Media Bisnis Online | by APPKEY

Teknologi AI 4 Cara Ajaib AI untuk Mempertahankan Loyalitas Konsumen

4 Cara Ajaib AI untuk Mempertahankan Loyalitas Konsumen

-

Loyalitas konsumen adalah salah satu tantangan yang banyak dihadapi oleh pebisnis di seluruh dunia. Mempertahankan loyalitas konsumen merupakan sesuatu yang gampang-gampang susah, sebab minat kebutuhan dan trend masyarakat selalu berubah.

Bisa saja pembeli yang mendatangi toko Anda hari ini tidak akan mendatangi toko Anda di kemudian hari karena dia mendapatkan penawaran yang lebih baik, atau produk yang sama dengan harga yang lebih murah di toko lain.

Jadi, salah satu cara agar perusahaan Anda dapat bertahan dalam persaingan bisnis adalah dengan mencari cara terbaik untuk mempertahankan loyalitas konsumen.

Loyalitas konsumen adalah indikator yang baik untuk memprediksi pertumbuhan penjualan dan strategi marketing untuk menciptakan daya beli yang konsisten. Dengan selalu memperhatikan dan memaksimalkan loyalitas konsumen, maka perusahaan Anda dapat bertahan lebih lama di pasaran.

Namun bagaimana cara agar perusahaan kita bisa mendapatkan sebanyak mungkin loyalitas konsumen? Jawabannya adalah dengan memaksimalkan manfaat artificial intelligence bagi bisnis.

Saat ini Anda sudah tidak perlu khawatir kesulitan berupaya untuk menumbuhkan loyalitas konsumen. Anda juga beruntung sebab artikel berikut ini akan membahas lengkap tentang manfaat artificial intelligence bagi bisnis, khususnya dalam hal meraih dan mempertahankan loyalitas konsumen.

Seperti apa kira-kira pemanfaatan artificial intelligence untuk menumbuhkan rasa loyalitas konsumen? Yuk langsung kita simak pembahasannya pada artikel berikut ini. Selamat membaca!

Sekilas Tentang Loyalitas Konsumen

loyalitas-konsumen

Sebelum kita masuk secara lebih mendalam tentang manfaat artificial intelligence untuk bisnis, ada baiknya kita memahami betul-betul terlebih dahulu perihal loyalitas konsumen.

Istilah loyalitas konsumen adalah hal yang sudah sering kita dengar dalam teori dunia bisnis. Namun seperti apa loyalitas konsumen di kehidupan nyata?

Pada dasarnya, loyalitas konsumen tercermin dari perilaku dan sikap dari konsumen tersebut pada brand atau perusahaan Anda. Ada cukup banyak contoh dari loyalitas konsumen di kehidupan nyata. Beberapa hal yang bisa anda perhatikan terkait loyalitas konsumen adalah:

Konsumen Melakukan Pembelian Berulang atau Secara Teratur

Pertama, konsumen melakukan pembelian berulang atau secara teratur. Semisal Anda memiliki sebuah cafe kopi kekinian. Coba perhatikan wajah-wajah konsumen yang datang ke kedai Anda.

Apakah Anda bisa menemukan minimal 1 orang yang sama yang sering datang berkunjung ke kedai Anda? Jika iya, maka kedai kopi Anda sudah berhasil mendapatkan loyalitas dari pelanggan tersebut. Sehingga, Ia pun menjadi rutin datang berkunjung ke kedai Anda untuk melakukan pembelian.

Artikel terkait  Manfaat Teknologi Informasi dan Komunikasi Online

Konsumen Tidak Mudah Tergiur dengan Produk Pesaing

Ciri-ciri kedua dari loyalitas konsumen adalah konsumen tidak mudah untuk tergiur dengan produk dari pesaing. Andaikata Anda menjual sebuah produk dan konsumen merasa sudah cocok dengan produk Anda, maka loyalitas konsumen pun akan tumbuh.

Kembali ke contoh kedai kopi di atas dan 1 orang pelanggan yang sudah loyal terhadap brand Anda. Padahal, selain kedai kopi Anda tentunya masih ada banyak kedai kopi serupa di pasaran, bukan? Namun mengapa konsumen tersebut tetap belanja ke ke tempat Anda? Jawabannya tidak lain karena konsumen sudah merasa cocok dan puas dengan produk Anda, sehingga ia pun tidak mudah tergiur dengan produk milik pesaing.

Merekomendasikan Produk Anda ke Orang Lain

Ciri lain dari loyalitas konsumen adalah mereka merekomendasikan produk Anda ke orang lain. Konsumen yang puas atau senang dengan produk Anda tentunya akan merasa bersemangat untuk menawarkan produk yang sama ke orang lain, agar orang lain bisa merasakan manfaat dari produk Anda juga.

Masih pada contoh kedai kopi, sekarang perhatikanlah apabila si konsumen loyal pernah mengajak teman-temannya untuk ikut ngopi di tempat Anda. Jika hal ini terjadi, maka si konsumen loyal telah mempromosikan produk Anda ke teman-temannya.

Alhasil, toko Anda pun akan mendapatkan calon-calon konsumen baru. Jika teman-teman si konsumen loyal suka dengan produk atau brand Anda, maka Anda berkesempatan untuk mendapatkan lebih banyak konsumen loyal.

Mudah bukan untuk mengamati konsumen yang sudah loyal dengan perusahaan atau brand Anda? Loyalitas konsumen muncul dikarenakan beberapa faktor. Faktor-faktor yang memicu daya tarik konsumen adalah:

  • Kesuksesan ikatan emosi dari brand Anda dengan konsumen.
  • Konsumen merasa puas terhadap brand.
  • Kemudahan konsumen untuk berbelanja atau menggunakan produk Anda.
  • Pengalaman baik yang dialami konsumen dengan perusahaan.
  • Kepercayaan dari konsumen.

Jika Anda sudah bisa mencapai satu atau semua faktor-faktor loyalitas konsumen di atas maka dapat dipastikan bahwa perusahaan Anda sukses mempunyai banyak konsumen yang loyal.

Namun, menumbuhkan loyalitas konsumen bukanlah perkara mudah. Untuk menumbuhkan loyalitas konsumen, Anda akan memerlukan sebuah strategi khusus dan sedikit pemanfaatan teknologi jika Anda berkecimpung di ranah bisnis digital. Kita beruntung karena hari ini kita mempunyai teknologi kecerdasan buatan yang bisa dimanfaatkan untuk bisnis.

Saat ini ada banyak perusahaan besar yang sukses dan semakin maju lantaran berhasil mengaplikasikan kecerdasan buatan dalam bisnisnya. Seperti apa pemanfaatan artificial intelligence untuk meningkatkan loyalitas konsumen? Yuk lanjutkan membaca untuk mengetahui jawabannya!

Artikel terkait  Dampak Revolusi Industri 4.0 Bagi Kehidupan Manusia

Cara Meningkatkan Loyalitas Konsumen dengan Artificial Intelligence

loyalitas-konsumen-2

Perilaku konsumen adalah sesuatu yang sulit untuk diprediksi. Hal ini masuk akal, mengingat setiap manusia memiliki karakteristik dan watak yang berbeda-beda. Apa yang digemari oleh seorang konsumen hari ini, bisa jadi dia sudah tidak membutuhkannya di kemudian hari.

Jadi, inilah tantangan terbesar Anda selaku pebisnis untuk selalu mencari tahu cara-cara terbaik agar konsumen selalu berminat untuk berbelanja di tempat Anda.

Dibandingkan dengan zaman dahulu, saat ini kita sudah memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan loyalitas konsumen. Di zaman dahulu, perkara meningkatkan daya tarik konsumen merupakan hal yang sangat sulit karena semua analisis dilakukan memakai teknik tradisional dan manual.

Saat ini kita punya artificial intelligence atau kecerdasan buatan yang akan memproses semua kerja secara otomatis selagi kita duduk santai dan menunggu hasil.

Tipe masyarakat pun selalu berganti-ganti dari hari ke hari. Satu hal yang perlu dan penting untuk Anda ingat adalah bahwa kini masyarakat modern lebih mengedepankan kualitas dan hubungan perasaan dibandingkan dengan sekadar kuantitas.

Jadi, agar taktik dan strategi data konsumen Anda berjalan dengan baik, maka Anda harus menggabungkan pengetahuan ini dengan teknologi artificial intelligence untuk bisnis.

Secara singkatnya, beginilah cara artificial intelligence untuk meningkatkan loyalitas konsumen Anda:

Memberikan saran atau rekomendasi yang telah dipersonalisasi

Strategi artificial intelligence pertama untuk meningkatkan loyalitas konsumen adalah dengan memberikan saran atau rekomendasi produk yang telah dipersonalisasi dengan minat serta kebutuhan dari konsumen.

Seperti yang telah disinggung di atas, setiap konsumen mempunyai kesukaan, minat dan kebutuhan yang berbeda-beda. Jadi, untuk memaksimalkan loyalitas dan tingkat pembelian dari konsumen, maka Anda perlu untuk sering-sering memberikan saran atau rekomendasi yang telah dipersonalisasi sesuai dengan minat dan kesukaan dari konsumen. Pun artificial intelligence adalah jawaban atas permasalahan ini.

Kecanggihan AI mampu untuk menelusuri tingkah laku dari setiap konsumen di toko Anda, mulai dari hal-hal yang yang sering dibeli oleh konsumen di toko Anda, hingga riwayat jejak penelusuran yang mereka lakukan di toko Anda.

Berbekalkan data-data tersebut, AI bisa membuat sebuah saran atau rekomendasi yang sesuai dengan minat dan kebutuhan konsumen saat itu.

Metode ini diaplikasikan pada banyak e-commerce dan juga perusahaan layanan streaming terbesar dunia bernama Netflix. Di Netflix, Anda akan sangat mudah menemukan saran atau rekomendasi film yang sudah dipersonalisasi.

Sistem AI pada Netflix mampu membaca dan mendata film-film jenis apa yang sering Anda tonton, sehingga mesin dapat memberikan rekomendasi dan saran film selanjutnya untuk Anda. Dengan begini, para konsumen Netfix akan tetap bertahan menggunakan aplikasi tersebut.

Memberikan penawaran tepat waktu

Mekanisme kedua dari AI untuk meningkatkan loyalitas konsumen adalah dengan memberikan penawaran produk yang pas dengan kebutuhan konsumen di waktu yang tepat pula. Kecanggihan kecerdasan buatan komputer dapat melacak dan merekam jejak pembelanjaan dari konsumen di toko online.

Bahkan kecanggihan AI pun dapat memprediksi kapan konsumen akan kehabisan produk Anda di rumah, sehingga mereka harus melakukan pembelian ulang.

Contoh perusahaan yang mengaplikasikan kecanggihan ini adalah perusahaan beauty brand Sephora melalui aplikasi Sephora Visual Artis. Dengan memanfaatkan kecanggihan AI, perusahaan Sephora bisa memberikan rekomendasi produk baru dan juga memprediksi kebutuhan di masa yang akan mendatang untuk setiap konsumennya. Canggih, bukan?

Menawarkan keunikan dan pengalaman

Banyak perusahaan menganggap bahwa dengan mengaplikasikan AI ke bisnis mereka, maka bisnis mereka akan menjadi lebih unik dibandingkan bisnis yang lain. Dengan AI, Anda tidak hanya akan menjual produk, tetapi lebih daripada itu, Anda pun akan turut menawarkan segudang keunikan dan pengalaman baru kepada semua orang.

Dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi, Anda bisa lebih mudah membangun loyalitas konsumen melalui keunikan-keunikan yang tidak didapatkan dari perusahaan tradisional. Semisal perusahaan Anda sudah mengaplikasikan teknologi AI Augmented Reality untuk konten-konten promosi.

Contoh perusahaan yang sukses mengaplikasikan Augmented Reality ini adalah game Pokemon Go. Game Pokemon Go terbukti sukses mendunia karena berhasil memanfaatkan teknologi untuk menyajikan pengalaman baru yang unik ke seluruh masyarakat.

Jadi, pihak Pokemon Go tidak hanya sekadar menjual produk berupa game, tetapi juga menawarkan lebih daripada itu, yaitu sebuah pengalaman bermain game yang baru dan lebih menyenangkan.

Menawarkan program loyalitas konsumen modern

Siapa yang tidak senang dengan program loyalitas konsumen? Taktik memberikan hadiah khusus dalam program loyalitas konsumen merupakan hal yang diaplikasikan oleh hampir semua perusahaan di dunia.

Semisal Anda adalah seorang pelanggan setia dari sebuah perusahaan. Saking seringnya Anda datang dan berbelanja di perusahaan tersebut, maka perusahaan tersebut pun memberikan Anda hadiah khusus baik diskon atau produk gratis sebagai ungkapan rasa terima kasih mereka kepada loyalitas dan dedikasi Anda.

Hal semacam inilah yang merupakan contoh dari program loyalitas konsumen. Sebut saja sistem status pengguna dari aplikasi e-commerce terbesar Shopee. Shopee memberikan sistem loyality bernama Member yang terbagi-bagi ke dalam beberapa tahapan, yakni member silver, gold, dan platinum.

Setiap level mempunyai bonus diskon yang berbeda-beda. Semakin tinggi level Anda, maka akan semakin banyak pula hadiah voucher dan diskon harga yang diberikan oleh Shopee untuk Anda.

Demikianlah pembahasan kali ini tentang pemanfaatan artificial intelligence untuk membangun loyalitas konsumen. Semoga artikel edisi kali ini mampu memberikan inspirasi untuk perusahaan Anda, terutama dalam hal berinovasi.

Tetap semangat dalam menjalankan bisnis, dan jangan lupa untuk mengecek artikel menarik dan informatif lainnya seputar dunia bisnis online hanya dari Markey. Sampai jumpa!


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang IT, Bisnis, Ekonomi, Berita Domestik dan Global langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

Blog Post Ranking 10

7 Jenis Font Paling Sering Digunakan Oleh Para Profesional Dalam Desain Grafis

Anda seorang desainer grafis? Atau, Anda baru hendak terjun kedalam dunia desain grafis? Pekerjaan membuat desain, meski terlihat mudah,...

10 Contoh Iklan Penawaran Jasa dan Produk Paling Menarik!

Jika Anda pernah mengeluarkan produk atau layanan baru, Anda tahu betapa sulitnya mengeluarkan kata. Anda mungkin melakukan iklan penawaran...

Startup Repair Adalah ? Penyebab dan Cara Mengatasinya

Saat ini laptop menjadi alat yang memiliki peran begitu penting. Hampir semua orang menggunakan laptop untuk menyelesaikan pekerjaannya atau...

7 Prinsip Desain Grafis yang Perlu Kamu Ketahui & Pelajari

Pernahkah Anda melihat sebuah film animasi atau sebuah gambar dengan desain grafis yang cantik, estetik dan menarik? Pernahkah Anda...

Facebook Ads dan Panduan Utamanya Untuk Bisnis Anda

Hampir semua orang pernah mengakses Facebook dan dari hasil pengumpulan survey, jumlah pengguna Facebook di Indonesia pada tahun 2018...

25 Tempat Jual Beli Online Terbaik dan Terpercaya di Indonesia

Dewasa ini, berkembangnya teknologi di Indonesia memunculkan beragam startup e-commerce berkonsep tempat jual beli online yang menjual produk lengkap...

Pemasaran Internasional Adalah ? | Fungsi, Tujuan & Contoh

Salah satu topik bahasan wajib dalam dunia bisnis dan ekonomi adalah pemasaran. Kita memang tidak akan pernah terlepas dari...

Tahapan Produksi | Indikator Keberhasilan

Dalam dunia bisnis, produksi adalah hal yang wajib dilakukan. Tanpa adanya produksi, lalu bagaimana produk akan ada? Seorang pengusaha...

5 Aspek Pemasaran Dalam Kewirausahaan

Aspek pemasaran dalam kewirausahaan adalah aspek-aspek yang harus Anda perhatikan sebelum Anda memulai sebuah usaha. Nantinya aspek pemasaran tersebut...

14 Aplikasi Desain Taman Untuk Pemula (Gratis)

Anda adalah salah seorang yang ingin memiliki rumah dengan desain taman yang menarik maka sangat cocok sekali beberapa informasi...

Jasa Web

Bisnis online

Pengembangan

Murah

Profesional

Toko online

SEO

Pemasaran

Tips

Jasa Aplikasi

Pembuatan Aplikasi

Bisnis online

Pemasaran

Istilah IT

TIPS

TOOLS

JASA

HARGA

Jasa Marketing

Istilah SEO

Teknik SEO

Tips Marketing

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya