Manajemen Pemasaran Adalah ? Fungsi, Tujuan & Contohnya

Jika Anda menyukai artikel ini
Acungkan jempol

Manajemen pemasaran adalah sebuah kegiatan yang disusun dari dua kata yakni manajemen dan pemasaran. Yang mana masing-masing memiliki pengertian tersendiri yang menjadi satu kesatuan yang memiliki makna.

Manajemen sendiri berasal dari kata ‘manage’ yang berarti mengatur dan menata segala sesuatunya dengan penuh perencanaan yang matang, memandang atau mempersiapkan segala sesuatunya dengan detail, lengkap, jeli, dan memandang segala sesuatu hal yang bisa jadi atau memiliki kemungkinan besar terjadinya resiko-resiko yang mungkin bisa terjadi nantinya. Dan kata yang kedua yaitu pemasaran, kata ini memiliki makna memasarkan atau membagi informasi kepada khalayak mengenai produk yang kita miliki.

Jika pada sebuah perusahaan memiliki kualitas manajemen pemasaran bagus, perusahaan dapat memenuhi target pasar dari jumlah target yang sudah ditentukan oleh suatu perusahaan. Yang dimana target pasar tersebut harus mencapai bahkan diharapkan bisa melebihi target pasar yang diinginkan.

Jadi, pengertian secara menyeluruh dari kata manajemen pemasaran adalah suatu kegiatan pengelolaan, perencanaan, pelaksanaan, pengawasan, pengendalian, yang dilakukan oleh pelaku usaha yang bertujuan untuk melancarkan kegiatan bisnis atau penjualan dari suatu perusahaan yang memiliki target jumlah pasar, dan dengan melakukan segala kegiatan yang bertujuan untuk melakukan pemasaran atau info-info penjualan agar dapat meningkatkan tingkat persentase penjualan yang mengalami lonjakan yang drastis.

Fungsi Manajemen Pemasaran

Manajemen pemasaran memiliki fungsi yang mana dalam suatu perusahaan dalam menjalankan suatu kegiatan pemasaran. Karena apabila kita sebagai pelaku bisnis dapat menerapkan manajemen pemasaran dengan baik dan mengetahui pentingnya fungsi dari manajemen pemasaran, maka kita akan semakin dapat membuat maju dan membuka peluang-peluang bisnis atau kesempatan sukses dengan peluang yang besar dan membuat Anda dan rekan – rekan satu usaha akan lebih semangat dalam memajukan dan menyukseskan suatu bisnis. Berikut ini adalah beberapa fungsi dari diterapkannya suatu kegiatan manajemen pemasaran. Diantaranya yaitu.

Sponsor Link

Fungsi Fisis

Fungsi pertama manajemen pemasaran adalah fungsi Fisis. Yang dimaksud dengan fungsi fisis adalah fungsi yang sangat memperhatikan bagaimana keefektifan dan keefisienan dari penggunaan waktu,  ketepatan dalam pemilihan lokasi, dan ketepatan dan tepat sasaran dari produk atau hasil dari dilakukannya suatu proses manajemen pemasaran.

Penting memang bagi pelaku bisnis dalam menjalankan fungsi ini, karena dalam satu aspek perencanaan juga termasuk yang harus diperhatikan dalam fungsi ini yaitu dalam merencanakan kapan waktu yang tepat dan memang benar – benar customer butuhkan.

Apabila kita tidak pintar dalam memanfaatkan perencanaan waktu, maka kita akan mengalami kebingungan dan akan sulit dalam menghandle waktu yang harus digunakan yang sudah direncanakan dalam menerapkan manajemen pemasaran.

Seperti ada pepatah yang mengatakan waktu adalah uang  yang memiliki makna bahwa apabila kita tidak pandai – pandai dalam mengelola waktu, mengatur waktu,  memanfaatkan waktu dengan baik. Maka ibarat kita akan kehilangan uang, dimana uang adalah suatu benda yang amat penting dan berarti dalam kehidupan sehari – hari kita.  Jadi dalam pemanfaatan waktu juga harus sangat diperhatikan, dan dimanfaatkan dengan sebaik mungkin.

Dalam fungsi fisis ini kita harus memperhatikan penataan atau peletakkan tempat usaha. Nah dalam pemilihan tempat usaha juga amat penting,  karena tempat juga harus jadi salah satu aspek yang harus diperhatikan dan direncanakan dengan baik.

Banyak pertimbangan yang menjadi perhatian dalam pemilihan peletakkan tempat suatu usaha.  Misalkan apakah dekat dengan keramaian, strategis atau tidak, mudah dijangkau oleh customer atau tidak, lokasi parkir untuk customer juga perlu menjadi perhatian. Karena apabila customer nyaman dan tenang berada di suatu tempat yang dimana ia ketika menuju ke tempat usaha tersebut, ia membawa kendaraan,  lalu ditempat usaha sudah disediakan lahan parkir yang strategis,  maka akan membuat customer merasa aman,  nyaman dalam melakukan kegiatan usaha.

Selanjutnya yaitu aspek yang tak kalah pentingnya yang perlu dipertimbangkan dan diperhatikan dengan baik yaitu produk yang dihasilkan.

Dalam beberapa kepentingan atau aspek dari pembuatan suatu produk. Ketepatan sasaran dari penggunaan suatu produk harus kita kita perhatikan segala kebutuhan yang memang benar – benar dibutuhkan dan akan banyak customer yang menggunakan. Lalu sesuaikan dengan era yang sedang banyak diaplikasikan oleh customer atau masyarakat.

Kebanyakan pada masa sekarang ini, masyarakat cenderung ingin segala sesuatu yang cepat, tepat, dan praktis sehingga itu juga harus dan wajib dipertimbangkan dalam pembuatan suatu produk.

Karena apabila kita memperhatikan beberapa aspek tersebut, kita tahu apa yang saat ini sedang dibutuhkan dan disenangi oleh masyarakat, maka tidak akan mustahil untuk produk yang akan kita buat akan banyak diminati, digemari, dan sukses dipasaran.

Nah itu dia beberapa aspek dan beserta penjelasan atau pemaparan dari masing – masing aspek tersebut. Semoga dapat menjadi pertimbangan Anda dalam mendirikan, membuka, atau dalam mempertahankan suatu usaha.

Fungsi Pertukaran

Fungsi kedua manajemen pemasaran adalah fungsi pertukaran.

Dalam dilaksanakannya fungsi pertukaran ini terdapat 2 aspek yang harus ada didalamnya yakni aspek penjualan dan aspek pembelian.

Dalam segi aspek penjualan kita harus memperhatikan bagaimana strategi dalam penjualan suatu produk, dan juga bagaimana kita dapat membuat penjual dan pembeli ini bertemu atau tatap muka dalam 1 waktu,  1 tempat, ataukah hanya melalui perantara saja.

Kemudian dalam segi aspek pembelian, kita juga harus memperhatikan dan mengatur bagaimana strategi dalam membuat pembeli tertarik dan berminat untuk membeli produk yang kita jual atau yang telah kita pasarkan.

Fungsi Penyedia Sarana

Fungsi ketiga manajemen pemasaran adalah fungsi penyedia sarana. Fungsi ini menitikberatkan kepada segala sesuatu yang digunakan untuk proses keberlangsungan, kelancaran dari suatu kegiatan usaha.

Yang termasuk dari sarana dalam fungsi penyedia sarana ini adalah bagaimana kita harus mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik dari segi tempat penyortiran antara bahan dengan yang memiliki kualitas baik dan yang kurang memiliki kualitas yang baik.

Lalu, proses pengemasan Juga perlu diperhatikan, kemudian dalam proses pendistribusian suatu produk juga perlu diperhatikan. Dan dalam hal pembiayaan dari pengadaan dari suatu produk juga menjadi aspek yang dipertimbangkan dalam fungsi penyediaan sarana. Karena mengelola dan merencanakan suatu anggaran biaya dalam proses membuat, memasarkan, mendistribusikan,  dan masih banyak lagi yang membutuhkan anggaran biaya yang direncanakan secara matang.

Karena apabila kita tidak pandai – pandai dalam membuat list atau mengadakan suatu perencanaan keuangan, maka kita akan merasa kesulitan dalam hal biaya apabila biaya yang hanya kita angan-angankan atau yang tidak kita list tiba – tiba melebihi anggaran biaya yang tidak diduga – duga.

Untuk itu perlu juga dalam membangun, atau mendirikan suatu usaha itu dibutuhkan perencanaan anggaran yang tepat, efisien, dan matang. Agar tidak meleset terlalu jauh, dan malah membuat kita merasa rugi dalam hal keuangan atau pembiayaan suatu produk usaha ketika menjalankan suatu usaha.

Sponsor Link

Tujuan Manajemen Pemasaran

Selain memiliki fungsi. Pada manajemen pemasaran juga memiliki beberapa tujuan yang harus dicapai dalam menjalankan suatu usaha. Nah simak yuk berikut beberapa diantaranya tujuan yang harus dicapai dalam menjalankan suatu usaha.

Memperoleh Pencitraan Positif

Nama baik sebuah usaha atau perusahaan harus dijaga dan juga harus mendapatkan hati di masyarakat.

Tentunya juga dengan dibarengi usaha yang beragam yang dapat mewujudkan atau membuat reputasi atau nama baik suatu perusahaan ikut terangkat dan mendapatkan citra atau pencitraan yang positif di mata dan hati masyarakat.

Apabila kita sudah mendapatkan citra positif dan mendapatkan kepercayaan dari masyarakat,  maka kita akan semakin mudah dalam menggapai suatu kesuksesan dan ketercapaian keberhasilan dari usaha yang kita dirikan. Dan bukan tidak mungkin juga kita akan mendapatkan kesuksesan yang menjanjikan apabila kita terus maju dan terus memperbaiki layanan, meningkatkan layanan,  sarana dan prasarana demi membuat konsumen atau pelanggan menjadi nyaman dan puas dan dengan otomatis kita juga mendapatkan citra atau respon positif dari masyarakat.

Memperhatikan Kepuasan dari Pelanggan

Target atau sasaran utama dari satu kegiatan usaha yakni customer atau pelanggan yang akan menggunakan produk yang akan kita pasarkan. Nah apabila dari pihak customer merasakan kenyamanan, kepuasan setelah menggunakan produk dari kita, maka akan menjadi satu nilai tambah yang akan membuat kita semakin semangat dalam menjalankan suatu kegiatan usaha. Dengan begitu salah satu tujuan dari manajemen pemasaran juga akan tercapai.

Indikator yang menjadi kepuasan pelanggan juga beragam. Contohnya saja dari segi pengemasan dari suatu produk yang baik yang tahan lama ketika digunakan dalam jangka waktu yang lama tidak merusak kualitas dari suatu produk tersebut.

Kecepatan kita dalam merespon dan melayani pembeli ketika terdapat pembeli yang sedang menginginkan penjelasan detail produk yang kita tawarkan, lalu kita melayani dan menjelaskan dengan sabar, detail, dan juga dengan gaya bicara yang sopan juga bisa menjadikan indikator atau tolak ukur dari suatu kepuasan dari pelanggan.

Lalu apabila dalam suatu usaha pembeli dan penjual bertemu langsung, maka kebersihan, kerapian, ataupun kenyamanan yang diwujudkan dalam tempat penjualan juga akan membuat customer atau pelanggan akan merasa nyaman dan tidak mustahil juga pembeli akan lebih sering untuk berbelanja dan menggunakan produk yang kita pasarkan.

Selain itu tak kalah pentingnya juga dalam segi aspek kepuasan pelanggan ini dari penampilan penjual. Siapapun yang hendak membeli suatu barang pada suatu tempat, lalu orang yang melayani atau dalam hal ini penjual itu memperhatikan dandanannya atau dari segi berpenampilan. Mulai dari atas hingga bawah, mulai dari rambut hingga kaki itu menjadi perhatian untuk membuat pembeli juga senang ketika bertemu penjual yang rapi, atau yang sangat memperhatikan penampilannya.

Berbeda dengan penjual yang kurang memperhatikan penampilannya, akan kurang menarik jika dipandang oleh pembeli apabila, mendapat penjual yang memiliki dandanan atau penampilan seperti itu.

Jadi, kita juga harus memperhatikan segala hal yang menjadikan pelanggan merasa puas, dan tidak merasa dikecewakan apabila sedang membeli produk di tempat kita menjual suatu produk.

Karena apabila kita memenuhi aspek kepuasan dari pelanggan, maka satu tujuan dari manajemen pemasaran akan tercapai.

Meningkatkan Permintaan

Dalam dunia bisnis, perlu dan wajib memiliki ilmu strategi pemasaran yang baik dan tepat agar kita juga dapat memasarkan dan memperluas jaringan penjualan dan membuat pelanggan yang semula tidak mengetahui produk kita dan dengan mudah mengetahuinya. Dengan teknik atau strategi pemasaran yang baik yang telah kita lakukan.

Karena apabila customer mengetahui dan tertarik dengan segala produk yang kita tawarkan,  maka akan timbul ketertarikan dalam produk kita dan akan timbul suatu tindakan permintaan yang akan membuat produk kita akan banyak mendapatkan permintaan dari masyarakat luas.

Teknik yang dapat kita manfaatkan dalam pemasaran yang sedang trend di masa sekarang yaitu pemasaran produk melalui sosial media. Mengingat jarang sekali orang yang tidak menggunakan sosial media di masa saat ini. Sebagian besar orang atau anak milenial saat ini menggunakan dan mengoperasikan gadget dan yang mereka mainkan atau yang mereka operasikan didalam gadget sebagian besar juga sosial media.

Nah disinilah peluang yang dapat kita manfaatkan dan kita pergunakan sebagai sarana pemasaran produk yang kita miliki. Buatlah akun usaha Anda pada WA, FB, IG, Line, dan yang lainnya yang masih termasuk sosial media. Lalu cari teman sebanyak – banyaknya.

Utamakan Anda menambahkan teman yang Anda kenal agar semakin memudahkan Anda dalam berkomunikasi dan mengkomunikasikan produk yang Anda jual.

Lalu rajin – rajinlah Anda memposting story atau foto dengan deskripsi yang amat detail, padat,  dan jelas dalam kolom caption agar banyak orang dengan mudah mengetahui dan memahami produk apa yang Anda jual, apa fungsinya, apa manfaatnya, berapa harganya, dan lain sebagainya.

Atau Anda juga dapat melakukan endorsement pada teman atau rekan Anda yang memiliki akun IG dengan jumlah teman atau followers yang amat banyak dan aktif. Anda dapat bekerja sama dengan teman atau rekan Anda tersebut agar dia ikut dalam mempromosikan produk yang Anda miliki, dan tentunya juga ada perjanjian dan sejumlah nominal yang harus Anda keluarkan untuk membayar proses endorsement tersebut.

Selain pada sosial media, Anda juga dapat mempromosikan produk melalui media cetak seperti koran, dan apabila ingin ke tingkat yang lebih tinggi lagi yaitu pada media digital seperti pada TV. Anda dapat bekerjasama dengan pihak karyawan dari stasiun TV yang menangani permasalahan pengiklanan. Dan juga Anda akan dikenai sejumlah nominal yang harus dibayarkan kepada pihak stasiun TV yang telah menyiarkan iklan produk Anda.

Sponsor Link

Memperoleh Keuntungan

Bukan hal yang tabu atau hal yang aneh lagi untuk dibicarakan, diperhitungkan dalam lingkup bisnis. Keuntungan juga menjadi hal yang perlu diperhitungkan. Berdasarkan prinsip ekonomi yaitu keuntungan harus lebih besar daripada modal. Makna dari kalimat tersebut yakni bahwa kita sebagai pelaku bisnis haruslah memiliki pemikiran dan perhitungan dengan modal yang kita miliki yang kita keluarkan untuk bisnis kita haruslah lebih sedikit apabila dibandingkan dengan keuntungan yang akan kita dapatkan.

Semisal kita mengeluarkan modal untuk membuka usaha yaitu sejumlah satu juta rupiah, maka keuntungan yang harus kita dapatkan paling tidak atau minimal yaitu satu juta lima ratus ribu rupiah. Selain modal kita terkumpul kembali, keuntungan juga dapat kita dapatkan dari hasil penjualan produk kita. Jangan sampai kita mengalami kerugian akibat dari kesalahan pemahaman atau kesalahan dari pengaplikasian strategi manajemen pemasaran.

Untuk itu penganggaran biaya atau persentase keuntungan dari penjualan produk kita harus kita perhatikan juga. Agar kita mendapatkan keuntungan yang maximal dan tidak mendapatkan kerugian yang signifikan. Nah itu dia penyampaian dari manajemen pemasaran, lengkap dengan manfaat,  serta tujuannya. Semoga bermanfaat.

Apakah Anda memiliki masalah dalam pekerjaan Anda? | PT APPKEY
Tidak hanya terbatas pada penyediaan konten-konten tentang SEO, kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Tentang Kami
Pengenalan Layanan
Pengenalan Perusahaan
Kontak Kami
Sponsor Link

Jika Anda menyukai artikel ini
Acungkan jempol