Google AdSense Adalah? Ketahuilah Struktur Dasarnya!

Jasa Pembuatan Aplikasi

 

Google AdSense adalah …

Memperoleh keuntungan dari iklan yang ada pada sebuah situs.

Google AdSense adalah layanan distribusi periklanan yang ditawarkan oleh Google yang mana Anda dapat memperoleh keuntungan dengan mempublikasikan iklan di situs Anda (maupun di situs perusahaan).

Tentu saja, banyak orang yang akan senang apabila mendengar bahwa keuntungan dapat dihasilkan melalui sebuah situs milik kita sendiri. Di antara pembaca artikel ini, pasti beberapa di antaranya adalah seorang administrator situs perusahaan, manajer maupun staff sebuah online shop, dan manajer dari situs berita serta situs komunitas. Jika Anda dapat mengurangi biaya pengelolaan situs, hal tersebut tentu akan berdampak positif untuk penghasilan utama pada bisnis Anda.

Terlebih lagi, jika Anda adalah seorang personal blogger, dapat hidup dengan penghasilan yang diperoleh dari blog Anda bukanlah hanya sekadar mimpi. Google AdSense adalah layanan yang memungkinkan situs Anda menjadi sebuah ‘media periklanan’ terlepas dari situs Anda adalah situs perusahaan atau situs pribadi.

Distribusi Periklanan yang Secara Otomatis Menyesuaikan dengan Konten di dalam Situs.

Cara mengiklankan situs Anda sangatlah mudah. Secara sederhana, dengan memasukkan ‘kode iklan’ yang dimiliki Google AdSense ke dalam source code HTML dari situs Anda, maka Google akan secara otomatis menyediakan iklan yang sesuai dengan konten Anda.

Misalnya, jika Anda memasukan kode iklan ke dalam situs yang mengunggah artikel tentang sepak bola, secara otomatis Google akan menampilkan iklan yang berhubungan dengan sepak bola dan olahraga. Ketika pengunjung situs mengklik iklan tersebut, iklan tersebut mengunggah biaya, dan pendapatan Anda akan terakumulasi.


Sponsor Link

Mekanisme Periklanan pada Google AdSense

Mekanisme Periklanan pada Google AdSense

 

Masukkan ‘kode iklan’ yang telah disediakan oleh Google AdSense ke dalam source code HTML untuk situs Anda.

Belakangan ini, telah diperkenalkan juga mekanisme pendistribusian atau pengirimin iklan yang terhubung sesuai dengan minat dan ketertarikan dari pengunjung situs. Google AdSense mengirimkan secara otomatis iklan yang kemungkinan besar diminati oleh pengunjung (informasi yang diketahui oleh pengunjung).

Dengan Google AdSense, Anda bisa fokus pada Pengelolaan Situs.

Dengan menggunakan Google AdSense, penghasilan dapat diperoleh melalui iklan dengan hanya mengoperasikan situs sebagaimana biasanya. Anda tidak perlu khawatir mengenai iklan jenis apa yang ingin ditampilkan atau bagaimana cara melakukan interaksi dengan para pengiklan. Di sisi lain, Google AdSense dapat menjadi sebuah daya tarik untuk dapat fokus dalam mengelola situs Anda.

Google AdSense dapat digunakan oleh seluruh pengguna situs, tanpa dipungut biaya apapun. Namun, terdapat review situs oleh Google sebelum Anda bisa menggunakan Google AdSense, dan jika dibandingkan dengan situs layanan pada umumnya, proses untuk dapat menggunakan Google AdSense sangat sulit.

Berbagai Tipe Periklanan Melalui Internet

Iklan yang dipublikasikan di internet pada umumnya disebut ‘Iklan Internet (Internet Advertisements)’.

Terdapat bermacam-macam iklan melalui internet, dan memiliki informasi atau pengetahuan yang tepat dalam hal tersebut adalah satu langkah yang dapat membantu Anda memahami monetisasi dalam periklanan melalui internet. Kita akan memahami hal tersebut dari sudut pandang pengguna situs, jadi mohon diingat dengan baik.

Pertama, untuk mengklasifikasi iklan di internet, kita harus mengerti bagaimana biaya iklan dapat diperoleh dan bagaimana iklan tersebut ditayangkan. Biaya iklan dikelompokkan menjadi beberapa kategori, tergantung pada bagaimana penghasilan dari pengguna situs tersebut (bagi pengiklan, biaya dari iklan tersebut adalah pengeluaran).

Penjelasan dari hal tersebut tertera di bawah ini, namun hal yang biasa terjadi adalah ‘iklan yang tergaransi dalam satu kali klik’, ‘iklan yang tergaransi berdasarkan tayangan’, dan ‘iklan berdasarkan reward perfomance’. Di sisi lain, yang popular dalam mekanisme tampilan iklan adalah ‘iklan berdasarkan pencarian’, ‘iklan berdasarkan konten’, dan ‘iklan yang ditargetkan berdasarkan tingkah laku pembaca situs’.

Adsense yang berdasarkan ‘klik’ dan berhubungan dengan konten.

Dalam AdSense ini, ‘iklan yang cocok dengan konten dalam situs akan terdistribusi secara otomatis’ dan ‘pengunjung akan menghasilkan pendapatan dengan meng-klik ikan tersebut’.

Dalam hal tersebut, mekanisme bagaimana biaya iklan terjadi dijamin oleh klik pada iklan tersebut yang dilakukan pengunjung, dan mekanisme bagaimana iklan tersebut ditampilkan adalah iklan yang memiliki kesesuaian dengan konten. Selain itu, sejak ‘iklan yang sesuai dengan ketertarikan dari pengunjung’ diperkenalkan, ada pula iklan yang disesuaikan dengan perilaku dari pengunjung situs tersebut.

Terdapat pula situasi situs yang lebih dulu bekerja dalam monetisasi periklanan menggabungkan berbagai jenis iklan, disamping memasukkan iklan yang berupa AdSense. Karena setiap iklan memiliki kelebihan dan kekurangannya, pahamilah masing-masing karakteristik iklan tersebut.

Pembagian dari Mekanisme dan Klasifikasi dari Iklan Internet

Bagaimana mekanisme iklan?

Pengiklan
Pengguna situs

Bayaran yang didapatkan berdasarkan per-klik.

Afiliasi dari ‘reward per klik’ diklasifikasi oleh Google AdSense. Ini merupakan sistem yang membayar Anda ketika link iklan afiliasi tersebut di-klik, terlepas dari apakah ada barang yang terjual atau tidak dari iklan tersebut. Karena Anda tidak harus memikirkan penjualan barang, dapat dikatakan bahwa sistem ini adalah salah satu sistem yang paling menguntungkan.

Bayaran iklan berdasarkan tayangan.

Pada sistem ini, bayaran yang dihasilkan berdasarkan pada berapa kali iklan tersebut tampil di blog Anda. Untuk mendapatkan keuntungan, hal yang penting adalah berapa kali iklan tersebut tampil di situs Anda, atau membuat iklan tersebut tampil dalam jangka waktu spesifik yang telah ditentukan.

Bagaimanapun, bayaran iklan yang diperoleh berdasarkan tayangan tidak dapat merekrut afiliasi sendiri, dan sangat jarang untuk bisa memperoleh jumlah yang besar kecuali situs tersebut diakses oleh banyak orang.

 Bayaran berdasarkan penampilan (pay-per-perfomance).

Pada saat ini, iklan yang umum digunakan adalah iklan yang bekerja sama dengan layanan berdasarkan penampilan/performa. Sebagian besar ASP (Affiliate Service Provider) saat ini adalah berjenis bayaran berdasarkan dari penampilan iklan. Bayaran berdasarkan hasil ini menghasilkan pendapatan jika pengunjung situs meng-klik halaman iklan dan membeli barang yang disarankan dalam iklan tersebut.

Jika pengunjung hanya melihat laman AdSense, maka pendapata tidak akan diperoleh.

Mekanisme bagaimana iklan ditampilkan.

Pengunjung situs
Iklan yang terhubung dengan pencarian.

Iklan yang terhubung dengan pencarian adalah iklan yang ditampilkan dalam mesin pencari (seperti Yahoo!, Google, dll), ketika pengguna mencari kata kunci yang sesuai.

Iklan yang berhubungan dengan konten.

Iklan yang berhubungan dengan konten adalah iklan yang jika diklik akan terhitung sebagai pendapatan (Iklan PPC/Pay-per-click) yang biasanya berhubungan erat dengan konten yang ditampilkan. Contoh dari iklan ini adalah Google AdWords dan YDN (Yahoo Display Ad Network).

Target berdasarkan aktivitas.

Sistem ini adalah sistem yang melacak situs seperti apakah yang dikunjungi pengguna dari internet, serta memperkirakan konten apakah yang menarik menurut si pengguna dari situs-situs yang ia kunjungi, kemudian menampilkan iklan yang sesuai dengan ketertarikan pengguna.


Sponsor Link

Memahami Faktor-Faktor yang Menentukan Penghasilan dari Iklan

Rumus dari bayaran iklan adalah ‘jumlah klik x pendapatan yang diperoleh per-klik’.

Pada Google AdSense, pendapatan diperoleh berdasarkan di-kliknya iklan tersebut oleh pengunjung, dan penghitungannya adalah ‘pendapatan yang diperoleh per-klik x jumlah klik’.

Meskipun ini adalah mekanisme yang sederhana, namun sebenarnya ini adalah hal yang sulit, sehingga perhatikanlah artikel berikut dengan baik. Pertama, pahamilah bagaimana dasar-dasar dalam menentukan ‘harga per-klik’ dan ‘jumlah klik’ itu sendiri.

Pertama, ‘harga per-klik’ ditentukan berdasarkan iklan jenis apa yang ditampilkan. ‘Harga per-klik’ atau CPC (Cost Per Click) ditentukan oleh pengiklan, dan semakin besar keuntungan produk atau layanan yang ditawarkan, harga tersebut akan lebih tinggi untuk pemilik situs yang memiliki kontrak dengan pengiklan dan terjadinya transaksi jangka panjang.

Contoh dari produk atau layanan yang memiliki harga tinggi adalah keuangan/real estate, edukasi bahasa, dan layanan yang berkaitan dengan diet.

Semakin besar keuntungan dalam kontrak yang telah disepakati, maka semakin tinggi nilai dari iklan tersebut. Jika periode perjanjian lama, bahkan jika harus membayar dalam jumlah besar untuk awal kontrak, sangat mungkin untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar di waktu mendatang.

Jumlah klik adalah kunci dalam menentukan page-view dan penempatan iklan.

Anda dapat meningkatkan jumlah klik berdasarkan tampilan halaman situs dan menentukan penempatan iklan.

Kunjungan pada laman situs sangat berhubungan dengan ‘impression’ (berapa kali iklan tersebut dimunculkan), dan penempatan iklan berhubungan dengan CTR (Click Through Rate – CTR dapat dihitung melalui rumus jumlah klik pada iklan dibagi berapa kali impression (pemunculan iklan) tersebut), atau, jumlah klik dapat dihitung menggunakan rumus ‘impression (pemunculan iklan) x CTR’. Dengan hal ini, kita dapat mengetahui peningkatan ‘jumlah klik’.

Jika iklan tersebut mencolok, maka akan mempengaruhi kenyamanan pengunjung, namun jika tidak mencolok sama sekali, iklan tidak akan di-klik oleh pengunjung situs. Dengan menempatkan iklan pada tempat yang tidak mengganggu pengunjung dan juga masih terlihat jelas, Anda bisa meningkatkan presentase iklan tersebut di-klik.

Jika kita dapat memaksimalkan penempatan iklan untuk mencapai target CTR, page-views akan meningkat, dan pendapatan juga akan meningkat sesuai pertumbuhan situs. Dengan menitikberatkan pada hal tersebut, buatlah agar Google AdSense Anda dapat menghasilkan uang pada situs Anda.

Simpulan

Jika Anda menggunakan Google AdSense untuk mengoperasikan iklan, Anda dapat memperoleh penghasilan dari blog pribadi, dan melakukan monetisasi situs yang Anda kelola sebagai ladang bisnis.

Gunakanlah AdSense untuk memaksimalkan pendapatan situs dan blog Anda!

Apakah Anda memiliki masalah dalam pekerjaan Anda? | PT APPKEY
Tidak hanya terbatas pada penyediaan konten-konten tentang SEO, kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Tentang Kami
Pengenalan Layanan
Pengenalan Perusahaan
Kontak Kami
Sponsor Link

Jika Anda menyukai artikel ini
Acungkan jempol