Pengetahuan Dasar Tentang Internet Marketing | Poin-Poin Penting yang Perlu Anda Ketahui Dalam Waktu 5 Menit

Sebelum melakukan pemasaran dan periklanan mengenai produk atau jasa yang disediakan oleh sebuah perusahaan melalui internet, sangatlah penting untuk mengetahui hal-hal yang perlu diperhatikan dalam internet marketing.

 

Apakah Anda yakin bisa menjawab jika ditanyakan “ Apa itu internet marketing? ”

Semua orang memang telah mengetahui tentang internet, tapi akan susah menjelaskan secara detail mengenai internet marketing.

Untuk mengetahuinya secara khusus, pertama-tama kita perlu untuk mengetahui hal-hal dasar terlebih dahulu.

Pengertian Internet Marketing

Internet marketing adalah kegiatan promosi yang dilakukan melalui internet untuk mencapai suatu tujuan. Internet marketing lahir dari tujuan ‘meningkatkan penjualan dan menarik minat pelanggan sebanyak-banyaknya untuk membeli produk atau jasa dengan memanfaatkan internet’.

Contoh Internet Marketing
  • Memulai komunikasi dengan pelanggan melalui website
  • Menjual produk melalui website
  • Mempromosikan produk dari perusahaan dengan memanfaatkan iklan di internet

Tujuan Internet Marketing

1. Mendapatkan Anggota
2. Penjualan
3. Promosi
4. Membujuk Pengunjung
5. Branding

Meskipun internet marketing memiliki lima tujuan seperti yang dijelaskan di atas, mendapatkan anggota, penjualan, dan promosi adalah tujuan yang paling banyak diterapkan, khususnya bagi perusahaan atau usaha yang kecil-menengah.

Pengetahuan Dasar Mempelajari Internet Marketing : 5 Karakteristik Perilaku Pengguna, Manfaat dan Tujuan.

 Karakteristik Pengguna Internet

Setelah mengetahui tentang internet marketing, pertama-tama kita perlu mengerti tentang karakteristik pengguna internet.

1. Browsing sesuai dengan tujuan masing-masing

Kebanyakan pengguna internet memiliki tujuan saat berpindah-pindah antara halaman yang telah diklik dari hasil yang didapat setelah memasukan kata kunci pada mesin pencari.

2. Mengunggah informasi terbaru merupakan hal wajar

Pengguna internet melihat informasi yang terdapat di internet sebagai informasi terbaru. Contohnya mereka berpikir bahwa informasi-informasi yang dilihat dari iklan televisi dan iklan poster di jalanan pasti telah diunggah di internet.

3. Tdak membaca secara rinci itu merupakan hal biasa

Beban pembaca lebih besar dibandingkan membaca melalui kertas karena harus melihat layar smartphone atau komputer sebagai media. Oleh karena itu, kemungkinan pengguna internet ingin membaca seluruh informasi secara detail cukup kecil. Jika informasi harus diperoleh dengan membaca atau pengguna tidak dapat menemukan informasi yang diinginkan dengan mudah, hal itu dapat menyebabkan pengguna tidak tertarik dan langsung kembali dari halaman tersebut.

4. Tidak lupa untuk membandingkan dengan website lain

Karena pengumpulan informasi di internet dapat dilakukan dengan mudah, sebagian besar pengguna internet membandingkan produk atau perusahaan yang ditemukan dengan produk dari perusahaan lain. Contohnya, bukankah saat berwisata ke luar negeri, orang-orang hampir selalu membandingkan harga tiket pesawat, dari satu maskapai dengan maskapai lainnya. Dengan mengetahui karakteristik pengguna internet seperti ini, kita dapat lebih mudah membayangkan langkah-langkah dalam internet marketing.

Manfaat internet marketing

Berikutnya, mari kita lihat keuntungan dan manfaat dari internet marketing dibandingkan dengan cara pemasaran online pada umumnya.

1. Tidak ada batas wilayah

Pelanggan dari seluruh Indonesia dapat berkunjung ke sebuah toko meskipun tokonya berada di daerah pedesaan, hal ini karena di internet pengguna bisa mengakses toko dari daerah mana pun.

2. Dapat diwujudkan dengan biaya murah

Kita bisa mendapatkan pelanggan tanpa menghabiskan biaya yang tinggi karena pembuatan website dapat dilakukan dengan gratis hanya dengan memiliki keinginan dan usaha yang kuat.

3. Dapat mengukur hasilnya dengan mudah

Mengetahui hasil dari iklan televisi atau iklan papan reklame adalah hal yang sulit, tetapi melalui internet marketing kita dapat mengetahui hasil dalam bentuk data dan dapat merencanakan langkah-langkah selanjutnya.

 

“ Meningkatkan hasil = Pengumpulan pelanggan X Pelayanan pelanggan X Kunjungan kembali ”

1. Menarik minat pelanggan

Dalam internet marketing, untuk menarik minat pelanggan kira-kira terdiri dari dua cara, dengan atau tidak menggunakan iklan internet.

→ Iklan di internet
  • Iklan pencarian terkait ditampilkan di bagian atas hasil pencarian
  • Iklan pop-up yang tiba-tiba muncul di layar
  • Iklan yang tergabung dalam konten di sebuah artikel
→ Cara mengumpulkan pelanggan selain melalui iklan di internet
  • Metode SEO atau menampilkan website agar berada di bagian atas hasil mesin pencari seperti Google
  • Mengirimkan majalah email
  • Menggunakan media sosial
2. Layanan untuk pelanggan

Layanan untuk pelanggan pada website yang dimaksud adalah metode untuk membantu pelanggan yang datang agar dapat menemukan targetnya, singkatnya membuat website yang ramah terhadap pengguna internet.

→ Langkah pelayanan untuk pelanggan
  • Membuat halaman awal yang khusus
  • Optimalisasi formulir masuk (EFO)
  • Membuat website yang disesuaikan dengan perangkat media seperti komputer dan smartphone
3. Kunjungan kembali

Jika kita mengirim informasi lagi melalui email, iklan, dan lain-lain kepada pelanggan yang pernah mengunjungi website, kemungkinan besar akan lebih mudah untuk membantu pelanggan baru untuk mencapai tujuan.

→ Langkah untuk kunjungan kembali
  • Mengirimkan majalah email
  • Mengirimkan iklan yaitu Retargeting Ads

Pengumpulan pelanggan, pelayanan pelanggan, dan kunjungan kembali, jika kita bisa melakukan ketiga hal itu, hasil keseluruhan dari internet marketing akan meningkat.

Tell Us What You Think
0Like0Love0Haha0Wow0Sad0Angry

0 Comments

Leave a comment