mencegah hilangnya peluang dan mengikuti pelanggan dengan menyatukan sistem manajemen informasi toko fisik dan situs EC (e-commerce).

Omni Channel yang merumuskan strategi pemasaran dengan mengintegrasikan banyak saluran selain internet dan internet menjadi satu juga menjadi populer. Contohnya adalah dengan menyimpan kartu nama pengunjung pameran dan respon kartu pos yang dikirim secara langsung dalam database dan mengubahnya menjadi data digital.

Teknis dasar dari Omni Channel tidak hanya pemasaran web tetapi juga teknologi dan gagasan pemasaran online.

Pada Omni Channel Anda dimungkinkan untuk mengintegrasikan seluruh saluran penjualan dan saluran distribusi, termasuk toko fisik dan toko online di internet.

Oleh karena itu, petugas toko dapat memeriksa riwayat pembelian pelanggan di internet pada saat melewati anggota IC (Integrated Circuit) saat memasuki toko, bahkan pelanggan yang pertama kali mengunjungi toko.

Hal ini memungkinkan petugas toko untuk memberikan layanan yang baik seperti merekomendasikan pakaian yang cocok untuk pelanggan tersebut.
 


Sponsor Link

Apa yang bisa dilakukan dengan pemasaran online?

Pemasaran online memungkinkan untuk menempatkan setiap titik kontak pelanggan ke dalam satu strategi pemasaran terpadu, seperti dari titik toko fisik, mal online, situs pemesanan pribadi, TV Store, pemesanan melalui katalog, direct mail, media sosial, aplikasi yang disediakan oleh perangkat smartphone atau tablet, selain itu data yang dikumpulkan dari IoT (Internet of Things) dan lain-lain.

Pemasaran online canggih seperti itu tidak dianggap sebagai bentuk masa depan dari sistem pemasaran baru di dalam pemikiran para pemasar, tetapi sebenarnya itu disediakan sebagai DMP (Data Management Platform) atau platform manajemen data.

Jika Anda ingin membedakan perusahaan Anda dengan perusahaan pesaing dalam penggunaan sistem pemasaran online, Anda juga perlu mempertimbangkan pembangunan DMP.

Rangkuman

Sebagai sistem pemasaran online, dapat dilihat bahwa terdapat berbagai macam pendekatan yang digunakan.

Hal yang paling penting untuk membangun sistem pemasaran seperti itu adalah menghargai pendekatan one-to-one yang berbeda dari pemasaran masal yang dilakukan melalui pendekatan dengan individu secara langsung.

Dalam kasus seperti itu, Anda tidak hanya perlu untuk membangun sistem pemasaran online, tetapi kami menyarankan Anda juga memilih perusahaan sistem yang menyediakan layanan operasi dan bersedia melakukan konsultasi tentang bagaimana cara memanfaatkan sistem tersebut.

Selain itu, sebelum membangun sistem pemasaran online skala besar secara tiba-tiba, kami menyarankan Anda untuk mengembangkan pemasaran website berdasarkan situs internet Anda untuk mencari tahu reaksi pelanggan dan memperhatikan bagian mana yang perlu diperkuat dari perusahaan Anda.

Dalam kasus seperti itu, jika Anda bekerja sama dengan perusahaan produksi situs internet yang bersedia melakukan konsultasi cara pemanfaatan situs internet, Anda dapat segera mengaplikasikan poin peningkatan pada situs internet Anda.

Apakah Anda memiliki masalah dalam pekerjaan Anda? | PT APPKEY
Tidak hanya terbatas pada penyediaan konten-konten tentang SEO, kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.
Tentang Kami Pengenalan Layanan
Pengenalan Perusahaan Kontak Kami
Sponsor Link
Tell Us What You Think
1Like0Love0Haha0Wow0Sad0Angry