Cara Jualan Online Laris Manis dan Laku Keras

Jika Anda menyukai artikel ini
Acungkan jempol

Salah satu cara jualan online laris manis yakni dengan menarik minat pembeli terlebih dahulu. Hal tersebut perlu Anda lakukan sebab faktanya online shop yang memutuskan untuk gulung tikar dikarenakan lapaknya sepi pembeli. Bahkan, beberapa produk yang mereka perdagangkan tidak terjual sama sekali. Persaingan bisnis online yang semakin ketat menuntut Anda untuk memutar otak mencari cara agar produk online Anda bisa laris manis.

Ketika Anda memutuskan untuk terjun ke dunia bisnis online, Anda perlu mempersiapkan strategi yang matang terlebih dahulu. Salah satu strategi yang wajib Anda siapkan sebelum terjun ke dunia bisnis online yakni mencermati tips dan trik cara jualan online laris manis.

Setiap produsen, baik online atau offline, pasti ingin supaya dagangan atau produk yang mereka jual laku keras di pasaran. Walau begitu, tentu membutuhkan proses yang tidak mudah agar produk Anda laku keras di pasaran. Membuat produk Anda laku keras di pasaran tidaklah semudah membalikkan telapak tangan, tapi juga tidak sesulit anggapan masyarakat selama ini.

Dalam dunia bisnis online, bukan hanya modal yang Anda perlukan. Ilmu atau pengetahuan mengenai cara jualan online yang tepat perlu Anda pelajari terlebih dahulu. Para cendekiawan terdahulu bahkan sampai mengatakan, “Ilmu dahulu sebelum beramal (maksudnya beramal yakni berbuat atau to-do)”. Hal tersebut semakin menegaskan bahwasanya pengetahuan mengenai cara jualan online laris manis perlu Anda kuasai agar tidak gulung tikar.

Bagi Anda, para pemula, yang memiliki rencana untuk merintis usaha online, maka Anda wajib membaca artikel mengenai cara jualan online laris manis di bawah ini. Tak perlu khawatir, beberapa tips dan cara jualan online berikut ini sangat aplikatif. Setelah Anda selesai membacanya, Anda akan mudah mengingat, mempelajari dan mengaplikasikannya. Untuk lebih jelasnya, berikut artikel mengenai cara jualan online agar laris manis:

Cara jualan online laris manis yang Pertama: Raih perhatian konsumen dengan promosi cerdas yang kreatif

Sponsor Link

Sudah menjadi rahasia umum bahwasanya untuk meraih perhatian konsumen, Anda wajib melakukan ajang promosi sekreatif mungkin. Tidak hanya menarik, promosi yang Anda lakukan tersebut harus cerdas dan diluar ekspektasi masyarakat. Promosi yang cerdas berarti promosi dimana Anda hanya perlu menggelontorkan dana seminimal mungkin untuk hasil yang sekreatif mungkin.

Tahukah Anda bahwa cara mempromosikan produk tidak selalu membutuhkan budget yang besar. Dengan dana terbatas sekalipun, Anda bisa menyusun strategi promosi cerdas sehingga penjualan produk Anda dapat terdongkrak. Untuk lebih jelasnya, simak terus cara promosi cerdas agar usaha Anda laris manis yang kami sajikan dalam artikel ini.

Cara jualan online laris manis Kedua: Tentukan Konsep Promosi

Sebelum Anda menentukan target konsumen, Anda perlu mengetahui besaran minat pembeli serta perencanaan konsep promosi terlebih dahulu.  Anda perlu melakukan mini riset untuk mengetahui besarnya minat calon pembeli terhadap produk yang akan Anda jual.

Mini riset atau penelitian kecil tersebut bisa berupa kuesioner, angket ataupun survey. Untuk menghemat biaya, gunakanlah alat survey online seperti ‘SurveyMonkey’ atau ‘Google Forms’. Kedua alat survey online tersebut merupakan jenis survey online yang sering digunakan serta user-friendly.

Kemudian, sambil menunggu hasil survey keluar, Anda dan tim promosi bisa menentukan konsep promosi. Jangan lupa untuk membuat desain logo serta slogan pada produk Anda. Buatlah slogan produk yang menarik serta kreatif sehingga produk Anda mudah diingat oleh konsumen. Selain membuat slogan yang mudah diingat, Anda bisa menambahkan maskot atau ciri khas tertentu pada produk Anda.

Pilih target pasaran yang tepat

Setelah langkah di atas telah Anda penuhi, langkah selanjutnya yakni dengan memilih target pasar. Anda bisa menargetkan target pemasaran pada skala masyarakat luas. Akan tetapi, apabila budget Anda terbatas, Anda bisa memfokuskan produk Anda pada komunitas atau kelompok tertentu dalam masyarakat.

Manjakan konsumen anda

Apabila Anda telah menentukan target pasar,  selanjutnya Anda perlu untuk memanjakan konsumen Anda tersebut. Berikanlah pelayanan prima dan profesional kepada konsumen Anda. Anda bisa memulainya dengan memberikan deskripsi yang menarik mengenai produk Anda. Tidak hanya itu, sampaikan pula kebermanfaatan produk Anda bagi aktivitas mereka.

Anda juga perlu untuk mendengarkan permintaan dan konsumen dan memenuhi keinginan mereka. Hal tersebut perlu dilakukan sebab konsumen lah yang mengetahui kebutuhan yang mereka inginkan.

Hubungan antara Anda dengan konsumen juga perlu Anda jaga dengan cara memberikan informasi gratis. Anda bisa memberikan informasi seputar produk Anda mulai dari cara konvensional seperti memberikan brosur, hingga ke tahap yang lebih modern yakni menyediakan website. Supaya lebih menarik, tampilan website harus user-friendly dan eye-catching. Tidak hanya itu, isi dari website juga perlu di update secara berkala.

Menggunakan marketing online

Seperti yang telah disebutkan diatas, salah satu cara yang bisa Anda lakukan yakni dengan menggunakan marketing online. Marketing online tidak hanya sebatas penggunaan website saja. Anda bisa menggunakan e-mail untuk berkomunikasi dengan pelanggan Anda ataupun alat komunikasi elektronik lainnya.

Anda juga bisa memanfaat sosial media. Penggunaan sosial media membantu Anda dalam menjangkau konsumen lokal, domestik, hingga internasional. Seperti yang telah diketahui bersama bahwa hal-hal viral di dunia nyata, kebanyakan bermula dari sosial media.

Anda bisa membuat beberapa akun sosial media seperti Facebook, Instagram hingga Twitter. Akun-akun sosial media tersebut selain bertujuan sebagai ajang promosi tetapi juga sebagai sarana dalam mempertahankan komunikasi antara produsen dan konsumen.

Selain Facebook, Instagram dan Twitter, Anda juga bisa memanfaatkan akun chat seperti LINE dan WhatsApp. Anda bisa membuat grup terbuka di WhatsApp sehingga calon-calon konsumen yang tertarik pada produk Anda bisa langsung bertanya melalui grup WhatsApp tersebut. Anda pun juga bisa membuat Official Account (OA) di LINE dengan menggunakan nama perusahaan atau produk Anda.

Cara jualan online laris manis yang ketiga: Memanfaatkan Media Massa

Salah satu metode konvensional yang bisa Anda tempuh untuk menjaring konsumen yakni dengan memanfaatkan media massa. Pemanfaatan media massa ini diperlukan agar calon konsumen yang berada di daerah minim sinyal internet, bisa mendapatkan informasi mengenai produk Anda. Anda bisa menggunakan media massa konvensional seperti koran, radio, memasang papan iklan, baliho hingga iklan di televisi.

Strategi ‘Word of Mouth’

Terkadang, ada beberapa produk yang bahkan tidak melakukan promosi sama sekali akan tetapi produknya laku keras di pasaran. Rupanya, rahasia strategi pemasaran dari produk-produk tersebut yakni dengan mengandalkan kekuatan ‘dari mulut ke mulut’.

Berikanlah informasi unggulan dari produk Anda kepada konsumen. Buat mereka tertarik dengan apa yang Anda sampaikan, misalnya dengan metode persuasif door to door. Sehingga apabila produk Anda telah mendapatkan atensi dari konsumen, mereka akan meneruskan informasi seputar keunggulan produk Anda kepada orang lain. Hal tersebut akan tersebar sehingga masyarakat luas mengenal dengan baik produk Anda.

Sponsor Link

Originalitas adalah nomor satu

Pastikan bahwa produk yang Anda jual original atau tidak meniru produk manapun. Jenis produk atau barang mungkin sama, akan tetapi pastikan bahwa produk Anda memiliki ciri khas tersendiri. Hal tersebut perlu ditekankan agar tidak ada rumor negatif mengenai produk Anda.

Gunakan Strategi Cross promote (promosi silang)

Strategi cross promote merupakan strategi promosi terselubung yang biasanya digunakan oleh para produsen. Cross promote dilakukan dengan cara mengenalkan produk terbaru Anda yang siap di-launching dalam setiap kegiatan promosi yang Anda lakukan. Strategi ini juga bisa menghemat budget promosi Anda, sehingga Anda tidak perlu melakukan dua kali promosi.

Menjadi sponsor sebuah event

Salah satu cara promosi efektif yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan produk Anda yakni dengan menjadi sponsor sebuah kegiatan. Anda bisa memilih kegiatan yang sesuai dengan jenis produk yang Anda jual atau pada kegiatan-kegiatan dengan massa yang besar. Cara ini mungkin cukup menguras budget, tetapi dengan menampilkan produk Anda pada event tersebut maka banyak orang yang semakin aware.

Memanfaatkan Jasa Endorse dari para Artis, Selebgram dan Youtuber

Jika Anda merasa merekrut artis untuk mempromosikan produk online Anda sangatlah mahal, maka Anda bisa menggunakan popularitas para selebgram atau youtuber. Dengan followers dan viewers yang banyak, para Selebgram dan Youtuber bisa mempromosikan produk Anda melalui akun pribadi atau channel Youtube mereka. Sekali tayang, produk Anda akan ditonton oleh ribuan bahkan jutaan viewers yang tersebar di seluruh dunia.

Memasang Iklan di Google

Google merupakan salah satu mesin pencarian online nomor satu di dunia. Sehingga sudah menjadi rahasia umum bahwa untuk menjaring konsumen, Anda bisa melakukan promosi melalui Google. Biasanya, iklan yang ditampilkan melalui Google akan berada pada list pertama mesin pencarian. Tidak hanya itu, konversi penjualan iklan di Google jauh lebih baik daripada hanya sekedar menggunakan sosial media seperti Instagram, Facebook atau Twitter.

Membuat sistem Membership

Anda bisa membuat sistem membership bagi client Anda. Beberapa kegiatan membership yang bisa Anda berikan seperti potongan harga pada client, menyediakan fitur berlangganan dan masih banyak lagi. Fitur membership bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan Anda dan juga client. Anda juga bisa memberikan perlakuan istimewa bagi pelanggan yang pertama kali menjadi pelanggan tetap Anda. Hal tersebut agar pelanggan Anda merasa teristimewakan.

Cara jualan online laris manis yang keempat:  Mempromosikan  Website Online Shop

Tahukah Anda bahwa saat ini tampilan website dari suatu perusahaan juga menentukan laris tidaknya produk yang ia tawarkan di pasaran? Website berfungsi untuk menampilkan segala macam produk dalam satu wadah dengan deskripsi yang mendetail. Singkatnya, website berfungsi layaknya sebuah toko. Bahkan, tampilan interface pada sebuah website menjadi tolak ukur kredibilitas sebuah produk.

Sebagai sarana promosi, website Anda tentu harus memiliki banyak pengunjung. Website ibarat toko Anda di dunia online. Jika tidak ada pengunjung yang datang ke website Anda, sama saja seperti toko offline yang sepi. Sehingga, untuk meningkatkan jumlah pengunjung website, Anda bisa melakukan beberapa pekerjaan penting. Untuk lebih jelasnya,berikut ulasannya:

Cara pertama: melakukan metode optimasi SEO

Anda tentunya ingin agar website Anda muncul pada barisan pertama dalam mesin pencarian bukan? Nah, jika iya, maka Anda perlu menerapkan metode optimasi SEO. Agar website Anda muncul pada halaman pertama Google Search engine, misalnya, maka Anda perlu melakukan beberapa hal.

Pertama, yakni melakukan riset kata kunci (keyword). Kedua, siapkan SEO ONPAGE misalnya seperti mengoptimalkan penggunaan keyword tertentu. Keyword tersebut bisa Anda dapatkan di bagian Meta Title, Meta Deskripsi dan lainnya sesuai dengan hasil analisa keyword.

Kemudian lakukan indexing yakni dengan menyebarkan produk-produk atau artikel yang ada dalam website Anda ke sosial media. Hal tersebut bertujuan agar postingan Anda bisa lebih cepat terindex oleh mesin pencarian.  Selanjutnya melakukan SEO OFFPAGE yakni dengan menggunakan pola submit social bookmark, backlink wheel, atau backlink commenting.

Cara Kedua: Melalui Email Broadcast

Selain melakukan metode optimasi SEO, Anda bisa mempromosikan website Anda dengan cara mengirimkan e-mail melalui broadcast. Hal pertama yang perlu Anda siapkan sebelum melakukan broadcast yakni memiliki database alamat e-mail client Anda. Jika Anda telah memilikinya, Anda bisa mempromosikan isi website Anda melalui email mereka.Mengirimkan pengumuman melalui e-mail dapat mendatangkan traffic dan kunjungan.

Cara ketiga: Mempromosikan melalui Marketplace dan Sosial Media

Marketplace merupakan tempat untuk bertransaksi, baik menjual ataupun membeli, secara online. Marketplace lebih dikenal dengan nama “Mall atau pasar online”. Anda bisa mencantumkan alamat website Anda pada marketplace.

Selain melalui marketplace, Anda bisa mempromosikan website Anda melalui sosial media. Menyebarkan informasi melalui sosial media dinilai merupakan langkah tepat yang efisien. Hal itu disebabkan tingginya interaksi online pada masyarakat global sekarang ini. Beberapa sosial media yang kini banyak digunakan oleh netizen diantaranya Instagram, Facebook dan Twitter.

Jalinlah hubungan yang baik dengan para netizen melalui sosial media. Apabila terdapat perubahan ter up to date pada website, Anda bisa menginformasikannya melalui sosial media. Anda bisa menggunakan gambar produk yang menarik beserta caption yang mengundang tanda tanya. Selain itu, cantumkan pula link URL website pada kolom signature status sosial media Anda.

Cara Keempat: Menggunakan Instagram Ads atau Facebook Ads

Sesuai namanya, Instagram Ads atau Facebook Ads memudahkan Anda untuk memasang iklan di Instagram ataupun Facebook. Instagram Ads dan Facebook Ads merupakan hal serupa tapi tidak sama.  Instagram Ads merupakan kegiatan advertising atau promosi melalui konten berbayar di sosial media Instagram. Sementara Facebook Ads merupakan fitur yang ditawarkan oleh Facebook untuk mempromosikan suatu Fanpage.

Cara Kelima: Menggunakan Iklan Banner

Cara kelima untuk mempromosikan website Anda yakni dengan menggunakan iklan banner. Anda bisa memasang iklan banner baik pada website Anda ataupun website orang lain. Cara ini merupakan cara iklan website berbayar. Pastikan desain banner Anda menarik sehingga mendorong pengunjung untuk mengklik banner yang telah Anda sebar.

Cara jualan online laris manis yang kelima: Melalui Artikel review

Cara membuat artikel review kurang lebih sama seperti membuat content placement. Anda bisa meminta user dari website atau blog lain menuliskan ulasan mengenai produk yang Anda jual.

Cara ini memiliki keuntungan jika dibandingkan dengan cara yang lain. Keuntungan pertama menggunakan  yakni Anda market Anda akan teredukasi dengan baik. Kedua, Anda akan mendapatkan backlink kontekstual sehingga otoritas website Anda akan meningkat. Ketiga, kunjungan ke website Anda akan meningkat dari waktu ke waktu.

Kelemahan dari cara ini adalah Anda perlu mengeluarkan biaya untuk menerapkannya. Biayanya biasanya tergantung pada website atau blog yang akan mengulas produk Anda. Tapi tenang saja, budget untuk menulis artikel review biasanya terjangkau yakni sekitar 50 ribu hingga 500 ribu rupiah.

Apakah Anda memiliki masalah dalam pekerjaan Anda? | PT APPKEY
Tidak hanya terbatas pada penyediaan konten-konten tentang SEO, kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Tentang Kami
Pengenalan Layanan
Pengenalan Perusahaan
Kontak Kami
Sponsor Link

Jika Anda menyukai artikel ini
Acungkan jempol