9 Elemen Pemasaran yang Penting Untuk Memenangkan Persaingan

Jika Anda menyukai artikel ini
Acungkan jempol

Persaingan merupakan suatu kegiatan yang wajar ketika kita sebagai manusia mulai hidup bermasyarakat. Dalam menjalankan kehidupan bermasyarakat tentunya manusia pasti memiliki keinginan untuk menjadi lebih baik dari pada orang lain.

Maka dari itu munculah sifat-sifat atau keinginan untuk lebih baik dari pada orang lain. Manusia memang memiliki kecenderungan ini. Terlebih manusia sebagai makhluk Tuhan yang hidup secara sosial bermasyarakat memang membutuhkan rasa atau sifat ingin bersaing dengan orang lain untuk memperoleh kehidupan yang lebih baik daripada orang lain.

Namun persaingan disini harus pada tahap positif. Persaingan yang baik tidak boleh saling sikut antara satu orang dengan orang lain melainkan berjalan pada persaingan positif.

Dalam menjalankan bisnis terlebih, persaingan pasti terjadi. Hal ini karena bisnis adalah peluang bagi setiap orang untuk mendapatkan sebuah hasil berupa keuntungan. Dewasa ini banyak sekali orang yang  bersaing dalam hal bisnis. Bisnis menjadi salah satu ladang dimana kita bisa mencari uang dengan cara tersebut tanpa bersusah payah menjadi seorang pekerja yang harus menurut pada bosnya.

Saat ini banyak orang mulai saling sikut dalam hal persaingan bisnis. Ada yang menggunakan cara positif juga ada yang menggunakan cara negatif demi memenangkan sebuah persaingan bisnis tersebut.

9 Elemen Pemasaran dalam Berbisnis

Untuk memenangkan sebuah persaingan bisnis, anda harus memiliki 9 elemen pemasaran penting yang harus anda kuasai jika ingin memenangkan persaingan dalam hal bisnis. Terapkan 9 elemen pemasaran ini dalam diri anda dan anda akan merasakan manfaatnya pada bisnis yang anda miliki.

Sponsor Link

9 Elemen Pemasaran : Rencana atau Planning Bisnis yang Jelas dan Tepat

Pertama yang akan kita bahas adalah rencana atau planning bisnis yang jelas dan tepat. Berbicara mengenai perencanaan bisnis maka perencanaan tersebut harus jelas dan tepat.

Planning bisnis yang jelas akan membuat kita tidak kesusahan untuk menentukan arah bisnis yang kita miliki. Jangan sampai anda sebagai seorang pebisnis hanya menjalankan suatu bisnis dengan modal nekat dan ikut-ikutan. Beberapa orang mungkin bisa sukses dengan cara ini. Namun banyak orang lainnya tidak bisa sukses dengan cara demikian.

Anda sebagai seorang pebisnis harus memiliki sebuah perencanaan atau planning jelas dan matang. Ketepatan sebuah perencanaan tentunya akan beriring dengan sistem perencanaan yang jelas. Anda harus bisa membuat rencana atau planning bisnis yang mewakili kebutuhan anda di masa mendatang ketika anda sedang menjalankan bisnis tersebut.

Mulai banyak membaca strategi bisnis orang lain yang sudah sukses dan terapkan hal tersebut pada diri anda. Bawalah kesuksesan tersebut pada bisnis anda dan buanglah kegagalan yang telah dilakukan. Buatlah pembelajaran dari bisnis sukses milik orang lain dan terapkan pada bisnis anda agar bisnis anda bisa sukses.

9 Elemen Pemasaran : Partner atau Mitra Kerja yang Memiliki Visi-Misi Sama

Kedua yang akan kita bahas adalah partner atau mitra kerja yang memiliki visi-misi sama. Berbicara mengenai partner kerja maka kita harus memilih partner kerja yang memiliki visi dan tujuan searah dengan apa yang kita jadikan visi-misi sebelum memulai suatu jenis bisnis. Ketika anda memilih seseorang dengan latar belakang, visi, dan misi yang tidak searah atau sejalan dengan anda maka anda tidak akan nyaman dalam berbisnis. Apalagi ketika anda melakukan persaingan bisnis dengan kolega anda atau pesaing bisnis yang memiliki bisnis sama dengan anda.

Partner kerja memiliki pengaruh yang sangat besar dalam menentukan keberhasilan bisnis anda. Partner kerja yang memiliki visi dan misi sama dengan anda maka dia akan menjadi seseorang yang memberikan ide-ide segar bagi bisnis yang akan anda kelola bersama. Selain itu dalam hal persaingan partner kerja yang sevisi-misi dengan anda akan mencari ide-ide kreatif untuk menjalankan persaingan sehat tanpa menjatuhkan antara satu sama lain antar bisnis yang sama.

Partner kerja anda harus orang yang memiliki sifat yang hampir mirip dengan anda. Tujuan yang sama yang ingin diraih akan mempermudah diri anda dalam menjalankan suatu bisnis. Apalagi ketika anda sedang berada pada suatu titik dimana bisnis anda diserang dengan cara tidak sehat. Pengaruh partner akan terasa disini. Maka dari itu anda harus mencari partner untuk mendukung bisnis anda dan memiliki tujuan yang sama dengan tujuan yang anda miliki.

9 Elemen Pemasaran : Analisa Persaingan

Ketiga yang akan kita bahas adalah analisa persaingan. Elemen ini merupakan elemen yang sangat penting. Kita sebagai seorang pebisnis harus bisa melihat dan melakukan analisa persaingan yang mungkin terjadi pada bisnis yang kita geluti. Menganalisa persaingan dilakukan sebagai langkah awal bagi anda untuk melihat respon pasar dan kemungkinan-kemungkinan terjadinya sebuah persaingan yang bisa terjadi pada bisnis anda.

Sikap menganalisa persaingan harus dimiliki, kita sebagai seorang pebisnis tidak boleh lengah dan gampang menerima. Perlu ada sebuah pembaruan-pembaruan yang membuat bisnis terus berjalan. Persaingan antara satu pebisnis dan lainnya mungkin bisa terjadi dalam hal positif maupun negatif. Namun hal ini akan anda lewati ketika sebelumnya anda telah melakukan analisa terhadap persaingan yang mungkin terjadi.

Ketika anda mampu melakukan analisa persaingan yang ada di dalam lingkup usaha anda. Anda akan siap dengan strategi dan siasat-siasat baru yang segar dan mungkin bisa anda gunakan untuk membuat bisnis anda tetap berjalan dengan baik dan tak terganggu walaupun terjadi persaingan sengit sekalipun pada bisnis anda. Lakukan analisis SWOT dengan memperhitungkan kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang mungkin terjadi pada bisnis yang anda geluti.

9 Elemen Pemasaran : Perhitungan Lokasi/Tempat

Keempat yang akan kita bahas adalah perhitungan lokasi atau tempat. Langkah awal yang harus anda lakukan adalah melakukan survey untuk mencari lokasi atau tempat strategis yang bisa anda jadikan sebagai tempat untuk berbisnis. Setelah melakukan perhitungan yang telah anda jalankan di poin pertama maka anda harus juga memperhitungkan lokasi tempat anda melakukan bisnis.

Bisnis yang baik adalah bisnis yang memiliki lokasi atau tempat strategis dan bisa menarik sebuah peluang. Dengan lokasi yang telah anda tentukan tersebut. Pastikan anda bisa menarik banyak customer untuk ikut membantu bisnis anda tetap berkembang dengan baik. Lokasi atau tempat strategis akan membuat pesaing anda mundur selangkah dibandingkan dengan anda. Apabila anda bisa membuat konsep dengan matang maka pesaing anda akan kalah selangkah dibandingkan dengan anda. Hal ini karena menentukan lokasi atau tempat strategis tidaklah mudah.

Mencari tempat strategis harus diikuti dengan kegiatan survey terlebih dahulu. Setelah  survey dijalankan maka anda baru bisa mengenali potensi lokasi atau tempat dimana anda ingin membangun usaha milik anda tersebut. Pemilihan lokasi atau tempat yang strategis bisa membawa rejeki bagi kegiatan bisnis anda apabila anda bersungguh-sungguh mengerjakan bisnis yang anda kelola tersebut.

Apabila anda menemukan bisnis yang sama dengan bisnis yang akan anda kelola ketika melakukan survey lapangan maka yang harus anda lakukan adalah mencari tempat lain yang memiliki potensi sama atau lebih strategis agar bisnis milik anda juga laku di pasaran dan tidak mematikan bisnis milik orang lain.

9 Elemen Pemasaran : Melakukan Kegiatan Promosi Pemasaran

Kelima yang akan kita bahas adalah kegiatan promosi pemasaran. Pemasaran merupakan sebuah proses perencanaan marketing komunikasi yang memiliki peran untuk melakukan evaluasi di setiap elemen pemasaran. Pemasaran merupakan sarana yang digunakan oleh para produsen dan distributor dalam memasarkan produk milik mereka.

Pemasaran merupakan sebuah proses yang berlangsung dalam sebuah hubungan kemasyarakatan dalam memberikan sebuah manfaat kemudahan bagi produsen dalam menciptakan suatu produk barang/jasa yang sesuai dengan apa yang diinginkan oleh konsumen. Pemasaran berguna sebagai bentuk timbal balik antara proses pembuatan suatu produk barang/jasa dari produsen dan bentuk pemenuhan kebutuhan dari para konsumen.

Pemasaran terjadi sebagai bentuk pemenuhan atas kegiatan penawaran dan pertukaran produk serta layanan pada konsumen. Dalam kegiatan persaingan anda harus melakukan sebuah promosi pemasaran dengan menampilkan ide-ide kreatif dan segar.

Buatlah desain kegiatan promosi pemasaran dan buatlah hal berbeda dari apa yang telah dilakukan oleh pebisnis lain. Cari ide segar dan buatlah sebuah promosi yang membuat orang lebih tertarik dengan produk bisnis milik anda dibandingkan milik orang lain.

Sponsor Link

9 Elemen Pemasaran : Uji Kualitas Produk Bisnis

Keenam yang akan kita bahas adalah melakukan uji kualitas produk bisnis. Memberikan sebuah uji coba atau jaminan kualitas terhadap suatu produk akan membuat barang anda dipercaya oleh orang lain. Ketika berhasil mengambil kepercayaan dari customer maka produk anda akan semakin digemari dan selalu mendapatkan peluang di hati customer anda.

Memiliki produk yang memiliki kualitas yang bagus akan membuat produk anda bisa bersaing secara sehat dengan produk milik orang lain atau milik pesaing anda tersebut. Anda tidak sekedar menjadi seorang pebisnis yang menjual produk dengan keuntungan tertinggi secara individual. Maksudnya anda disini mendapatkan keuntungan sendiri tanpa memperhatikan produk dan customer anda.

Nah, cara tersebut merupakan sesuatu hal yang salah. Apabila anda ingin mendapatkan customer loyal dan terhindar dari persaingan yang tidak sehat maka anda harus bermain pada kualitas produk. Jual sesuai apa yang telah anda tawarkan. Jaminkan sebuah kualitas yang lebih baik dan bisa dibandingkan dengan produk milik orang lain yang sama dengan milik anda. Buatlah customer anda percaya bahwa anda adalah pebisnis yang menjual produk-produk berkualitas tinggi.

9 Elemen Pemasaran : Pelayanan Pemasaran

Ketujuh yang akan kita bahas adalah pelayanan pemasaran. Maksud dari kata pelayanan pemasaran adalah ketika memasarkan suatu produk kita harus menjadi seorang pebisnis yang mengedepankan etika bisnis. Etika bisnis sendiri diperoleh dengan cara melakukan pelayanan pada customer dengan cara yang baik dan sopan. Kalimat pembeli adalah raja adalah benar adanya.

Seorang pembeli pasti ingin diperlakukan dengan sebaik mungkin. Hal ini karena mereka sedang memberikan uang mereka untuk ditukar dengan produk yang mereka inginkan maka dari itu setiap pembeli ingin mendapatkan pelayanan yang baik. Ketika menjadi seorang pebisnis hal ini harus anda terapkan. Untuk terhindar dari sebuah persaingan maka lakukan lah survey, buatlah perincian dan kategori pelayanan apa saja yang paling disukai oleh customer anda.

Lakukanlah dan terapkan hasil survey tersebut pada bisnis yang anda geluti. Persaingan mungkin masih tetap ada. Namun ketika anda sudah memberikan pelayanan yang terbaik maka akan sedikit kemungkinan anda tidak disukai oleh customer anda.

Customer anda pasti menghargai apa yang telah anda lakukan pada mereka. Sehingga mereka pada akhirnya menjadi seorang customer yang loyal terhadap apa yang telah anda lakukan. Istilahnya disini anda akan mendapatkan sebuah hasil timbal balik dari apa yang telah anda lakukan pada customer anda.

9 Elemen Pemasaran : Lakukan Inovasi

Kedelapan yang akan kita bahas adalah melakukan sebuah inovasi. Inovasi adalah hal yang paling penting dalam hal persaingan. Persaingan bisnis tentunya akan memaksa anda untuk melakukan banyak kegiatan dan terus memperbarui segala sistem yang anda miliki. Inovasi disini berarti anda harus segera berpikir mengenai langkah-langkah kreatif dan ide-ide dari mana pun yang bisa anda gunakan.

Tampung semua ide yang anda miliki atau yang diberikan oleh orang lain untuk anda. Pastikan ide tersebut menjadi ide yang bisa anda terima. Pastikan ide yang anda terima tersebut juga merupakan ide yang bisa anda lakukan.

Sebuah ide yang bagus dan menarik akan menciptakan sebuah inovasi yang menarik juga untuk anda lakukan. Inovasi menarik bagi diri anda dan juga menarik bagi customer akan semakin membuat pesaing anda merasa kewalahan.

Anda harus terus berinovasi dalam segala hal yang berkaitan dengan produk yang anda miliki. Pastikan anda merupakan seseorang yang terbuka dengan segala macam ide-ide yang diberikan oleh orang-orang yang ada di sekitar anda. Ketika menampung segala ide tersebut, pastikan anda bisa mengambil atau bahkan memadu padankan ide-ide tersebut menjadi sebuah ide luar biasa yang mampu menarik banyak customer untuk datang ke bisnis anda bukan ke bisnis milik orang lain.

Sponsor Link

9 Elemen Pemasaran : Lakukan Evaluasi

Elemen terakhir yang akan kita bahas adalah melakukan sebuah evaluasi. Sebuah evaluasi harus terus dijalankan. Setiap kegiatan yang telah dilakukan harus di evaluasi terlebih dahulu. Adanya proses evaluasi membuat kita mengerti kekurangan dan kelebihan dari kegiatan yang telah kita buat demi kemajuan bisnis yang kita miliki. Dalam kegiatan evaluasi anda bisa mencari celah bagaimana caranya membuat bisnis anda terlihat lebih daripada bisnis milik orang lain.

Kegiatan ini merupakan sebuah bentuk refleksi terhadap apa yang telah anda lakukan. Boleh jadi setiap kegiatan anda pasti memiliki kekurangan dan kelebihan. Kekurangan yang ada bisa diperbaiki, sedangkan kelebihan yang sudah ada bisa dilanjutkan. Setiap pebisnis harus melakukan evaluasi, apakah itu evaluasi harian atau evaluasi yang dilakukan beberapa minggu sekali atau bahkan sebulan sekali.

Namun, evaluasi membuat anda menjadi pebisnis mawas diri dan tidak akan kecolongan dalam kegiatan persaingan yang tidak sehat. Setiap pebisnis biasanya memiliki caranya masing-masing dalam melakukan kegiatan evaluasi.

Evaluasi juga bisa membuat kita mengerti kekurangan dari partner kita. Kita bisa berbicara melalui sebuah evaluasi untuk saling memperbaiki kekurangan yang ada pada bisnis yang sedang dikelola. Kegiatan ini bisa anda jadikan sebagai wadah atau proses untuk terus memajukan bisnis yang sedang anda geluti.

Apakah Anda memiliki masalah dalam pekerjaan Anda? | PT APPKEY
Tidak hanya terbatas pada penyediaan konten-konten tentang SEO, kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Tentang Kami
Pengenalan Layanan
Pengenalan Perusahaan
Kontak Kami
Sponsor Link

Jika Anda menyukai artikel ini
Acungkan jempol