fbpx

Google analytics (Instalasi dan cara Pengguaan)

 

Bagi Anda yang pernah berkecimpung dalam pengelolaan website, pastinya pernah mendengar tentang kata Google Analytics, bukan?

Google analytics adalah alat penganalisa akses yang banyak digunakan karena bisa digunakan secara gratis
Namun, karena disediakan gratis, layanan ini tidak memberikan dukungan formal, sehingga pengguna perlu mengumpulkan informasi sendiri untuk menguasainya.

Berdasarkan poin-poin ini, saya ingin menjelaskan poin-poinnya dengan cara yang mudah dipahami bahkan oleh pemula, mulai dari fitur dan pengenalan Google Analytics hingga cara penggunaan dasarnya.

Pengertian Google Analytics

Pengertian Google Analytics

Google Analytics adalah alat yang disediakan oleh Google yang dapat menganalisis akses konten web seperti beranda dan aplikasi seluler (aplikasi Android Google dan aplikasi iOS).

Sekarang banyak pengguna membeli produk menggunakan Web, melakukan penjualan dari blog dan situs web secara dapat langsung terkait dengan pengembangan bisnis (pertumbuhan bisnis).
Jadi, untuk dapat mengetahui perilaku seperti apa yang dilakukan pengguna yang mengunjungi website, penting bagi kita untuk meningkatkan penjualan dalam homepage sambil menganalisis akses dan mengoptimalkan konten web.

Dengan kata lain, Google Analytics, yang dapat menganalisis akses situs web, adalah alat penting dalam keberhasilan pemasaran Web.

Pada Google Analytics, Anda dapat melihat data tentang perilaku pengguna situs yang terdaftar.

Misalnya,

 

“Berapa jumlah pengunjung ke situs?”

“Dari mana datangnya pengunjung?”

“Apakah perangkat yang digunakan itu telepon pintar atau komputer pribadi?”

Itulah data-data yang dapat Anda lihat.

Untuk melakukan pengukuran data, kita harus masukkan kode JavaScript yang disebut kode pelacakan ke halaman web.

Ketika pengguna mengakses halaman, kode ini akan dijalankan, data akan diakumulasikan di server Google, dan diukur oleh Google Analytics.

 

Dengan memeriksa data tersebut, Anda dapat melihat poin baik dan buruk dari situs yang Anda miliki.

Misalnya, Anda dapat memikirkan langkah-langkah seperti “membuat situs khusus ponsel cerdas karena ada banyak pengguna ponsel cerdas sekarang ini”.

Anda juga dapat melihat efek dari tindakan pengguna.

Misalnya, Anda dapat memeriksa data Google Analytics seperti “Berapa banyak kunjungan yang Anda dapatkan dari iklan yang Anda buat di Facebook?”


Sponsor Link

Google Analytics | 3 langkah mudah untuk instalasi

Selanjutnya adalah penjelasan singkat 3 langkah metode instalasi Google Analytics.

1) Membuat akun Google Analytics

Pertama, Anda perlu membuat Akun Google untuk mendaftar Google Analytics.

Meski begitu, semua orang dapat menggunakan Gmail dan layanan Google lainnya yang biasanya dipakai, dan mungkin ada banyak orang yang tidak perlu membuat yang baru.

2) Membuat akun Google Analytics

Selanjutnya adalah membuat akun Google Analytics. Di sini Anda harus memasukkan URL situs yang ingin dianalisis untuk mendapatkan tag yang disebut kode pelacakan.

Dengan memasang kode pelacakan ini dalam HTML halaman dan memuatnya, Anda dapat mengukur data dengan Google Analytics.

3) Menginstal kode pelacakan

Terakhir, Anda bisa menginstal kode pelacakan yang Anda peroleh sebelumnya di semua halaman.

Demikianlah proses pemasangan Google Analytics yang bisa Anda selesaikan dalam tiga langkah di atas.

Dalam hal ini bisa dibilang “Google Analytics dapat dengan mudah diimplementasikan”!

 

Sponsor Link

Google Analytics | Cara penggunaan & 4 fungsi pentingnya

Setelah selesai instalasi, Anda dapat benar-benar menggunakan Google Analytics.

Jika dilihat sekilas, Google Analytics tampaknya kompleks dan memiliki banyak item, tetapi sebenarnya hanya ada empat fungsi utama yang perlu untuk dicermati/dikuasai.

Berikut ini kita akan membahas tentang 4 fungsi utama itu yang antara lain terdiri dari “User”, “Attracting customer”, “Action”  dan “Conversion”.

1) Menu “User”

Yang pertama adalah “Pengguna / User”

Dalam menu ini Anda dapat melihat berbagai data tentang pengguna, seperti jumlah kunjungan (sesi) dan jumlah page view, hingga perangkat yang mereka gunakan.

Pertama-tama, silakan klik ” Overview “.

Pengertian Google Analytics

Dalam analisis akses, langkah pertama untuk memeriksa jumlah pengunjung ke seluruh halaman situs Anda, adalah melalui “Overview” ini.

Setelah itu, ketika menganalisis halaman demi halaman, penting untuk mempertimbangkan bagaimana membandingkannya dengan rata-rata seluruh situs.

Bisa dikatakan bahwa menu “Overview” ini paling penting dalam analisis akses.

Selanjutnya klik “Mobile”> “Overview”.

Pengertian Google Analytics

Di sini Anda dapat melihat apa perangkat yang dipakai oleh pengguna (komputer pribadi / smartphone).

Dengan mempelajari item ini dengan teliti, Anda dapat menentukan tindakan yang harus diprioritaskan.

Misalnya, karena ada banyak pengguna smartphone, maka Anda dapat mengambil keputusan seperti memaksimalkan situs untuk smartphone.

2)  Menu ” Attracting customers “

Di menu ” Attracting customers “, Anda dapat melihat dari mana pengguna mengunjungi situs Anda.

Secara khusus, Anda dapat melihat “Dipengaruhi oleh pencarian Google”, “Dipengaruhi dari iklan Facebook”, dan sebagainya

Langkah selanjutnya adalah memeriksa “attraction”> “all traffic”> “channel”.

Menu " Attracting customers "

Anda dapat memeriksa data berikut pada bagian ” Attracting customers “.

Organic Search Kunjungan yang mengalir melalui situs dari Google atau Yahoo
Paid Search Setelah pencarian, kunjungan yang mengalir ke situs dengan mengklik daftar iklan dll.
Direct Permintaan yang datang melalui bookmark atau pengetikan URL secara langsung
Referral Kunjungan yang mengalir ke situs dengan mengklik tautan situs lain
Social Kunjungan yang mengalir ke situs dari tautan yang dibagikan di SNS seperti Facebook dan Twitter
Display Kunjungan yang mengalir dari pengguna mengklik iklan banner.
Other Dan lain-lain

3)  Menu “Action”

Menu “Action” membantu mengonfirmasi tindakan pengguna sebelum mengunjungi situs dan memungkinkan Anda untuk memeriksa data perilaku pengguna di situs.

Mari kita mulai dengan “konten situs”> “semua halaman”.

Menu "Action"

Anda dapat memeriksa jumlah PV dan sesi pada semua halaman di situs.

Selanjutnya klik “site content”> “landing page”.

Menu "Action"

Di sini Anda dapat melihat jumlah sesi untuk setiap landing page.

Landing page adalah halaman pertama saat Anda mengunjungi sebuah situs web, merupakan halaman yang akan menjadi pintu masuk sebuah website.

Kesimpulan

Adalah penting untuk meningkatkan akses ke dalam website berdasarkan nilai-nilai numerik yang terlihat di Google Analytics untuk mencapai tujuan penjualan melalui website.

Dengan demikian Anda akan mengerti bahwa membuat website saja tidak cukup dari peningkatan berdasarkan angka analitik tersebut.

Jadi, bagi Anda yang memiliki website atau blog dan ingin meningkatkan omset bisnis dari sana, pastikan Anda memulainya dengan melakukan analisis akses menggunakan Google Analytics

Kemudian, apa yang ingin Anda tingkatkan? Untuk itu, sangat penting bagi kita untuk menguasai Analytics guna meningkatkan kinerja situs dengan membaca apa yang diperlukan dari nilai numerik tersebut.

Apakah Anda memiliki masalah dalam pekerjaan Anda? | PT APPKEY
Tidak hanya terbatas pada penyediaan konten-konten tentang SEO, kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.
Tentang Kami Pengenalan Layanan
Pengenalan Perusahaan Kontak Kami
Sponsor Link
Tell Us What You Think
0Like0Love0Haha0Wow0Sad0Angry