Definisi Pemasaran | Fungsi, Jenis dan Konsepnya

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

 

Secara sederhana, definisi pemasaran adalah proses untuk mengenalkan barang dan jasa kepada calon konsumen yang potensial. Seperti diketahui, bahwa setiap perusahaan tentu membutuhkan keuntungan sehingga proses usaha yang dilakukan perusahaan tersebut akan bisa terus berjalan. Keuntungan dihasilkan dari penjualan produk atau jasa yang berasal dari perusahaan tersebut.

Agar produk atau jasa dari sebuah perusahaan dapat terjual maka tentunya diperlukan konsumen yang menjadi target dari bisnis perusahaan tersebut. Nah, untuk bisa mendapatkan konsumen yang potensial, sebuah perusahaan membutuhkan strategi pemasaran atau juga dikenal dengan istilah marketing yang tepat.

Definisi Pemasaran Menurut Para Ahli

Sponsor Link

Beberapa pakar atau ahli di bidang pemasaran mengemukakan pendapatnya mengenai definisi pemasaran, diantaranya seperti berikut ini:

John Westwood

Definisi pemasaran menurut Westwood adalah sebuah usaha yang dilakukan secara terpadu dengan tujuan memenuhi kebutuhan konsumen sekaligus memberikan keuntungan kepada perusahaan penghasil produk dan jasa tersebut.

Philip Kotler

Definisi pemasaran menurut Kotler adalah kegiatan yang dilakukan perorangan atau kelompok yang tujuannya agar dapat membuat produk buatan mereka tersebut bisa ditukarkan kepada pihak lain dengan besaran nominal yang dapat menguntungkan mereka, atau dengan kata lain pertukaran produk atau jasa tersebut bernilai untuk kedua belah pihak.

Jay Abraham

Definisi pemasaran menurut Abraham adalah media yang digunakan untuk bisa mencapai keberhasilan dengan cara memberikan layanan terbaik kepada calon konsumen.

William J. Stanton

Definisi pemasaran menurut Stanton adalah keseluhan dari kegiatan bisnis meliputi perencanaan, penentuan harga, promosi hingga proses distribusi yang dapat memuaskan konsumen.

Hair dan Mc. Daniel

Definisi pemasaran menurut Hair dan Mc. Daniel adalah proses untuk merencanakan dan melaksanakan konsepsi, menetapkan biaya promosi, cara pendistribusian produk dan jasa sehingga dapat menciptakan sebuah kondisi pertukaran yang dapat memuaskan konsumen serta dapat pula mencapai tujuan perusahaan pembuat produk tersebut.

Basu dan Hani

Definisi pemasaran menurut Basu dan Hani merupakan sebuah proses kegiatan perencanaan yang meliputi pengelolaan produk, penetapan harga, proses promosi hingga proses pendistribusian produk dan jasa. Keseluruhan dari proses tersebut memiliki tujuan untuk memenuhi kebutuhan konsumen sekaligus keuntungan bagi produsen.

Berdasarkan berbagai definisi yang berasal dari pendapat para ahli tersebut maka bisa disimpulkan bahwa pemasaran merupakan salah satu hal penting yang harus diterapkan oleh setiap perusahaan agar produk atau jasa yang dihasilkan mereka dapat dinikmati oleh konsumen sekaligus agar perusahaan tersebut bisa mendapatkan keuntungan dari penjualan produk atau jasa tersebut.

Hal tersebut disebabkan karena dengan adanya pemasaran yang merupakan sebuah kegiatan terpadu dan terencana mulai dari penyediaan produk dan jasa, penentuan harga, promosi, hingga terjadinya pertukaran tawaran yang bernilai antara produsen dan konsumen, maka akan terjadi sebuah proses yang menguntungkan kedua belah pihak baik produsen dan konsumen.

Fungsi Pemasaran

Setelah mengetahui definisi pemasaran, maka tentunya Anda juga perlu untuk memahami apa saja fungsi dari pemasaran. Seperti diketahui, bahwa pemasaran meliputi serangkaian proses mulai dari pembuatan produk, penetapan harga, promosi hingga pendistribusian produk. Ada tiga fungsi utama pemasaran yang perlu diketahui, diantaranya seperti berikut ini:

Fungsi Pertukaran

Fungsi pertukaran ini maksudnya adalah dengan adanya pemasaran maka konsumen dapat mengetahui produk yang dijual oleh produsen. Tentunya konsumen juga bisa langsung membeli produk tersebut dengan menggunakan sejumlah uang sebagai alat tukarnya. Namun, jika produsen masih menggunakan sistem pertukaran barter, maka konsumen juga dapat menukarkan produk dengan produk.

Produk yang sudah dibeli atau ditukar dengan barang milik konsumen itu juga dapat digunakan baik itu untuk keperluan pribadi ataupun djual kembali dengan tujuan mendapatkan keuntungan.

Sponsor Link

Fungsi Distribusi Fisik

Fungsi distribusi fisik dalam pemasaran maksudnya adalah pemasaran bisa dilakukan pula dalam bentuk distribusi fisik yang mana produk tersebut disimpan atau diangkut, baik itu melalui jalur darat, air ataupun udara. Sementara itu, proses penyimpanan produknya berlangsung dengan cara menjaga pasokan produk agar bisa tetap tersedia pada saat dibutuhkan.

Fungsi Perantara

Fungsi perantara dalam pemasaran maksudnya adalah kegiatan penyaluran produk yang berasal dari produsen ke konsumen yang sebelumnya dilakukan melalui pihak perantara pemasaran, sehingga terjadi kegiatan pertukaran dan juga distribusi fisik.

Jenis Pemasaran

Kini, saatnya Anda mengetahui jenis-jenis pemasaran, sebab sebelumnya telah dijelaskan secara detail tentang definisi serta fungsi pemasaran. Perlu diketahui bahwa pemasaran terdiri dari berbagai jenis yang dikelompokkan menjadi 3 jenis kelompok besar, yaitu: berdasarkan target pasar, teknik pemasaran, dan yang ketiga berdasarkan alat yang digunakan.

Jenis pemasaran berdasarkan target pasar

Pemasaran berdasarkan target pasar ini akan sangat berpengaruh terhadap strategi pemasaran yang akan diterapkan oleh sebuah perusahaan. Sebagai sebuah perusahaan atau produsen produk memang sudah seharusnya mengetahui target pasar dari produk yang akan dipasarkan tersebut. Jenis pemasaran berdasarkan target pasar ini terdiri dari:

  • Business to Business Marketing merupakan sebuah jenis pemasaran yang dilakukan oleh perusahaan dengan target pasar adalah perusahaan lain. Umumnya produk yang dipasarkan menggunakan jenis pemasaran ini adalah produk yang dapat memajukan bisnis.
  • Business to Consumer Marketing merupakan jenis pemasaran yang dilakukan oleh sebuah perusahaan yang target pasarnya adalah konsumen
  • Consumer to Consumer Marketing merupakan jenis pemasaran yang dilakukan konsumen kepada konsumen lainnya
  • Business to Government Marketing merupakan jenis pemasaran yang dilakukan sebuah perusahaan langsung kepada instansi pemerintahan. Jenis pemasaran ini umumnya dilakukan dengan cara yang lebih eksklusif.
  • Jenis pemasaran berdasarkan teknik pemasaran

Selain mengetahui target pasar dari produk yang akan dipasarkan, sebuah perusahaan juga perlu mengetahui jenis pemasaran yang berdasarkan teknik untuk memasarkannya. Teknik pemasaran yang dilakukan untuk memasarkan suatu produk perlu disesuaikan dengan pelanggan. Berikut ini ada beberapa jenis pemasaran berdasarkan teknik pemasaran:

  • Word of Mouth merupakan teknik pemasaran yang menggunakan cara komunikasi dan penyampaian informasi secara lisan dari mulut ke mulut
  • Guerilla Marketing merupakan teknik pemasaran yang dilakukan secara gerilya. Cara seperti ini bukan cara yang konvensional dan biasanya juga ditempatkan pada sejumlah tempat yang tidak terduga.
  • Affiliate Marketing merupakan teknik pemasaran yang dilakukan dengan cara memberikan imbalan kepada satu atau beberapa pihak sekaligus, pada saat pihak yang bersangkutan berhasil membawa calon konsumen lain ke dalam bisnis tersebut
  • Database Marketing merupakan teknik pemasaran yang dilakukan secara langsung memanfaatkan database pelanggan potensial dimana data tersebut berfungsi sebagai saluran komunikasi pribadi antara pihak marketing untuk mengkomunikasikan dan mempromosikan produk ke calon konsumen potensial.
  • Jenis pemasaran berdasarkan alat atau media yang digunakan

Seperti diketahui bahwa alat atau media yang digunakan untuk memasarkan suatu produk akan sangat berpengaruh terhadap hasil yang didapatkan oleh produsen. Oleh sebab itu, sejak awal munculnya konsep pemasaran, telah cukup banyak alat atau media yang digunakan untuk memasarkan barang dan jasa, diantaranya seperti berikut ini:

  • Telemarketing merupakan jenis pemasaran yang dilakukan oleh pihak marketing ke calon konsumen potensial secara langsung menggunakan telepon
  • Digital Marketing, merupakan jenis pemasaran yang menggunakan beragam media periklanan secara digital, contohnya seperti televisi, internet, media sosial dan lain sebagainya. Di zaman modern seperti saat ini, digital marketing cukup efektif digunakan memasarkan sebuah produk.
  • Direct Mail Marketing merupakan jenis pemasaran yang dilakukan oleh produsen ke calon konsumen potensial dengan menggunakan iklan cetak, contohnya seperti katalog, brosur, dan iklan yang ada di tepi jalan.

Konsep Definisi Pemasaran

Pada dasarnya, seperti yang sudah diketahui sebelumnya pemasaran adalah salah satu faktor terpenting agar bisnis perusahaan berhasil. Selain mengetahui fungsi dan jenisnya, Anda juga perlu mengetahui konsep definisi pemasaran. Konsep pemasaran sendiri terdiri dari 3 faktor dasar, yaitu:

  • Saluran perencanaan dan kegiatan perusahaan yang bertujuan langsung pada konsumen
  • Volume penjualan yang menguntungkan harus dijadikan sebagai prioritas dari tujuan perusahaan
  • Kegiatan pemasaran secara keseluruhan harus dikoordinasikan sehingga bisa dikerjakan secara profesional dan teratur

Konsep definisi pemasaran menurut pendapat ahli pemasaran Swastha dan Irawan adalah falsafah bisnis yang menyatakan bahwa syarat ekonomi dan sosial bagi kelangsungan hidup perusahaan terletak pada kebutuhan konsumen yang terpenuhi sehingga konsumen pun merasa terpuaskan.

Oleh sebab itu, bagian pemasaran dalam sebuah perusahaan akan memiliki peran yang sangat penting terhadap besar kecilnya peluang keberhasilan terjualnya produk yang akan dipasarkan. Tercapainya target penjualan produk merupakan tanda bahwa kinerja dari bagian pemasaran dalam hal mempromosikan produk berjalan sesuai dengan yang diinginkan.

Pada dasarnya, tujuan utama dari konsep pemasaran merupakan cara perusahaan atau produsen untuk melayani konsumen yang sekaligus untuk mendapatkan keuntungan atau dengan kata lain tujuan pemasaran itu untuk menghasilkan perbandingan yang setimpal antara penghasilan dengan biaya yang dikeluarkan untuk memproduksikan dan mempromosikan suatu produk.

Dalam konsep pemasaran juga perlu diketahui perbedaan antara pendekatan penjualan dengan pendekatan pemasaran. Pada pendekatan penjualan, perusahaan akan membuat produk yang dapat meyakinkan konsumen agar mau membelinya, sementara itu pada pendekatan yang menggunakan konsep pemasaran perusahaan akan berusaha mencari tahu keinginan konsumen dan setelah itu baru mencari tahu bagaimana cara memuaskan keinginan konsumen.

Konsep pemasaran sendiri terdiri dari enam konsep yaitu konsep produksi, konsep produk, konsep penjualan, konsep pemasaran, konsep pemasaran sosial, dan konsep pemasaran global.

Konsep produksi

Konsep ini merupakan konsep yang membuat konsumen akan menyukai sebuah produk disebabkan karena produk tersebut tersedia dimana-mana dengan harga yang cukup terjangkau. Tujuan dari konsep ini terletak pada produksi yang mengerahkan upaya agar tercapai efisiensi produk yang tinggi serta area distribusi yang luas.

Dalam hal ini, perusahaan harus mampu menghasilkan jumlah barang yang cukup banyak sebab konsumen dianggap memiliki daya beli yang mampu membeli produk yang tersedia.

Konsep produk

Konsep produk merupakan konsep yang membuat konsumen akan menyukai produk yang memang memiliki kualitas. Dalam hal ini artinya, perusahaan harus mampu membuat produk yang memang berkualitas sebab konsumen dianggap menyukai produk yang bermutu tinggi lengkap dengan tampilan ciri produk terbaik.

Konsep penjualan

Konsep penjualan merupakan konsep yang membuat produsen harus berupaya meningkatkan penjualan dengan cara promosi secara agresif.

Konsep pemasaran

Konsep pemasaran merupakan konsep yang membuat produsen mengetahui jika kunci dari tujuan sebuah perusahaan itu terbagi dalam tiga faktor yaitu penentuan kebutuhan, keinginan target pasar serta kepuasan konsumen sehingga teknik pemasaran yang diterapkan akan menjadi lebih efisien dan efektif jika dibandingkan dengan perusahaan lain.

Sponsor Link

Konsep pemasaran sosial

Konsep pemasaran sosial merupakan konsep yang membuat perusahaan dapat memastikan kebutuhan, keinginan dan juga pentingnya mengutamakan target pasar agar kepuasan konsumen tetap terjaga, namun di sisi lain juga berusaha untuk senantiasa melestarikan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Konsep pemasaran global

Konsep pemasaran global merupakan konsep yang dilakukan dengan cara pemahaman terhadap segala aspek lingkungan yang berpengaruh terhadap pemasaran melalui manajemen strategis yang terstruktur rapi. Tujuan utama dari konsep ini adalah terpenuhinya keinginan semua pihak pada perusahaan tersebut.

Strategi Pemasaran

Setelah mengetahui konsep definisi pemasaran secara menyeluruh, kini Anda juga perlu mengetahui seperti apa strategi pemasaran yang memang sangat diperlukan oleh sebuah perusahaan khususnya dalam memasarkan produk dan jasa yang dihasilkannya.

Seperti diketahui, bahwa sebuah perusahaan memang sudah seharusnya mampu beroperasi dengan kinerja yang stabil dan dilengkapi dengan atmosfir atau suasana kerja yang rapi sehingga tujuan dari perusahaan tersebut dalam menghasilkan keuntungan sesuai dengan yang direncanakan dapat tercapai.

Oleh sebab itu, untuk menggerakan suatu usaha baik itu yang besar atau yang kecil memang diperlukan pengembangan strategi pemasaran. Pada dasarnya, pemasaran diawali dengan pembuatan produk atau jasa yang memang diperlukan dan diinginkan oleh konsumen. Selanjutnya, produk tersebut tentu harus dijual agar mendapatkan untung, namun tentunya perlu melalui proses pemasaran terlebih dahulu.

Sebelum membeli sebuah produk, tentunya konsumen perlu mengetahui detail produk, dan disitulah fungsi strategi pemasaran diperlukan. Salah satu fungsi pemasaran sendiri adalah memang untuk menjelaskan sekaligus mempromosikan produk yang dipasarkan tersebut, sehingga calon konsumen jadi semakin tertarik untuk membeli produk tersebut.

Sebuah perusahaan perlu menjelaskan secara detail seluruh kegiatan yang terkait dengan strategi pemasaran yang diperlukan. Strategi pemasaran sendiri mencakup berbagai kegiatan yang terkait dengan penjualan produk, mulai dari penjelasan detail tentang suatu produk, promosi produk, upaya komunikasi dan penyampaian informasi pada konsumen, hingga pengiriman produk sehingga bisa sampai ke tangan konsumen.

Selain itu, perusahaan juga perlu mengetahui kesesuaian sebuah produk dengan konsumen atau target pasar dari produk tersebut. Cara seperti itu bahkan bisa membuat sebuah produk dapat terjual dengan sendirinya tanpa perlu promosi besar-besaran sekalipun.

Strategi pemasaran juga dipengaruhi dua aspek utama, yaitu aspek mikro dan aspek makro. Aspek mikro merupakan aspek penghubung pemasaran, penyuplai pesaing dan juga masyarakat, sedangkan aspek makro meliputi demografi, ekonomi, politik, hukum, teknologi dan sosial budaya.

Selain itu, diperlukan pula beberapa hal penting yang layak diperhatikan dalam menerapkan strategi pemasaran, diambil dari sudut pandang penjual dan pembeli. Jika dari sudut pandang penjual, setidaknya ada 4 hal penting, yaitu tempat strategis, produk berkualitas, harga yang bersaing dan promosi yang gencar.

Sedangkan dari sudut pandang pembeli juga ada 4 hal penting yang harus diketahui untuk dapat meningkatkan efektifitas strategi pemasaran, yaitu kebutuhan, biaya yang diperlukan untuk membeli sebuah produk, kenyamanan dan juga komunikasi antara penjual dengan pembeli.

Itulah ulasan lengkap tentang definisi pemasaran yang juga meliputi fungsi, jenis dan konsepnya. Semoga dengan ulasan diatas, Anda kini dapat lebih memahami pentingnya pemasaran produk yang tepat bagi sebuah perusahaan.

Apakah Anda memiliki masalah dalam pekerjaan Anda? | PT APPKEY
Tidak hanya terbatas pada penyediaan konten-konten tentang SEO, kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Tentang Kami
Pengenalan Layanan
Pengenalan Perusahaan
Kontak Kami
Sponsor Link

Jika Anda menyukai artikel ini
Acungkan jempol