Website E Commerce Adalah ? | Pengertian dan Kegunaannya

Sponsor Link

 

Singkatnya, e-commerce hanyalah proses pembelian dan penjualan produk dengan cara elektronik seperti melalui aplikasi mobile dan Internet. E-commerce mengacu pada ritel online maupun transaksi elektronik. E commerce telah sangat meningkat popularitasnya selama beberapa dekade terakhir, dan dengan cara yang sangat signifikan menggantikan toko konvensional tradisional.

E commerce memungkinkan kita untuk membeli dan menjual produk dalam skala global, dua puluh empat jam sehari tanpa menimbulkan biaya besar yang sama seperti ketika Anda menjalankan toko konvensional. Meski Untuk melakukan pemasaran terbaik dan tingkat konversi terbaik, usaha E-niaga juga perlu memiliki kehadiran toko fisik yang bisa disebut online konvensional.

Sementara kebanyakan orang menganggap e-commerce sebagai konsep penjualan dari bisnis ke konsumen (B2C), akan tetapi ada banyak jenis e-commerce lainnya mungkin belum kita ketahui. Seperti situs lelang online, internet banking, pemesanan tiket online, dan transaksi bisnis ke bisnis (B2B) dan lain-lain. Baru-baru ini, pertumbuhan e-commerce telah meluas ke penjualan menggunakan perangkat mobile, yang umumnya dikenal sebagai ‘m-commerce’. M-commerce itu sendiri juga merupakan salah satu jenis dari e-commerce.

Mengapa e-commerce mengalami pertumbuhan eksplosif selama dekade terakhir? Ketika internet menjadi tertanam dalam kehidupan kita sehari-hari, penghasilan e-commerce pun terus tumbuh, dan pelaku bisnis juga ikut mengambil keuntungan dari peluang baru ini.

Pada awal 2000-an banyak orang yang skeptis tentang menyerahkan rincian kartu mereka kepada pengecer online. Namun, sekarang ini transaksi e-commerce sekarang sudah menjadi hal yang biasa. Hal ini karena sertifikat SSL, enkripsi, dan sistem pembayaran eksternal yang andal seperti Paypal, Midtrans, Doku dan lain sebagainya telah membantu meningkatkan kepercayaan orang dalam perdagangan elektronik.

Lalu website e-commerce itu apa??

 

Jasa Pembuatan Aplikasi

Website e commerce adalah portal online yang memfasilitasi transaksi barang dan jasa secara online melalui transfer informasi dan dana melalui Internet. Pada awalnya, e-Commerce dilakukan sebagian melalui email dan panggilan telepon. Namun sekarang, hanya dengan satu situs web, apa saja dan segala sesuatu yang membutuhkan transaksi, dapat diproses secara online.

Di jaman yang sudah serba online ini, kita bisa menemukan berbagai website e commerce untuk berbagai bidang. Jenis yang paling umum adalah penjualan eceran, tetapi ada banyak juga jenis yang lainnya, seperti situs lelang, layanan bisnis-ke-bisnis, portal musik, situs konsultasi, situs web manajemen keuangan, dan sejenisnya. Anda juga dapat membangun situs web semacam itu dengan mempekerjakan pengembang yang berdedikasi.

Keuntungan memiliki website e commerce adalah

Biaya Operasional yang Rendah

Untuk membuat situs web e-Commerce membutuhkan pengeluaran modal yang sangat sedikit dibandingkan jika kita membeli tempat usaha. Kekurangan dari tempat bisnis ‘fisik’ adalah bahwa ada kebutuhan akan visibilitas tinggi dan lokasi yang strategis akan selalu menjadi masalah utama. Pengembangan website e commerce dapat menjadi investasi yang relatif moderat dibandingkan dengan omset bisnis. Jalan penghematan biaya lebih lanjut untuk situs web e-Commerce adalah kemampuan untuk menghemat uang pada personel karena pembelian, pembayaran, pengiriman, dan seluruh proses operasional dapat sepenuhnya dilakukan secara otomatis.

Basis Pelanggan Meningkat

Salah satu kelemahan jika bisnis kita hanya memiliki lokasi bisnis fisik adalah adanya batasan wilayah geografis yang dapat dilayani oleh bisnis. Bisnis seperti ini biasanya hanya mengandalkan lalu lintas pejalan kaki misalnya, dapat membuktikan bahwa jangkauan yang sempit akan sangat merugikan bisnis kita. Namun, dengan adanya website e commerce bisnis memiliki potensi untuk menjangkau lebih jauh dengan memiliki visibilitas mesin pencari dan bahkan mungkin integrasi media sosial.

Kecepatan dan Kenyamanan Untuk Pelanggan

Jika dilihat dari perspektif pengguna akhir, sangat nyaman untuk membeli barang dan jasa melalui Internet. Prosesnya biasanya sangat cepat dan pesanan dapat dilakukan dalam waktu yang relatif singkat – tanpa harus meninggalkan rumah atau kantor. Lebih lanjut, pengguna akhir dapat membeli dari sejumlah penjual tanpa harus berpindah secara fisik. Pengguna bisa mendapatkan banyak informasi untuk membuat pengalaman berbelanja mereka lebih mudah serta menerima layanan pelanggan yang lebih baik. Mereka juga akan mendapat manfaat dari kemampuan untuk membeli barang dan jasa 24 jam sehari, 7 hari seminggu. Ini juga tentunya akan memberikan omset konstan untuk pelaku bisnis.

Minim Hambatan Untuk Masuk Toko

Setiap bisnis baru atau yang sudah ada memiliki kemampuan untuk membuat dan menjalankan website e commerce yang sukses. Teknologi ini tersedia bagi setiap bisnis untuk merangkul Internet dan menikmati banyak manfaat yang ditawarkan e-Commerce. Sebagaimana kita bahas di atas, biaya menjalankan bisnis seperti itu lumayan minim dan investasi awal cukup rendah. Banyak hambatan yang terkait dengan memiliki lokasi bisnis fisik dihilangkan dan bisnis hanya perlu memusatkan upayanya untuk menciptakan layanan yang memenuhi kebutuhan pelanggannya.

Mendapatkan income potensial

Keuntungan lain dari website e commerce adalah toko online selalu terbuka untuk bisnis. Dengan iklan di Facebook Anda, Anda dapat menarik seseorang pada pukul 11 ​​malam. atau 4 pagi di bagian mana pun di dunia. Sebagian besar toko fisik buka antara jam 9 pagi hingga jam 9 malam. Tapi dengan memiliki website e commerce yang sedia setiap saat, Anda dapat menarik orang-orang yang biasanya mengambil produk di toko bahkan pada saat toko fisik belum buka.

Sponsor Link

Pikirkanlah tentang audiens Anda yang tidak bekerja pada jam normal atau yang terlalu sibuk untuk mampir ke toko untuk membeli sesuatu. Toko e-niaga memungkinkan Anda untuk menarik orang-orang yang mungkin memiliki jadwal kerja yang aneh atau yang tidak punya waktu untuk berbelanja sendiri. Agar pelanggan seperti itu bisa memesan di malam hari, Anda tidak perlu meminta karyawan bekerja pada shift malam untuk memastikan semua pesanan diproses. Anda tidak perlu menyewa seorang penjaga keamanan! Yang perlu Anda lakukan adalah mengotomatiskan sistem pemesanan Anda sehingga pelanggan menerima konfirmasi ketika mereka memesan untuk memberi mereka ketenangan pikiran.

Bisa berjualan di tingkat internasional

Berikutnya dalam daftar manfaat website e commerce adalah bahwa pemilik merek baru pun dapat memiliki basis pelanggan di seluruh dunia dengan mudah. Anda bisa mendapatkan pelanggan dari manca negara seperti dari Inggris, Amerika Selatan, atau negara tetangga lainnya. Dan untuk mendapatkan para pelanggan itu, Anda bisa memilih dropship dari AliExpress, banyak produk yang ditawarkan dengan pengiriman ePacket yang terjangkau atau pengiriman gratis. Ini memungkinkan Anda memberi harga dan mengirimkan produk Anda secara kompetitif ke pemirsa di seluruh dunia.

Biaya Karyawan yang Terjangkau

Salah satu manfaat dari website e commerce adalah mempekerjakan karyawan dengan biaya terjangkau dan, seperti yang disebutkan sebelumnya, Anda dapat menyewa dari mana saja di dunia. Anda dapat memilih untuk melakukan outsourcing pekerjaan ke asisten virtual di negara-negara di mana biaya hidup jauh lebih rendah. Anda akan membutuhkan lebih sedikit karyawan dalam bisnis online daripada toko fisik. Keuntungan besar bisnis online adalah Anda tidak perlu mempekerjakan karyawan bahkan saat bisnis Anda sudah diluncurkan. Anda dapat memulai dan menjalankan bisnis e-commerce sendirian. Hanya ketika Anda mulai tumbuh atau ketika Anda memiliki modal Anda bisa mulai mempekerjakan karyawan.

Lebih Mudah Mendorong Impuls Beli

Manfaat  lainnya dari website e commerce adalah Anda dapat memanfaatkan pembelian impulsif karena pembeli online lebih cenderung mengambil bagian dalam hal ini. Jika Anda memiliki fotografi produk yang menarik, dengan warna cerah atau menarik perhatian, Anda dapat membuat iklan yang mendorong pembelian impulsif. Anda juga dapat melakukan serangkaian taktik kelangkaan seperti penghitung waktu mundur atau menampilkan jumlah terbatas.

Mudah Menargetkan Ulang atau Memasarkan Ulang ke Pelanggan

Sangat mudah untuk membuat iklan penargetan ulang untuk menjangkau pelanggan di wilayah Anda ketika menjalankan bisnis online menjadikannya salah satu manfaat e-commerce yang paling menguntungkan. Anda dapat membuat piksel Facebook. Anda dapat menggunakan aplikasi Shoelace Shopify untuk menargetkan ulang pencari yang mengunjungi toko Anda tetapi tidak membeli.

Dengan toko e-niaga, Anda dapat menargetkan ulang orang-orang yang menambahkan produk ke keranjang belanja tetapi tidak melakukan checkout dan tidak membeli atau yang mengunjungi posting blog dan tidak pernah membeli. Anda dapat mengumpulkan alamat email dengan mudah dengan pop-up angket yang efektif dan melanjutkan pemasaran kepada pelanggan Anda setelah Anda melakukan penjualan.

Pelanggan mendapatkan sedikit Pengalaman Yang Invasif

Beberapa orang takut masuk ke toko fisik karena mereka dipaksa untuk berinteraksi dengan karyawan toko. Baik karena dirundung oleh promosi penjualan atau ditanyai ini dan itu sepanjang berbelanja, beberapa mungkin lebih suka belanja online karena bisa sedikit mengurangi tindakan invasif menjadikannya salah satu manfaat terbaik dari e-commerce. Jika seorang pelanggan ingin menghubungi pemilik toko, mereka dapat mengklik fitur obrolan langsung, email atau mengirim pesan Facebook.

Dapatkan Akses ke Data Pelanggan dengan Mudah

Salah satu keuntungan website e commerce terbaik adalah Anda dapat dengan mudah mendapatkan akses ke data pelanggan untuk dianalisis. Kebanyakan orang merasa tidak nyaman memberikan alamat email atau kode pos kepada pengecer fisik. Di e-niaga, Anda bisa mendapatkan nama, alamat surat, alamat email, dan nomor telepon pelanggan Anda. Itu berarti Anda memiliki setidaknya tiga cara berbeda untuk berkomunikasi dan membangun hubungan dengan mereka. Anda bahkan dapat meminta mereka mengisi survei pemasaran, membagikan tanggal lahir mereka dengan Anda, dan banyak lagi. Jika Anda meminta mereka membuat akun, Anda dapat memperoleh lebih banyak informasi dari mereka untuk melayani mereka dengan lebih baik. Namun jika pelanggan Anda berbasis di Eropa, berhati-hatilah dengan peraturan GDPR saat menghubungi pelanggan tersebut.

Mampu Memproses Jumlah Pesanan Yang Tinggi

Jika Anda memilih bisnis online dropship, Anda dapat memproses pesanan dalam jumlah besar dengan mudah. Ketika bisnis Anda terus berkembang, Anda mungkin memilih untuk mempekerjakan karyawan untuk membantu pemrosesan pesanan. Juga dengan dropshipping Anda tidak perlu memiliki produk secara fisik untuk menjualnya kepada pelanggan, karena itu Anda tidak perlu khawatir tentang kontrol stok seperti toko fisik harus lakukan.

Di toko ritel, antrian panjang dapat menghalangi orang untuk berbelanja. Dengan e-commerce, tidak ada waktu tunggu. Pelanggan dapat melakukan pemesanan sesuai jadwalnya sendiri tanpa penundaan yang memungkinkan Anda menerima pesanan dalam jumlah besar.

Mendapatkan Skala Bisnis dengan Cepat

Website e commerce adalah bentuk bisnis yang mudah dan cepan untuk mendapatkan skala bisnis. Anda dapat meningkatkan anggaran iklan Anda ketika iklan berkinerja baik tanpa harus terlalu khawatir tentang pembayaran biayanya, terutama jika Anda adalah pelaku dropship.

Dengan toko hanya toko fisik, mungkin sulit untuk mengembangkan lini produk atau menambah lebih banyak kasir karena ruang kerja yang terbatas. Anda harus menemukan ruang yang lebih besar, merenovasi, atau menunggu sewa Anda berakhir untuk meningkatkan skala bisnis Anda. Jika Anda membuat produk informasi, Anda menghadapi tantangan lagi karena butuh waktu untuk menulis ebook, kursus, dan banyak lagi.

Dengan dropshipping, Anda dapat menambahkan produk baru ke toko Anda tanpa harus khawatir tentang pengiriman produk atau menyimpan inventaris sehingga memungkinkan bisnis Anda tumbuh dengan cepat.

Kembangkan Bisnis Anda Secara Organik dengan Konten

Dengan e-commerce, Anda dapat menumbuhkan lalu lintas organik dan penjualan dengan blogging e-niaga. Dari membuat video hingga menulis konten blog, Anda akan dapat mengoptimalkan toko Anda untuk mengarahkan lalu lintas dan penjualan tanpa harus mengeluarkan uang lebih banyak. Dengan e-niaga, Anda tidak hanya dapat memperoleh lalu lintas secara organik melalui pembuatan konten, tetapi Anda juga dapat memonetisasi pelanggan dengan iklan penargetan ulang.

Sponsor Link

Sementara pengecer yang hanya memiliki toko fisik perlu memasarkan ke pelanggan mereka untuk mendorong kunjungan atau memastikan mereka berada di daerah lalu lintas tinggi untuk mendapatkan lebih banyak pembeli.

Kelemahan Website E Commerce Adalah…

Seperti hal memiliki pro dan kontra. Ketika memulai sebuah toko online, penting untuk bersikap realistis, karena website e commerce adalah bentuk bisnis yang juga memiliki kelemahan yang tidak ada pada toko fisik. Adapun beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

Tidak Ada yang Bisa Membeli Selama Website Mengalami Gangguan

Kerugian e-niaga terburuk adalah ketika tidak ada yang dapat membeli dari toko Anda jika situs Anda rusak. Itulah mengapa penting untuk memastikan situs web Anda dihosting di platform yang tepat. Misalnya, jika Anda membayar biaya hosting minimum dan mendapatkan lonjakan lalu lintas dari iklan konversi tinggi situs Anda kemungkinan akan macet.

Untungnya, ada banyak perusahaan penyedia hosting yang menawarkan hosting gratis dengan biaya bulanan yang memungkinkan Anda untuk memiliki salah satu server terbaik di pasaran.

Pelanggan Tidak Dapat Mencoba Produk Anda Sebelum Membeli

Meskipun saat ini merupakan masalah bagi banyak pengecer, ini tidak akan menjadi masalah jangka panjang. Dengan augmented reality, semakin banyak toko yang mulai menambahkan elemen AR ke toko mereka untuk memungkinkan pelanggan mencoba produk. Perusahaan e-commerce augmented reality menawarkan solusi bagi bisnis untuk menciptakan pengalaman yang lebih interaktif dengan pelanggan Anda. Jika Anda memiliki toko kosmetik, Anda dapat memeriksa aplikasi Artis Virtual Sephora untuk contoh pengecer kecantikan dengan pengalaman augmented realitynya.

Website e commerce adalah situs yang sangat kompetitif

Menemukan ceruk yang tepat adalah salah satu kelemahan e-commerce terburuk. Karena ceruk terbaik sering kali paling kompetitif sehingga orang tertarik padanya. Semakin kompetitif suatu ceruk, semakin mahal pula iklan untuk ceruk itu. Ada beberapa cara untuk mengatasi ini. Pertama, Anda bisa mengejar audiens yang berbeda dari pesaing Anda. Jika semua pelanggan Anda menjadi sasaran pesaing melalui iklan Facebook, Anda dapat mencoba memberi peringkat secara organik dengan optimasi SEO. Jika semua pesaing Anda menggunakan Pinterest, Anda dapat mencoba pemasaran Instagram jika audiens Anda adalah makhluk yang sangat visual.

Kedua, jika iklan Anda mahal, Anda dapat mengirim lalu lintas ke posting blog dan menargetkan kembali pelanggan Anda yang mengunjungi mereka untuk membuat iklan dengan biaya lebih rendah. Bekerja pada kampanye CRO dapat membantu Anda menjadi jauh lebih sukses.

Pelanggan Bisa Tidak Sabar

Jika seorang pelanggan memiliki pertanyaan di toko, seorang tenaga penjualan siap untuk menjawabnya. Namun, kekurangan dari website e commerce adalah bahwa sebagian besar bisnis mengalami keterlambatan menanggapi pertanyaan pelanggan. Sementara sebagian besar pelanggan mengharapkan respons dari bisnis setidaknya dalam satu jam di media sosial. Jika Anda menunda menanggapi pesan mereka, mereka bisa menjadi marah dan berbelanja di tempat lain. Anda harus online 24/7.

Untuk mengatasi hal itu, Anda dapat menyewa perwakilan layanan pelanggan yang terlatih untuk membuat pelanggan Anda senang. Atau Anda dapat bekerja dengan chatbot untuk membantu pelanggan menemukan jawaban mereka kapan saja siang atau malam hari. Tetapi semua ini masih tidak sama dengan orang yang dapat menyapa dan melayani pelanggan secara langsung.

Anda Perlu Mengirim Produk Anda

Pelanggan menganggap waktu pengiriman sebagai salah satu kelemahan e-niaga yang terburuk. Ketika seorang pelanggan berbelanja secara langsung, ia dapat langsung membawa pulang produk tersebut. Tetapi, dengan belanja online, sebagian besar pelanggan menerima produk mereka dalam seminggu atau lebih. Solusinya adalah bersikap transparan dengan pelanggan Anda. Biarkan mereka tahu kapan mereka bisa mendapatkan barang yang mereka pesan.

Apakah Anda memiliki masalah dalam mengelola dan mengembangkan Website? | PT APPKEY
Tidak hanya mengembangkan sistem website, kami juga memiliki kemampuan dalam mengelola website dan meningkatkan strategi SEO serta konten pemasaran sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan setiap permasalahan Anda.

Tentang Kami
Pengenalan Layanan
Pengenalan Perusahaan
Kontak Kami

 

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jika Anda menyukai artikel ini
Acungkan jempol