Cara Memasarkan Produk Secara Online Supaya Laku

Jika Anda menyukai artikel ini
Acungkan jempol

Anda tentunya sudah tahu tentang pengertian promosi, Anda mungkin berpikir, “Oke, saya punya media sosial untuk itu, saya tidak perlu membaca sisa panduan ini, karena saya sudah siap!” Luar biasanya lagi Anda mungkin sudah mulai memasarkan toko Anda berkat hadirnya media pemasaran online.

Meski mungkin sudah banyak yang melakukan cara memasarkan produk secara online, namun saya yakin masih banyak dari kita yang belum mengetahui tekniknya.

Membatasi diri Anda hanya dengan media sosial akan menempatkan Anda di belakang pesaing Anda. Artikel tentang cara memasarkan produk secara online ini akan menjelaskan setiap metode secara rinci dan membantu Anda memulai pemasaran dan toko online Anda.

Pasarkan Produk Anda dengan Pengait Unik

Kunci pemasaran yang baik, apa pun produk yang disajikan, harus memiliki kait yang unik. Mengapa orang harus berbelanja di toko online Anda daripada di toko online orang lain? Apa yang Anda tawarkan yang tidak ditemukan di tempat lain?

Anda harus menjadikan toko online Anda dapat memasarkan produk kepada orang-orang yang tidak dapat Anda lihat secara langsung. Untuk itu, Anda dapat memikirkan tentang apa yang menarik perhatian Anda ketika Anda melihat iklan di sekitar, apakah itu papan iklan di jalan raya atau iklan di layar komputer Anda.

Kompilasi daftar hal-hal yang Anda lihat lebih dari sekali seperti warna – warna cerah, slogan-slogan yang menarik, atau GIF yang lucu, dan kemudian terapkan itu ke judul promosi unik Anda.

Setelah berbicara, Anda harus berjalan. Tunjukkan produk Anda dengan keuntungan terbaiknya. Memiliki gambar-gambar produk Anda yang terang dari berbagai sudut di lingkungan yang memikat adalah langkah pertama untuk menarik perhatian pelanggan. Gambar yang menarik mata pelanggan adalah langkah awal promosi Anda, kemudian adalah tergantung klik dari pelanggan.

Iklan adalah alat promosi universal, dan panduan ini akan membantu Anda mengetahui di mana tempat terbaik memasang iklan untuk toko online Anda, dan bagaimana cara menggunakannya untuk menarik pelanggan. Namun iklan lokal kuno yang bagus di majalah dan koran masih bisa menarik pelanggan di era digital.

Begitu Anda tahu saluran pemasaran apa yang tersedia dan bagaimana menggunakannya, menentukan kelayakan setiap promosi juga penting.

Sponsor Link

Membuat Promosi Pemasaran yang Pop

Warna selalu bagus digunakan untuk menarik perhatian. Warna-warna cerah menonjol dari latar belakang yang kusam akan membuat iklan segera menarik perhatian. Buatlah Tetap bersih, cerah, dan setia pada merek toko online Anda.

Warna yang menonjol namun tetap seragam akan membuat iklan Anda terlihat profesional dan menarik. Kemudian penggunaan garis yang bersih dan lurus untuk menandai batas di dalam ruang iklan juga penting. Perbatasan itu sendiri sebenarnya bisa bergelombang atau tidak lurus jika memang diperlukan untuk menonjolkan iklan, tetapi pertahankan agar porsi yang dibaca orang bebas dari garis berlekuk-lekuk yang membingungkan.

Hal lain yang perlu dipertimbangkan adalah bahwa setiap orang yang membuat iklan menggunakan warna – warna cerah, jadi bagaimana Anda membuat iklan Anda menonjol dari yang lain? Jawabannya: gunakan ruang iklan Anda dengan bijak.

Apa itu Ruang Iklan?

Promosi yang berantakan dan gila sulit dibaca dan dipahami banyak pelanggan. Di zaman sekarang ini, tidak ada yang punya waktu untuk berhenti dan mencari tahu apa yang ingin dikatakan oleh situs, halaman, atau iklan Anda. Sejuta iklan lain yang lebih mudah dibaca tepat di sebelah yang gila, jadi itulah yang akan dicari pelanggan Anda.

Untuk mencegah kekacauan, gunakan ruang Anda dengan baik. Jangan biarkan halaman Anda kosong dan kosong, itu sama buruknya dengan terlalu banyak barang. Pelanggan juga tidak akan melihat iklan yang membosankan. Ambil gambar yang jelas dan bagus yang menampilkan produk Anda dalam bentuk terbaiknya dan menempatkannya secara strategis di ruang Anda.

Hal pertama yang akan diperhatikan pelanggan adalah gambar atau judul, jadi gunakan koneksi cepat itu untuk membuat mereka ingin terus membaca. Letakkan foto di tengah ruang Anda dan sedikit ke satu sisi. Ini memandu pandangan mereka ke bawah foto dan ke bagian selanjutnya dari iklan Anda.

Cara Memasarkan Produk Secara Online dengan Great Copy

Itu kata-kata dalam iklan Anda harus pendek dan manis dan sambil memberi pelanggan Anda apa yang mereka cari. Judulnya harus menarik dan membuat pelanggan Anda penasaran. Gagasan dan judulnya harus membuat mereka berhenti dan membaca iklan Anda.

Informasi lain untuk dimasukkan ke dalam iklan Anda adalah setiap diskon atau kupon yang Anda tawarkan, testimonial atau ulasan dari pelanggan sebelumnya, dan barang baru di toko online Anda.

Buat Strategi E-niaga

Toko online Anda harus tetap setia dengan tema merek utama Anda, tetapi Anda harus selalu menambahkan item baru dan terus-menerus mengikuti semua preferensi pelanggan di dunia. Setelah Anda terbiasa membuat dan memposting iklan, buat strategi dan struktur untuk terus membuat dan mengembangkan ide baru. Membuat iklan sama pentingnya dengan penempatan iklan Anda. Periksa ejaan lalu periksa kembali semua pekerjaan Anda sebelum memposting.

Catatan singkat, cobalah untuk menangani trend politik dengan sangat hati-hati. Angin pergeseran dalam politik sangatlah cepat, orang-orang dapat memiliki bermacam-macam kesimpulan yang dapat menghancurkan reputasi toko online Anda.

Cara Memasarkan Produk Secara Online dengan Media Sosial

Menurut Seth Godin, Pemasaran bukan lagi tentang barang yang Anda buat, tetapi tentang cerita yang Anda ceritakan.  Jadi Mengapa media sosial dapat digunakan untuk memasarkan produk secara online yang ampuh?

Setiap orang menggunakan media sosial, dan platformnya dengan mudah. Media Sosial juga nyaman digunakan, cukup buka aplikasi di ponsel Anda untuk mulai terhubung dengan pelanggan di seluruh dunia!

Apakah Anda menggunakan platform yang tepat untuk bisnis Anda? Apakah Anda tahu semua platform yang tersedia? Bagaimana dengan platform lama?

Ambil Foto Produk Sebaik Mungkin

Hampir semua platform media sosial memiliki tempat untuk gambar dengan pengait yang menyenangkan atau kata-kata yang profesional yang membuat orang ingin mengikuti Anda!

Memiliki gambar yang bagus dari masing-masing produk Anda Sangat penting untuk mendapatkan pelanggan untuk membeli dari Anda. Gambaran mendalam tentang produk Anda dengan latar belakang yang menarik memberi pelanggan pandangan yang solid tentang apa yang bisa mereka miliki jika mereka membeli dari Anda.

Gambar harus memiliki pencahayaan yang baik dengan fokus pada produk Anda. Segala sesuatu di latar belakang harus menunjukkan betapa hebatnya kehidupan mereka jika mereka membeli produk ini dari Anda. Jika gambar-gambar itu membuat Anda bahagia, atau sangat bergaya, atau memunculkan rasa nostalgia, itu akan membuat pelanggan Anda merasakan hal yang sama.

Pemasaran Produk Online dengan Instagram

Instagram memungkinkan Anda untuk terus mengirim foto produk Anda. Pasang gambar produk Anda secara teratur, dan ikuti banyak orang untuk menyebarkan berita tentang toko online Anda.

Jangan hanya memasang 1 foto produk Anda – tunjukkan gambar yang menyenangkan bagi orang-orang yang menggunakan produk Anda. Tunjukkan kepada pelanggan kehidupan yang bisa mereka miliki jika mereka memiliki apa yang dijual oleh toko online Anda.

Gunakan story Instagram agar postingan produk Anda berada di bagian atas layar pengikut Anda selama 24 jam penuh. Lakukan sedikit riset untuk menemukan tagar populer yang sesuai dengan toko Anda dan menggunakannya untuk keuntungan Anda.

Buat tagar Anda sendiri secara khusus ke toko Anda, dan minta pelanggan memberi tag dari menggunakan produk Anda. Untuk memulai tagar Anda, tawarkan diskon kepada pelanggan yang mempromosikan toko Anda.

Pemasaran Produk Online dengan Pinterest

Pinterest bekerja dengan cara yang sedikit berbeda: Foto-foto produk Anda akan selalu naik dan terus-menerus beredar di situs web ini tanpa Anda harus memposting secara teratur. Tapi, Anda harus tetap sering memposting, karena semakin banyak konten yang Anda miliki semakin banyak konten Anda dilihat dan dibagikan.

Platform media sosial ini juga bagus untuk penggunaan musiman dan menunjukkan bagaimana produk Anda dapat digunakan untuk setiap musimnya. Pesta-pesta tertentu seperti ulang tahun, pernikahan, dan baby shower merupakan cukup konstan sepanjang tahun, jadi Anda bisa menggunakannya untuk produk Anda juga.

Pinterest bagus untuk mendapatkan lalu lintas kunjungan ke toko online Anda karena gambarnya yang berisi tautan – dan pelanggan cukup mengklik dua kali foto tersebut dan mereka akan dikirim langsung ke tempat mereka dapat membeli produk Anda! Dan jika situs Anda menarik, maka user Pinterest akan menggunakan fitur Pin untuk menandainya dan mempermudah kunjungan berikutnya.

Sponsor Link

Pemasaran Produk Online dengan Tumblr

Tumblr adalah platform blog tempat Anda dapat memposting foto, dan menautkan deskripsi toko Anda. Jika Anda mencari dan mengikuti komunitas yang tepat di situs web maka biasanya Anda dapat menargetkan beberapa pelanggan dan mendapatkan pengikut baru. Periksa postingan sekali atau dua kali seminggu, dan postinglah secara teratur.

Pemasaran Produk Online dengan Snapchat

SnapChat paling baik digunakan dengan fitur “cerita”nya, yang memungkinkan semua pengikut Anda melihatnya sekaligus setiap kali mereka menggunakan aplikasi ini. Platform sangat bagus untuk promosi jika Anda memiliki banyak pengikut dan mengarahkan pelanggan Anda untuk melihat apa yang Anda lakukan secara real time.

Pemasaran Produk Online dengan Konten Video

Video juga dapat digunakan untuk memasarkan produk secara online yang hebat. Instagram dan SnapChat memungkinkan untuk video pendek dan manis, tetapi untuk durasi video yang lebih lama, Anda bisa membuat akun YouTube. YouTube adalah platform yang hebat jika produk Anda memerlukan instruksi untuk digunakan. Video langsung atau streaming langsung juga merupakan pilihan bagus.

Menunjukkan kepada pelanggan cara menggunakan produk Anda memberi mereka alasan untuk memulai, dan mungkin membawanya kembali untuk produk Anda yang lain juga.

Pemasaran Produk Online dengan Facebook

Facebook adalah media sosial paling dikenal untuk orang-orang dari segala usia. Hampir semua orang di dunia ini ada di Facebook, jadi penting untuk memiliki akun untuk situs web Anda di sini untuk menyebarkan berita terutama berita promosi produk toko online.

Ada juga kategori bisnis untuk Facebook Anda sehingga orang dapat menemukan Anda lebih mudah. Pastikan untuk mengisi semua informasi toko online yang Anda kelola dan tautan mudah ke situs webnya.

Semakin mudah suatu situs dijangkau, semakin banyak pelanggan yang bisa didapatkan.

Cara Memasarkan Produk Secara Online dengan Email

Pikirkan tentang seberapa sering Anda memeriksa email Anda sehari. Gmail bahkan memiliki kotak surat khusus hanya untuk materi promosi! Layanan email dan berlangganan dapat menjadi dorongan besar untuk mendapatkan pelanggan, dan yang lebih penting, mendapatkan pelanggan satu kali untuk kembali dan membeli dari Anda lagi.

Email Blast

Mengirim email massal dapat menjadi cara lain untuk menarik pelanggan baru. Jika Anda bisa melakukannya tanpa menjadi spam. Mengirim informasi bulanan melalui email tentang pembaruan dari toko Anda atau hanya informasi menyenangkan, Anda akan bisa membangun koneksi dengan pelanggan, dan menciptakan pengikut yang setia.

Cara Memasarkan Produk Secara Online dengan Iklan

Menurut William Bernbach, Tidak ada yang dapat menghitung jumlah iklan yang sudah Anda jalankan, mereka hanya mengingat kesan yang Anda buat.

Semua orang tahu Iklan! karena iklan ada di mana-mana! Di papan iklan, bangku, bus, dan di seluruh layar komputer Anda. Dunia iklan sangat besar , dan bahkan usaha kecil pun dapat ikut serta dalam aksi tersebut.

Pemasaran Produk Online dengan Iklan Media Sosial

Facebook dan Instagram adalah tempat paling populer untuk memposting iklan media sosial (tapi jangan takut untuk melihat opsi lain). Potensi audiens Anda sangat besar, dan dengan desain dan naskah yang tepat, iklan Anda dapat menarik cukup banyak lalu lintas ke situs Anda. Pastikan untuk melihat persyaratan untuk setiap platform saat Anda mulai membuat dan merancang iklan Anda.

Buatlah 2-3 versi setiap iklan dengan naskah yang berbeda, tajuk utama, dan gambar. Cobalah untuk melakukan penelitian tentang jenis visual dan teks apa yang paling ditanggapi oleh audiens target Anda.

Trik untuk iklan media sosial adalah tentang pemantauan dan pengujian. Awasi terus bagaimana semua iklan dibuat. Jangan takut memiliki kegagalan iklan, kegagalan adalah pelajaran yang bagus. Buat dan bagi anggaran Anda di seluruh penempatan Anda sehingga Anda dapat melihat iklan mana yang memiliki ROI terbaik.

Cara Memasarkan Produk secara Online dengan Selz

Selz adalah platform e-niaga yang membuat kita bisa memulai dan menjalankan toko online secara sederhana dan efektif. Dengan Selz , Anda dapat memulai toko online dari awal, menambahkan tombol beli ke situs yang ada, menjual dari halaman media sosial Anda, dan banyak lagi. Jika Anda tidak yakin apakah Selz tepat untuk Anda, atau Anda ingin memeriksa fitur-fiturnya sebelum Anda berkomitmen pada opsi pembayaran, Anda dapat mencoba Selz secara gratis selama 14 hari.

Perangkat Lunak Media Sosial Selz

Selz menawarkan berbagi media sosial yang dapat Anda gunakan untuk memposting sekaligus di semua platform media sosial yang Anda miliki. Hanya dengan beberapa klik Anda dapat mengirimkan iklan ke semua media sosial Anda dan menghemat banyak waktu yang dapat Anda gunakan untuk mengerjakan bisnis Anda yang sedang berkembang.

Daftar dan Langganan Email

Selz dengan mudah terintegrasi dengan perangkat lunak pemasaran email seperti MailChimp, Aweber dan lainnya. Ketika Anda menautkan Toko Selz Anda, Anda dapat secara otomatis mengirim informasi pelanggan baru Anda ke perangkat lunak pilihan Anda. Itu berarti Anda dapat dengan mudah mengirim email selamat datang, email terima kasih, email promosi, dan email wish list yang ditinggalkan oleh pengguna.

Cara Memasarkan Produk Secara Online dengan Bukti Interaksi Sosial

Anda dapat memiliki program pemasaran yang hebat, iklan yang luar biasa, bahkan produk yang sempurna, namun demikian, masih banyak orang mempercayai rekomendasi teman dan rekan mereka atas semua itu. Dan itu bahkan tidak harus menjadi orang yang kita kenal. Influencer dan orang asing yang berpengetahuan bisa mempengaruhi keputusan pembelian oleh pembeli.

Anda dapat melihat efek ini di situs e-niaga apa pun saat ini. Apakah Anda lebih suka membeli produk bintang 3 atau produk bintang 5 di Amazon? Konsumen membuat pilihan berdasarkan opini online dari pengguna lainnya setiap hari.

Ketika Anda menggunakan bukti interaksi sosial di situs Anda, Anda pada dasarnya membiarkan pelanggan melakukan pitching untuk Anda. Ada lebih banyak kepercayaan dari pengguna yang diverifikasi daripada iklan yang ditulis dengan baik, blog, atau fitur produk. Ini adalah cara yang bagus untuk memulai pemasaran online Anda.

Menambahkan Ulasan ke Toko Online Anda

Ulasan juga sangat membantu untuk memasarkan toko online Anda. Pernahkah Anda melakukan (atau tidak melakukan) pembelian karena ulasan pada produk? Sudah menjadi kebiasaan untuk mempercayai pembeli sebelumnya sebelum membuat keputusan pembelian.

Pelacakan Terhadap Pemasaran yang Berhasil

Masih menggunakan contoh Selz, platform ini memiliki program pelacakan bawaan untuk menunjukkan kepada Anda berapa banyak penayangan yang diterima situs web Anda, berapa rata-ratanya, dan apakah penayangan itu berasal dari iklan Anda atau tidak. Jika Anda kesulitan memperbarui jurnal pelacakan iklan atau kesulitan menghitung jumlah tampilan di situs web Anda, program ini bisa sangat bermanfaat bagi toko online Anda.

Dengan Selz , Anda juga dapat dengan mudah mengintegrasikan Google Analytics. Ini akan memberi Anda akses lebih banyak lagi ke informasi tentang toko online Anda dan kinerja iklan Google Anda.

Untuk pemilik usaha kecil, bagian analitik penjualan dapat membantu Anda menentukan apakah penjualan meningkat atau tidak selama promosi.

Demikian artikel ini kami buat dengan harapan dapat membantu menambah pengetahuan Anda tentang cara memasarkan produk secara online. Semoga bermanfaat.

Jika Anda menyukai artikel ini
Acungkan jempol