Cara Promosi Produk Paling Efektif Untuk Meningkatkan Omzet

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

 

Saat ini banyak perusahaan berlomba-lomba mencari cara promosi produk paling efektif. Pasalnya promosi produk dianggap sebagai salah satu komponen penting yang dapat membantu membuat meningkatkan omzet perusahaan.

Memang promosi bukan satu-satunya yang membuat omzet meningkat, namun tak dapat dipungkiri jika ia menjadi salah satu faktor penting. Untuk itu harus ditemukan cara serta media promosi yang dirasa paling tepat. Guna menyikapi hal tersebut, kali ini akan dibahas lebih lanjut mengenai cara-cara apa saja yang dapat dilakukan agar promosi berjalan efektif.

Inilah Beberapa Cara Promosi Produk Paling Efektif

Penting untuk memahami bagaimana cara yang tepat melakukan promosi. Tidak hanya cara yang tepat sasaran, namun juga cara yang dinilai sesuai dengan kondisi lapangan dan budget.

Sebenarnya, ada beberapa cara yang dinilai tepat dan mumpuni untuk membuat promosi berjalan lebih efektif, beberapa di antaranya adalah sebagai berikut.

Sponsor Link

Cara Promosi Produk : Memberikan Diskon Menarik

Diskon selalu menjadi salah satu bentuk promosi yang menarik banyak pihak. Hal ini terbukti dari banyaknya toko yang mampu menarik pelanggan setelah menghadirkan promosi diskon khusus. Ini tidak hanya berlaku untuk diskon grand opening saja misalnya, namun juga untuk diskon pada hari-hari penting.

Hanya saja harus dipahami jika memberi diskon ini tidak boleh asal, pemilik usaha harus mempertimbangkan dengan baik bagaimana efek ketika diskon diluncurkan. Jangan sampai keinginan menarik pelanggan atau mengenalkan produk dari diskon justru malah membuat perusahaan menjadi rugi.

Untuk itulah harus cermat dalam menghitung diskon. Lalu jangan lupa terapkan timeline kapan saja diskon akan diberikan pada pelanggan nantinya. Jangan sampai justru momentum yang kurang pas dalam memberikan diskon malah membuat pelanggan tidak tertarik untuk membeli produk tersebut.

Cara Promosi Produk : Memanfaatkan Media Sosial

Saat ini media sosial berkembang tidak hanya menjadi sarana untuk berkomunikasi antar pihak. Di sisi lain, media sosial juga hadir sebagai sarana promosi yang efektif. Apalagi mengingat sudah semakin banyak platform media sosial yang hadir saat ini.

Berbagai platform media sosial ini juga memiliki peran dan karakteristik masing-masing. Memanfaatkan keberadaan media sosial tersebut sebagai media promosi dapat menjadi langkah terbaik. Apalagi jika dapat menemukan media sosial yang tepat dan sesuai dengan target promosi yang akan dituju.

Ini memang menjadi salah satu cara mempromosikan suatu produk yang cukup efektif. Akan tetapi harus diingat jika ada kriteria tertentu yang harus dipahami saat akan menggunakan media sosial. Seperti penggunaan media yang tepat sesuai dengan target promosi, sampai cara memanfaatkan media sosial yang tepat sesuai dengan platform media sosialnya.

Cara Promosi Produk : Menggunakan Jasa SEO

Di era serba digital saat ini, digital marketing memegang peranan yang penting. Untuk itu sebaiknya pemasaran di bidang digital juga harus diperhatikan. Bahkan ia menjadi salah satu sarana promosi yang cukup efektif untuk menggaet pelanggan baru. Pasalnya, cakupan dari digital marketing lebih luas, selain itu ia juga dapat dimanfaatkan untuk terus melakukan promosi selama 24 jam penuh.

Salah satu cara untuk meningkatkan jangkauan promosi di era digital ini adalah dengan melakukan optimasi website atau media sosial. Bagi yang merasa kesulitan untuk melakukan optimasi untuk meningkatkan jangkauan dapat memanfaatkan jasa SEO.

Ada banyak jasa SEO ternama di Indonesia yang hadir dengan pelayanan berbeda antara satu dan lainnya. Tentu saja selain pelayanan yang berbeda satu dan lain, harga yang ditawarkan juga berbeda. Calon pengguna jasa dapat memilih salah satu yang dirasa paling sesuai dengan budget dan kebutuhan.

Cara Promosi Produk : Promosi Melalui Acara Tertentu

Mengenalkan produk atau jasa dapat dilakukan dengan turut berpartisipasi terhadap suatu acara. Dapat dikatakan jika produk atau jasa tersebut menjadi sponsorship dalam acara itu. Untuk feedback yang diberikan bergantung dengan kesepakatan antara pihak yang akan menjadi sponsorship dengan penyelenggara acara.

Hanya saja harus dipastikan jika acara promosi yang dilakukan ini sudah sesuai sasaran. Jangan sampai salah memilih acara yang akan dijadikan media pengenalan produk atau jasa. Sesuaikan acara tersebut dengan ‘citra’ maupun target promosi yang akan dituju.

Dalam acara tersebut dapat juga dibubuhi dengan pemberian give away untuk pelanggan atau pengguna jasa pertama. Selain itu diskon khusus peserta acara juga dapat menjadi pilihan menarik yang sayang untuk dilewatkan.

Cara Promosi Produk : Ragam Bonus Untuk Pelanggan dan Pengguna Jasa Setia

Untuk membuat pelanggan menjadi setia pada produk atau jasa yang Anda tawarkan, sebaiknya tak ada salahnya memberikan ragam bonus maupun treatment lain pada pelanggan atau pengguna jasa. Ini juga sebagai bentuk pelayanan yang baik pada pelanggan.

Jangan sampai karena kurangnya pelayanan maksimal pada pelanggan, nantinya pelanggan justru kabur berpindah pada produk atau jasa lain. Adanya bonus ini juga dapat menjadi media promosi uang menarik. Pihak pelanggan yang merasa puas tidak menutup kemungkinan akan mempromosikan produk atau jasa yang Anda tawarkan pada pihak lainnya.

Promosi langsung dari mulut ke mulut ini memang menjadi media promosi yang paling ampuh saat ini. Apalagi jangkauan promosi model lama ini sudah cukup luas berkas adanya media komunikasi yang semakin canggih dari hari ke hari.

Sponsor Link

Cara Promosi Produk : Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya

Sudah banyak dibahas mengenai bagaimana cara promosi produk yang dinilai paling efektif.

Namun, semua cara tersebut harus dijalankan tanpa mengabaikan faktor-faktor yang mempengaruhi kegiatan promosi. Beberapa faktor tersebut akan diulas lebih lanjut di bawah ini.

Produk atau Jasa yang Akan Ditawarkan

Ada tiga faktor utama yang dirasa memiliki peran signifikan bagi kemajuan promosi perusahaan. Salah satu faktor tersebut adalah produk atau jasa yang akan ditawarkan. Berbeda jenis produk atau jasa tentu berbeda pula strategi penawaran yang ditawarkan.

Tidak semua produk atau jasa cocok dengan model pemasaran A. Ini pentingnya memahami bagaimana karakteristik produk serta citra yang akan dibawa dari produk tersebut. Hal ini bertujuan untuk memudahkan pihak perusahaan dalam memberikan branding bagi produknya.

Tentu kita semua tahu, mengembangkan branding awareness penting dalam promosi. Jika perlu, hadirkan kesan khusus yang sesuai dengan karakteristik dari produk atau jasa tersebut. Sehingga nantinya jika mengingat kesan tersebut maka otomatis akan mengingat karakteristik dari produk atau jasa yang Anda tawarkan.

Target Pasar

Masalah target pasar juga berpengaruh besar terhadap metode promosi nantinya. Pihak marketing harus memahami terkait target pasar yang dimilikinya. Ini untuk menentukan bagaimana media promosi yang terbaik sesuai dengan target pasar tersebut. Tentu, target pasar anak muda akan berbeda cara promosi dengan target pasar orang-orang tua.

Lebih baik untuk mengadakan survei agar semakin mengenal target pasar yang akan dituju. Masalah target pasar ini sebenarnya juga berhubungan langsung dengan produk yang ditawarkan. Pasalnya, biasanya produk atau jasa ketika dibuat sudah lengkap dengan target pasar yang menjadi tujuan pemasarannya.

Adanya pemahaman tentang target pasar ini juga turut berpengaruh terhadap media promosi yang akan digunakan. Misalkan media promosi Instagram untuk target anak-anak muda, lalu Facebook untuk usia yang lebih tua dan semacamnya.

Anggaran Pemasaran

Anggaran pemasaran juga memegang peran penting dalam menentukan metode promosi. Harus disesuaikan antara anggaran pemasaran yang ada dengan metode promosi yang digunakan. Jangan sampai salah memilih metode promosi yang ternyata ‘terlalu mahal’ dan tidak sesuai anggaran.

Pasalnya hal ini hanya akan membuat biaya pemasaran menjadi membengkak. Bukan tidak mungkin nantinya justru metode pemasaran yang terlalu over budget ini akan membuat pihak perusahaan menjadi rugi, alih-alih menjadi untung.

Buat rincian terkait dengan kegiatan promosi. Dari mulai biaya untuk diskon, bonus, peralatan promosi dan lain-lain. Semakin detail biaya akan semakin baik karena dapat memberikan gambaran yang lebih rinci mengenai kebutuhan dana untuk promosi perusahaan nantinya.

Kesalahan Cara Promosi Produk Ini Baiknya Dihindari

Membuat sebuah promosi memang bukan menjadi suatu hal yang mudah. Tak heran jika kemudian banyak yang rentan melakukan kesalahan dalam proses promosi yang dilakukannya.

Ada beberapa kesalahan yang biasa hadir dalam promosi produk ini. Kesalahan-kesalahan ini sebaiknya dijadikan pelajaran untuk dihindari nantinya.

Iklan yang digunakan dirasa tidak tepat sasaran

Ketika akan membuat sebuah iklan, pihak marketing harus memastikan jika iklan tersebut mengena untuk calon target pasarnya. Jangan sampai asal menghadirkan iklan yang ternyata pesannya tidak sampai pada calon pelanggan.

Inilah pentingnya melakukan survei untuk memastikan jika bahasa dan simbol-simbol apa saja yang dirasa familiar untuk target pasar yang dimilikinya. Jangan sampai nantinya simbol atau bahasa yang digunakan justru asing bagi pihak target pasar.

Dari survei tersebut juga dapat dipahami hal apa yang menjadi tren bagi target pasar. Menggunakan media atau hal-hal yang sifatnya sedang tren akan membuat target pasar menjadi lebih tertarik, tetapi tentu harus diingat jika hal ini harus terus menerus diperbaharui sesuai tren yang ada.

Tidak menggunakan data terbaru

Seringkali untuk menghadirkan konten promosi tertentu, dibutuhkan data-data terbaru agar nantinya konten yang dihasilkan sesuai dengan fakta yang ada di lapangan. Data-data tersebut dapat mencakup banyak hal mulai dari perilaku pembeli sampai dengan rata-rata pendapatan (dapat digunakan menentukan harga).

Penggunaan data yang kurang update akan membuat metode promosi menjadi tidak sesuai kondisi lapangan terbaru. Bahkan bukan tidak mungkin metode promosi tersebut justru tidak menyasar target pasar yang tepat karena adanya kesalahan data.

Untuk itu penting memastikan jika penggunaan data yang menjadi dasar pembuatan konten iklan tersebut adalah yang terbaru. Serta jangan lupa untuk mengumpulkan data dari sumber yang terpercaya saja.

Melakukan promosi hanya dengan satu media

Ada banyak media yang digunakan untuk melakukan promosi, dari media cetak, elektronik sampai media sosial. Semua dapat dipilih dan digunakan sesuai dengan kebutuhan pengiklan untuk promosi. Namun, harus dipahami jika sebaiknya promosi tidak hanya dilakukan pada satu media saja.

Meski begitu, penting untuk memastikan dan media mana yang akan menjadi ‘pusat’ promosi di antara media-media yang ada. Media pusat itulah yang nanti akan memiliki porsi promosi lebih besar jika dibandingkan media yang lain.

Penggunaan banyak media ini juga diharapkan dapat membantu memperluas target pasar. Pasalnya seringkali tidak semua orang menggunakan hanya satu media saja. Sedangkan media utama tersebut dipilih dari banyaknya target pasar yang menggunakan media tersebut.

Kurangnya interaksi dengan konsumen

Saat melakukan promosi, penting halnya untuk membangun komunikasi dengan konsumen. Tanpa adanya komunikasi yang baik, hubungan antara produsen atau penyedia jasa dengan konsumen tidak akan terbangun dengan baik.

Padahal harus dipahami jika adanya hubungan baik ini akan mempermudah pihak penyedia produk atau jasa membangun hubungan emosional dengan pihak konsumen. Semakin erat hubungan tersebut dibangun maka kemungkinan untuk mereka kembali datang akan semakin besar.

Untuk itu sebaiknya disediakan platform-platform komunikasi antara pihak konsumen dengan pelanggan maupun pengguna jasa. Media komunikasi ini dapat berupa banyak hal, mulai dari booth di event-event tertentu, fitur Live Chat di website sampai nomor call centre yang mudah untuk dihubungi.

Kesalahan dalam memilih waktu promosi

Memiliki media promosi yang beragam dengan berbagai macam konten menarik pun produk serta jasa yang terbaik tidak akan cukup apabila waktu promosi yang diperoleh tidak tepat. Timing atau waktu promosi menjadi salah satu hal yang harus diperhatikan sebelum mulai melakukan pemasaran produk atau jasa.

Ada banyak waktu yang hadir dalam satu tahun. Di sini pihak marketing perusahaan harus memastikan timing yang paling tepat untuk meluncurkan produk atau jasa tersebut. Usahakan waktu tersebut dapat membuat calon target pasar menjadi tertarik untuk membeli produk atau menggunakan jasa tersebut.

Salah satu contohnya adalah melepaskan produk buku tulis baru dengan beragam promo saat sedang masuk tahun ajaran baru. Buku tulis tentu menjadi hal yang dibutuhkan para pelajar saat ajaran baru datang.

Jangan sampai masalah timing ini tidak diperhatikan dengan baik. Ini justru akan membuat produk menjadi gagal bahkan tidak menutup kemungkinan mengalami kerugian. Salah satu contohnya adalah ketika meluncurkan baju musim panas di saat memasuki musim dingin. Ini tentu merupakan timing yang tidak tepat ketika akan meluncurkan suatu produk.

Sponsor Link

Persiapan yang Harus Dilakukan Sebelum Promosi Produk

Cara promosi produk yang tepat saja tidak akan berhasil tanpa persiapan yang matang. Ada beberapa persiapan yang harus dilakukan pihak perusahaan untuk memastikan promosi yang dilakukannya berjalan dengan baik dan lancar. Berikut ini adalah beberapa di antaranya sebagai berikut.

Strategi promosi yang akan digunakan

Hal pertama yang harus diperhatikan saat akan melakukan promosi adalah menyiapkan strategi pemasaran yang tepat untuk digunakan. Rencana promosi ini harus dilakukan secara matang. Bahkan jika perlu siapkan timeline promosi yang tepat.

Ini nantinya akan menjadi ‘tujuan’ dari promosi yang akan dijalankan. Selain itu juga untuk memastikan target-target promosi dapat berjalan dengan baik dan sesuai dengan perhitungan yang dibuat sebelumnya.

Data untuk keperluan promosi

Selain membuat strategi promosi yang tepat, juga harus dipastikan jika data untuk keperluan promosi tersebut telah disiapkan dengan baik. Data yang diperlukan beragam. Mulai dari data untuk target pasar (survei target pasar) sampai dengan data-data untuk konten iklan.

Memastikan data yang ada valid serta terbaru penting untuk membuat promosi dapat berjalan dengan lancar. Apalagi jika berhubungan dengan data target pasar. Ini berkaitan langsung dengan strategi promosi nantinya.

Anggaran dana yang telah disiapkan

Seperti yang telah banyak disinggung sebelumnya anggaran dana memegang peran penting di sini. Pastikan jika rincian anggaran dana telah dibuat dengan baik, agar nantinya tidak ada ‘kebocoran’ anggaran yang membuat promosi justru terbengkalai.

Ada banyak cara promosi produk efektif yang dapat dilakukan. Akan tetapi selain memastikan promosi produk berjalan dengan baik dan efektif juga harus diperhatikan persiapan promosi serta hal-hal yang harus dihindari saat melakukan promosi. Semua agar target promosi dapat tercapai dengan baik.

Apakah Anda memiliki masalah dalam pekerjaan Anda? | PT APPKEY
Tidak hanya terbatas pada penyediaan konten-konten tentang SEO, kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Tentang Kami
Pengenalan Layanan
Pengenalan Perusahaan
Kontak Kami
Sponsor Link

Jika Anda menyukai artikel ini
Acungkan jempol