Apa yang Dimaksud dengan Pemasaran (Marketing)?

Jasa Pembuatan Website dan Aplikasi

 

Apa yang dimaksud dengan pemasaran (marketing)? Sebelum menjawab pertanyaan itu, Anda perlu mengetahui tentang pasar terlebih dulu. Pemasaran dan pasar adalah dua kata yang memiliki arti berbeda dengan tujuan yang sama.

Pemasaran adalah suatu kegiatan atau aktivitas menyeluruh yang menyangkut tentang perencanaan dalam bidang penjualan produk/jasa. Sedangkan pasar sendiri didefinisikan sebagai tempat terjadinya proses jual-beli.

Pasar dan Pemasaran

Sebelum mengetahui secara mendalam tentang apa yang dimaksud dengan pemasaran (marketing), perlu diketahui terlebih dahulu mengenai pasar. Pasar dan pemasaran sangatlah berkaitan antara satu dengan yang lainnya. Keduanya seringkali membuat rancu orang-orang dalam mendefinisikannya. Berikut ini beberapa hal terkait dengan pasar itu sendiri.

Pasar sudah ada dan berdiri dari zaman dahulu kala. Dulunya, proses jual beli di pasar menggunakan sistem barter, yaitu saling tukar menukar barang yang berbeda wujud, namun memiliki nilai atau harga yang sama. Seiring berjalannya waktu dan peradaban, saat ini uang digunakan sebagai alat penukaran dalam proses jual beli di pasar.

Pada dasarnya sebuah pasar dapat muncul secara spontan atau memang sengaja dibangun sebagai pusat dilakukannya kegiatan jual-beli. Dalam prosesnya, pasar terbagi menjadi beberapa bagian, sehingga antara pasar yang satu dengan pasar yang lain terdapat perbedaan. Jenis-jenis pasar dibedakan berdasarkan hal berikut.

Sponsor Link

Klasifikasi Pasar

Berdasarkan klasifikasi, pasar dibedakan menjadi pasar tradisional dan pasar modern.

Pasar Tradisional

Pasar tradisional adalah tempat bertemunya antara satu orang dengan orang yang lain secara langsung dan ditandai dengan adanya transaksi untuk mencapai kesepakatan harga.

Pasar Modern

Pasar modern tidak berbeda jauh dengan pasar tradisional, hanya saja pembeli dan penjual tidak bertemu secara langsung. Pembeli bisa mengetahui harga pada label harga yang tertera.

Klasifikasi Pasar Berdasarkan pada Luas Jangkauan

Pasar Daerah

Pasar daerah pada pasar ini proses jual beli atau tawar menawar suatu produk hanya terjadi pada satu atau daerah tertentu saja.

Pasar Lokal

Pasar lokal pada pasar ini jual beli produk terjadi di satu kota dimana produk tersebut dibuat dan dihasilkan.

Pasar Nasional

Pasar nasional pada pasar nasional transaksi jual beli terjadi dan dilakukan di sebuah negara dimana produk yang diminati dihasilkan.

Pasar Internasional

Pasar internasional tawar-menawar pada pasar ini bisa terjadi di satu negara dimana produk itu dihasilkan atau dapat terjadi jual beli di negara lainnya dimana produk itu dipasarkan.

Klasifikasi Pasar Menurut Wujudnya

Pasar Konkret

Pasar konkret adalah pasar dimana penjual dan pembelinya bertemu secara langsung. contohnya adalah toko-toko, atau kios-kios yang ada.

Pasar Abstrak

Pasar abstrak adalah pasar yang tidak memiliki wujud. pasar ini biasanya terjadi melalui internet, brosur, atau telepon.

Klasifikasi Pasar Menurut Barang yang Diperjual-Belikan

Pasar Barang Konsumsi

Pasar barang konsumsi, pasar ini adalah pasar yang pada umumnya memperjualbelikan barang-barang yang berkaitan dengan kebutuhan rumah tangga. misalnya sembako, sayur-sayuran, buah-buahan, pakaian dan lain sebagainya.

Pasar Barang Produksi

Pasar barang produksi adalah pasar yang memperjualbelikan barang-barang produksi. pada pasar ini juga diperjualbelikan sumber daya produksi. Barang-barang yang dijual pada pasar ini seperti mesin, pasar uang, pasar tenaga kerja dan yang lainnya.

Klasifikasi Pasar Menurut Waktu Penyelenggaraan

Pasar Harian

Pasar harian adalah pasar yang proses transaksinya terjadi setiap hari, biasanya pada suatu desa atau kota.

Pasar Mingguan

Pasar mingguan adalah pasar yang kegiatan jual beli barangnya hanya terjadi satu kali dalam seminggu. Misalnya pasar pagi yang diadakan pada hari Minggu saat car free day.

Pasar Bulanan

Pasar bulanan adalah pasar yang aktivitasnya terjadi hanya pada bulan-bulan tertentu saja. Misalnya pasar hewan.

Pasar Tahunan

Pasar tahunan adalah pasar yang proses kegiatannya hanya dapat terjadi satu kali dalam satu tahun. Misalnya adalah Pekan Raya Jakarta.

Pasar Temporer

Pasar temporer merupakan pasar yang diselenggarakan oleh sebuah instansi atau organisasi pada sebuah acara tertentu. Pasar ini biasanya diadakan pada event-event tertentu saja.

Klasifikasi Pasar Menurut Strukturnya

Apabila dilihat dari strukturnya pasar dapat dikelompokkan dan dibagi menjadi beberapa bentuk pasar.

Pasar Persaingan Sempurna

Pasar persaingan sempurna adalah pasar dimana penjual dan pembeli sama-sama sudah mengetahui keadaan dari sebuah pasar. Barang-barang yang diperjual-belikan di pasar ini hanya sejenis saja atau bersifat homogen. Penjual dan pembeli di pasar ini tidak bebas menentukan harga karena sudah ditentukan oleh mekanisme pasar itu sendiri.

Pasar Persaingan Tidak Sempurna

Pasar persaingan tidak sempurna adalah pasar dimana antara penjual dan pembelinya sangatlah bebas untuk menentukan jumlah dan harga dari produk yang dijual. Selain itu jenis dan sifat dari produk yang diperjualbelikan bersifat lebih dari satu jenis atau heterogen.

Pasar persaingan tidak sempurna sendiri dapat dibedakan dan dibentuk menjadi tiga kelompok pasar yaitu.

Pasar monopoli dan pasar monopsoni

Pada pasar monopoli hanya terdapat satu penjual untuk satu jenis produk. Sedangkan, pasar monopsoni adalah pasar yang dikuasai oleh satu pembeli untuk satu jenis produk yang bersifat mendunia.

Pasar persaingan monopolistik

Pasar ini adalah pasar yang di dalamnya terdapat banyak sekali penjual dan pembeli. Penjual bebas melakukan monopoli atas keunggulan dari produk-produk yang ditawarkan, dan pembeli sangat diberi kebebasan untuk menentukan produk-produk yang ingin mereka beli.

Pasar oligopoli dan pasar oligopsoni

Pasar oligopoli adalah pasar yang di dalamnya hanya terdapat beberapa penjual saja. Jumlah penjual yang ada di dalam pasar ini tidak terlalu banyak. Hal ini menyebabkan pengaruh dari penjual sangatlah kecil.

Kebalikan dari pasar oligopoli, pada pasar oligopsoni hanya terdapat beberapa pembeli saja. Pada pasar ini pengaruh dari penjual cukup besar.

Tentunya berbagai bentuk pasar sangatlah mempengaruhi kegiatan dan aktivitas yang terjadi baik antara penjual dan pembeli. Pasar sangatlah penting dalam kehidupan sehari-hari.

Pasar juga mempunyai banyak manfaat bagi setiap orang yang sangat mempengaruhi kelangsungan hidup manusia. Manfaat yang dapat dirasakan dari pasar adalah mempermudah dalam mencari barang konsumsi, merasakan manfaat dari barang atau produk yang dibeli, memberikan kesempatan untuk berinvestasi, serta dapat menambah lapangan pekerjaan bagi orang lain.

Sponsor Link

Apa yang Dimaksud dengan Pemasaran (Marketing)?

Setelah mengetahui penjelasan mengenai pasar, maka perlu diketahui pula tentang pemasaran. Seperti yang telah dijelaskan bahwa pemasaran adalah aktivitas menyeluruh tentang perencanaan dalam bidang penjualan produk/jasa. Pemasaran menjadi bagian yang sangat penting dalam sebuah pasar. Keduanya sangat berhubungan erat.

Sejarah pemasaran sudah terjadi pada masa peradaban Yunani dan Romawi Kuno, serta pada negara-negara lainnya. Namun, pemasaran modern yang dikenal hingga sekarang terjadi pada revolusi industri atau lebih tepatnya ada abad ke-18 hingga abad ke-19. Pemasaran modern muncul dengan ditandainya perubahan-perubahan sosial pada masyarakat dikarenakan perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan.

Pemasaran modern muncul seiring dengan dibangunnya industri-industri yang menghasilkan barang konsumsi secara besar-besaran. Hal tersebut juga dipengaruhi oleh moda transportasi dan datangnya media massa yang menyebabkan produsen untuk dapat menemukan sebuah cara mengelola distribusi dari sebuah produk.

Saat revolusi industri, produk-produk barang konsumsi masih terbilang cukup langka, sehingga produsen dapat dengan leluasa memasarkan produknya kepada tiap konsumen, selama konsumen tersebut mampu membelinya. Karena faktor itulah, industri pada jaman itu berfokus pada pengembangan produksi dan pendistribusian dengan menekan biaya seminimal mungkin.

Hal ini juga sangat mempengaruhi pada ilmu pemasaran yang berfokus pada efisiensi biaya distribusinya sendiri. Dari awal abad 20 hingga pada masa akhir perang dunia kedua, persaingan dari bisnis sangat meningkat dan tujuan utama dari ilmu pemasaran mulai beralih produksi ke pemasaran secara langsung. Komunikasi, merek, hingga iklan menjadi bagian penting bagi perusahaan dalam menjual produk mereka.

Beberapa ahli juga memiliki pandangan dan pendapat tersendiri mengenai apa yang dimaksud dengan pemasaran, sebagai berikut.

Apa yang Dimaksud dengan Pemasaran Menurut Philip Kotler

Menurut philip kotler pemasaran adalah sebuah kegiatan sosial yang dilakukan individu atau orang lain untuk mendapatkan tujuan mereka melalui cara membuat dan menjual sebuah produk, serta menukarnya dengan nilai tertentu kepada pihak-pihak yang lain.

Apa yang Dimaksud dengan Pemasaran Menurut John Westwood

Menurut John Westwood, pemasaran adalah usaha yang terpadu untuk memenuhi kebutuhan konsumen, serta memberi keuntungan kepada sebuah perusahaan yang membuat produk.

Apa yang Dimaksud dengan Pemasaran Menurut Tung Desem Waringin

Menurut Waringin, pemasaran adalah sebuah media yang digunakan untuk mengkomunikasikan sebuah nilai tambah dari sebuah produk yang lebih tinggi lagi.

Apa yang Dimaksud dengan Pemasaran Menurut Jay Abraham

Menurut Jay Abraham, apa yang dimaksud dengan pemasaran adalah sebuah tempat yang dapat digunakan untuk mencapai sebuah kesuksesan dengan cara memberikan pelayanan yang terbaik kepada setiap konsumennya.

Apa yang Dimaksud dengan Pemasaran Menurut William J. Stanton

Menurut William, pemasaran adalah sebuah sistem dari usaha atau kegiatan bisnis dan ditujukan untuk merancang, dan menentukan harga dari sebuah produk barang atau jasa kemudian melakukan promosi, distribusi dan memberikan kepuasan kepada konsumen.

Apa yang Dimaksud dengan Pemasaran Menurut Hair dan Mc. Daniel

Menurut Hair dan Mc. Daniel, pemasaran sendiri adalah kegiatan perencanaan dalam mengelola sebuah produk barang atau jasa, penetapan dari harga produk tersebut, perancangan promosi dan pendistribusian barang, demi memuaskan konsumen dan agar dapat tercapai tujuan dari suatu perusahaan atau organisasi.

Apa yang Dimaksud dengan Pemasaran Menurut Hani dan Basu

Menurut Hani dan Basu, pemasaran adalah suatu aktivitas yang membuat perencanaan barang dan jasa hingga sampai pada promosi dan distribusi dari sebuah produk. Dimana nantinya hasil dari semuanya memiliki tujuan untuk memenuhi kebutuhan konsumen, serta demi mendapatkan keuntungan bagi sebuah perusahaan.

Dalam pemasaran (marketing), terdapat kegiatan dan proses dari marketing yang harus diketahui dan dipelajari terlebih dahulu. Hal ini menjadi sangat penting, agar dalam memasarkan produk, sebuah perusahaan dapat meminimalisir kemungkinan mendapatkan kerugian dari produk barang dan jasa yang dijual.

Kegiatan dan Proses Pemasaran (Marketing)

Melakukan survei pasar

Hal mendasar yang harus dilakukan dalam proses pemasaran adalah melakukan survei. Survei dilakukan untuk membaca situasi serta kemungkinan apa saja yang dapat dilakukan untuk dapat mengembangkan produk. Survei bisa dilakukan dengan memberikan kuisioner atau dengan mengambil data statistik.

Mempromosikan iklan

Apabila produk yang dihasilkan dirasa telah memenuhi standar dan dapat membuat konsumen berminat untuk membeli, maka selanjutnya adalah melakukan promosi iklan. Hal ini bertujuan untuk semakin menarik minat konsumen untuk dapat menggunakan produk yang sebuah perusahaan tawarkan. Promosi iklan produk bisa dilakukan melalui radio, koran, televisi maupun media yang lainnya.

Memastikan hasil yang dapat diperoleh

Langkah terakhir yang dilakukan sebelum memasarkan produk adalah memastikan seluruh kegiatan marketing dapat ambil kontribusi untuk meningkatkan jumlah penjualan produk.  Ada baiknya untuk dapat menghitung laba rugi dari kegiatan pemasaran (marketing) yang dilakukan.

Setelah diketahui langkah awal yang perlu dilakukan sebelum melakukan pemasaran, langkah berikutnya adalah menentukan teknik pemasaran (marketing). Teknik dalam melakukan pemasaran dapat dikelompokkan menjadi beberapa kelompok berikut ini.

Teknik-Teknik dalam Pemasaran

Content Marketing

Teknik ini adalah teknik marketing yang dilakukan dengan cara mendistribusikan artikel atau video kepada konsumen, agar konsumen melihat dan tertarik dengan keunggulan produk barang dan jasa yang ditawarkan pembeli.

Influencer Marketing

Teknik pemasaran ini adalah teknik pemasaran melalui orang yang memiliki pengaruh besar kepada orang lain. Biasanya teknik ini dilakukan dengan cara memberikan sebuah pernyataan atau testimoni, bahwa produk yang ditawarkan memiliki kualitas yang sangat bagus.

Marketing Automation

Teknik ini adalah teknik yang memungkinkan pemasar atau marketers untuk mempersingkat dan mengefesiensikan pekerjaan mereka yang dilakukan dengan bantuan media atau alat yang lebih mudah digunakan seperti software marketing.

Omni Channel

Teknik ini dilakukan dengan cara pendekatan kepada konsumen atau pelanggan melalui saluran penjualan, yang memungkinkan pembelinya agar dapat lebih mudah membeli barang pilihannya. Biasanya, metode ini dilakukan dengan cara menghubungkan ke saluran televisi, radio, brosur atau katalog dan pesan melalui internet.

Selain teknik pemasaran, diperlukan juga strategi pemasaran. Ini adalah hal yang paling penting dalam melakukan pemasaran (marketing). Strategi pemasaran sendiri diartikan sebagai usaha yang dilakukan sebuah perusahaan dalam tujuan perusahaan untuk menjual produk dalam batas dan jumlah yang tertentu.

Dalam strategi pemasaran, terdapat faktor-faktor yang mempengaruhi pemasaran dan dapat dibedakan menjadi tiga yaitu; produksi, kemasan, dan konsumsi.

Agar pemasaran semakin maju dan berkembang, diperlukan sebuah strategi atau yang dikenal dengan strategi pemasaran. Strategi pemasaran dapat diartikan sebagai logika pemasaran yang sangat disarankan untuk mencapai target pemasarannya.

Strategi pemasaran merupakan alat yang sangat fundamental, yang dirancang untuk mencapai tujuan dari perusahaan dengan mengembangkan sebuah produk barang dan jasa, dan menguasai pasar tersebut.

Roda pemasaran tentu tidak akan berjalan tanpa adanya seorang pemasar atau marketeers. Agar produk yang dihasilkan bisa dipasarkan, diperlukan tenaga pemasar dengan kemampuan yang bagus dan layak untuk dapat memasarkan produk barang atau jasa dari suatu perusahaan.

Sponsor Link

Tugas Seorang Pemasar

Berikut ini adalah tugas-tugas seorang pemasar yang perlu diketahui diantaranya adalah sebagai berikut ini.

Aktif mencari target

Seorang tenaga pemasar harus selalu aktif mencari peluang yang diperlukan, mengunjungi lokasi-lokasi yang dirasa cocok untuk dapat memasarkan produk.

Merekap data hasil penjualan

Hasil penjualan harus tersusun rapi, dan juga detail. hal ini agar dapat memudahkan pihak lain, baik itu pihak perusahaan maupun pihak konsumen untuk mengetahui jenis serta harga dari produk yang dijual.

Menjamin kepuasan pelanggan

Kepuasan dari pelanggan akan terwujud apabila, produk yang dibeli sesuai dengan produk yang ditawarkan seorang tenaga pemasar.

Mencari mitra kerja

Membangun kerjasama dengan pihak lain, menjadi tugas seorang tenaga pemasar. Degan membangun sebuah kerja sama, maka dapat dipastikan bahwa produk yang dijual dapat lebih mudah untuk ditawarkan kepada konsumen.

Menyusun strategi lanjutan

Strategi lanjutan diperlukan apabila strategi yang diberikan dari perusahaan kurang membuahkan hasil. Strategi lanjutan adalah hasil perkembangan atau modifikasi dari strategi sebelumnya.

Demikianlah apa yang dimaksud dengan pemasaran, secara umum dan menurut ahli serta strategi apa saja yang diperlukan dalam pemasaran. Hal yang terpenting adalah bagaimana cara tenaga pemasar melakukan penjualan agar produk yang dihasilkan dapat bermanfaat bagi konsumen.

Apakah Anda memiliki masalah dalam pekerjaan Anda? | PT APPKEY
Tidak hanya terbatas pada penyediaan konten-konten tentang SEO, kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Tentang Kami
Pengenalan Layanan
Pengenalan Perusahaan
Kontak Kami
Sponsor Link

Jika Anda menyukai artikel ini
Acungkan jempol