Pemasaran Internasional Adalah ? | Fungsi, Tujuan & Contoh

Jika Anda menyukai artikel ini
Acungkan jempol

Bagi kita yang berkecimpung dalam bisnis perdagangan, tentunya harus memahami dengan benar apa itu pemasaran. Bagaimana kiat-kiat untuk melakukan pemasaran yang sukses hingga tantangan apa saja yang mungkin dihadapi dalam prosesnya.

Pemasaran itu sendiri secara umum dikenal ada dua jenis yaitu pemasaran domestic (dalam negeri) dan pemasaran internasional. Nah, pada kesempatan ini, kita akan membahas lebih jauh tentang  pemasaran internasional ini.

Definisi Pemasaran Internasional Adalah ?

Pemasaran Internasional adalah  kinerja kegiatan bisnis yang dirancang untuk merencanakan, menetapkan harga, mempromosikan, dan mengarahkan aliran barang dan jasa perusahaan kepada konsumen atau pengguna di lebih dari satu negara untuk mendapatkan keuntungan.

Satu-satunya perbedaan antara definisi pemasaran domestik dan pemasaran internasional adalah bahwa dalam kasus terakhir, kegiatan pemasaran berlangsung di lebih dari satu negara.

Tidak masalah domestik atau internasional, tujuan Pemasaran tetap sama untuk pemasar. Tujuannya adalah untuk mendapat untung dengan menjual produk atau layanan di wilayah geografis yang memiliki permintaan terhadapnya.

Sponsor Link

Tantangan dalam Pemasaran Internasional Adalah ?

Jika dibandingkan dengan Pemasaran dalam negeri, Pemasaran Internasional memiliki tantangan tersendiri. Pemasar umumnya tidak menyadari lingkungan asing dalam proses pemasaran internasional ini dan oleh karena itu harus terjun jauh ke pasar di mana mereka berencana untuk menjelajah.

Tantangan yang dihadapi dalam kegiatan pemasaran internasional adalah bisa berupa:

  • Kompetisi
  • Hambatan hukum
  • Kontrol Pemerintah
  • Perilaku Konsumen yang Bervariasi
  • Faktor ekologis – Cuaca dll-

Mengontrol semua faktor yang disebutkan di atas untuk menciptakan pasar yang menguntungkan hampir tidak mungkin bagi pemasar karena kebanyakan dari mereka berada di luar kendali mereka.

Oleh karena itu, pemasar perlu lebih fokus pada apa yang dapat mereka kontrol daripada hal-hal yang berada di luar jangkauan mereka. Manajer Pemasaran Internasional harus beradaptasi dengan kondisi dan fungsi yang berlaku agar mereka dapat memperlancar operasi mereka di negara baru dengan hasil tindakan mereka yang dapat diprediksi.

Apa yang membuat pemasaran menarik di arena internasional adalah kenyataan bahwa pemasar harus mengubah unsur-unsur pemasaran mereka, produk, harga, promosi, distribusi, dan penelitian dengan mengingat unsur-unsur pasar yang tidak terkendali – persaingan, politik, hukum, perilaku konsumen , teknologi, sedemikian rupa sehingga tujuan pemasaran tercapai.

Contoh Pemasaran Internasional Adalah ?

Jika Anda mencari inspirasi tentang cara memasarkan perusahaan Anda dengan sukses di arena internasional, lihat contoh-contoh ini dari perusahaan terkenal berikut ini.

McDonald’s

Ketika McDonalds masuk di India, mereka melakukan penelitian ekstensif sebelum memusatkan perhatian pada menu yang ditawarkan untuk konsumen India. Seluruh menu dibuat khusus sesuai selera konsumen India. Perusahaan ini terjebak pada 40% penawaran Vegetarian Murni tidak seperti pasar luar negeri lainnya. McDonald juga memastikan untuk menghormati budaya India dengan tidak menyajikan resep daging sapi atau babi yang di sisi lain merupakan bahan populer di pasar lain. McDonalds juga memastikan untuk membuat resep dengan rempah-rempah India agar sesuai dengan selera lokal.

Meskipun McDonald tetap konsisten dengan brandingnya, McDonald mencoba untuk membawa beberapa rasa lokal ke item menu tertentu. McDonald memiliki McArabia di Timur Tengah — ini adalah roti lapis. Ia juga memperkenalkan Prancis makaroni dan termasuk McSpaghetti di Filipina. Di Meksiko, mereka memiliki cheeseburger cabai hijau dan di Korea Selatan, mereka memiliki burger bulgogi.

Airbnb

Airbnb adalah untuk orang-orang yang memesan dan mendaftar akomodasi di seluruh dunia. Secara umum, ini adalah pasar komunitas yang memiliki lebih dari satu juta daftar di lebih dari 34.000 kota di dunia.

Airbnb menjadi sangat sukses secara global karena media sosial. Pada 2015, Airbnb memulai kampanye media sosial menggunakan tagar #OneLessStranger.

Eksperimen sosial ini membuat Airbnb meminta komunitasnya untuk melakukan keramahtamahan acak bagi orang-orang yang tidak mereka kenal dan mengambil foto atau video dengan mereka dan berbagi dengan memanfaatkan tagar.

Hanya dalam 3 minggu setelah kampanye diluncurkan, lebih dari 3 juta orang membuat konten, terlibat, atau berbicara tentang kampanye Airbnb ini.

Coca-Cola

Meskipun Coca-Cola adalah perusahaan besar, Coca-Cola juga berkonsentrasi pada program-program di komunitas kecil dan menanamkan banyak dana dan waktu di badan amal kecil.

Contohnya, Coco-Cola membangun 650 instalasi air bersih di Beni, Suef di Mesir dan mensponsori makanan (Ramadhan) untuk anak-anak di Timur Tengah. Selain itu, merek berjalan dengan emosi yang semua orang tahu – kebahagiaan.

Domino

Inovasi menu diposisikan Domino di garis depan untuk meningkatkan kesadaran dan minat internasionalnya. Mereka memiliki item konsisten untuk pizza di semua pasar seperti saus, roti, dan keju mereka, di mana ia bekerja di mana saja.

Mereka hanya memperbarui topping untuk setiap pasar. Jika Asia, mereka punya ikan dan makanan laut, misalnya.

Dunkin Donuts

Tahukah Anda bahwa Dunkin ‘Donuts China memiliki donat babi dan rumput laut kering? Dengan ribuan toko di lebih dari 30 negara di seluruh dunia, Dunkin ‘Donuts memperbarui menu untuk memuaskan konsumen internasionalnya.

Di Lebanon, mereka memiliki Donat Cokelat Mangga; di Korea Selatan, mereka memiliki Grapefruit Coolatta; dan di Rusia, mereka memiliki Dunclairs!

H&M

H&M hampir selalu meningkatkan pembukaan toko sebesar 10 hingga 15 persen setiap tahun. Salah satu rahasia ekspansi global mereka adalah memaksimalkan pengalaman online mereka.

Innocent Drinks

Perusahaan smoothie terkemuka di Inggris, Innocent Drinks dapat ditemukan di 13 negara di seluruh Eropa. Bahkan dengan jangkauannya yang luas, mereka tetap mempertahankan branding yang konsisten.

Kentucky Fried Chicken

Kentucky Fried Chicken mampu melakukan sesuatu yang cukup menarik. Di Jepang, mereka dapat menghubungkan produk mereka dengan Natal. Jadi setiap Natal, orang Jepang berbaris di KFC terdekat untuk mendapatkan ayam!

Nike

Nike telah mengembangkan kehadiran internasionalnya dengan secara hati-hati memilih sponsor internasional.

Meskipun pengeluaran untuk sponsor sangat tidak dapat diprediksi, biaya permintaan biasanya meningkat tajam karena pemicu seperti turnamen dan kejuaraan. Ini telah menarik perhatian arena internasional.

Red Bull

Salah satu teknik Red Bull yang sukses adalah menjadi tuan rumah olahraga ekstrem di dunia. Mereka memiliki Red Bull Air Race di Inggris, Red Bull Soapbox Race di Jordan, dan Red Bull Indianapolis Grand Prix.

Sponsor Link

Starbucks

Starbucks menyesuaikan menunya untuk selera lokal. Untuk Hong Kong, mereka memiliki Dragon Dumplings, misalnya. Perusahaan telah memiliki reputasi luas untuk keterlibatan budaya lokal.

Unger dan Kowitt

Unger dan Kowitt adalah firma hukum yang berfokus pada tiket lalu lintas di Fort Lauderdale, Florida. Meskipun fokusnya adalah di Florida, bisnis tahu bahwa A.S. memiliki banyak bahasa dan budaya. Jadi situs webnya diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris, Portugis, Spanyol, dan Creole.

Yayasan Satwa Liar Dunia (World Wild Foundation/WWF)

World Wildlife Foundation atau WWF dikenal karena inisiatif Earth Hour-nya dan memindahkannya ke pemirsa seluler di Norwegia. Earth Hour adalah acara sukarela internasional di mana para peserta mematikan lampu selama 1 jam untuk menunjukkan kemudahan dalam memerangi perubahan iklim.

Karena Norwegia mengalami siang hari yang panjang, ia merupakan kandidat yang bagus untuk inisiatif WWF.

Dengan menggunakan Mobiento, agensi digital, WWF memposisikan Blackout Banner mereka di situs media teratas Norwegia. Ketika seseorang akan menggesekkan jari di layar hitam, itu akan secara bertahap menunjukkan hitungan mundur untuk Earth Hour.

Spanduk ini mendapat sekitar satu juta tayangan. Kampanye ini juga menerima penghargaan pemasaran karena kecerdikannya.

Permasalahan dalam Pemasaran Internasional Adalah ?

Pemasaran internasional tidak semudah pemasaran dalam negeri. Lingkungan pemasaran internasional menimbulkan sejumlah ketidakpastian dan masalah. Sebaliknya, pasar nasional, pasar internasional lebih dinamis, tidak pasti, dan menantang.

Terutama, keragaman budaya dan realitas politik di beberapa negara menciptakan banyak hambatan yang perlu perhatian khusus. Dengan cara yang sama, kendala geografis tidak dapat sepenuhnya dirusak. Terorisme yang meluas telah menciptakan ancaman baru bagi perdagangan internasional.

Meskipun dunia maju dalam hal teknologi informasi, metode inovatif dan unggul dalam mengatur upaya pemasaran (seperti organisasi horizontal, organisasi jaringan, organisasi virtual), upaya global untuk perdagangan internasional yang lancar, dan sebagainya, namun pemasaran internasional tidak semudah itu. untuk mengejar, itu menjadi tantangan untuk diterima.

Hambatan Tarif

Hambatan tarif menunjukkan pajak dan bea yang dikenakan pada impor. Pemasar dari negara-negara tamu merasa sulit untuk mendapatkan keuntungan yang memadai saat menjual produk di negara tuan rumah. Kadang-kadang, untuk mencegah produk asing dan / atau mempromosikan produk dalam negeri, kebijakan tarif strategis dirumuskan yang membatasi kegiatan pemasaran internasional.

Perubahan tarif tarif yang sering dan tarif tarif variabel untuk berbagai kategori produk menciptakan ketidakpastian bagi pedagang untuk berdagang internasional. Bea masuk anti dumping yang dikenakan pada impor dan strategi defensif membuat para eksportir kesulitan.

Kebijakan Administrasi

Aturan birokrasi atau prosedur administrasi – baik di negara tamu maupun negara tuan rumah – mempersulit pemasaran internasional (ekspor dan / atau impor). Beberapa negara memiliki formalitas yang terlalu panjang yang harus dihapus eksportir dan importir.

Transaksi yang tidak adil untuk mendapatkan formalitas / masalah dibersihkan membuat banyak masalah bagi beberapa pemain internasional. Pemasar internasional harus membiasakan diri dengan formalitas hukum dari beberapa orang istana di mana mereka ingin beroperasi.

Keragaman yang Cukup Banyak

Negara yang berbeda memiliki peradaban dan budaya yang unik. Mereka menimbulkan masalah khusus bagi pemasar internasional. Pelanggan global menunjukkan keanekaragaman budaya dan sosial dalam hal kebutuhan, preferensi, kebiasaan, bahasa, harapan, kapasitas pembelian, pola pembelian dan konsumsi, dan sebagainya.

Karakteristik sosial dan pribadi pelanggan dari berbagai kebangsaan adalah tantangan nyata untuk dipahami dan disatukan. Dibandingkan dengan pasar lokal dan domestik, lebih sulit untuk memahami perilaku pelanggan dari negara lain.

Dengan cara yang sama, seperti terhadap pasar domestik, untuk merancang dan memodifikasi bauran pemasaran dari waktu ke waktu untuk pasar internasional tampaknya lebih sulit.

Segmentasi pasar, desain produk, harga, dan distribusi memerlukan lebih banyak informasi dan upaya. Mempromosikan produk di pasar internasional adalah tugas yang berat. Persiapan dan eksekusi pesan di media yang sesuai di pasar internasional bukanlah permainan yang mudah untuk dimainkan.

Keanekaragaman bahasa dan agama adalah tantangan nyata bagi para pemain bisnis internasional. Ada 6000 bahasa di dunia. Cina (20%) adalah yang terbesar dalam hal penutur asli, diikuti oleh Bahasa Inggris (6%), dan diikuti oleh Hindi (5%). Namun bahasa Inggris diakui sebagai bahasa bisnis global.

Negara-negara berbahasa Inggris dapat memberikan kontribusi bagian terbesar (40%) dalam bisnis global. Keragaman agama tampaknya sulit untuk diatasi karena mereka menentukan kebutuhan dan keinginan orang. Saat ini agama Kristen adalah yang terbesar di dunia (1,7 miliar), diikuti oleh Islam (1,0 miliar), diikuti oleh Hindu (750 juta), dan diikuti oleh Buddhisme (350 juta).

Ketidakstabilan atau Lingkungan Politik

Sistem politik yang berbeda (demokrasi atau kediktatoran), sistem ekonomi yang berbeda (ekonomi pasar, ekonomi komando, dan ekonomi campuran), dan ketidakstabilan politik adalah beberapa tantangan nyata yang harus dihadapi oleh pemasar internasional. Suasana politik yang berbeda menawarkan peluang atau menimbulkan tantangan bagi pemasar internasional.

Pemerintah di berbagai negara memiliki prioritas, filosofi, dan pendekatan mereka terhadap perdagangan internasional. Mereka dapat mengadopsi pendekatan restriktif (proteksionis) atau liberal untuk operasi bisnis internasional. Terutama, pendekatan politik negara dominan memiliki pengaruh lebih besar dalam kegiatan pemasaran internasional.

Tren jangka panjang dari lingkungan politik global tidak dapat diprediksi dan tidak pasti. Kebijakan ekonomi berbagai negara (kebijakan industri, kebijakan fiskal, kebijakan pertanian, kebijakan ekspor-impor, dll).

Memang berdampak langsung pada perdagangan internasional. Perubahan drastis dalam kebijakan-kebijakan ini menciptakan kesulitan tanpa akhir bagi para pedagang internasional. Sementara berurusan dengan pasar internasional, lingkungan politik dan hukum internasional perlu perhatian khusus.

Kendala Tempat (Beragam Geografi)

Perdagangan di negara asing dari jarak jauh sendiri praktis sulit. Dalam hal produk yang mudah rusak, ini adalah tantangan nyata. Mengekspor dan mengimpor produk melalui rute laut dan membuat pengaturan untuk penjualan yang efektif melibatkan lebih banyak waktu juga risiko.

Mengelompokkan dan memilih pasar internasional mengharuskan pemasar untuk lebih berhati-hati.

Variasi dalam Nilai Tukar

Setiap negara memiliki mata uangnya yang akan ditukar dengan mata uang negara lain. Mata uang diperdagangkan setiap hari dan tarif dapat berubah. Rupee India, Dolar Eropa, Dolar AS, Yen Jepang, dll., Dihargai atau didiskon di pasar nasional dan internasional terhadap mata uang lainnya.

Dalam hal pergerakan luar biasa dan tak terduga (naik turun) dalam mata uang / nilai tukar antara dua negara menciptakan masalah dengan penyelesaian yang rumit.

Sponsor Link

Tantangan Norma dan Etika

Etika mengacu pada prinsip-prinsip moral, standar, dan norma perilaku yang mengatur perilaku individu dan perusahaan. Mereka sangat tercermin dalam hukum dan peraturan formal.

Di berbagai belahan dunia, berbagai kode perilaku ditentukan yang harus dipatuhi oleh setiap pelaku bisnis internasional. Namun, proses globalisasi telah menekankan beberapa etika umum di seluruh dunia. Korupsi adalah masalah lain yang berkaitan dengan etika bisnis.

Teror*sme dan Ras*sme

Terorisme adalah masalah global, masalah dunia. Orang-orang di dunia hidup di bawah ketakutan terus-menerus terhadap teroris yang menarik di mana pun di dunia. Perdagangan internasional tidak berisiko secara ekonomi, tetapi ada ancaman terhadap kehidupan. Rasisme juga membatasi kegiatan perdagangan internasional.

Tujuan Pemasaran Internasional Adalah ?

Menerapkan pemasaran internasional, setiap perusahaan berusaha untuk mencapai kinerja tertentu. Jika itu adalah perusahaan komersial, ia ingin mendapatkan keuntungan maksimum dalam jangka panjang.

Mendapatkan keuntungan adalah tujuan utama dari aktivitas perusahaan di pasar luar negeri. Selain tujuan global suatu perusahaan dapat dianggap sebagai target dari orde yang lebih rendah.

Tujuan Pemasaran Internasional adalah sebagai berikut.

  • Memenuhi alasan untuk produksi suatu produk (barang dan jasa) dengan mengidentifikasi permintaan asing yang ada atau potensial;
  • penciptaan barang (jasa) yang paling memenuhi persyaratan pasar internasional dibandingkan dengan barang yang diproduksi oleh pesaing;
  • informasi yang andal, akurat, dan tepat waktu tentang pasar internasional, struktur dan dinamika permintaan konsumen, selera, preferensi konsumen asing;
  • koordinasi dan perencanaan produksi, penjualan, kinerja keuangan, dengan mempertimbangkan kepentingan pasar internasional;
  • meningkatkan metode, teknik produk komersial;
  • manajemen merchandising di pasar internasional;
  • ruang lingkup kontrol internasional atas penjualan barang dan jasa.

Dalam beberapa kasus, tujuan pemasaran dapat memberikan hasil yang diinginkan, seperti: peningkatan volume penjualan; menyediakan kondisi yang lebih menguntungkan untuk kegiatan produksi dan bisnis; akses ke pasar baru; pengurangan biaya per unit produksi komoditas; pembentukan citra positif di antara konsumen dan lainnya.

Akhirnya, pencapaian keunggulan kompetitif dan pembentukan citra positif di antara konsumen dan komitmen terhadap produk dan layanan perusahaan juga membantu meningkatkan efisiensi.

Jika Anda menyukai artikel ini
Acungkan jempol