Tidak berlebihan jika mengatakan bahwa tahun 2020 adalah tahun yang lumayan kacau dan sangat tidak terduga.
Ada beberapa rencana yang sudah kita susun dengan cermat namun karena adanya pandemi ini, rencana tersebut harus disesuaikan di beberapa bagian bahkan ada rencana yang harus dibuang.
Pada artikel kali ini, saya akan membahas mengenai prediksi tren pemasaran media sosial pada tahun 2022 yang merupakan hasil analisis dari lebih dari 70 pakar global mulai dari profesional industri dan manajer media sosial, hingga CMO untuk membantu menunjukkan tren yang menurut mereka akan paling signifikan terjadi pada tahun depan.
Baca juga : Media Sosial Adalah? Pengertian, Fungsi, Tujuan & Jenisnya
Setiap poin data tentu tidak universal, jadi silahkan ambil apa yang Anda butuhkan untuk membuat pengalaman yang lebih baik bagi pelanggan Anda dan ingatlah apa yang Anda / tim Anda mampu lakukan dengan mengetahui tren pemasaran sosial media Anda bisa menyusun strategi untuk tahun mendatang.
Daftar Isi
Sorotan Prediksi Media Sosial Tahun 2022
Sebagai pemasar merek dan pemimpin bisnis, laporan prediksi media sosial baru-baru ini menyoroti 10 tren utama yang perlu Anda perhatikan:
Beberapa prediksi para ahli antara lain:
Dampak khalayak yang semakin sadar dengan isu-isu global
Generasi saat ini sudah semakin sadar mengenai masalah global dan bagaimana bisnis menghadapinya. Oleh karena itu, pada tahun 2022, perusahaan harus lebih sadar akan kesehatan mental pelanggan mereka, dan mereka harus melakukan berbagai hal untuk meningkatkan kesehatan mental pelanggan mereka.
Munculnya disinformasi digital
Di tahun 2022, banyak informasi yang salah dan berita palsu yang beredar. Maka dari itu di tahun ini perusahaan harus lebih fokus dalam memberika pemberitaan yang benar dan sesuai fakta.
Raksasa media sosial beradaptasi dengan normal baru
Raksasa media sosial seperti facebook, twitter, instagram dll tidak mungkin menghilang atau mengurangi keterlibatan secara signifikan pada tahun 2022. Baik, Facebook, Twitter, Instagram, LinkedIn, dll akan terus membuat penyesuaian pedoman komunitas.
Laporan tersebut mengharapkan lebih banyak regulasi media sosial, dan platform akan mengintegrasikan belanja lebih jauh untuk menangkap pembeli di mana mereka berada.
Semua platform yang diuntungkan sekarang juga akan bertambah di tahun 2022 dan seterusnya. Para peneliti bahkan mengatakan bahwa mereka akan terbiasa dengan tren terbaru.
Tren pemasaran “old school”
Menurut laporan tersebut, metode yang teruji dan terbukti untuk terlibat dengan audiens Anda adalah cara yang ‘lebih aman’ untuk menetapkan strategi selama masa tidak pasti ini. Merek mencari cara yang lebih sederhana untuk melibatkan audiens, dan tren konsumsi seperti mendengarkan Podcast yang sedang meningkat belakangan ini.
Laporan itu mengatakan
Taktik pemasaran lama seperti buletin dan podcast mungkin tidak memiliki kemahiran metode yang lebih baru, tetapi mereka mudah dibuat oleh pemasar dan yang terpenting, mudah dikonsumsi oleh pelanggan.
Apakah sudah waktunya untuk menghidupkan kembali podcast, serial youtube, atau serial blog lama yang dapat memberikan nilai kepada audiens Anda? Strategi kreatif tidak selalu harus cerah, baru, dan berkilau.
Game sosial
Semenjak lockdown dimulai, semakin banyak orang yang tertarik dengan video game seluler. Mereka sekarang tidak hanya bermain game untuk menang tapi juga mengalihkan perhatian dari rasa bosan, karenanya perusahaan dapat memasarkan produknya melalui jaringan game.
Tren Pemasaran yang lebih bersifat percakapan
Dengan semakin banyaknya orang yang menghabiskan waktu online dan terlibat dengan merek secara digital selama pandemi, pemasaran percakapan telah terbukti menjadi norma yang diharapkan oleh konsumen. Tidak hanya chatbots AI (Artificial Intellegency) diharapkan akan terus meningkat.
Tren Pemasaran Nostalgia
Selama pandemi ini, orang lebih suka melihat kebahagiaan, dan ketika mereka melihat perusahaan memasarkan produknya dari masa lalu, itu akan membuat pelanggan bersemangat dan bahagia.
Pesan Melalui Meme
Belakangan ini, meme menjadi sangat populer, tidak hanya semata-mata digunakan untuk bahan lelucon saja, melainkan meme juga menjadi suatu cara dalam menyampaikan pesan dan terkadang meme ini dapat menyinggung sehingga bisnis harus berusaha untuk tetap terlindungi dari meme.
Konten 4C virus corona
Perusahaan harus memiliki gaya komunikasi dengan 4C virus corona yaitu Community, Contactless, Cleanliness dan Compassion.
Remixing adalah UGC yang baru
User Generated Content atau yang biasa dikenal dengan UGS adalah suatu bentuk content marketing di era terkini. Bisnis dapat mencampur konten mereka dengan aplikasi favorit publik seperti TikTok dan Snapchat.
Dengan melakukan ini, perusahaan akan memiliki audiens yang lebih luas dan lebih banyak konten untuk merek.
Prediksi pemasaran media sosial yang dilansir dari Impact
Talkwalker dan HubSpot mungkin telah menyusun laporan tersebut, tetapi Impactplus yang sudah lama berkecimpung di dunia media sosial dan berita, juga mempunyai pendapat mengenai prediksi untuk tahun depan.
Liz Moorehead , direktur editorial IMPACT
Moorehead mengatakan sebagai konsumen, pihaknya telah menggunakan media sosial selama bertahun-tahun sebagai sarana untuk berbagi momen dalam hidup dan terhubung dengan merek lain.
Namun, pada tahun 2020, semuanya meningkat. Media sosial, bagi banyak orang menjadi cara utama mereka dapat membina hubungan antar manusia dan memahami dunia di sekitar mereka. Namun di luar itu, media sosial telah menjadi satu-satunya cara bagi banyak dari kita untuk berinteraksi dengan merek/brand yang kita kenal dan cintai.
Moorehead mengatakan akan mendorong pemilik bisnis untuk memahami bahwa media sosial adalah cara yang ampuh untuk terus benar-benar memanusiakan bisnis Anda, berempati dengan konsumen di komunitas Anda, dan membuat semua orang mendapat informasi.
Selain itu, gunakan lebih banyak momen tanpa skrip, gambar yang tidak dipoles, dan lebih banyak konten bergaya ‘di belakang layar’ yang dapat dikaitkan dengan audiens Anda.
Ramona Sukraj, redaktur pelaksana IMPACT
Ramona Sukraj juga menambahkan bahwa media sosial harus lebih otentik. Dengan semua yang terjadi tahun ini, media sosial tetap menjadi salah satu dari sedikit cara kita harus terhubung sebagai manusia.
Stephanie Baiocchi, direktur komunitas dan acara IMPACT
Menurtnya, salah satu fungsi terpenting media sosial untuk bisnis di tahun 2021 adalah layanan pelanggan. Ketika mereka beralih ke media sosial untuk mendapat dukungan pelanggan, mereka mengharapkan tanggapan yang cepat dan bermanfaat dan hal terbaik mutlak yang dapat Anda lakukan adalah memberikan dukungan itu secara konsisten.
Ketika orang lain melihat tanggapan Anda yang cepat dan konsisten dalam membantu orang lain, mereka akan cenderung mempercayai Anda dan memilih berbisnis kembali dengan Anda.
Penutup
Tidak ada jaminan bahwa apa yang kita lakukan saat ini selalu berhasil, akan selalu ada halangan demi halangan dan perubahan rencana yang harus siap untuk dihadapi. Tetapi kita masih dapat mengontrol bagaimana membangun media sosial dan strategi pemasaran digital.
Tren data dan pengguna sangat penting pada saat dunia sedang tidak pasti sepeti sekarang, jadi biarkan laporan ini membantu Anda membentuk strategi pemasaran untuk tahun yang akan datang.
Ingin mendapat lebih banyak rekomendasi tren, insight marketing dan tips mengelola olshop sukses? Sekarang semuanya tersedia gratis di MARKEY! Follow websitenya di https://markey.id/ atau download MARKEY APP di Playstore dan AppStore.
Sampai bertemu lagi di ulasan inspiratif berikutnya, sayonara.
Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.