Kepuasan Kerja | Pengertian, Strategi & Indikatornya

 

Saat ini hadir berbagai macam jurnal. Ada beragam informasi penting yang hadir dalam jurnal-jurnal tersebut. Salah satu jurnal yang paling banyak dicari adalah jurnal pemasaran. Kehadiran jurnal yang satu ini memang banyak dibutuhkan, utamanya untuk kebutuhan akademis.

Ada berbagai jurnal pemasaran yang telah diterbitkan. Beragam jurnal ini memiliki pembahasan satu sama lain yang berbeda. Topik-topik bahasan tersebut tak jarang akan memberikan jawaban terkait pertanyaan-pertanyaan seputar pemasaran yang mungkin cukup membuat pusing.

Untuk menemukan jurnal tersebut ada banyak website yang dapat dituju. Selengkapnya seputar website-website tersebut akan dijelaskan lebih lanjut di bawah ini.

Apa Itu Jurnal Pemasaran?

Sebelum beranjak membahas lebih lanjut mengenai tempat yang dapat digunakan untuk mengakses jurnal dengan topik pemasaran, akan lebih dahulu dibahas mengenai apa itu jurnal pemasaran.

Sebagian orang mungkin sudah banyak mengenal terkait jurnal yang satu ini. Namun, tidak menutup kemungkinan yang lainnya masih belum memahami benar tentang apa itu jurnal pemasaran.

Pertama, harus dipahami dahulu terkait masalah jurnal. Jadi, sebenarnya jurnal merupakan tulisan yang berisi tentang suatu bidang keilmuan tertentu. Biasanya jurnal dikeluarkan oleh seseorang yang memiliki kompetensi memadai di bidang tersebut. Nantinya jurnal tersebut akan diterbitkan melalui instansi yang berwenang.

Dari sana dapat disimpulkan apa itu jurnal untuk pemasaran. Secara sederhana apa yang dimaksud dari jurnal tersebut adalah jurnal yang di dalamnya berisi pembahasan seputar pemasaran. Pembahasan seputar pemasaran ini dapat diartikan dengan luas, selama itu mencakup pembahasan pemasaran maka masih termasuk dalam jurnal ini.

Sponsor Link

Dimana Anda Dapat Menemukan Jurnal Tersebut?

Tadi sudah sedikit diberikan gambaran mengenai apa itu jurnal untuk pemasaran. Sekarang saatnya memahami tentang dimana dapat ditemukan jurnal tersebut.

Bagi yang sedang mencari referensi terkait jurnal ini ada beberapa website yang dapat digunakan sebagai tempat untuk mencari jurnal ini. Berikut ini adalah beberapa di antaranya.

LIPI.go.id

Pernah mengerti tentang Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia atau yang biasa dikenal sebagai LIPI? Rupanya lembaga milik pemerintah Indonesia ini memiliki website yang dapat digunakan untuk mencari jurnal-jurnal terbaru.

Kehadiran website ini sekaligus menjawab kebutuhan jurnal dari masyarakat Indonesia. Tidak hanya jurnal dengan bahasa Indonesia, namun banyak jurnal dengan bahasa Inggris yang hadir di sini. Tinggal pilih mana yang dirasa sesuai dengan tema pemasaran yang sedang dibutuhkan.

E-resources.perpusnas.go.ig

Ternyata Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (PNRI) memiliki website untuk rujukan para pemburu jurnal. Website yang dimaksud dapat diakses di e-sources.perpusnas.go.ig. Untuk dapat mengakses website ini harus lebih dahulu mendaftar menjadi anggota perpus online.

Nantinya setelah melakukan pendaftaran sebagai anggota, maka website ini dapat diakses darimana saja. Tentunya ini akan semakin memudahkan anggota yang ingin mengakses jurnal tanpa perlu ribet datang ke perpustakaan.

Sciencedirect.com

Sekarang ada banyak Jurnal pemasaran pdf yang dapat diakses dimana saja. Salah satu website yang menyediakan jurnal ini adalah sciencedirect.com. Website yang satu ini memang sudah cukup terkenal sebagai website yang siap menyediakan berbagai macam jurnal berkualitas.

Hanya saja harus dipahami jika tidak semua jurnal yang ada di sini adalah jurnal gratis. Selain jurnal gratis juga ada jurnal yang berbayar. Untuk mencari jurnal yang gratis dapat dilihat pada bagian open access. Namun, biasanya jurnal berbayar dapat diakses dengan menggunakan lisensi akademik yang disediakan di banyak kampus di Indonesia.

Researchgate.net

Masih merasa kurang referensi jurnal yang dimiliki? Tak perlu khawatir hal ini dapat diatasi dengan mengakses researchgate.net. Website yang satu ini memuat berbagai macam jurnal pemasaran internasional yang dapat digunakan sebagai rujukan.

Biasanya untuk masuk ke researchgate.net diperlukan email institusi atau email dari pihak kampus. Ini biasanya dapat diperoleh dari pihak IPTIK atau ICT di masing-masing kampus. Melalui email tersebut maka pengguna dapat mengakses berbagai jurnal yang ada di sini.

Doaj.org

Mencari jurnal yang khusus open access? Nampaknya ini dapat ditemui melalui Directory of Open Access Journal atau DOAJ. Di sini menjadi website yang menyimpan jurnal-jurnal khusus yang memiliki status open access.

Pada website ini ada fasilitas untuk mencari link menuju ke berbagai jurnal internasional yang dapat diakses secara gratis. Pengguna tinggal mengetikkan jurnal yang ingin dicari maka akan muncul secara otomatis link menuju jurnal tersebut. Tentunya link yang open access ya.

Academia

Website lain yang cukup terkenal untuk mencari jurnal adalah Academia. Melalui website yang satu ini pengunjung dapat mengakses berbagai jurnal yang dibutuhkan. Jurnal yang disediakan di sini cukup lengkap.

Selain jurnal website ini juga menyediakan berbagai macam kebutuhan artikel. Bahkan ada juga yang menyediakan slide presentasi tentang tema-tema tertentu. Ini dapat menjadi alternatif terbaik bagi yang ingin mencari jurnal-jurnal berkualitas. Akses Academia dapat dilakukan di www.academia.edu.

Ijea

Mungkin website yang satu ini masih cukup asing dikalangan pencari jurnal. Memang namanya tidak terlalu familiar jika dibandingkan dengan website-website jurnal seperti Academia, Sciencedirect, maupun Researchgate, tapi isinya tidak perlu diragukan lagi.

Ini dapat menjadi website yang cocok bagi yang ingin mencari jurnal-jurnal pemasaran internasional. Pasalnya di sini tersedia berbagai macam jurnal internasional yang dapat digunakan sebagai rujukan.

Booksc.org

Jika masih belum menemukan jurnal yang cocok nampaknya harus beranjak menuju ke website yang satu ini. Website yang direkomendasikan adalah booksc.org. Melalui website ini ada banyak jurnal yang dapat diakses untuk memenuhi kebutuhan referensi penggunanya.

Tentu saja karena berbasis di luar negeri, maka jurnal yang ditemukan di sini adalah berbagai jurnal internasional. Selain jurnal rupanya website ini juga menyediakan berbagai macam e-book. Ini akan menjadi sumber data lain yang menarik untuk kebutuhan penelitian maupun kebutuhan lainnya.

Oxford Journal

Akses jurnal yang lainnya dapat diperoleh melalui Oxford Journal. Melalui website yang satu ini pengguna dapat memperoleh berbagai macam jurnal internasional yang disediakan secara gratis. Ini akan sangat membantu kebutuhan jurnal penggunanya.

Mungkin sudah banyak yang familiar dengan Oxford Journal ini. Untuk mengaksesnya pun cukup mudah tinggal masuk ke halaman www.oxfordjournals.org, maka pengguna akan dibawa masuk ke halaman yang dapat digunakan untuk mulai mencari jurnal.

Cambridge Journal

Rupanya selain Oxford, universitas lain yang menyediakan rangkaian journal berkualitas adalah Cambridge. Melalui websitenya journals.cambridge.org, Cambridge menghadirkan rangkaian jurnal-jurnal berkualitas untuk para pencari jurnal.

Selain jurnal yang dapat ditemukan di sini adalah buku dalam bentuk ebook. Jurnal yang terdapat di sini cukup lengkap sehingga akan memudahkan para pencari jurnal yang ingin mencari jurnal-jurnal tertentu nantinya.

Sponsor Link

FreeFullPDF

Mungkin di samping jurnal ada yang ingin mencari tesis atau skripsi dari mahasiswa lainnya? Tak perlu khawatir hal ini dapat diwujudkan melalui website FreeFullPDF. Website yang satu ini menyediakan berbagai macam kebutuhan jurnal secara gratis.

Rupanya selain menyediakan jurnal-jurnal secara gratis, website ini juga menyediakan berbagai macam referensi lain. Bahkan referensi seperti skripsi dan juga tesis juga disediakan di website ini. Tak heran jika kemudian website ini menjadi rujukan bagi para pencari jurnal serta referensi lain untuk kebutuhan akademik maupun kebutuhan lainnya.

IEEE Journal

Penyedia jurnal lain yang dapat dituju untuk memenuhi kebutuhan jurnal adalah IEEE. Website yang satu ini menyediakan jurnal-jurnal untuk kebutuhan para calon insinyur. Di sini tidak hanya jurnal yang dapat diakses namun juga majalah serta berbagai hasil penelitian lainnya.

Akses yang dimiliki IEEE dibagi menjadi dua, akses untuk akun gratis dan akses akun premium. Untuk akses akun premium dapat digunakan untuk membuka jurnal-jurnal yang tidak open access. Namun, tak perlu khawatir jika memang tidak dapat mendaftar open access. Ini karena jurnal-jurnal yang berbayar dapat diakses melalui akses akademik yang biasanya diperoleh dari universitas-universitas yang melakukan kerjasama dengan IEEE.

Adanya akses universitas ini dapat memudahkan pihak mahasiswa atau pengguna lainnya untuk mengakses jurnal berbayar secara bebas tanpa harus mendaftar lebih dahulu. Wah, cukup memudahkan, bukan?

Bagaimana Cara Menerbitkan Jurnal Ini?

Tadi sudah banyak dibahas mengenai referensi tempat mencari jurnal-jurnal pemasaran sekarang saatnya membahas mengenai bagaimana sebenarnya jurnal tersebut dapat diterbitkan? Ada beberapa tahap yang dapat dilakukan untuk mulai menerbitkan jurnal. Tahapan-tahapan penerbitan jurnal tersebut akan dirangkum di bawah ini.

Melakukan Pendaftaran

Ada banyak lembaga yang biasa melakukan penerbitan jurnal. Pasalnya secara umum sendiri jurnal dibagi menjadi tiga jenis, jurnal internasional, jurnal nasional terakreditasi dan non terakreditasi dan yang terakhir adalah jurnal lokal. Setiap lembaga tentunya memiliki kriteria yang harus dipenuhi untuk dapat menerbitkan jurnal-jurnal sesuai jenisnya tersebut.

Namun, secara umum setiap lembaga tentu meminta penulis jurnal yang akan menerbitkan jurnalnya untuk mendaftar lebih dahulu. Biasanya pendaftaran ini dilakukan melalui website. Untuk itu sebaiknya waspadai penerbit jurnal yang meminta melakukan pendaftaran melalui email.

Di sana penulis mulai melakukan pendaftaran dan mengetahui syarat-syarat yang dibutuhkan untuk menerbitkan jurnal. Setelah selesai melakukan pendaftaran maka pendaftar akan memperoleh halaman profile.

Memasukkan Jurnal yang Akan Didaftarkan

Selanjutnya pihak pengguna diminta untuk mulai memasukkan jurnal yang akan didaftarkan pada halaman profil tersebut. Informasi yang ada dalam jurnal tersebut dimasukkan sesuai dengan permintaan dari penerbit jurnal.

Biasanya informasi yang dimasukkan adalah informasi umum seperti judul, abstrak, kata kunci hingga isi. Misalkan saja jurnal yang dibuat adalah jurnal pemasaran produk maka pastikan jika itu menjadi kata kunci yang dapat membuat orang mudah menemukan jurnal tersebut. Ini akan menjadi proses submission awal sebelum mulai beranjak ke proses submission selanjutnya.

Notifikasi Editor

Selanjutnya biasanya pihak penulis harus menunggu notifikasi dari pihak penerbit jurnal terkait dengan persetujuan untuk melanjutkan jurnal ke reviewer atau justru harus melakukan revisi. Bahkan ada kemungkinan jurnal ditolak tanpa dilakukan revisi.

Notifikasi tersebut biasanya akan dilakukan melalui email. Untuk jurnal yang mengalami revisi biasanya diminta melakukan perbaikan dalam waktu tertentu. Jika perbaikan sudah dilakukan maka jurnal kembali diupload sesuai proses semula.

Hal berbeda datang jika jurnal ditolak. Ini berarti penulis harus memasukkan jurnal yang lain dengan topik yang tentu saja berbeda. Untuk itu penting memahami kemungkinan peluang jurnal akan diterima atau justru ditolak. Hal tersebut juga bergantung pada pihak penerbitan jurnal.

Proses Review

Setelah melalui tahap notifikasi editor selanjutnya adalah tahap proses review. Pada tahap ini jurnal tersebut akan direview oleh para reviewer yang memiliki keahlian dibidang yang sesuai dengan jurnal tersebut. Misalkan saja jurnal yang memiliki tema jurnal pemasaran jasa tentu saja pihak yang mereview adalah reviewer yang memiliki pemahaman terkait hal itu.

Proses review ini biasanya tidak hanya dilakukan oleh satu reviewer. Hal ini kembali pada kebutuhan yang diperlukan dari jurnal tersebut. Apabila cakupan jurnal cukup luas bisa saja ada beberapa reviewer dari sudut berbeda-beda yang akan melakukan review pada jurnal tersebut.

Proses ini akan memakan waktu cukup lama. Pasalnya ini juga bergantung dengan kondisi dari para reviewer. Pada proses ini harus dipahami jika jurnal tidak selalu dapat diterima. Ada kemungkinan juga jurnal ditolak. Hal ini tergantung dengan kemampuan dari pihak penulis untuk menjawab berbagai pertanyaan reviewer.

Sponsor Link

Revisi Review

Selanjutnya setelah melalui proses review biasanya pihak penulis akan diminta untuk melakukan revisi sesuai dengan yang diminta reviewer. Proses revisi ini dilakukan tergantung perubahan yang dilakukan.

Setelah melakukan proses revisi maka yang harus dilakukan adalah mengunggah kembali jurnal yang telah direvisi. Nantinya akan ada notifikasi yang menyatakan apakah jurnal tersebut siap diterbitkan atau justru harus dilakukan revisi kembali.

Proofreading

Setelah melalui proses revisi dan memperoleh notifikasi untuk penerbitan jurnal yang selanjutnya dilakukan adalah masuk dalam tahap proofreading. Umumnya berkas draft jurnal yang akan diterbitkan tersebut dikirim lebih dahulu pada pihak penulis.

Pengiriman ulang draft tersebut bertujuan untuk memberikan kesempatan bagi penulis yang ingin melakukan perubahan isi serta format artikel yang nantinya akan diterbitkan. Selanjutnya jika proses edit terakhir oleh pihak penulis sudah dilakukan, jurnal dikirim kembali untuk masuk ke proses proofreading. Hasil dari proses ini nantinya adalah draft akhir yang berisi jurnal yang akan diterbitkan.

Penandatanganan Kontrak

Dalam penerbitan jurnal, utamanya jurnal internasional. Biasanya akan dilakukan penandatangan kontrak yang berisi hak dan kewajiban dari pihak penerbit serta penulis. Selain itu umumnya dimasukkan juga biaya penerbitan yang diperlukan.

Harus dipahami jika pada penerbitan jurnal, termasuk jurnal pemasaran, biasanya penulis akan diberi pilihan dua opsi untuk penerbitan. Untuk pilihan yang pertama adalah pihak penulis diminta melakukan pembayaran biaya penerbitan sesuai kesepakatan.

Sedangkan pilihan yang kedua adalah penulis tidak dibebankan biaya penerbitan alias gratis. Namun, biaya tersebut akan dibebankan pada pihak pembaca. Artinya pihak pembaca yang diminta untuk membayar jurnal tersebut.

Jurnal Terbit

Kalau semua fase di atas sudah dilalui dengan baik maka berarti jurnal pemasaran dari penulis tersebut telah siap untuk diterbitkan. Rentang waktu dari submission dengan waktu penerbitan bermacam-macam dan berbeda untuk tiap kondisi. Namun, pada jurnal internasional waktu submission dan penerbitan dapat berjarak kurang lebih 1 tahun.

Waktu yang lama ini termasuk dengan waktu revisi, review, revisi draft, proofreading serta berbagai macam kebutuhan lainnya yang memerlukan waktu cukup lama. Namun, bisa jadi waktu yang dibutuhkan lebih lama atau pun lebih sebentar, semua tergantung dengan kebutuhan-kebutuhan yang diperlukan.

Itulah beberapa hal yang harus dipahami seputar jurnal pemasaran dari definisinya, tempat memperoleh jurnal, serta bagaimana cara menerbitkan jurnal. Ini penting dipahami untuk yang sedang mencari jurnal atau berencana menerbitkan jurnal yang berkaitan dengan dunia pemasaran.

Apakah Anda memiliki masalah dalam menjalankan bisnis online? | PT APPKEY
Tidak hanya mengembangkan sistem website dan aplikasi, kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Tentang Kami
Pengenalan Layanan
Pengenalan Perusahaan
Kontak Kami
Sponsor Link

Tell Us What You Think
0Like0Love0Haha0Wow0Sad0Angry