Pemasaran Langsung Adalah ? | Bentuk, Tujuan & Manfaatnya

Jika Anda menyukai artikel ini
Acungkan jempol

Pemasaran langsung adalah metode atau cara yang digunakan oleh sebuah perusahaan untuk melakukan pendekatan secara langsung ke pelanggan agar dapat mengenalkan produk atau jasanya secara luas. Dengan pemasaran secara langsung, maka perusahaan menjadi lebih mudah untuk menetapkan sasaran konsumen yang mungkin akan memangsa pasar Anda.

Jika telah mengetahui sasaran target secara spesifik, maka Anda juga bisa berusaha untuk memenuhi kebutuhannya. Pemasaran secara langsung mampu memberikan respon secara akurat dan tanggapan konsumen dari produk atau jasa yang ditawarkan.

Jika Anda mengetahui tanggapan konsumen, tentunya bisa dengan mudah untuk mencari solusi yang akan sesuai dengan keinginan konsumen. Semakin konsumen merasa puas maka produk atau jasa yang ditawarkan akan semakin dibutuhkan.

Pemasaran langsung adalah metode yang banyak diterapkan oleh para pelaku bisnis karena dengan begitu, maka perusahaan bisa mendapatkan dukungan langsung dari konsumen secara langsung. Dukungan tersebut dapat menjadi motivasi bagi Anda untuk menghadirkan berbagai produk atau jasa yang lebih untuk memenuhi kebutuhan konsumen.

Dengan adanya dukungan tersebut maka bisa terlihat bagaimana pedulinya konsumen tentang produk atau jasa yang ditawarkan. Ketika konsumen mulai memperhatikan produk atau jasa yang ditawarkan, berarti secara tidak langsung konsumen memberikan respon yang positif. Hal tersebut bisa mendorong konsumen untuk dapat membeli produk atau jasa yang ditawarkan.

Beberapa Bentuk Pemasaran Langsung

Pemasaran langsung adalah proses yang digunakan untuk memperkenalkan produk yang bisa memenuhi kebutuhan masyarakat pada umumnya. Dalam pemasaran secara langsung terdapat berbagai bentuk, bentuk ini adalah cara yang berbeda namun tetap bertujuan untuk pemasaran.

Berikut adalah bentuk pemasaran secara langsung.

Sponsor Link

Direct mail

Sistem direct mail ini bekerja dimana pihak perusahaan akan menghubungi konsumen langsung melalui direct mail. Biasanya melalui email perusahaan akan memberikan berbagai penawaran menarik yang mungkin akan dibutuhkan konsumen.

Dengan adanya metode direct mail ini maka pihak produsen bisa lebih menghemat biaya brosur karena segalanya bisa dilampirkan secara digital. Hal tersebut juga lebih disukai oleh pihak konsumen karena ketika lupa dan ingin mencarinya lagi maka hal tersebut dapat dilakukan dengan mudah.

Berbeda jika penawaran berupa brosur yang mungkin akan lupa diletakkan dimana dan akan sulit untuk dicari. Pemasaran secara digital ini juga bisa dengan mudah untuk menarik konsumen karena bisa dilampirkan bersama berbagai promosi.

Television marketing

Pemasaran menggunakan metode yang satu ini dinilai sebagai salah satu cara yang paling efektif. Selain itu, dengan menggunakan metode ini Anda juga bisa langsung mendapatkan tanggapan langsung dari konsumen. Metode pemasaran ini biasanya menggunakan layanan iklan.

Misalnya pada siaran televisi akan diberikan jeda iklan yang mana dilakukan untuk mempromosikan produk atau jasa yang ditawarkan. Dan di dalam iklan tersebut diberikan nomor telepon dimana konsumen bisa langsung melakukan pemesanan.

Dengan begitu, maka akan terlihat secara langsung bagaimana respon yang diberikan konsumen. Selain itu dalam iklan juga bisa ditawarkan berbagai promosi seperti harga spesial untuk 100 pembeli pertama dan lain sebagainya.

Direct response

Teknik pemasaran langsung adalah salah satu teknik yang digunakan untuk dapat secara langsung melihat bagaimana respon orang tentang produk atau jasa yang Anda tawarkan. Anda bisa meletakkan kolom atau tempat bagaimana konsumen bisa langsung memberi tanggapannya berupa komentar.

Hal tersebut bisa membuat produsen dan konsumen menjadi lebih dekat karena konsumen bisa memberikan berbagai pendapat tentang produk atau jasa yang ditawarkan. Dari situ Anda juga bisa dengan mudah untuk melihat respon konsumen apakah membutuhkan produk atau jasa yang ditawarkan.

Melalui kolom komentar, maka konsumen dengan leluasa bisa memberikan masukkan atau kritikan untuk produsen. Hal tersebut bisa bertujuan untuk membantu produsen untuk lebih produktif dan mengetahui dengan tepat bagaimana kebutuhan konsumen.

Telemarketing

Dengan bantuan telemarketing, maka pemasaran produk atau jasa bisa dilakukan secara mudah. Dimana ketika menggunakan metode ini, maka pihak telemarketing akan menghubungi beberapa nomor telepon terdaftar dan menawarkan produk atau jasanya.

Dengan melakukan panggilan secara langsung kepada pihak konsumen maka dengan cepat respon konsumen bisa terlihat. Jika konsumen tertarik maka bisa langsung menyampaikannya kepada pihak telemarketing. Jika tidak maka akan diabaikan.

Di lain sisi, pemberian informasi secara langsung bisa membuat konsumen lebih mengerti dengan pasti tentang produk atau jasa yang ditawarkan. Hal tersebut untuk menghindari kesalahpahaman informasi yang mungkin diterima konsumen di luar. Dengan jangkauan telepon maka bisa menetapkan target pemasaran lebih besar karena tidak terhalang waktu dan tempat.

Kiosk marketing

Tentu sudah banyak terlihat di berbagai pasar tradisional atau warung kelontong yang mana mereka ikut memasarkan dan menawarkan sebuah produk tertentu. Biasanya pihak perusahaan akan memberikan pemasaran berupa poster yang ditempelkan atau spanduk yang dipasang.

Jika warung dan pasar tradisional membantu dalam proses pemasaran, maka akan diberikan kontribusi lain. Semakin banyak informasi produk yang disebarkan maka membuat masyarakat menjadi sering melihatnya. Hal tersebut secara tidak langsung membentuk opini orang bahwa produk atau jasa tersebut cukup populer. Dengan begitu maka orang akan dibuat penasaran dan ingin mencoba untuk membeli produk atau jasa yang dipasarkan.

Personal selling

Personal selling digunakan sebagai cara pemasaran yang mudah diterima oleh masyarakat pada umumnya. Sebagai produsen, Anda harus membuat orang menjadi terbiasa dengan produk atau jasa yang dipasarkan. Selain itu, branding produk akan sangat mempengaruhi bagaimana produk atau jasa bisa menarik untuk dilihat oleh para konsumen.

Sambil memperkenalkan konsumen dengan berbagai produk atau jasa yang ditawarkan maka Anda bisa membiasakan konsumen untuk mengenalnya. Dalam pemasaran dengan metode personal selling, Anda harus memberikan berbagai keunggulan mengapa konsumen harus membeli produk atau jasa yang ditawarkan.

Berikanlah berbagi keunggulan dari produk atau jasa yang dijual agar konsumen lebih mudah mengerti tentang bagaimana produk atau jasa mampu memenuhi kebutuhan konsumen.

Online marketing

Pemasaran melalui online dianggap sebagai salah satu media yang sangat mudah dan cepat karena tidak akan terbatas dengan waktu dan juga tempat. Yang utama dalam pemasaran ini adalah memiliki koneksi internet yang bagus.

Sistem ini menghubungkan produsen dengan konsumen secara cepat dengan berbasis online. Sehingga produsen dan konsumen tidak perlu bertemu secara langsung tetapi konsumen bisa tetap mengetahui dengan baik tentang produk atau jasa yang ditawarkan.

Pembelajaran secara online juga membantu konsumen lebih fleksibel dan bisa memenuhi kebutuhan dengan cepat. Pemasaran dengan sistem ini juga bisa memperluas segmentasi target secara lebih luas.

Katalog marketing

Di zaman maju seperti sekarang ini, semua serba mudah karena bisa dilakukan secara digital. Dimana saat ini catalog tidak perlu dicetak banyak hingga ribuan. Anda hanya perlu memasukkannya di CD atau tempat penyimpanan lain untuk bisa memasarkannya secara efektif.

Di era digital ini, tentu kebanyakan orang tidak akan jauh dari peran internet. Dengan begitu maka pemasaran secara online bisa membantu untuk memperluas target pemasaran secara global.

Katalog online juga dinilai lebih menarik sehingga membantu untuk meningkatkan keinginan konsumen untuk berbelanja. Konsumen juga bisa berulang-ulang melihat kembali katalog digital dan memikirkan apa yang mungkin akan dibutuhkannya. Konsumen bisa memiliki waktu yang lebih leluasa untuk berpikir.

Sponsor Link

Tujuan Dilakukannya Pemasaran Langsung

Pemasaran langsung adalah metode yang banyak digunakan oleh para produsen karena dianggap sebagai cara yang cukup efektif dan mudah. Setiap metode pemasaran tentu memiliki tujuan utama yaitu memasarkan produk atau jasa kepada pelanggan.

Namun, terdapat beberapa tujuan lain dari pemasaran secara langsung. Apa saja tujuan tersebut? Simaklah informasi di bawah ini.

  • Pemasaran langsung adalah metode yang harus dijalani oleh para penyedia produk atau jasa untuk memperkenalkannya. Dengan melakukan pemasaran secara langsung maka bisa meminimalisir pengeluaran untuk biaya pemasaran produk atau jasa.
  • Bisa memperkenalkan produk atau jasa secara langsung. Jika disampaikan secara langsung maka penyampaian bisa lebih jelas dan tidak membuat pelanggan bingung. Selain itu pelanggan bisa mendapatkan informasi yang akurat langsung dari pemilik produk atau jasa bukan dari orang lain.
  • Bisa memberikan informasi secara langsung kepada para pelanggan. Dalam promosi langsung, penyedia produk atau jasa bisa menyampaikan harga yang sesuai. Jika terdapat promosi maka bisa disampaikan langsung. Atau jika ingin tawar-menawar maka lebih enak dilakukan secara langsung kepada penyedia produk atau jasa.
  • Penyampaian informasi tentang produk atau jasa bisa lebih jelas dan informatif antara penyedia dan pelanggan. Sehingga ketika terdapat pertanyaan, pelanggan bisa langsung bertanya kepada pihak penyedia produk atau jasa yang berhubungan langsung.
  • Dengan pemasaran secara langsung maka harga yang diberikan tentunya harga yang sebenarnya/real. Dimana produk atau jasa bukan dari pihak kedua atau ketiga sehingga tentunya harganya akan cenderung lebih murah.
  • Bisa langsung melihat bagaimana respon dari konsumen apakah mereka membutuhkan atau tidak. Jika konsumen tertarik, maka biasanya akan melakukan berbagai pertanyaan mengenai harga dan kualitas produk atau jasa. Jika tidak tertarik, maka konsumen tidak akan meresponnya. Hal tersebut bisa terlihat jelas jika melakukan pemasaran secara langsung.
  • Memberikan waktu berpikir untuk konsumen melalui katalog. Dengan adanya katalog maka konsumen bisa melihat-lihat terlebih dahulu dan memikirkan apa yang mungkin bisa memenuhi kebutuhannya. Hal tersebut bisa dipertimbangkan konsumen secara pribadi dan tidak merasa mendapatkan tekanan dari pihak manapun. Hal tersebut juga bisa membuat konsumen menjadi lebih nyaman saat berbelanja.
  • Dengan adanya pemasaran langsung maka Anda secara tidak langsung memberikan rekomendasi sesuatu hal yang mungkin akan dibutuhkan konsumen. Ini juga bisa membuat konsumen memiliki waktu untuk menabung dan menyiapkan dananya untuk membeli produk atau jasa yang dibutuhkannya.

Manfaat Pemasaran Langsung

Pemasaran langsung adalah metode yang banyak dipilih oleh para pemilik produk atau jasa. Berbagai manfaat bisa dirasakan langsung oleh para pelaku yang terlibat dalam hal pemasaran.

Pelaku dalam dunia pemasaran meliputi penjual, konsumen dan pemilik produk. Manfaat pemasaran dapat dirasakan oleh para pelaku bisnis secara berbeda. Berikut adalah manfaatnya.

Bagi konsumen produk industri

Konsumen bisa langsung mempelajari dengan saksama mengenai produk atau jasa yang ditawarkan. Sehingga konsumen tidak perlu membuang-buang waktu hanya untuk mendengarkan penjelasan dari pihak penjualan.

Dengan mempelajarinya secara saksama, maka konsumen bisa lebih berkonsentrasi dan juga memilih apakah hal yang ditawarkan bisa memenuhi kebutuhannya atau tidak. Konsumen juga bisa langsung berdiskusi dan memikirkan dengan matang apakah harus menggunakan produk atau jasa yang ditawarkan atau tidak.

Selain menghemat waktu, Anda juga bisa menghemat biaya yang mungkin akan dikeluarkan jika mengundang orang untuk menjelaskan produk atau jasa yang akan dipasarkan.

Bagi konsumen produk eceran

Terdapat beberapa manfaat yang bisa dirasakan oleh konsumen produk eceran, mari simak apa saja keuntungan tersebut.

  • Konsumen juga bisa bebas untuk menentukan ingin membeli untuk dirinya sendiri atau untuk orang lain juga. Secara tidak langsung konsumen bisa menjual kembali produk atau jasa yang dibelinya untuk mendapatkan keuntungan lebih.
  • Konsumen dapat memiliki waktu yang leluasa. Sehingga bisa memikirkan apakah produk atau jasa tersebut tepat untuk kebutuhannya atau tidak. Selain itu, konsumen juga bisa melihat harga melalui katalog yang ada atau melalui website. Dengan begitu maka konsumen memiliki waktu berpikir yang cukup lama untuk menentukan pilihannya sendiri.
  • Proses belanja bisa dilakukan dengan lebih mudah dan praktis karena bisa dilakukan di rumah. Hal tersebut juga dapat menghemat waktu Anda untuk berbelanja.
Sponsor Link

Bagi penjual

Bukan hanya bagi konsumen, tapi pemasaran secara langsung juga memiliki berbagai manfaat untuk penjual. Apa saja keuntungan tersebut, mari simak informasi di bawah ini.

  • Pemasaran secara langsung membuat Anda bisa lebih memahami apa yang menjadi kebutuhan masyarakat pada umumnya. Dengan begitu maka Anda bisa mengkhususkan pesanan sesuai dengan kelompok pelanggan yang membutuhkan. Jika secara fleksibel mampu memenuhi berbagai kebutuhan masyarakat, maka produk atau jasa yang ditawarkan bisa lebih disukai. Semakin banyak orang yang merasa tertarik terhadap produk atau jasa Anda maka akan semakin besar juga peluang untuk meningkatkan penjualan.
  • Pemasaran secara langsung bisa membantu Anda untuk menargetkan pasar dan menjangkau pasar global secara tepat. Dengan begitu, maka Anda bisa memiliki target pemasaran yang lebih luas. Semakin banyak orang yang mengetahui produk Anda, maka akan semakin besar juga peluang produk dan jasa untuk dipakai.
  • Melalui pemasaran secara langsung, maka Anda bisa mengumpulkan dan melihat bagaimana tanggapan para konsumen untuk produk dan jasa yang ditawarkan. Dengan begitu, Anda bisa lebih memahami apa yang menjadi pola kebutuhan masyarakat pada umumnya. Hal tersebut dapat membantu untuk dapat memilih sarana pemasaran yang lebih efektif.
  • Dengan menerapkan metode yang unik maka Anda bisa memilih metode yang khas dan tidak akan mudah ditiru oleh pesaing bisnis. Dengan ini, Anda bisa memasarkan produk dengan lebih efektif yang bisa meningkatkan penjualan secara signifikan.
  • Memungkinkan untuk menguji berbagai media online yang mana hal tersebut bertujuan untuk menentukan prosedur pemasaran seperti apa yang akan dipilih. Hal tersebut dipertimbangkan karena bisa saja digunakan untuk menghemat biaya dan juga waktu pada saat pemasaran.

Itulah pengertian pemasaran langsung adalah dan bentuk, tujuan serta manfaatnya. Dengan mengetahui berbagai informasi lengkap mengenai pemasaran langsung maka Anda bisa lebih memahami tentang tujuan dan manfaatnya demi bisnis.

Selain itu, berbagai bentuk pemasaran langsung bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan yang dibutuhkan. Hal tersebut membuat media pemasaran menjadi lebih efektif dan berjalan dengan baik. Ini merupakan salah satu upaya untuk memajukan dan membuat produk atau jasa yang dijual dapat memiliki peningkatan penjualan.

Apakah Anda memiliki masalah dalam pekerjaan Anda? | PT APPKEY
Tidak hanya terbatas pada penyediaan konten-konten tentang SEO, kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Tentang Kami
Pengenalan Layanan
Pengenalan Perusahaan
Kontak Kami
Sponsor Link

Jika Anda menyukai artikel ini
Acungkan jempol