Penjualan Online | Tips dan Trik Meningkatkan Penjualan

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

 

Penjualan online ini bukan merupakan suatu hal yang baru dewasa ini. Dewasa ini, kehidupan masyarakat sudah sangat bergeser dari sesuatu yang biasa dilakukan secara manual menjadi dapat dilakukan secara digital. Hal ini didorong dengan adanya perkembangan di bidang teknologi utamanya pada gadget. Kegiatan mencari kebutuhan hidup pun tidak lagi menjadi hal yang sulit dilakukan dengan adanya kemajuan teknologi ini.

Kegiatan yang lazim disebut sebagai kegiatan berbelanja online ini, tentu bukan hal yang baru bagi milenial yang memang terlahir dengan atmosfer teknologi. Namun, bagi orang-orang tua mereka atau generasi X dan generasi Y, perlu sedikit adaptasi dengan perkembangan teknologi ini. Alhasil, mereka-mereka yang baru mengenal kegiatan belanja online menjadi tergila-gila dengan adanya tren baru ini.

Hal ini juga didukung dengan iklim usaha yang mendukung kegiatan belanja online. Kita mengenal banyak sekali marketplace atau tempat belanja online bertebaran di internet. Kita bahkan akan sangat sering melihatnya ‘wara-wiri’ sebagai iklan di televisi nasional. Selain dari marketplace, kegiatan belanja online bisa dilakukan dengan memanfaatkan media sosial.

Ada banyak media sosial yang bisa kita pakai untuk belanja online. Satu yang paling populer tentu saja adalah Instagram. Anda juga bisa melakukan kegiatan belanja online memakai Facebook. Nah, dengan sangat banyaknya media yang bisa dipakai untuk belanja online, Anda bisa dengan mudah memanfaatkannya untuk membeli kebutuhan Anda.

Hal ini merupakan suatu peluang bisnis. Bayangkan potensi yang dimiliki oleh kegiatan belanja online ini, akan masih sangat berkembang sampai beberapa tahun kedepan. Anda bisa memakai potensi ini untuk berjualan online alih-alih hanya sebagai konsumen. Anda bebas memilih produk apa yang akan Anda jual, Anda bisa memanfaatkan media sosial sebagai sarana Anda berjualan.

Selain sosial media tersebut, Anda juga bisa memanfaatkan marketplace yang ada untuk melebarkan sayap usaha Anda. Ketika Anda sudah melakukan hal itu usaha Anda tentu akan berkembang. Kegiatan ini bisa Anda lakukan sebagai sampingan dan bukan pekerjaan yang penuh waktu. Anda bisa membuka lapak belanja online Anda ketika Anda pulang kerja atau memasrahkannya kepada keluarga Anda yang ada di rumah.

Karena besarnya potensi yang dihadirkan kegiatan belanja online, pada artikel ini kita akan membahas mengenai tips dan trik untuk meningkatkan penjualan online Anda. Ketika Anda sudah mampu untuk meningkatkan omzet dari toko Anda, Anda jelas akan mendapatkan keuntungan yang lebih banyak.

Hal-Hal yang Dapat Dilakukan untuk Meningkatkan Penjualan Toko Online

Jadi mari kita bahas saja apa-apa yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan penjualan toko online Anda.

Sponsor Link

Meningkatkan penjualan online Anda memanfaatkan traffic

Hal ini sudah sangat sering dibahas yaitu mengenai traffic dari laman penjualan online Anda. Jadi, sebelumnya Anda harus memakai tool analisis yang mampu membaca traffic dari laman Anda misalnya memakai Google Analytics. Ketika Anda sudah mampu untuk mengukur kepadatan lalu lintas di laman online Anda, Anda juga tentunya akan mampu untuk memilih strategi apa saja yang  dapat Anda gunakan untuk meningkatkan penjualan toko online Anda.

Nah, ketika membicarakan traffic, kita akan memahami bahwa semakin banyak orang yang berkunjung ke laman online, Anda akan membuka kemungkinan berlangsungnya sebuah transaksi. Sehingga, semakin banyak pengunjung, maka ada potensi besar pembelian dilakukan. Oleh karena itu, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah meningkatkan traffic laman Anda.

Anda bisa meningkatkan jumlah kunjungan laman Anda dengan memakai konten. Hal ini adalah hal yang wajar di era sekarang ini. Anda harus memakai konten yang berkualitas untuk menarik minat pembaca agar mampir ke laman online Anda. Ada banyak cara membuat konten yang menarik, salah satu yang paling terkenal tentu adalah SEO. Anda bisa mempelajari hal ini untuk meningkatkan traffic laman online Anda.

Meningkatkan penjualan online dengan ‘menata toko’

Setelah selesai dengan promosi konten belanja online, Anda baru akan meningkatkan pemasaran online Anda melalui dalam toko Anda. Artinya, setelah menebar umpan lewat konten yang menarik dan berkualitas, sekarang Anda harus menata toko Anda agar pengunjung tersebut betah dan akhirnya membeli sesuatu di laman Anda.

Cara yang pertama adalah dengan menggunakan tombol call-to action (CTA) yang telah dimodifikasi di toko Anda. Tombol ini sederhananya bisa disebut sebagai semacam tombol tambahkan ke keranjang atau beli sekarang. Tombol yang Anda pilih juga bisa semacam tombol berlangganan di media sosial Anda atau tombol membagikan konten.

Ketika sang pengunjung sudah menekan tombol CTA yang bisa jadi membeli, berlangganan toko Anda, atau melakukan sharing produk Anda, Anda akan merasakan efek dari tombol CTA. Ketika yang terjadi pembelian, maka Anda akan langsung otomatis mendapatkan keuntungan. Ketika yang terjadi adalah berlangganan (misal melakukan follow di akun sosial media Anda), maka Anda akan mendapatkan pelanggan baru yang suatu waktu akan berbelanja di toko Anda.

Ketika tombol CTA yang di-klik mengarahkan kepada sharing produk, maka Anda akan dapat iklan secara cuma-cuma. Bayangkan efek domino yang ditimbulkan dari kegiatan sharing ini. Ketika seorang pelanggan melakukan share produk yang dia lihat atau beli di laman Anda, orang lain akan mengetahui bahwa mereka dapat membeli produk yang sama di toko Anda.

Cara yang kedua adalah memanfaatkan teks di sekitar tombol CTA. Cara ini bisa Anda lakukan untuk memberikan detail terhadap produk yang Anda tawarkan. Misalnya begini, Anda bisa saja mengatur deskripsi dari produk yang dilihat berdekatan dengan tombol CTA. Hal ini akan jauh lebih efisien daripada meletakkan tombol CTA terpisah dari deskripsi.

Memanfaatkan psikologi pengunjung untuk meningkatkan penjualan online

Bagaimanapun juga, belanja online akan berbeda dengan belanja secara konvensional. Kegiatan ini pun tidak akan membuat lelah sang calon pembeli. Dulu, orang harus berpindah dari satu toko ke toko lain apabila produk yang diinginkan masih belum ditemukan. Ketika orang tersebut malas, bisa jadi orang tersebut hanya akan mendatangi 2 atau 3 toko saja.

Hal ini akan berbeda dengan belanja online. Seseorang yang akan membeli suatu produk bisa dengan santainya beralih dari toko satu ke toko yang lain sampai menemukan yang paling sesuai. Hal ini tentu tidak melelahkan, karena Anda hanya harus mengganti windows atau membuka laman baru. Dengan cara ini seseorang bisa dengan terang-terangan membandingkan produk dari toko A dengan produk dari toko B.

Hal ini tentu akan sangat bermasalah, akan sangat sulit untuk memastikan pengunjung toko online Anda untuk membeli produk Anda. Atau sebenarnya bukan sulit, melainkan berbeda pendekatan dengan cara-cara umum yang dilakukan di toko offline. Jadi ada perbedaan psikologi dari dua jenis pembeli ini yaitu pembeli online dan pembeli offline.

Nah, Anda bisa memanfaatkan psikologi yang berbeda untuk membuat pengunjung melakukan belanja online di toko Anda. Cara pertama yang bisa Anda pakai adalah kontras. Bayangkan misalnya Anda memiliki 5 burung merpati dalam sangkar. Tentu kesemuanya adalah putih, lalu anak Anda memberikan warna hitam pada salah satu merpati tersebut. Lalu apa yang terjadi?

Tentu ketika merpati-merpati tersebut berada di sangkar yang sama, orang akan lebih memperhatikan si merpati hitam. Artinya ketika ada kontras yang dimainkan, hal tersebut akan menarik perhatian orang yang melihatnya. Prinsip ini bisa Anda lakukan untuk meningkatkan penjualan online Anda. Aplikasinya bisa sangat beragam namun intinya adalah kontras.

Misalnya saja Anda membuat semua font pada laman online Anda memakai Sans-Serif. Lalu Anda memberikan font yang berbeda pada nama produk dan harganya. Hal ini terlihat remeh, namun dengan memberikan kontras semacam ini sang pengunjung akan langsung terpaku melihat nama produk dan harganya.

Hal lain yang bisa Anda lakukan mengenai kontras adalah membuat warna yang berbeda. Tentu Anda juga memperhatikan bahwa di beberapa marketplace, warna dari harga produk akan dibuat dengan lebih besar dan warna yang berbeda. Hal ini memiliki prinsip yang sama yaitu kontras. Anda bisa mengatur warna dan ukuran dari harga tersebut sehingga menjadi lebih besar dan memiliki warna yang berbeda dari teks lain.

Kontras lain yang populer adalah dengan memberikan efek angka dicoret pada harga Anda. Hal ini bisa Anda manfaatkan ketika Anda memberikan diskon untuk produk tertentu. Anda bisa mengkombinasikan hal-hal yang telah disarankan untuk memberikan efek kontras pada laman online Anda. Gunakan perbedaan warna, perbedaan ukuran, perbedaan font, dan coretan untuk memberikan efek kontras.

Sponsor Link

Memanfaatkan mentalitas kawanan untuk meningkatkan penjualan online Anda

Hal ini merupakan sifat alami manusia. Artinya ketika kita merupakan seseorang yang sama dengan mayoritas, kita akan merasa lebih senang dan lebih aman. Hal ini bisa dibuktikan ketika kita melihat banyak orang memakai produk A, kita akan berpikir bahwa produk A tersebut bagus karena dipakai oleh banyak orang. Pada akhirnya kita akan tertarik untuk membeli produk A karena alasan tersebut.

Hal yang semacam ini bisa Anda manfaatkan untuk meningkatkan penjualan berbasis online Anda. Nah, untuk memanfaatkan mentalitas kawanan, Anda memerlukan space khusus di toko online Anda yaitu ‘produk terlaris’. Artinya ketika produk itu laris maka akan banyak orang yang membeli, hal ini akan mempengaruhi orang yang melihat produk tersebut.

Ini akan menjadi semacam efek domino. Semakin laris produk tersebut maka akan lebih banyak lagi orang yang tertarik membeli produk tersebut. Pada akhirnya produk tersebut akan semakin laris dari waktu ke waktu. Selain cara ini, Anda juga bisa memanfaatkan metode lain dengan memanfaatkan mentalitas kawanan.

Cara tersebut adalah dengan memberikan testimoni. Hal ini wajar belaka dan banyak dipakai oleh penjual online di banyak tempat. Artinya Anda merekam kepuasan pembeli di toko Anda dan memamerkannya di laman online Anda.  Hal ini cukup efektif untuk memberikan efek “belanja disini aman, produknya bagus” kepada pembeli.

Namun, yang harus Anda ingat adalah Anda jangan sampai berbohong mengenai kualitas produk yang Anda jual. Artinya, ketika Anda berjualan dengan jujur dan kualitas produk Anda bagus, maka testimoni yang membangun toko Anda akan mengalir dengan sendirinya. Anda hanya harus menunggu sampai testimoni tersebut muncul dari hasil belanja online dan melakukan follow up.

Jangan sekali-sekali memakai testimoni palsu untuk meyakinkan pembeli. Hal ini merupakan sesuatu yang tidak baik. Bayangkan ketika Anda memberikan testimoni bahwa produk yang Anda jual memiliki kualitas A padahal sebenarnya dengan harga yang ditawarkan kualitas produk Anda adalah B. Ketika si pembeli mempunyai ekspektasi lebih terhadap produk Anda karena termakan oleh testimoni palsu yang Anda buat, maka pembeli tersebut pada akhirnya akan kecewa.

Efek kekecewaan ini akan menyebar dengan cepat. Si pembeli akan membicarakan kualitas yang tidak sesuai dengan testimoni yang Anda berikan. Dengan begini secara tidak langsung Anda telah melakukan kampanye negatif terhadap diri Anda sendiri. Jadi hindarilah melakukan hal-hal semacam membuat testimoni palsu.

Memberikan embel-embel baru untuk meningkatkan penjualan online

Nah, trik ini merupakan cara paling mudah ketika mengadopsi psikologi para pembeli online. Ketika ada sesuatu yang baru, orang akan berlomba-lomba untuk mendapatkannya dan menjadi yang pertama. Orang akan dengan sangat bangga ketika dirinya merupakan yang paling update untuk banyak hal. Perkara inilah yang bisa Anda manfaatkan untuk omzet penjualan online toko Anda.

Ada cara yang bisa Anda lakukan perihal pembaruan ini. Cara tersebut adalah dengan menambahkan kolom baru pada toko Anda dengan kata “produk baru”. Nah, Anda tinggal memasukkan beberapa produk Anda ke kolom tersebut. Atau Anda bisa benar-benar menambahkan produk baru secara berkala ke kolom tersebut.

Menurunkan jumlah produk pada toko Anda untuk meningkatkan penjualan online

Ketika kita disuguhi terlalu banyak pilihan, kita akan merasa bingung. Kita akan terlalu sibuk membandingkan satu produk dengan produk lainnya. Hal yang terkesan sederhana ini pada dasarnya sangat rumit. Dan otak manusia sangat tidak menyukai kerumitan. Jadi cara untuk meningkatkan penjualan online selanjutnya adalah dengan menurunkan jumlah pilihan.

Ketika Anda melakukan penurunan jumlah produk yang Anda jual, pengunjung akan membandingkan lebih sedikit produk dan akan memproses informasi dengan lebih cepat. Ada banyak riset yang mendukung cara ini salah satunya adalah riset yang dilakukan oleh Prod Sheena Iyengar dari Columbia University.

Pada riset itu sang profesor menurunkan jumlah produk yang dia jual di laman online-nya dari 24 menjadi 6 pilihan saja. Ketika sang profesor melakukan hal itu penjualan yang dihasilkan malah meningkat sebanyak 600%. Ya, Anda tidak salah membaca, penjualan di laman tersebut telah meningkat 6 kali lipat.

Sponsor Link

Memanfaatkan kelangkaan untuk meningkatkan penjualan online

Kelangkaan akan sangat mempengaruhi seseorang untuk belanja online. Psikologi yang dibangun adalah orang-orang takut kehabisan produk yang langka. Pada akhirnya mereka akan berlomba-lomba untuk membeli produk tersebut sebelum habis. Nah, hal inilah yang bisa Anda manfaatkan untuk meningkatkan penjualan online Anda.

Jelas di laman belanja online Anda akan mencantumkan stok dari produk. Nah, Anda bisa memanfaatkan hal ini untuk memberikan efek kelangkaan pada produk tersebut. Hal ini akan memberikan dampak sang calon pembeli merasa insecure tidak kebagian produk yang ingin dibeli. Pada akhirnya sang calon pembeli tersebut membeli produk karena takut akan kehabisan. Efeknya Anda akan meningkatkan penjualan berbasis online Anda.

Secara teknis Anda bisa mencantumkan stok produk Anda terbatas pada angka 9 misalnya. Jadi, setiap orang yang berkunjung akan melihat bahwa stok dari produk yang mereka lihat hanya tinggal sedikit. Hal ini akan memberikan efek kelangkaan terhadap produk  yang Anda jual. Hal ini juga dilakukan oleh beberapa situs pemesanan hotel.

Banyak dari situs tersebut yang mencantumkan bahwa kamar yang tersedia hanya tinggal 2 atau 3 kamar saja. Hal ini akan membuat si pemesan untuk segera memesan kamar di situs tersebut. Memang trik memberikan efek kelangkaan produk sangat efektif untuk meningkatkan belanja online yang dilakukan oleh masayarakat.

Demikianlah beberapa tips dan trik yang bisa Anda terapkan ketika Anda melakukan penjualan dengan media online. Diharapkan hal ini nantinya dapat dijadikan salah satu acuan untuk diterapkan agar kualitas penjualan Anda melalui media sosial dapat meningkat secara drastis. Semoga bermanfaat.

Apakah Anda memiliki masalah dalam pekerjaan Anda? | PT APPKEY
Tidak hanya terbatas pada penyediaan konten-konten tentang SEO, kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Tentang Kami
Pengenalan Layanan
Pengenalan Perusahaan
Kontak Kami
Sponsor Link

Jika Anda menyukai artikel ini
Acungkan jempol