Mengapa Perusahaan yang Berorientasi pada Sistem Kerja Online yang Tidak Meng-update Situsnya Sulit Memperoleh Hasil yang Maksimal?

Sebuah website tidak hanya dibuat saja, melainkan juga harus terus diperbarui untuk memaksimalkan kinerja dari perusahaan dengan sistem kerja online sekaligus memperoleh hasil.

Alasan Tidak Melakukan Update!

• “ Penanggung jawab pembuat website telah berhenti kerja.. .”
• “ Karena melakukan update adalah merepotkan dan menguras waktu… ”
• “ Akan diperlukan biaya lagi jika meminta perusahaan pembuat website untuk melakukan update… ”

Dengan alasan-alasan tersebut, apakah Anda akan membiarkan situs perusahaan atau organisasi kerja online Anda seperti itu dan tidak ingin melakukan update terhadap situs Anda?

Apabila tidak melakukan update pada website perusahaan yang beriorientasi pada sistem kerja online, maka akan menimbulkan berbagai kerugian, seperti misalnya; menurunnya citra perusahaan, menurunnya jumlah akses pengunjung, memburuknya peringkat pencarian pada mesin pencari, dan berbagai masalah lainnya. Pada artikel ini, akan dijelaskan secara konkrit kerugian yang dialami apabila tidak memperbarui atau meng-update website.

Kerugian yang Dialami Akibat Tidak Melakukan Update pada Website Perusahaan atau Organisasi

1. Menurunnya citra perusahaan atau organisasi

Situs perusahaan yang memiliki sistem kerja online yang tidak up to date akan membuat pengunjung menjadi tidak nyaman

Berikut ini adalah salah satu contohnya.
Ketika mengunjungi website sebuah perusahaan, bagaimana menurut Anda jika Anda melihat pemberitahuan berupa ‘informasi terkini’ pada artikel tahun 2010 pada halaman teratas website tersebut?

Keluhan-keluhan seperti misalnya; “ Apakah perusahaan ini tidak berniat melakukan PR (Public Relation)? ” atau “ Apakah perusahaan ini masih tidak terbiasa berbisnis? ”. Bahkan jika Anda menghubungi perusahaan tersebut, rasanya Anda tidak akan mendapat respon dengan cepat, terlebih lagi Anda akan langsung menjadi enggan untuk melakukan pemesanan produk atau melakukan transaksi.

Dengan kata lain, website yang tidak diperbarui, secara langsung dapat menurunkan image atau citra pengunjung terhadap website tersebut.

Kesan paling buruk yang akan didapatkan apabila informasi yang ada pada website perusahaan tidak di-update selama berbulan-bulan

1. Informasi tidak di-update selama berbulan-bulan
2. Gambar yang banyak dan berukuran berat
3. Konten bertuliskan ‘sedang dalam tahap pengembangan’

Penjelasan di atas merupakan tiga urutan teratas dari ‘masalah-masalah yang dialami sebuah situs perusahaan’.
Beberapa hasil survei juga menyebutkan bahwa, jika sebuah situs perusahaan tidak di-update dan bekerja online secara berkala, maka dapat memperburuk citra perusahaan tersebut.

Survei yang telah dilakukan oleh goo-Rangking terhadap 1000 orang lebih telah menghasilkan bahwa, peringkat pertama ‘masalah yang dialami sebuah situs perusahaan’ adalah ‘informasi yang tidak di-update selama berbulan-bulan’.

Meskipun perusahaan sudah benar-benar berjalan, seringkali masih terdengar keluhan-keluhan yang memperburuk citra atau image perusahaan karena website tidak di-update atau diperbarui.

Penjelasan berikutnya yaitu mengenai contoh salah seorang pelanggan.
Pelanggan tersebut sedang mengelola sebuah usaha kontruksi/bangunan, dan telah membuat website dari sebuah perusahaan penyedia jasa pembuat website selain perusahaan kami, namun sama sekali belum melakukan pembaruan.

Suatu hari, terjadi percakapan antara klien dan seorang staf perusahaan pembuat website, kemudian staf tersebut memberikan saran “ Sebaiknya websitenya di-update ”. Namun, pelanggan yang tidak terlalu peduli terhadap hal tersebut menjawab “ Tidak banyak orang yang akan melihat web, jadi, sebaiknya tidak usah di-update ”.

Setelah itu, ada telepon dari klien yang meminta agar websitenya segera di-update.

Namun, beberapa bulan kemudian, tiba-tiba ada telepon dari seorang pelanggan sebelumnya.
“ Tolong segera update website kami! ”

Keadaan menjadi berbeda dari pembicaraan sebelumnya, dan ketika ditanyakan bagaimana situasinya secara rinci, ternyata pemicunya adalah kata-kata dari pelanggan.

Pelanggan tersebut baru saja berencana akan mengadakan semacam pameran secara rutin, tetapi telah menerima hal-hal yang tidak diinginkan dari pengunjung website.

“ Website perusahaan XX itu, tidak ada update informasi tentang acara-acaranya, selama kurang lebih empat tahun. Jika seperti itu kan, tidak bagus! ”.

Pemilik perusahaan kerja online yang mendengarkan kabar seperti itu dari karyawannya, kemudian terkejut dan segera menguhubungi perusahaan jasa pembuat website tersebut.

Setelah itu, pelanggan memperbarui websitenya dengan menggunakan software untuk membuat website dan blog dari perusahaan penyedia jasa pembuat website, sehingga informasi mengenai acara pada website tersebut dapat diperbarui secara berkala.

Membiarkan pelanggan beralih ke perusahaan lain tanpa mengetahui perihal update untuk website.

Jika hanya melihat hasil akhirnya, tentu saja baik, namun, pelanggan akan sangat beruntung karena telah diberikan salah satu contoh dari kejadian di atas.

Meskipun pelanggan biasa mempunyai kesan buruk terhadap website sebuah perusahaan, pelanggan tersebut tidak akan menunjukkannya secara sengaja. Pada umumnya, pelanggan tidak akan mengatakan apapun dan beralih ke perusahaan lain dengan bisnis yang sama yaitu mengelola sebuah website dengan melakukan update secara rutin.

Jika membiarkan website begitu saja tanpa dilakukan update, tanpa Anda ketahui maka bisa saja citra atau image dari sebuah perusahaan/organisasi perlahan-lahan dapat memburuk dan pelanggan akan beralih ke perusahaan lain.

Tanpa adanya update akan memperburuk citra perusahaan
Pelanggan beralih ke perusahaan yang lebih sering melakukan update terhadap situsnya

2. Tidak memperoleh pelanggan tetap sehingga jumlah akses akan terus berkurang

Meskipun di awal perilisan situs jumlah pengunjung situs banyak, apabila tidak melakukan pembaruan website, maka jumlah akses akan mulai menurun. Apakah Anda akan tetap berkali-kali mengunjungi website yang belum di-update? Mengunjunginya pun kalau tidak ada tambahan informasi yang baru, rasanya hanya akan membuang-buang waktu dan frekuensi kunjungan ke website tersebut pun akan semakin menurun.

Selain itu, Anda mungkin akan menghapus alamat website tersebut dari bookmark web browser, seperti Internet Explorer, Google Chrome dan lain-lain. Dengan kata lain, karena frekuensi update menurun, keinginan pengunjung untuk mengakses kembali juga akan ikut menurun, dan jumlah akses total juga akan berkurang dengan sendirinya. Jika tidak dapat menjaga kesetiaan pelanggan tetap, maka tidak jumlah penjualan maupun transaksi juga tidak akan meningkat dan menjadi tidak stabil.

※ Apabila Anda ingin mengetahui lebih detail mengenai hubungan antara website dengan hasil penjualan/pelanggan tetap, maka lihatlah penjelasan di berikut ini.

Dapatkan Penjualan yang Stabil! Website Efektif untuk Meningkatkan Pelanggan Tetap!

Tingkatkan minat pelanggan agar terus mengunjungi situs Anda sehingga dapat meningkatkan penjualan dan mendapatkan pelanggan baru. Berikut akan dijelaskan mengapa penggunaan website merupakan cara pintas terbaik untuk meningkatkan jumlah pelanggan tetap secara efektif tanpa mengeluarkan biaya.

3. Peringkat pencarian Google menurun

Mesin pencari yang mengevaluasi informasi yang lebih baru daripada informasi lama

Mesin pencari seperti Google memberikan rating yang rendah untuk website yang tidak update dan tidak memiliki informasi-informasi terbaru. Jika website dibiarkan tanpa di-update, akan memiliki resiko tinggi yaitu penurunan peringkat pada mesin pencari.

Jadi, mengapa mesin pencari mengutamakan update dan informasi yang terkini? Hal ini dikarenakan informasi baru kemungkinan tinggi lebih bermanfaat daripada informasi yang lama. Mesin pencarian dapat meningkatkan kepuasan pelanggan dengan mengatur informasi terbaru di bagian teratas Misalnya, Anda sedang mencari informasi menggunakan Yahoo! maupun Google, Anda akan menemukan dua website seperti di bawah ini.

Website A : Di-update secara berkala, selalu menambahkan informasi terkini.
Website B : Tidak update sejak tahun 2000, terlebih lagi tidak ada penambahan informasi. Apabila kualitas halamannya sama, tentunya informasi pada website A lebih terpercaya. Pada website B, sebaik apapun kontennya, jika sudah melewati 10 tahun, apakah keadaannya akan sama seperti saat ini? Tentunya teknologi dan pelayanan di masa mendatang lebih baik daripada saat ini. Hal seperti ini tidak dapat dihindari.

Dengan begitu, karena website yang terus-menerus meng-update informasi baru berkemungkinan lebih bermanfaat bagi mesin pencari, layanan seperti Google tentu saja akan memperhatikan kemutakhiran informasi sebuah website dan mem-postingnya di bagian teratas.

Jika membiarkan website tanpa update, maka akan dikalahkan dengan website perusahaan lainnya yang secara rutin melakukan pembaruan dan update, sehingga menyebabkan tingkat pencarian website Anda akan menjadi semakin menurun.

Sulit untuk menarik minat pelanggan dengan website yang jumlah kontennya sedikit dan tanpa ada penambahan informasi baru.
Website yang jumlah kontennya sedikit dan tanpa tambahan informasi, akan berpengaruh pada tingkatan SEO (Search Engine Optimization) dan tidak akan bisa menarik minat pelanggan.

Kemampuan untuk menarik pelanggan pada website tergantung pada kualitas dan kuantitas konten (informasi), sehingga apabila tidak menambahkan informasi, maka tidak dapat meningkatkan jumlah akses.

Berhati-hatilah, khususnya, ketika jumlah halaman total website Anda saat ini berjumlah 10 halaman atau kurang. Karena itu, jumlah halaman terlalu sedikit tidak dapat diarahkan untuk menarik minat sebagian besar pelanggan.

※ Lebih lanjut mengenai hubungan antara jumlah halaman dengan jumlah akses, silakan lihat halaman berikut.

 

Strategi SEO bagi pemula: mulailah dengan menambah jumlah halaman website!
Apa hubungan antara jumlah halaman dengan menarik minat pelanggan pada website?

“ Sering mendengar tentang pentingnya strategi SEO, tetapi tidak tahu apa yang harus dilakukan ”. Untuk pemula yang mengalami masalah seperti itu, pertama-tama perlu meningkatkan jumlah halaman website! Berikut penjelasan rinci tentang hubungan antara peningkatan jumlah halaman dan SEO!

Sebaiknya meningkatkan kualitas update daripada hanya sekedar meningkatkan jumlah update pada website

Namun, hanya karena ingin menaikkan peringkat pencarian pada Yahoo! atau Google, bukan berarti membuat halaman yang berkualitas rendah dengan satu atau dua kalimat saja. Yang diutamakan oleh mesin pencari tidak hanya jumlah pembaruan atau update secara resmi saja, melainkan juga seberapa banyak informasi yang bermanfaat dari pembaruan tersebut.

Bukan mengkhawatirkan jumlah pembaruan, melainkan mari tambahkan konten informasi yang bermanfaat dengan menulis kalimat dengan jelas! Jauh lebih efektif menggunakan SEO untuk memperbarui informasi daripada meng-update makan siang sehari-hari seorang karyawan, dan menambahkan konten-konten berkualitas tinggi yang dapat membantu menyelesaikan masalah pelanggan 100% dalam waktu satu bulan.

※ Metode untuk menarik minat pelanggan dengan terus mengirimkan konten berkualitas tinggi disebut dengan metode SEO. Untuk detailnya.

Apa itu konten SEO? Penjelasan mengenai Web Marketing, kerugian dan keuntungan serta implementasi spesifik tentang cara-caranya bagi pemula!

 

4. Masalah yang ditimbulkan jika informasi lama dibiarkan begitu saja

• Produk dan layanan yang tidak lagi ditangani masih terposting begitu saja
• Biaya barang dan jasa sudah kadaluarsa tetapi tidak dimodifikasi dan tarif pajak konsumsi yang tidak ditetapkan
• Meskipun telah pindah kantor, alamat lama tetap tercantum pada website

Jika dibiarkan dalam keadaan seperti itu, mungkin akan terjadi masalah dengan pelanggan yang mempercayai konten website tersebut dan hal itu bisa menjadi sumber keluhan dari pelanggan.
Update Terus Website!

Seperti yang telah disebutkan di atas, jika membiarkan website tanpa pembaruan, akan mengalami kerugian besar, seperti dapat menurunkan citra perusahaan/organisasi dan memperburuk peringkat pencarian.

Karena website itu berharga, sangat tidak baik jika tidak mengarah pada hasil seperti meningkatnya nama merk dan penjualan. Kami sangat menyarankan untuk memperbarui website secara rutin, karena pembaruan yang rutin dapat menyebabkan peningkatan peringkat maupun jumlah akses.

Tell Us What You Think
0Like0Love0Haha0Wow0Sad0Angry

0 Comments

Leave a comment