Cara Membuat Iklan di Google Ads Terbaru 2020

Sponsor Link

 

Sebagian orang yang sudah melek dengan teknologi memanfaatkan Google untuk mempromosikan usahanya dengan cara membuat iklan di Google. Hal ini berdasarkan fakta bahwa Google menjadi mesin pencarian nomor satu di dunia. Google umumnya digunakan untuk mencari informasi yang sedang dibutuhkan. Baik itu informasi umum, informasi tentang perusahaan maupun informasi tentang suatu barang.

Terkadang, banyak orang juga mencari sebuah jasa di Google. Oleh karena itu, banyak yang sudah memanfaatkan mesin pencarian yang satu ini untuk mempromosikan baik barang maupun jasa. Promosi di Google disebut dengan Google Ads. Jika Anda merupakan pemula dan ingin mempromosikan suatu barang atau jasa, maka simak ulasannya berikut ini.

Cara Membuat Iklan di Google : Serba Serbi Tentang Google Ads

Google Ads atau Google Adwords adalah layanan Google dimana Anda bisa mengiklankan bisnis Anda ke seluruh dunia. Anda bisa mengatur di mana target pasar yang akan dituju, bahasa, dan penempatan iklan di Google Search. Ini bisa menjadi solusi Anda untuk memasarkan produk Anda secara online dengan target yang lebih luas lagi.

Di Google Ads, Anda bisa menyesuaikan fitur-fitur dengan kemampuan Anda. Minimal Anda bisa memulai dengan anggaran Rp 50.000. Setelah itu tinggal menentukan waktu, lokasi, keyword, topik dan lain-lain.

 

Jasa Pembuatan Website dan Aplikasi

Cara Membuat Iklan di Google : Hal yang Harus Anda Ketahui Sebelum Masuk ke Langkah-Langkah Pembuatan Iklan

Harus memiliki Gmail

Hal pertama yang wajib Anda miliki sebelum membuat Google Ads untuk mempromosikan jasa atau produk Anda adalah harus memiliki akun Gmail terlebih dahulu. Hal ini karena akun Gmail merupakan syarat paling utama untuk membuat Google Ads. Jika Anda belum memilikinya, akan lebih baik jika membuatnya terlebih dahulu.

Memiliki saldo untuk membayar Ads minimal Rp 50.000

Hal kedua yang harus Anda perhatikan adalah ketersediaan saldo Anda. Google Ads biasanya akan membebankan Anda dengan sejumlah biaya. Biaya yang harus dibayar juga tergantung dengan kemampuan Anda. Ada beberapa pilihan di dalam Google Ads. Yang pertama, bayar tiap 1000 impresi. Ini cocok untuk Anda yang ingin membangun awareness atau agar orang-orang tahu usaha Anda.

Yang kedua adalah bayar tiap klik. Di jenis yang kedua ini, Anda akan membayar tiap kali ada orang yang mengklik iklan, namun apabila orang tersebut hanya menontonnya saja, Anda tidak perlu membayar.

Yang ketiga adalah bayar tiap goal tercapai. Di dalam memasang iklan, tentu Anda memiliki goal. Cara yang ketiga ini, Anda harus membayar saat goal Anda tercapai misalnya jumlah kunjungan, jumlah penjualan dan lain-lain.

Cara Membuat Iklan di Google dengan Google Ads Untuk Pemula

Buatlah situs blogspot atau website

Cara pertama dalam mempromosikan barang atau jasa Anda dengan Google Ads adalah memiliki blog atau website terlebih dahulu. Jika Anda ingin mengiklankan sesuatu tentu harus memiliki media terlebih dahulu. Karena Anda akan beriklan di Google, maka media yang Anda gunakan adalah dengan menemukan domain yang cocok dan membuat situs.

Jika Anda ingin membuat situs yang gratis dan simple, maka Google Bisnisku bisa jadi solusinya. Dengan membuat halaman di Google Bisnisku, iklan Anda tidak hanya muncul di Google saja melainkan di Google Maps juga.

Kunjungi http://adwords.google.com.

Jika Anda sudah memiliki situs atau halaman di Google Bisnisku, saatnya untuk memulai langkah awal untuk mendaftar Google Ads. Setelah sudah mendaftar dengan akun Gmail Anda, waktunya untuk masuk ke langkah selanjutnya.

Tentukan jaringan penelusuran Anda

Klik tombol ‘Campaign’ di layar. Tombol Campaign akan membawa Anda untuk menentukan target jaringan Anda. Di sana akan ada beberapa pilihan jaringan seperti Search Network Only dan Display Network Only. Search Network Only memungkinkan Anda menampilkan iklan di Google Search saja. Jaringan ini cocok untuk Anda yang ingin agar orang-orang mengetahui bisnis barang atau jasa Anda.

Sedangkan untuk Display Network Only cakupannya lebih luas. Dengan memasang ini, iklan Anda akan muncul di situs-situs yang sudah bekerja sama dengan Google. Jaringan ini cocok untuk Anda yang ingin memperluas jangkauan iklan dan meningkatkan branding usaha.

Menentukan target iklan Anda

Setelah memilih jaringan yang sesuai untuk keperluan Anda, maka saatnya untuk menentukan target audience. Di dalam menentukan target iklan ada 3 opsi. Opsi pertama iklan akan dipasarkan ke semua negara. Biasanya yang ini target marketnya sangat luas sampai semua negara di dunia.

Yang kedua yakni seluruh penduduk Indonesia. Untuk target iklan ini, ditujukan untuk Anda yang memiliki produk lokal Indonesia dan ingin memasarkan ke masyarakat Indonesia sendiri.

Yang ketiga adalah kota atau daerah tertentu. Anda juga perlu mengatur bahasa iklan Anda. Jika targetnya merupakan negara Indonesia maka disarankan untuk mengatur bahasanya ke dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.

Pilih Bid sesuai budget Anda

Sudah menentukan audien? Saatnya untuk memilih Bid yang sesuai dengan kemampuan. Sebenarnya, memasang Google Ads tidak perlu mengeluarkan anggaran yang banyak untuk hasil yang maksimal asal Anda tahu target pasarnya. Oleh karena itu, Anda memerlukan strategi yang matang.

Ada dua macam bid di Google Ads. Pertama Maximize Klick, yaitu bid yang memiliki biaya lebih besar karena Anda akan mendapatkan banyak sekali pengunjung di website Anda menggunakan bid ini. Kedua yakni Manual Bid, inilah yang lebih ringan di kantong. Karena Anda bisa menentukan sendiri nominal di setiap kata kunci.

Anda juga harus menentukan berapa nilai maksimal klik yang bisa Anda keluarkan untuk budget perhari atau perbulan. Tentu semakin banyak nominalnya maka Google Ads juga semakin optimal. Walaupun begitu, bid ini sangat cocok untuk yang memiliki budget terbatas.

Membuat Ad Grup dan menentukan kata kunci (keyword)

Langkah berikutnya dalam membuat Google Ads adalah dengan membuat Ad Grup. Ad Grup ini merupakan bagian dari kampanye iklan Anda. Masukkan alamat URL landing page website Anda kemudian masukkan kata kunci.  Tipsnya kata kunci harus berhubungan dengan landing page yang telah Anda isi.

Membuat teks iklan yang menarik

Langkah berikutnya setelah Anda membuat Ad Grup dan kata kunci adalah membuat teks iklan yang menarik. Di sinilah kreatifitas Anda diuji. Iklannya harus yang persuasif artinya menarik banyak orang untuk mengkliknya. Namun jangan lupa juga untuk tetap nyambung dengan produk Anda.

Di langkah ini Anda akan mengisi nama URL website Anda, headline dan description. Headline berkaitan dengan judul atau inti barang dan jasa yang Anda iklankan. Sedangkan description berkaitan dengan rangkuman singkat manfaat barang atau jasa Anda dan bagaimana menghubungi Anda.

Sponsor Link

Mengisi detail penagihan Google Ads

Langkah terakhir setelah Anda menyelesaikan semua formulir yang harus diisi yaitu membayar iklan. Di detail penagihan ini harus Anda isi sesuai dengan kondisi Anda seperti zona waktu, alat pembayaran dan lain-lain.

Pada bagian negara dan zona waktu, Anda harus memilih Indonesia jika target pasarnya adalah Indonesia dan zona waktu sesuai dengan yang ada di daerah Anda. Hal ini agar iklan bisa ditayangkan sesuai dengan zona waktu Anda. Berbeda jika Anda ingin membayar iklan dengan dolar, maka pilihlah negara yang memiliki mata uang dolar.

Anda juga harus mengisi info pelanggan. Pilihlah akun individu jika usaha Anda milik perseorangan. Informasi pajak juga harus pribadi dan apabila Anda memiliki NPWP maka isi juga nomor wajib pajak Anda. Jangan lupa juga untuk mengisi biodata seperti nama, alamat dan kode pos.

Cara pembayarannya ada dua yakni otomatis dan manual. Jika Anda memilih manual maka Anda bisa membayar melalui ATM dan transfer bank. Sedangkan jika Anda membayar otomatis, Anda perlu memiliki kartu kredit. Namun, sangat disarankan untuk membayar Google Ads menggunakan transfer ATM saja karena kalau menggunakan kartu kredit, biaya yang kita keluarkan bisa kebablasan.

Jika Anda memilih melalui ATM atau transfer bank maka Anda akan diberikan nomor rekening sendiri untuk mentransfer sejumlah biaya yang sudah Anda ajukan sebelumnya. Biasanya uang akan masuk ke akun Anda selama 2 sampai 5 hari. Namun jika menggunakan kartu kredit, uang akan masuk saat itu juga di akun Google Ads Anda.

Mencentang persetujuan

Langkah paling terakhir sebelum Google Ads Anda benar-benar siap untuk diproses adalah mencentang persetujuan. Kemudian akan muncul detail pembayaran nominal biaya dan akun rekening tujuan transfer. Detail tersebut diusahakan langsung di screenshot atau difoto agar tidak hilang. Karena setiap akun berbeda biaya dan nomor rekeningnya.

Setelah semua beres, Anda akan diarahkan ke halaman dashboard Google Ads. Di sana akan ada banyak fitur yang bisa Anda lihat dan pelajari. Jika serangkaian cara membuat iklan di Google di atas sudah Anda laksanakan semua. Berikut hal yang harus Anda perhatikan setelah mendaftar Google Ads.

Cara Membuat Iklan di Google : Hal Penting yang Harus Diperhatikan Setelah Mendaftar Google Ads

Memastikan status iklan yang Anda ajukan sudah disetujui

Caranya adalah dengan menekan menu dashboard kemudian klik iklan dan ekstensi. Di sana akan ditayangkan status Google Ads yang Anda ajukan. Ada 3 jenis status iklan yang muncul. Pertama, iklan sedang dalam peninjauan, artinya iklan yang Anda ajukan sedang dalam analisis pihak Google. Kedua iklan sudah disetujui dan berhasil terpasang. Ketiga iklan ditolak.

Mengapa iklan ditolak? Mungkin ada beberapa peraturan Google Ads yang Anda langgar. Anda juga bisa melihat alasan mengapa iklan tersebut ditolak dengan menekan tombol status iklan yang ditolak dan Anda tinggal mengikuti instruksi yang tertera.

Memastikan saldo iklan sudah masuk ke akun Google Ads

Sayangnya iklan akan berjalan ketika saldo Anda sudah masuk. Jika Anda memilih pembayaran melalui transfer bank atau ATM maka tunggulah selama 2 sampai 5 hari kerja. Anda akan diberitahu lewat notifikasi gmail jika saldo iklan Anda sudah masuk.

Demikian langkah-langkah untuk membuat Google Adwords dan cara membuat iklan di Google Ads sedetail mungkin. Mungkin masih ada beberapa orang yang ragu untuk menjalankan Google Ads karena belum melihat langsung manfaatnya. Padahal dengan Google Ads, iklan Anda bisa menjadi nomor satu di Google. Bagaimana caranya? Simak ulasannya berikut ini.

Cara Membuat Iklan di Google Agar Bisa Mendapat Nomor Satu

Sudah memasang iklan di Google tapi tidak mendapat peringkat pertama? Inilah faktor sebuah iklan Google Ada bisa mendapat peringkat satu dalam mesin pencarian Google. Peringkat iklan adalah hasil dari skor kualitas ditambah penawaran dan ditambah lagi dengan perkiraan pengaruh pada ekstensi. Cara meningkatkan iklan pada dasarnya Anda harus menaikkan skor kualitas kata kunci.

Kampanye iklan berisi grup yang spesifik

Bagaimana maksudnya?

Kampanye yang Anda tulis di tahap terakhir langkah membuat Google Ads di atas haruslah spesifik. Jadi ketika orang mencari produk tertentu maka diusahakan ketika melihat iklan Anda orang tersebut langsung mendapat apa yang ia cari. Misalnya produk Anda adalah pembersih jerawat maka kampanye dan kata kunci Anda benar-benar pembersih jerawat bukan pembersih muka.

Pencocokan kata kunci yang lebih spesifik

Di sinilah kata kunci bermain amat penting di Google Ads. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa memilih kata kunci haruslah yang spesifik. Kata kunci juga harus relevan dengan website Anda.

Selain itu, target Anda juga harus tepat, jadi iklan Anda bisa tayang ke orang-orang yang benar-benar sedang membutuhkan. Walaupun mungkin saldo iklan yang Anda keluarkan sedikit, namun apabila target sudah pas, maka hasil iklan akan maksimal.

Menggunakan kata kunci pada teks iklan

Di instruksi dalam membuat iklan di Google, Anda tadi akan disuruh mengetik beberapa baris teks iklan yang persuasif. Ternyata teks iklan ini juga berpengaruh dalam rangking iklan Anda. Letakkan kata kunci dalam teks iklan yang Anda buat terutama pada judul iklan. Tunjukkan bahwa iklan Anda adalah produk yang sedang mereka cari.

Misalnya Anda ingin mengiklankan produk penggemuk badan. Maka teks iklan haruslah mengandung kata kunci tersebut. Sisipkan juga tulisan “produk penggemuk badan” di judul iklan yang Anda buat.

Sponsor Link

Teks iklan haruslah menarik dan meyakinkan

Teks iklan memang harus mengandung kata kunci. Namun ada yang lebih dari itu yakni teks iklan harus menarik. Cantumkan perbedaan produk Anda dengan produk orang lain. Misalnya bahan herbal, ada promo atau gratis ongkos kirim untuk wilayah tertentu. Biasanya iklan yang persuasif akan mendapat banyak klik daripada iklan yang datar saja.

Tambahkan juga call to action, yaitu jika ada orang yang sudah membaca iklan Anda dan tertarik untuk membelinya, maka di sana ada tombol yang jelas untuk menghubungi Anda. Biasanya call to action yang tertera adalah nomor telepon, pesan langsung, keterangan produk lebih lanjut atau beli tergantung barang atau jasa Anda.

Situs Anda mudah diakses dan mudah dinavigasi

Google Ads juga akan mengukur seberapa baik website Anda dalam memberikan iklan produk yang dicari orang. Pengalaman yang Anda berikan ke orang lain tersebut akan mempengaruhi peringkat iklan. Jika pengalaman mereka buruk, misalnya website Anda tidak bisa dibuka, tidak mudah diakses di mobile maka peringkat Anda tidak akan tinggi.

Akibat terburuk dan fatal, iklan yang sudah Anda pasang akan jarang ditayangkan dan bahkan diberhentikan tayang oleh Google jika kualitas pengalamannya buruk. Oleh karena itu perbaiki performa website Anda untuk memperoleh peringkat iklan nomor satu.

Demikian serba-serbi cara membuat iklan di Google dan cara agar iklan Anda mendapat peringkat nomor satu. Selamat mencoba dan semoga artikel ini bermanfaat.

Apakah Anda memiliki masalah dalam pekerjaan Anda? | PT APPKEY
Tidak hanya terbatas pada penyediaan konten-konten tentang SEO, kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Tentang Kami
Pengenalan Layanan
Pengenalan Perusahaan
Kontak Kami

 

Jasa Pembuatan Website

Jika Anda menyukai artikel ini
Acungkan jempol