Panduan Belajar Bahasa C# Untuk Pemula (Pengenalan Awal)

Jika Anda menyukai artikel ini
Acungkan jempol

Hai… Kali ini akan ada pembahasan mengenai panduan belajar C# untuk pemula dimulai dengan pengenalan awal bagi Anda yang sedang ingin belajar bahasa pemrograman.

Jika Anda ingin mengetahui informasi selengkapnya, tentunya Anda harus membaca artikel ini sampai selesai. Dan informasi selengkapnya mengenai panduan belajar bahasa C# untuk pemula seperti berikut ini.

Mengenal Bahasa Pemrograman C#

Mungkin Anda adalah salah satu dari sekian banyaknya orang yang berpendapat bahwa untuk menguasai bahasa pemrograman komputer harus memiliki titel akademis teknik informatika.

Tapi opini tersebut bisa dipatahkan jika Anda mau mempelajarinya secara gamblang dan mempraktekkannya secara berulang-ulang sekalipun Anda tidak memiliki titel akademis teknik informatika.

Namun sebelum jauh membahas mengenai bagaimana cara memprogram software komputer dengan menggunakan bahasa pemrograman C#, alangkah baiknya jika Anda menyediakan terlebih dahulu device seperti PC, komputer, laptop, atau netbook.

Untuk apa? tentu saja agar Anda bisa langsung mempraktekkannya sambil membaca artikel ini. Jika sudah Anda pastikan bahwa salah satu dari device tersebut sudah tersedia di hadapan Anda, maka mulailah kembali baca artikel ini sambil mempraktekkannya.

Oke, jika device Anda sudah tersedia di hadapan Anda, sekarang download lah visual studio 2017 yang bisa Anda searching di Google. Jika pada device Anda sudah terinstal visual studio 2017 maka Anda tidak perlu lagi mendownloadnya. Visual studio 2017 sendiri adalah aplikasi yang Anda gunakan untuk membuat sebuah program komputer, program website, atau untuk membuat games dengan menggunakan bahasa pemrograman C#.

Untuk belajar C#, tentunya Anda harus terlebih dahulu mengetahui definisi bahasa pemrograman C# ini.

Sponsor Link

Apa itu bahasa C#?

Bahasa C# atau yang sering disebut NewC++ adalah bahasa pemrograman sederhana yang dipakai untuk tujuan umum.

Sederhananya, bahasa pemrograman ini dapat dipakai untuk berbagai fungsi. Misalnya untuk pemrograman server side pada website, membangun aplikasi desktop ataupun mobile, pemrograman game, dan lain sebagainya.

Jadi jika Anda mempunyai minat untuk membuat program website, program software komputer atau ingin membuat program yang nantinya akan menjadi games, Anda bisa menggunakan bahasa pemrograman C# ini.

Tapi masalahnya, bagaimanakah caranya memprogram suatu software yang nantinya akan jadi program komputer, website, atau games dengan menggunakan bahasa pemrograman C# ini? Tentu saja dengan cara belajar C# mulai dari dasar-dasarnya dan mempraktekkannya secara berulang-ulang agar Anda lebih cepat menguasainya.

Karena bahasa pemrograman C# sama rumitnya dengan bahasa pemrograman lain seperti Ruby, Java, Python dan C++. Ada banyak pula tanda-tanda khusus yang harus Anda hafal untuk memasukkan instruksi dalam program komputer yang Anda buat dengan menggunakan bahasa pemrograman C#.

Belajar C# Dengan Memahami Struktur Dasar Program

Jika Anda ingin belajar C# secara mendasar, maka Anda perlu mengetahui struktur program C# yang paling dasar yang terdiri dari tiga bagian. Apa sajakah bagian-bagian tersebut? Berikut ini adalah informasi selengkapnya.

Bagian Deklarasi Pustaka

Bagian deklarasi pustaka adalah bagian paling atas dari bahasa pemrograman C#. Pada bagian ini, Anda harus menuliskan atau ketikkan pustaka (library) yang dibutuhkan dalam program. Ingat, keyword library selalu dibutuhkan saat menuliskan program.

Fungsi inti dari pustaka adalah method, class, object, konstanta, dan variabel yang bisa kita gunakan ulang di dalam program atau bisa kita gunakan secara berulang kali pada saat memprogram software (mahasiswa teknik informatika menyebutnya dengan codingan) dengan bahasa pemrograman C#.

Contohnya jika Anda menuliskan kode using system pada program C# ini, maka Anda dapat mengulang pustaka sistem pada codingan berikutnya. Begitupun dengan perintah codingan lainnya yang Anda instruksikan pada program C# ini.

Anda bisa mengulang semua perintah yang ingin Anda instruksikan apapun jenis perintahnya. dan perlu Anda ingat bahwa fungsi dari bagian deklarasi pustaka adalah fungsi yang penting untuk Anda hafal dan Anda ingat.

Walaupun fungsi lainnya juga penting untuk Anda kuasai dan Anda ingat. Karena sedikit saja Anda salah dalam menuliskan instruksi dalam program, maka Anda harus mulai dari awal.

Bagian Class

Belajar C# sama halnya dengan Anda belajar mengoperasikan paradigma OOP (object oriented programming) atau dengan kata lain pemrograman yang berorientasi objek. Setiap kali Anda membuat program C#, maka Anda harus membungkus fungsi dan variabel di dalam bagian class.

Atau sederhananya, class adalah sebuah rancangan blue print dari objek. Contohnya ketika Anda memasukan perintah using system : class ProgramHello {static void Main (string[]args) {Console.WriteLine (“Hello World!”);}}. Ini berarti nama programnya disebut  programHello. Pada bagian class, Anda juga bisa isi dengan fungsi dan variabel.

Bagian Fungsi

Kemudian ada juga yang namanya bagian fungsi. Pada bagian fungsi ini Anda bisa menuliskan fungsi-fungsi dari program yang ingin Anda instruksikan. Dan fungsi yang wajib ada dalam setiap program yang Anda buat adalah fungsi main.

Fungsi main sendiri merupakan fungsi utama yang akan dieksekusi pertama kali pada saat Anda membuat program dengan menggunakan bahasa program C# ini. Oleh karena itu melancarkan bagian fungsi pada saat belajar C#, adalah keharusan yang harus Anda lakukan jika Anda ingin cepat menguasai bahasa pemrograman C# ini.

Dan karenanya pula Anda akan banyak menulis kode program pada bagian fungsi main tersebut. Agar pemahaman Anda lebih dalam mengenai bahasa pemrograman C# ini, maka dalam belajar C#, Anda perlu memperhatikan hal ini sesering mungkin.

Untuk pertama kali mempraktikkannya sangatlah wajar apabila Anda masih kaku atau belum terbiasa. tapi lama-kelamaan Anda pun akan terbiasa dengan syarat-syarat untuk memasukkan instruksi dalam bahasa pemrograman C# ini.

Hal Penting Saat Instruksi Ekspresi Dan Penulisan Statement Dalam Belajar C#

Banyak sekali hal-hal penting yang harus Anda ketahui ketika menuliskan ekspresi dan tulisan statement pada bahasa pemrograman C# ini. Namun dalam belajar C#, terlebih lagi bagi seorang pemula, harus benar-benar memahami dan mengingat bahwa penulisan statement dan ekspresi dalam C# harus diakhiri dengan titik koma.

Karena jika Anda tidak menuliskan titik dan koma pada saat menuliskan codingan, maka program yang Anda instruksikan akan error. Tidak lucu bukan, jika Anda sudah menuliskan kode yang begitu banyak, hingga mengharuskan Anda fokus selama berjam-jam, jadi error hanya karena disebabkan Anda lupa menuliskan titik dan koma.

Sekali lagi, jika Anda benar-benar awam dalam hal pemrograman software komputer dengan menggunakan bahasa program C#, Anda benar-benar harus fokus terhadap apa yang Anda instruksikan atau apa yang Anda ketikkan dalam kolom instruksi saat memprogram codingan.

Sponsor Link

Penulisan Blok Kode Pada Bahasa C#

Blok kode merupakan wadah atau tempat untuk mengetik sebuah perintah atau instruksi yang digunakan untuk membuat software program komputer pada bahasa pemrograman C#.

Blog kode adalah wadah yang digunakan pada bahasa pemrograman C#. Blog kode pada umumnya juga digunakan untuk membungkus lebih dari satu statement atau instruksi. Namun jika statement hanya ada satu baris atau jika instruksi hanya ada satu baris maka Anda tidak perlu membungkusnya dengan tanda kurung kurawal.

Sederhananya, ketika Anda membuat program dengan bahasa pemrograman dan perintah programnya tidak lebih dari dua baris, atau hanya satu baris saja, maka Anda tidak perlu menggunakan tanda kurung kurawal pada codingan yang Anda buat.

Dan jika perintah atau instruksi codingan yang Anda buat lebih dari 2 baris, Anda baru bisa menggunakan tanda kurung kurawal pada codingan program komputer tersebut. Hal ini pun harus Anda lakukan sesering mungkin agar Anda tidak kaku atau blank saat menuliskan sebuah program dengan menggunakan bahasa pemrograman C#.

Penulisan Komentar Bahasa C#

Pada bahasa pemrograman C#, komentar adalah teks yang tidak akan dieksekusi dan biasanya digunakan untuk menuliskan keterangan atau menonaktifkan sebuah kode.

Komentar dalam bahasa pemrograman C#, ditulis dengan garis miring ganda dan garis miring bintang. Penulisan komentar pada saat belajar C# adalah bagian yang paling mudah untuk dikuasai terutama para newbie yang ingin belajar bahasa pemrograman komputer.

Jadi Anda tidak perlu terlalu berfokus pada penulisan komentar ini. Tetaplah fokus pada step by step yang memerlukan tanda titik dan koma yang membuat program yang telah Anda buat sedemikian rupa hancur bila kekurangan tanda titik dan koma tersebut.

Namun jika menurut Anda kolom komentar pada bahasa pemrograman C# juga merupakan hal yang penting untuk dikuasai, maka Anda bisa melihat contohnya seperti ini

// ini komentar

// ini juga komentar

/* Ini juga komentar yang ditulis dengan dua garis miring dan ditambahkan dengan bintang didalam garisnya */

Jadi, jika komentar yang Anda ingin buat adalah komentar yang tidak lebih dari satu baris, Anda bisa mendahulukan dua buah garis miring sebelum Anda memberi komentar pada bahasa pemrograman C# ini.

Namun jika komentar yang Anda buat lebih dari satu baris, maka Anda harus menggunakan garis miring dan tanda bintang sebelum dan sesudah kalimat komentar selesai seperti contoh yang sudah diberikan sebelumnya.

Bagaimana, mudah sekali bukan? lakukan atau praktikan hal ini sering mungkin pada saat Anda melakukan codingan pada bahasa pemrograman C#. Lakukanlah sesering mungkin agar Anda terbiasa.

Gaya Case Pada Bahasa C#

Pada bahasa pemrograman C#, Anda akan menggunakan pascal case dan camel case. Jika istilah tersebut masih terlalu asing untuk Anda, maka sederhananya istilah itu adalah indikasi untuk penulisan nama class dan fungsi atau method yang selalu diawali dengan huruf kapital.

Dengan kata lain ketika Anda ingin melakukan penulisan nama class, penulisan fungsi, dan penulisan methode, maka Anda harus mengawalinya dengan huruf kapital. Bagian ini pun juga termasuk metode belajar C# yang sangat penting untuk Anda kuasai.

Karena sedikit saja Anda salah memberi tanda pada penulisan nama class, fungsi, atau method, maka Anda harus mengulangi dari awal. Bayangkan, betapa pusing dan lelahnya Anda jika Anda melakukan perintah penulisan nama pada class atau fungsi atau method yang begitu banyak dan semuanya sia-sia hanya karena Anda salah memasukan tanda. Contohnya seperti berikut ini

//penulisan nama class ProgramCoba

{

    //penulisan nama fungsi atau method

              void NamaFungsi ()

            {

                Console.WriteLine (“Lakukan sesuatu”) ;

            }

}

Kurang lebih contohnya seperti itu. Namun apabila nama fungsi dan class terdiri dari dua suku kata, maka ditulis bergabung seperti diatas. Hal ini juga harus Anda praktekkan sesering mungkin agar Anda terbiasa dan melakukannya tanpa berpikir. Dengan begitu Anda bisa melakukan program codingan dengan menggunakan bahasa C# dengan cepat tanpa pengulangan yang harus Anda lakukan akibat salah menulis tanda.

Penulisan String Dan Angka

String atau teks pada bahasa pemrograman C#, biasanya ditulis dengan diapit tanda petik. Namun angka dan tipe data boolean tidaklah ditulis dengan tanda petik. Jika Anda masih benar-benar awam dengan istilah tersebut mungkin dengan melihat contoh di bawah ini Anda akan memahaminya.

“Ini adalah sebuah string”

121 // ini angka

13.3 // ini juga angka

true // ini boolean

 

Nah kurang lebih seperti itulah contohnya. Jadi untuk membuat sebuah instruksi berupa string atau teks yang melengkapi codingan pada software yang Anda buat dengan menggunakan bahasa pemrograman C# ini, Anda harus melengkapinya dengan tanda petik dua diawal dan diakhir, tapi ini tidak berlaku untuk boolean.

Dan ingat, praktikan lah ini sesering mungkin. Pastinya untuk pertama kali hingga beberapa kali ke depan saat Anda mempraktekkan apa yang sudah ditulis pada artikel ini tidak akan membuat Anda langsung bisa memprogram sebuah software dengan bahasa pemrograman C# ini dengan instan.

Sponsor Link

Hal Terpenting Saat Belajar C#

Perlu Anda ketahui bahwa belajar C# tidaklah semudah membalikan telapak tangan. Semua cara atau dasar-dasar pengetahuan yang diberikan pada artikel ini tidak akan membuat Anda instan begitu saja dalam melakukan pembuatan program dengan menggunakan bahasa pemrograman C#.

Itu sebabnya di setiap step by step yang diberikan pada artikel ini Anda dituntut untuk melakukan pengulangan dalam mempraktikkannya. Kenapa begitu? Karena tidak ada suatu hasil yang instan bisa Anda dapatkan. Terlebih jika Anda belajar bahasa pemrograman yang sulit untuk dikuasai seperti bahasa pemrograman C# ini.

Jika Anda perhatikan dan fokus membaca dari awal sampai akhir, Anda akan menemukan begitu banyak syarat-syarat yang harus Anda lakukan pada saat Anda membuat program komputer dengan menggunakan bahasa C# ini.

Mulai dari bagian penulisan class, fungsi, method, sampai tanda-tanda khusus yang harus Anda gunakan saat memberikan sebuah perintah dalam bahasa pemrograman C#. Bayangkan betapa banyak hal-hal dan tanda-tanda aneh yang sulit untuk diingat dan harus Anda kuasai.

Bisakah Anda menghafal atau menguasai itu semua secara instan dengan hanya sekali membaca artikel ini? Tidak bukan? maka dari itu Anda perlu melakukan praktik secara berulang-ulang agar semuanya menjadi sebuah kebiasaan bagi Anda. Jika semua itu sudah menjadi kebiasaan bagi Anda, maka Anda tidak perlu lagi berpikir untuk melakukannya.

Nah seperti itulah cara belajar bahasa C#. Percayalah sesulit apapun bahasa pemrograman yang Anda pelajari, nantinya akan terasa mudah apabila Anda mempelajarinya dengan sungguh-sungguh dan sering-sering mempraktikkannya.

Jangan lupa share informasi ini kepada teman-teman Anda yang lain di media sosial seperti Facebook, Twitter dan lain sebagainya. Semoga informasi ini bermanfaat dan selamat belajar membuat program komputer.

Apakah Anda memiliki masalah dalam mengelola dan mengembangkan aplikasi? | PT APPKEY
Tidak hanya terbatas pada pengembangan aplikasi, kami juga memiliki kemampuan dalam memperbaiki bug maupun eror pada aplikasi yang sedang dikembangkan sehingga dapat membantu menyelesaikan permalasahan Anda.

Tentang Kami
Pengenalan Layanan
Pengenalan Perusahaan
Kontak Kami
Sponsor Link

Jika Anda menyukai artikel ini
Acungkan jempol