Pemasaran Digital : Pengertian & Strategi Digital Marketing

Sponsor Link

 

Apakah dalam setiap bisnis selalu diperlukan pemasaran digital? Sebenarnya apa sih digital marketing itu? Seberapa besar manfaatnya bagi para pebisnis?

Setiap pertanyaan tersebut akan dijawab satu per satu. Mengenai keperluan digital marketing dalam setiap bisnis, jawabannya pasti sangat perlu. Sebab, saat ini kita hidup dizaman modern dengan sistem teknologi digital, maka tentu saja teknik pemasaran bisnis tidak bisa dilakukan secara langsung (door to door) seperti dulu.

Walaupun demikian, faktanya memang belum banyak pihak yang mengetahui tentang pengertian dari digital marketing.

Pemasaran Digital (Digital Marketing) Adalah?

Pemasaran digital / digital marketing merupakan suatu usaha (metode) yang digunakan untuk mempromosikan produk menggunakan media digital untuk memperluas jangkauan konsumen. Sebagian besar media digital yang digunakan adalah internet, atau yang biasa kita kenal dengan cara berjualan dan mempromosikan produk secara online.

Selain itu, media digital juga bisa digunakan untuk berkomunikasi dengan para konsumen. Media digital dapat diakses dari banyak hal, seperti: website, blog dan juga media sosial (Facebook, Instagram, Whatsapp, Line, dsb).

Manfaat dari dilakukannya teknik digital marketing sangatlah besar sekali, yakni untuk memperkenalkan produk/jasa perusahaan Anda ke ranah publik, untuk menawarkan hingga memasarkan produk/jasa yang dijual, sehingga para konsumen pun menjadi merasa tertarik akan setiap hal yang Anda tawarkan.

Melakukan pemasaran lewat media digital tak melulu harus sekian jam sekali membuat status di media sosial, karena Anda pun bisa melakukan promosi serta pemasaran dengan memasang iklan, membuat brosur online dan masih banyak lagi yang lainnya.

Sebagai pemula atau orang yang baru saja terjun di dunia digital marketing, pasti Anda masih merasa kebingungan mengenai strategi apa saja yang harus digunakan agar menarik banyak minat dari para konsumen.

 

Jasa Pembuatan Aplikasi

Strategi Pemasaran Digital (Digital Marketing) dan Contohnya

Seorang digital marketer (orang yang melakukan pemasaran digital) harus memiliki rencana yang jelas tentang setiap kampanye digital marketing yang akan dilakukannya. Rencana tersebut haruslah disesuaikan dengan tujuan yang hendak dicapai. Agar Anda memiliki rencana pemasaran dengan strategi yang tepat, maka berikut ini akan dijelaskan informasi mengenai strategi marketing beserta contohnya.

Sebagai seorang digital marketer, langkah awal yang harus Anda lakukan adalah dengan mengambil keputusan, apakah hendak membuat kampanye besar melalui media gratis? Apakah ingin membuat kampanye besar melalui media yang berbayar? Ataukah lebih memilih keduanya?

Teknik SEO (Search Engine Optimization) Untuk Meningkatkan Penjualan Produk

SEO merupakan suatu proses yang digunakan untuk mengoptimalkan situs Web bisnis yang Anda miliki. Tujuannya, yakni untuk membawa peringkat Web tersebut kepada tingkat yang lebih tinggi di halaman mesin pencarian pertama.

Fungsi dari SEO itu sendiri adalah, untuk meningkatkan jumlah traffic organic/tidak berbayar. Adapun media marketing yang cocok menggunakan seo, meliputi: Website, Blog maupun Infografis.

Teknik Konten Marketing dalam Promosi Produk

Konten marketing adalah istilah yang digunakan untuk proses pembuatan promosi melalui asset konten. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk menghasilkan pelanggan, memperoleh prospek, menghasilkan brand awareness hingga mendapatkan pertumbuhan traffic secara signifikan.

Untuk melakukan digital marketing dengan taktik konten marketing, maka hal-hal yang diperlukan, berupa: postingan blog/website, artikel, ebook, brosur online dan juga infografis.

Teknik Sosial Media Marketing Untuk Memperluas Jangkauan Konsumen

Dalam melakukan pemasaran digital, peran dan keberadaan dari media sosial merupakan salah satu yang terpenting. Sebab, dengan mempromosikan merek dan konten pada media sosial terbukti dapat menghasilkan prospek dengan baik, dapat meningkatkan traffic hingga sangat berguna untuk meningkatkan brand awareness.

Namun sebaiknya, pilih dan gunakan media sosial yang populer di setiap lapisan masyarakat, seperti Facebook, Twitter, Instagram, Line, Whatsapp dan yang lainnya.

Teknik PPC (Pay Per Click) Untuk Mengarahkan Traffic Web

Pada umumnya, PPC merupakan teknik sekaligus metode yang digunakan untuk mengarahkan traffic Web bisnis yang Anda miliki, yakni dengan membayar setiap klik (PPC) yang dilakukan oleh pengunjung website tersebut.

Selain itu PPC juga berguna untuk meningkatkan website Anda di urutan pertama atau teratas dalam mesin pencarian Google. Tak hanya di Google saja, teknik PPC juga bisa Anda terapkan pada media tweet promosi Twitter, Pesan Sponsor LinkedIn dan juga Facebook Ads.

Teknik Affiliate Marketing (Pemasaran Produk Melalui Situs Website)

Affiliate marketing sebenarnya sama halnya dengan sejenis iklan, dimana Anda dapat melakukan promosi atau penawaran/layanan kepada orang lain melalui situs website yang dimiliki.

Ada beberapa aplikasi affiliate yang dapat digunakan, diantaranya adalah: Melakukan upload link affiliate dan melalui hosting Video Ads pada Youtube.

Teknik Native Ads (Pemasaran Produk Melalui Iklan)

Kegunaan dari Native Ads berbasis pada iklan utama yang di dalamnya berisi konten yang ditampilkan dalam platform media bersamaan dengan konten non-berbayar yang lain.

Contohnya seperti, salah satu postingan yang disponsori langsung oleh Buzzfeed, yakni berbagai macam postingan iklan yang ada di Facebook maupun Instagram.

Teknik Otomatisasi Pemasaran Produk Digital

Untuk melakukan metode otomatisasi digital marketing, Anda memerlukan keberadaan perangkat lunak. Perangkat lunak tersebut haruslah memiliki kemampuan untuk otomatisasi dasar.

Yang mana semua itu bisa dilakukan secara manual, mulai dari menyusun setiap postingan di sosial media, melakukan update daftar kontak, memimpin alur kerja sesuai rencana hingga membuat laporan campaign.

Teknik Email Marketing (Pemasaran Produk Melalui Email)

Sebagian besar perusahaan menggunakan email marketing sebagai media jalinan penghubung komunikasi yang baik dengan para customernya. Tak hanya itu saja, email marketing juga dapat digunakan untuk mempromosikan potongan harga, mempromosikan sebuah acara hingga melakukan update konten.

Pemakaian teknik email marketing lebih diarahkan bagi para calon customer yang mengunjungi website Anda. Yang mana, ada beberapa tipe email yang dapat digunakan untuk melakukan kampanye email marketing, yakni meliputi: email berisi sapaan untuk customer, email pengikut bulletin blog, email yang berisikan promosi liburan untuk program pendapatan member, email yang berisi sebagai tindakan menindaklanjuti email kiriman pengunjung website yang telah mengunduh/mendownload sesuatu, email berisi tips untuk pengasuhan konsumen dan lain sebagainya.

Seusai memahami beberapa teknik dasar yang sekiranya penting dilakukan untuk menjalankan pemasaran digital. Nah, apakah sejauh ini Anda sudah bisa menyadari, tentang kewajiban apa saja yang harus dilakukan oleh seorang digital marketer?

Kewajiban-kewajiban yang Harus Dilakukan Oleh Digital Marketeer

  • Seorang pelaku digital marketing memiliki wewenang dan bertanggung jawab penuh untuk mengangkat brand awareness dan mengumpulkan data customer. Kedua tugas tersebut dapat dilakukan melalui media gratis maupun berbayar, seperti iklan, email, situs web hingga sosial media.
  • Setiap digital marketer dituntut fokus dalam membuat sistem kerja pemasaran,  khususnya dalam hal digital atau online. Selain itu, digital marketer memiliki tanggung jawab besar terhadap SEO, mulai dari mengukur traffic organik pengunjung web tanpa berbayar hingga melakukan beberapa peran penting lainnya.
Sponsor Link

Seperti Apa Peran Dari Digital Marketeer?

Di dalam dunia bisnis, peran pelaku atau pihak pemasaran digital terbagi dalam beberapa bagian. Biasanya, setiap bagiannya memiliki peran yang sama pentingnya bagi perusahaan, baik itu untuk perusahaan kecil maupun perusahaan besar. Adapun peran-peran tersebut, terbagi menjadi:

Peran Sebagai Manager SEO

Sebagai digital marketer yang sekaligus berperan sebagai manager SEO, di dalam bagian ini Anda harus memiliki Goal atau pencapaian untuk meningkatkan peringkat website di halaman pertama pada mesin pencarian Google.

Hal tersebut bisa dilakukan dengan melakukan optimasi mesin pencarian dan membuat konten yang dapat menghasilkan kinerja yang sangat baik.

Berperan Sebagai Spesialis Konten Marketing

Singkatnya, orang yang diberi tugas sebagai spesialis konten marketing harus menjalankan tanggung jawabnya, seperti: mengoptimalkan traffic blog secara keseluruhan, mengatur jadwal waktu dan mencari pelanggan akun media Youtube perusahaan. Sebab, pekerjaan dari spesialis konten marketing adalah menciptakan konten-konten digital penawaran semenarik mungkin agar diminati oleh banyak customer.

Konten yang dibuat bisa berupa gambar, tulisan hingga video. Selanjutnya, spesialis konten marketing harus membuat serangkaian daftar konten yang cocok dan memastikannya agar siap diluncurkan untuk kampanye pemasaran.

Berperan Sebagai Manager Sosial Media

Pembagian tugas lain yang harus dilakukan oleh digital marketer, yakni sebagai manager sosial media. Pekerjaan ini dijalankan untuk mengembangkan strategi, mengupload konten dan melakukan komunikasi kepada calon customer.

Manager sosial media bekerja sama dengan spesialis konten marketing untuk membuat konten semenarik mungkin. Kemudian, pihak manager sosial media bertugas untuk membagikan konten tersebut agar bisa diketahui oleh khalayak umum.

Berperan Sebagai Koordinator Otomasi Pemasaran

Bentuk peran yang terakhir dari seorang koordinator otomasi pemasaran adalah turut membantu memilih hingga mengelola perangkat lunak yang akan digunakan oleh seluruh tim pemasaran digital.

Pasalnya, memang banyak pelaksanaan digital marketing yang dilakukan secara terpisah, sehingga coordinator otomasi pemasaran harus memantau dan mengelompokkan setiap aktivitas tersebut.

Apakah Pemasaran Digital Dikerjakan dalam Setiap Bidang Bisnis?

Dikarenakan sekarang ini kita hidup di era digital, maka penting untuk menggunakan pemasaran digital dalam setiap bisnis maupun industri apapun, baik untuk perusahaan kecil hingga perusahaan besar.

Selain dapat digunakan untuk melariskan barang/jasa yang ditawarkan, digital marketing juga diperlukan untuk mendapatkan beberapa planning atau rencana bisnis dengan baik, sehingga perusahaan Anda dapat selalu mengidentifikasi apa yang menjadi kebutuhan dari setiap calon customer.

Kendati demikian, setiap bentuk bisnis atau usaha mempunyai cara sekaligus penerapan strategi digital marketing yang berbeda-beda. Sebab semua itu diterapkan sesuai dengan kebutuhan dan tujuan dari perusahaan itu sendiri di masa yang akan datang.

Supaya tidak kebingungan, berikut ini akan dijelaskan mengenai penerapan beragam digital marketing yang telah banyak dijalankan oleh perusahaan-perusahaan ternama di Indonesia maupun mancanegara.

Jenis Penerapan Ragam Bisnis

Penerapan Digital Marketing B2B

Masih merasa asing dengan istilah B2B? Maksudnya adalah sistem Bisnis ke Bisnis. Yang mana, penerapan dari sistem ini akan berpusat pada pengumpulan data customer. Sistem ini harus diterapkan dengan menggunakan strategi pemasaran yang begitu menarik, agar dapat menghasilkan tenaga kerja yang berkualitas, seperti sales.

Singkatnya, Anda membutuhkan jasa orang lain untuk meningkatkan pendapatan perusahaan, karena para pemilik jasa (sales) itulah yang secara langsung menawarkan produk Anda kepada calon pembeli.

Penerapan Digital Marketing B2C

B2C merupakan istilah yang digunakan untuk bisnis ke konsumen. Apabila perusahaan Anda menjalankan pemasaran digital jenis ini, maka tingkat penjualan tergantung pada harga produk. Dengan demikian, Anda benar-benar membutuhkan tujuan sekaligus strategi tersendiri agar para konsumen tertarik dan berminat dengan produk yang Anda jual.

Namun penerapan digital marketing B2B tak perlu melalui perantara sales atau pihak lain, sehingga Anda pun akan lebih fokus dalam berjualan dibandingkan dengan mengumpulkan data.

Sudah paham bedanya, kan? Namun apabila dirasa sanggup dan memungkinkan, lebih baik terapkan saja kedua jenis digital marketing tersebut. Akan tetapi, untuk menerapkan keduanya secara langsung, Anda tidak bisa melakukannya seorang diri.

Keuntungan Apa Saja yang Diperoleh Dari Penerapan Pemasaran Digital (Digital Marketing)?

Sudah sepantasnya Anda bertanya mengenai apa saja yang menjadi keuntungan dari diterapkannya digital marketing. Beberapa keuntungan yang terlihat begitu jelas, diantaranya adalah sebagai berikut ini:

  • Anda dapat mengetahui hasil setiap data secara akurat, mulai dari rincian biaya produksi, rincian data pengeluaran perusahaan hingga data pendapatan perusahaan.
  • Anda bisa memiliki kemampuan untuk memprediksi peluang penjualan yang dihasilkan melalui strategi digital dan kampanye pemasaran yang digunakan.
  • Anda dapat mengukur Return On Investment (ROI), yakni ukuran besar kecilnya biaya modal yang diperlukan, sehingga Anda pun dapat melakukan evaluasi dengan baik.
Sponsor Link

Apakah Setiap Melakukan Pemasaran Digital (Digital Marketing) Memerlukan Modal yang Besar?

Soal besar atau kecilnya modal yang dianggarkan untuk melakukan dan menjalankan metode pemasaran digital, hal itu tergantung pada elemen dari digital marketing apa yang hendak ditambahkan ke dalam strategi bisnis Anda.

Semisal, jika Anda hanya fokus pada media sosial, pembuatan konten dalam portal website dan teknik SEO, itu artinya Anda tidak memerlukan banyak modal. Sebab, fokus utama dalam strategi tersebut, hanyalah untuk menciptakan dan memposting konten dengan kualitas tinggi agar setiap audiens (pengunjung website) tertarik hingga berminat dengan setiap hal yang Anda tawarkan.

Namun jika Anda lebih memilih untuk menggunakan digital marketing dengan membuat iklan online dan list daftar email, sehingga pasti ada total biayanya. Pasalnya, biaya tersebut harus dibayar sesuai dengan jenis visibilitas yang ingin Anda terima dari hasil pemasangan iklan online tersebut.

Untuk melakukan dan menerapkan strategi digital marketing, Anda bisa memanfaatkan keduanya dengan baik, yakni melalui digital marketing gratis maupun berbayar. Sebab, menggunakan keduanya dapat memberikan Anda banyak keuntungan.

Intinya dalam melakukan digital marketing Anda harus rajin menciptakan konten yang benar-benar menarik, bisa berupa gambar, tulisan, video hingga iklan. Tak hanya itu saja, Anda juga harus selalu rajin memposting konten sesuai jadwal yang telah direncanakan.

Digital marketing merupakan ilmu yang luas, siapa saja bisa menerapkannya dengan baik, walau hanya berawal sebagai pemula. Sebab, sebagai seorang digital marketer tak cukup jika hanya bermodalkan uang dan perusahaan saja.

Seorang digital marketing bukan hanya harus memiliki pengetahuan dan kemampuan di bidang pemasaran, melainkan juga harus pandai dalam mengoperasikan setiap media hingga perangkat yang biasa digunakan.

Tak cukup sampai disitu saja, sebagai seorang digital marketer, Anda juga harus mampu menjadikan setiap peluang yang ada sebagai ladang keuntungan yang besar. Dengan begitu, Anda sesekali harus terjun langsung ke masyarakat demi melakukan survey, agar mengetahui produk/jasa dengan kriteria seperti apa yang saat ini tengah dibutuhkan banyak orang.

Apakah Anda memiliki masalah dalam pekerjaan Anda? | PT APPKEY
Tidak hanya terbatas pada penyediaan konten-konten tentang SEO, kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Tentang Kami
Pengenalan Layanan
Pengenalan Perusahaan
Kontak Kami

 

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jika Anda menyukai artikel ini
Acungkan jempol