SEO itu Apa ? | Bagaimana Konsep Dasar dan Cara Kerjanya

Sponsor Link

 

Anda pasti pernah mencari website melalui mesin pencari contohnya seperti di Google. Namun, tahukah Anda bahwa mesin pencari memunculkan daftar website bukan dalam format yang acak melainkan diurutkan dari relevansi dan kualitas website? Itulah yang melatarbelakangi SEO. Nah, lalu SEO itu apa? Untuk lebih jelasnya simak saja ulasan berikut ini.

SEO itu Apa?

 

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jika ada pertanyaan tentang SEO itu apa? Maka jawaban paling sederhana adalah SEO singkatan dari Search Engine Optimization atau jika dijelaskan dalam bahasa Indonesia maka artinya adalah strategi pemasaran yang dilakukan secara online dengan tujuan untuk mendapatkan peringkat terbaik pada mesin pencari sehingga sebuah website jadi semakin banyak jumlah pengunjungnya.

Ada beberapa faktor yang menjadikan sebuah website berada di peringkat terbaik dalam mesin pencari diantaranya seperti relevansi dan kualitas dari suatu website.

Jika Anda menggunakan strategi yang tepat maka website Anda akan mendapatkan jumlah pengunjung yang lebih banyak, namun jika Anda menerapkan strategi yang tidak tepat maka website Anda bahkan akan semakin sulit untuk ditemukan dalam mesin pencari.

Contohnya seperti, jika Anda memiliki website yang berkaitan dengan “jual kue” nah apabila Anda ingin website tentang usaha kue yang sedang Anda jalankan itu ada di halaman pertama mesin pencari Google, Anda harus menggunakan SEO.

Namun, satu hal yang seringkali menjadi masalah adalah tempat untuk berada di halaman pertama mesin pencarian seperti Google itu cukup terbatas, bayangkan saja, hanya sekitar 10 website saja yang bisa ditampilkan per halamannya. Padahal, seperti kita tahu, bahwa semua pemilik bisnis ingin menempatkan website bisnis mereka itu di halaman pertama sebuah mesin pencari.

Sejarah dan Fungsi Dasar SEO itu Apa?

Sejatinya SEO itu sudah dikenal sejak mesin pencari diciptakan, meskipun demikian tidak ada keterangan yang pasti, sebab ada banyak versi yang terkait dengan pertama kali SEO digunakan. Berdasarkan informasi yang diberikan oleh Search Engine Land, perkiraan SEO mulai digunakan untuk pertama kalinya sekitar tahun 1991.

Seperti diketahui bahwa pada era 90-an adalah tonggak awal dari popularitas mesin pencari, padahal ketika itu masih belum terlalu banyak pengguna internet. Seiring berjalannya waktu, internet semakin berkembang dan konten informasi yang tersedia pun semakin besar, maka bisa dibayangkan betapa bergunanya tool berupa mesin pencarian di internet. Tanpa mesin pencari tentunya Anda tidak akan bisa dengan mudah untuk menemukan berbagai informasi yang Anda cari.

Setelah mengetahui sejarah dari munculnya SEO, maka kini Anda perlu mengetahui fungsi SEO itu apa? Ada dua fungsi utama yang membuat pengguna internet sangat membutuhkan mesin pencari, yaitu indeksasi dokumen yang terdapat pada jaringan world wide web (www) dan fungsi yang kedua adalah menyediakan jawaban yang didasarkan pada kata kunci atau yang juga dikenal dengan istilah query.

Alasan yang Mendasari Pentingnya SEO untuk Sebuah Website

Kini, hampir segala informasi bisa dicari di internet yang tentunya untuk memudahkan mencari informasi secara online tersebut Anda menggunakan mesin pencari. Berdasarkan data yang disajikan Google, website yang posisinya berada di peringkat pertama hingga ketiga dalam mesin pencari Google akan lebih banyak mendapatkan jumlah pengunjung yang totalnya bisa mencapai 50%, untuk website yang posisinya terpampang paling atas dalam mesin pencari bahkan bisa mendapatkan lebih dari 20% klik kumulatif.

Data yang tersaji itu tentunya sekaligus menunjukkan bahwa SEO memang sangat penting untuk sebuah website, bahkan dengan adanya SEO Anda bisa berpeluang mendapatkan pengunjung yang total per harinya bisa mencapai ribuan hingga puluhan ribu.

Konsep Dasar SEO itu Apa?

Sponsor Link

Berbicara mengenai konsep dasar SEO itu apa maka tidak bisa dipisahkan dari yang disebut dengan jenis dari konsep SEO, terdiri dari On-Page SEO dan Off-Page SEO. Pada on-page SEO, strategi yang dilakukan agar bisa mendapatkan tempat di halaman pertama mesin pencari adalah dengan mengoptimalkan performa pada bagian ataupun struktur dari website itu sendiri.

On-Page SEO

Dengan menerapkan konsep on-page SEO yang baik dan benar maka secara otomatis akan membuat mesin pencari semakin mudah menemukan konten yang relevan dan tentunya juga berkualitas sehingga informasi tentang website tersebut dapat segera diberikan kepada pengguna mesin pencari sesuai dengan query atau kata kunci yang mereka tulis.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan pada on-page SEO, diantaranya seperti berikut ini:

Konten website

Pada saat Anda membuat sebuah website, selain desain dan cara pembuatan website, Anda sebaiknya juga mempertimbangkan secara matang konten dari website yang akan Anda buat itu. Pastikan ketika Anda membuat sebuah website maka Anda juga perlu memikirkan tentang apa yang akan didapatkan oleh pengunjung website Anda tersebut.

Jadi, seiring dengan semakin banyaknya website yang bermunculan, konten yang baik biasanya akan lebih mudah mendapatkan peringkat lebih tinggi di mesin pencari.

Setidaknya pada saat Anda membuat website dan ingin mengisinya sesuai dengan konten yang ingin Anda isi, maka ada beberapa pertanyaan yang seharusnya bisa coba Anda tanyakan ke diri Anda sendiri, misalnya seperti:

  • Apakah konten yang akan Anda tampilkan pada website tersebut merupakan konten yang dicari oleh banyak pembaca?
  • Apakah konten yang akan Anda tampilkan pada website tersebut akan bisa memberikan nilai tambah dan dapat menjawab pertanyaan dari pengunjung yang membaca konten website Anda?
  • Apakah konten yang Anda buat tersebut bisa berdampak baik pada strategi jangka panjang yang telah Anda buat?

Struktur URL yang benar

Sebuah website sudah seharusnya memiliki URL yang jelas dan benar, khususnya dilihat dari segi kategori serta hierarkinya.

Bisa dengan mudah diakses oleh bot/crawler

Sebuah website yang sulit atau bahkan tidak bisa diakses oleh bot/crawler maka secara otomatis website tersebut akan mendapatkan peringkat yang lebih tinggi. Selain itu masih terdapat sejumlah faktor lain yang perlu untuk dipertimbangkan pada on-page SEO mulai dari penggunaan DNS, kecepatan dari sebuah website, meta tag, sitemap dan lain sebagainya.

Off-Page SEO

Untuk off-page SEO adalah strategi yang dilakukan agar bisa mendapatkan tempat di halaman pertama mesin pencari dengan cara melakukan optimasi mesin pencari dari luar website.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan pada off-page SEO, diantaranya seperti berikut ini:

Berhasil mendapatkan backlink berkualitas

Perlu diketahui bahwa backlink berkualitas itu harus memiliki dua aspek yaitu DA tinggi serta niche yang relevan.

Menerapkan white hat seo

Para praktisi SEO akan terus berusaha mendapatkan cara terbaik agar bisa melanjutkan pekerjaannya. Bahkan hal tersebut menjadi salah satu cara yang dilakukan untuk bisa melakukan manipulasi peringkat dalam sebuah mesin pencari yang kebanyakan dari orang tersebut akan berusaha untuk memahaminya.

Selain dua faktor tersebut ada pula beberapa faktor lain yang tidak kalah penting, mulai dari team social media marketing, branded keyword, hingga guest blogging.

Tiga Hal Penting yang Perlu Diperhatikan Tentang SEO

Pada saat Anda ingin menerapkan strategi SEO maka ada beberapa hal penting yang perlu diketahui dan tentunya diperhatikan, yaitu sebagai berikut ini:

Adanya kompetisi

Kompetisi agar bisa ditempatkan pada halaman pertama sebuah mesin pencari akan terasa semakin sengit persaingannya, mengingat kini sudah semakin banyak website yang dapat menempati halaman pertama dari mesin pencari. Jika kompetisi semakin tinggi, maka diperlukan penerapan strategi SEO yang semakin rumit.

Sponsor Link

Website

Sebuah website bisa sangat berpengaruh dan memiliki peranan penting dari yang namanya SEO maka Anda sebaiknya memastikan bahwa website Anda tersebut memang ramah terhadap Search Engine Friendly.

Strategi SEO

Strategi yang harus selalu dijaga dan dipegang adalah yang tetap berusaha menerapkan konsep dari White Hat SEO.

Cara Kerja SEO

Ada 5 tahapan yang akan dijelaskan mengenai cara kerja SEO itu apa sebenarnya? Oleh sebab itu, berikut ini akan coba untuk dijelaskan secara rapi dan teratur.

Crawling

Crawling merupakan proses pengambilan semua halaman website yang telah dihubungkan pada website tersebut. Agar bisa melakukan proses ini, maka Anda terlebih dahulu perlu menggunakan software crawler atau Googlebot. Misalnya saja sebagai contoh, Anda telah memiliki website baru, maka mesin pencari yang akan melakukan teknik crawling ini ke seluruh dokumen. Tersedianya crawling pada mesin pencari membuat Anda akan bisa mendapatkan informasi dan kemudian mengaturnya.

Indexing

Indexing adalah terjadinya proses pembuatan indeks agar semua halaman pada sebuah website diambil dan kemudian disimpan dalam sebuah database mesin pencari. Sebenarnya, proses tersebut adalah identifikasi dari kata-kata serta tulisan yang bisa menjadikan halaman tersebut adalah lebih cepat masuk dalam sebuah database mesin pencari.

Processing

Pada saat sebuah mesin pencarian menerima permintaan (request) dari pengguna, misalnya saja dengan mengetikkan sebuah kata kunci pada mesin pencari, maka mesin pencari tersebut akan melakukan protes dengan cara membandingkan antara kata kunci ke dalam permintaan pelanggan dengan halaman lain dari berbagai website yang sudah mengalami proses indeks.

Calculating Relevancy

Dalam sebuah website, tentu saja Anda akan memiliki beberapa kata kunci yang sengaja agar dapat dimasukkan ke dalam mesin pencari, misalnya seperti “kunci sukses SEO”, hal itulah yang kemudian dilakukan oleh mesin pencari dalam hal memproses jumlah relevansi dari setiap halaman yang dimasukan ke dalam indeks.

Retrieving Result

Tahapan dalam cara kerja yang terakhir dari SEO adalah mengambil hasil yang relevan dari kata kunci yang telah dimasukkan ke dalam beberapa tahapan sebelumnya dan kemudian menampilkannya dalam daftar hasil yang tertera dalam mesin pencarian.

Perlu diketahui, bahwa setiap bulan, mesin pencarian baik itu Google ataupun Yahoo akan melakukan pembaharuan puluhan algoritma yang saling terkait dengan relevansi menampilkan hasil pencarian dalam sebuah mesin pencari. Hal tersebut dilakukan agar hasil dari pencarian yang ditampilkan tersebut akan benar-benar menampilkan hasil yang sesuai dengan kata kunci yang dimasukkan ke dalam mesin pencari tersebut.

Walaupun sebenarnya prinsip dasar dari sistem pencarian dari sebuah mesin pencari adalah sama, namun ada satu pembeda utama yang merupakan algoritma relevansi yang diterapkan pada masing-masing mesin pencari, sehingga tidak mengherankan jika pada hasil pencarian Google dan Yahoo ada sedikit perbedaan.

Manfaat SEO itu Apa?

Berdasarkan ulasan yang sudah dijelaskan diatas, maka seharusnya Anda sudah bisa membayangkan mengenai manfaat sesungguhnya dari SEO itu apa? Tentunya manfaat SEO itu mencakup suatu hal yang sangat luas, namun setidaknya ada dua manfaat yang bisa dijelaskan lebih detail yaitu manfaat SEO untuk bidang bisnis dan manfaat SEO untuk blogger.

Jika SEO untuk bisnis, maka para pebisnis online akan merasakan manfaat SEO di sektor penjualan, terlebih lagi jika proses SEO yang dilakukan itu menggunakan langkah yang tepat, maka selain penjualan meningkat, bagi sebuah perusahaan brand awareness-nya pun akan semakin terangkat peringkatnya di sebuah mesin pencari. Sementara itu, manfaat SEO untuk blogger atau website yang tujuan utamanya adalah mendatangkan trafik, maka Anda akan bisa meraih pendapatan yang cukup besar berkat blog atau website Anda tersebut. Hanya saja, agar tetap konsisten dan semakin meningkat, konten dari website Anda itu juga harus sangat diperhatikan kualitasnya.

Perbedaan Metode SEO yang Diterapkan untuk Bisnis dan Mendatangkan Trafik

Ada satu hal yang seharusnya Anda tahu bahwa ada beberapa metode yang dapat diterapkan untuk tujuan yang berbeda, misalnya seperti metode SEO yang diterapkan pada bidang bisnis dan metode SEO yang diterapkan hanya untuk sekedar mendatangkan trafik.

Mengapa metode SEO antara untuk bisnis dan mendatangkan trafik itu berbeda? Hal seperti itu disebabkan karena pada SEO bisnis Anda hanya akan fokus pada penjualan dari sebuah produk, sedangkan metode SEO untuk mendatangkan trafik itu artinya Anda berusaha mendapatkan pundi-pundi uang dari berbagai program, misalnya seperti adsense.

Jadi, bisa disimpulkan bahwa trafik tinggi tidak bisa menentukan hasil penjualan, sedangkan sebaliknya untuk para blogger semakin banyak trafik maka jumlah klik pada iklan tersebut akan semakin tinggi.

Keunggulan dan Kelemahan SEO

Keunggulan SEO

  • Website Anda akan semakin banyak pengunjungnya, dan hal tersebut akan bisa dilihat dari semakin tinggi peringkat Anda di daftar tersebut.
  • Tidak perlu memasang iklan secara besar-besaran, sebab jika Anda berhasil memperbaiki peringkat dari website Anda itu, maka website Anda pun akan semakin mudah ditemukan dan itu artinya Anda tidak perlu lagi menggunakan iklan.
  • Mudah dikenal masyarakat, sebuah website yang memiliki peringkat bagus, akan kebanyakan orang dapat dengan mudah mengingatnya.
  • Dilengkapi dengan software pendukung agar bisa melakukan optimasi terdiri dari riset kata kunci, update ranking serta saran optimasi untuk berada di peringkat bagus di halaman pertama.

Kelemahan SEO

  • Proses optimasi SEO tidak bisa menghasilkan suatu pencapaian yang instan, sehingga Anda harus sabar dan terus memantau proses dan perkembangan SEO yang Anda terapkan itu secara berkala sehingga website Anda tersebut dapat mencapai ranking yang sesuai dengan apa yang Anda inginkan dan bisa bertahan di peringkat tersebut dalam jangka waktu yang lama pula.
  • Peringkat bisa menurun dengan cepat seandainya ada website lain yang kontennya lebih lengkap dan relevan serta mampu menjawab tentang informasi yang sering dicari dalam sebuah mesin pencarian.
  • Anda harus bisa menguasai cukup banyak hal yang terkait dengan teknis dan non teknis agar Anda bisa mengetahui faktor apa saja yang bisa menyebabkan website Anda menurun atau meningkat peringkatnya.

Itulah ulasan singkat seputar SEO itu apa? Yang perlu Anda ketahui lengkap dengan penjelasan mengenai konsep dasar serta cara kerja dari SEO untuk membuat sebuah website bisa berhasil berada di peringkat paling atas dari mesin pencari.

Apakah Anda memiliki masalah dalam mengelola dan mengembangkan Website? | PT APPKEY
Tidak hanya mengembangkan sistem website, kami juga memiliki kemampuan dalam mengelola website dan meningkatkan strategi SEO serta konten pemasaran sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan setiap permasalahan Anda.

Tentang Kami
Pengenalan Layanan
Pengenalan Perusahaan
Kontak Kami

 

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jika Anda menyukai artikel ini
Acungkan jempol