6.7 C
Munich

Media Bisnis Online | by APPKEY

Pemasaran Marketing strategy 6 Strategi Pemasaran yang Baik dan Efektif Untuk Usaha

6 Strategi Pemasaran yang Baik dan Efektif Untuk Usaha

-

Strategi pemasaran yang baik akan membantu Anda untuk meningkatkan penjualan yang mana sangat penting untuk kelangsungan usaha Anda. Tanpa strategi pemasaran yang baik mustahil sebuah bisnis atau usaha bisa melaksanakan penjualan dengan sukses.

Nah dalam artikel ini akan dikupas tuntas tentang strategi pemasaran yang baik dan efektif untuk usaha.

Strategi Pemasaran : Pengertian, Fungsi, Konsep dan Tujuannya

Sebelum kita membahas strategi pemasaran yang baik dan efektif untuk usaha, kita bahas dulu apa itu pengertian, fungsi, konsep dan tujuan dari strategi pemasaran. Hal ini agar Anda lebih mudah untuk memahami strategi pemasaran yang baik dan bagaimana menerapkannya nanti di perusahaan Anda.

Artikel terkait  Teknik Pemasaran | 7 Teknik Analisis Pemasaran

 

Pengertian strategi pemasaran

Jadi yang dimaksud dengan strategi pemasaran adalah suatu upaya untuk memasarkan suatu jasa atau produk dengan menggunakan plan (rencana) dan taktik khusus yang ditujukan untuk meningkatkan penjualan.

Dengan jumlah penjualan yang meningkat maka perusahaan tersebut mendapatkan keuntungan sebagaimana yang sudah ditargetkan sejak awal.

Fungsi strategi pemasaran

Setidaknya ada empat fungsi dari strategi pemasaran

Pertama adalah berfungsi meningkatkan motivasi untuk melihat masa depan. Maksudnya adalah strategi pemasaran akan membuat seorang manager perusahaan berpikir dan melihat secara futuristik. Dengan pikiran visioner jauh ke masa depan maka seorang manager perusahaan akan bisa memastikan kelangsungan perusahaannya.

Kedua, strategi pemasaran berfungsi untuk mengkoordinasi kegiatan pemasaran menjadi lebih efektif. Setiap perusahaan yang baik tentu mempunyai strategi pemasaran sendiri-sendiri. Nah strategi pemasaran inilah nantinya yang mengatur arah jalannya perusahaan dan membuat tiap divisi dalam perusahaan bisa berkoordinasi dengan baik.

Ketiga, strategi perusahaan berfungsi untuk merumuskan tujuan dari perusahaan itu sendiri. Sebuah keharusan bagi pemilik perusahaan mengetahui dan menentukan dengan jelas apa tujuan perusahaan. Nah dengan strategi pemasaran ini maka manager perusahaan akan terbantu dalam membuat detail tujuan entah itu untuk jangka pendek maupun jangka panjang.

Keempat, strategi pemasaran juga berfungsi untuk mengawasi kegiatan pemasaran. Ya, dengan strategi pemasaran Anda bisa mengawasi apakah kegiatan dan proses pemasaran sudah sesuai dengan strategi yang Anda terapkan. Dengan strategi pemasaran ini Anda juga bisa memantau karyawan Anda lebih mudah guna meningkatkan mutu dan kinerja yang efektif.

Konsep strategi pemasaran

Berdasarkan kesepakatan para ahli, kunci utama dari konsep strategi pemasaran adalah kepuasan yang dirasakan pelanggan setelah menggunakan jasa ataupun produk sebuah perusahaan. Jadi meski strategi pemasaran setiap perusahaan adalah berbeda, namun kepuasan pelanggan lah yang mereka utamakan.

Konsep strategi pemasaran umumnya ada lima. Konsep pertama adalah segmentasi pasar yaitu untuk mengelompokkan setiap konsumen yang berbeda-beda yang sifatnya heterogen menjadi satuan pasar yang sifatnya homogen. Konsep kedua adalah market positioning yaitu memosisikan sebuah perusahaan di segmen pasar yang paling menguntungkan.

Konsep ketiga adalah market entry strategy yang bisa diartikan strategi perusahaan untuk masuk pada segmen pasar tertentu semisal membeli perusahaan lain, kerja sama dengan perusahaan lain dan seterusnya. Konsep keempat adalah mix marketing atau bauran pemasaran yang merupakan kumpulan dari variabel-variabel untuk mempengaruhi tanggapan dari pelanggan.

Kelima atau terakhir konsep dari strategi pemasaran adalah timing strategy. Maksud dari timing strategy adalah strategi pemilihan waktu. Perlu Anda ketahui bahwa pemilihan waktu yang tepat akan sangat berpengaruh dalam sukses tidaknya sebuah pemasaran.

Jadi selain harus melakukan persiapan yang baik saat proses produksi juga harus memiliki timing yang tepat dalam mendistribusikan produk tersebut ke pasar.

Artikel terkait  Pemasaran Tidak Langsung : Kelebihan dan Kekurangannya

Tujuan strategi pemasaran

Umumnya ada empat tujuan kenapa sebuah perusahaan harus memiliki strategi pemasaran yang baik.

Pertama, tujuan dari strategi pemasaran adalah untuk meningkatkan kerja sama dan koordinasi antar karyawan dalam divisi pemasaran.

Kedua, strategi pemasaran sebagai alat untuk mengukur hasil pemasaran apakah sudah sesuai dengan capaian yang telah ditentukan sebelumnya.

Ketiga, strategi pemasaran juga bisa dijadikan dasar yang masuk akal setiap kali seorang manajer perusahaan mengambil keputusan tentang pemasaran.

Keempat, strategi pemasaran akan membantu tiap individu dalam perusahaan Anda beradaptasi jika ada kesalahan yang terjadi.

Strategi Pemasaran yang Baik dan Efektif Untuk Usaha

Ketika Anda menjalankan sebuah usaha, tidak penting lagi seberapa bagus perusahaan Anda menciptakan sebuah produk dan jasa. Yang lebih penting adalah bagaimana Anda bisa memasarkan produk dan jasa tersebut dengan sukses sesuai cita-cita perusahaan.

Hal inilah mengapa sebuah perusahaan harus memiliki strategi pemasaran yang baik. Strategi pemasaran merupakan kunci utama berhasil tidaknya Anda memasarkan suatu produk dan jasa.

Dengan produk dan jasa yang berkualitas ditambah dengan strategi pemasaran yang tepat maka perusahaan Anda bisa meningkatkan penjualan secara signifikan.

Nah berikut ini 6 rangkuman dari strategi pemasaran yang baik dan efektif untuk Anda terapkan dalam perusahaan Anda.

Tentukan target pasar dan kenali mereka

Ketika Anda membuat sebuah produk, menyediakan sebuah jasa ataupun menjual sesuatu pasti Anda sudah tahu kepada siapa produk dan jasa tersebut ingin Anda pasarkan. Produk dan jasa yang Anda tawarkan pasti memiliki spesifikasi target yang sudah harus Anda tentukan terlebih dahulu.

Spesifikasi sebuah target memang menjadi keharusan ketika Anda ingin pemasaran produk dan jasa yang Anda laksanakan berhasil. Jadi merupakan target pasar yang keliru jika Anda ingin menjual sepatu hak tinggi kepada wanita yang sudah berumur. Jika Anda ingin menjual sepatu hak tinggi maka target pasar Anda adalah wanita karir umur 20-40 tahun.

Jadi apapun produk dan jasa yang Anda tawarkan Anda harus membuat segmentasi pasarnya. Dengan identifikasi target pelanggan yang tepat maka Anda akan dimudahkan dalam menyusun strategi pemasaran yang baik dan efektif. Hal ini tentu akan menghindarkan Anda dari trial dan error serta menghemat waktu, tenaga, dan biaya.

Artikel terkait  Teknik Pemasaran Produk yang Efektif dan Efisien

Pilih lokasi yang strategis

Strategi pemasaran yang baik berikutnya adalah memilih lokasi yang strategis. Di era digital memang lokasi yang strategis tidak begitu dibutuhkan karena sudah ada market virtual yang bisa dikunjungi orang dengan mudah dimanapun mereka berada.

Namun Anda jangan salah, lokasi strategis tetap Anda butuhkan lebih-lebih jika Anda sedang merintis sebuah usaha. Memiliki usaha yang baru tentu Anda ingin membuat usaha tersebut dikenal orang dengan cepat. Nah salah satu caranya adalah dengan menempatkannya di lokasi yang strategis.

Strategis di sini maksudnya bisa untuk Anda dan calon pelanggan. Lokasi yang strategis tentu akan memudahkan Anda dalam proses produksi dan distribusi. Untuk pelanggan mereka juga akan dimudahkan ketika ingin membeli produk atau menggunakan jasa perusahaan Anda. Intinya lokasi yang strategis akan membantu Anda meningkatkan jumlah penjualan jasa dan produk.

 

Gencarlah dalam berpromosi

Nah sesudah Anda menentukan secara spesifik kepada siapa Anda ingin memasarkan produk dan jasa perusahaan Anda maka hal selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah rajin berpromosi. Dengan target pasar yang sudah ditentukan maka proses promosi akan mudah karena jasa dan produk Anda hanya akan menyasar kelompok pasar tersebut.

Agar proses promosi yang Anda lakukan berhasil Anda perlu melakukannya dengan cara-cara yang kreatif. Selain itu Anda harus melakukannya dengan terus menerus dan konsisten. Tidak ada kata putus asa atau bosan jika Anda ingin penjualan Anda meningkat sesuai dengan strategi pemasaran di awal.

Banyak hal yang bisa Anda lakukan untuk pengenalan dan promosi produk dan jasa yang Anda jual. Misalnya saja dengan brosur atau pamflet yang bisa Anda berikan kepada teman, keluarga dan kenalan Anda. Anda juga bisa melakukan promosi dari mulut ke mulut yang terbukti sangat efektif dalam meningkatkan penjualan.

Promosi dari mulut ke mulut menuntut produk dan jasa yang Anda tawarkan berkualitas sempurna. Dengan produk dan pelayanan yang optimal maka pelanggan Anda dengan sendirinya akan menceritakan perusahaan Anda kepada teman-teman mereka secara mengena dan gratis. Imbasnya Anda bisa menjaring pelanggan lebih banyak.

Cara lain yang bisa Anda lakukan untuk promosi dan terbukti efektif adalah dengan memanfaatkan media sosial. Media sosial marketing begitu populer akhir-akhir ini karena kemudahannya dan jangkauannya yang tidak terbatas. Juga karena inilah persaingan antar pelaku usaha menjadi sangat ketat.

Persaingan yang ketat jangan membuat Anda patah semangat dan pesimis, namun jadikan hal ini sebagai tantangan yang akan memacu Anda melakukan yang terbaik. Nah jika Anda ingin sukses berpromosi dengan media sosial Anda bisa mengikuti cara-cara berikut ini.

  • Buat konten promosi dan kapan Anda akan mem-posting-nya. Konten promosi harus menarik dan memuat segala hal yang berkaitan dengan jasa dan produk yang Anda tawarkan. Intinya harus informatif sehingga calon pelanggan yang tertarik tidak akan merasa kebingungan membaca postingan Anda. Kemudian waktu posting juga harus Anda pikirkan dengan baik, usahakan posting di jam -jam warganet bermain media sosial.
  • Selalu perhatikan dan pelajari jenis konten yang sedang trend pada saat itu. Hal ini penting karena promosi produk dan jasa dengan konten yang sedang trend pada saat itu akan membuat calon pelanggan tertarik untuk menggunakan jasa dan produk Anda.
  • Belajar dari kompetitor. Maksudnya adalah Anda harus sadar dengan gerak -gerik pesaing Anda. Anda bisa kurasi atau menggabungkan konten dari akun mereka atau akun eksternal lain.
  • Selalu pantau komentar calon pelanggan dalam posting-an tersebut. Buat interaksi yang ramah dan bersahabat jika mereka sekedar tanya tentang produk dan jasa yang Anda tawarkan.
  • Gunakan tools atau alat-alat yang bisa mendukung Anda misalnya saja Facebook Ads, Facebook pixel, Monkey Follower dan lain sebagainya.

Gunakan internet marketing dengan membuat website professional

Strategi pemasaran yang baik berikutnya adalah memanfaatkan teknologi internet dengan membuat website perusahaan/bisnis yang profesional. Di zaman digital ini menjadi sebuah keharusan bagi sebuah bisnis atau perusahaan memiliki sebuah website, bahkan sekelas UKM.

Artikel terkait  Pengertian Marketing Serta Strategi & Pendekatannya

Mengapa Website Dapat Meningkatkan Penjualan ?

Website memang sangat berpengaruh untuk meningkatkan penjualan Anda. Dengan hasil penjualan yang selalu positif dan meningkat maka keberlangsungan usaha Anda juga akan terjaga. Berikut kami rangkumkan mengapa website adalah sebuah strategi pemasaran yang baik dan harus Anda miliki.

Website meningkatkan kredibilitas usaha kecil

Jika Anda adalah pelaku usaha pemula, maka website akan membuat usaha Anda lebih kredibel. Harus Anda sadari bahwa sekarang ini banyak konsumen yang menggunakan internet untuk mencari produk dan jasa yang mereka inginkan. Nah dengan memiliki website bisnis yang berkualitas, maka potensi mereka akan membeli produk dan jasa yang Anda tawarkan akan lebih besar.

Memiliki sebuah website juga akan menguntungkan Anda dimana Anda tidak harus memiliki sebuah toko fisik. Artinya Anda bisa menghemat anggaran yang mana bisa Anda terapkan untuk hal lain yang lebih penting.

Selalu terhubung dengan pelanggan

Memiliki website bisnis sendiri akan membuat Anda selalu terhubung dengan pelanggan setia Anda. Maksudnya adalah apabila ada informasi-informasi baru Anda bisa langsung mengupdatenya di website Anda. Selain itu ketika ada promosi khusus maka pelanggan juga akan lebih cepat tahu.

Lebih jauh, dengan website Anda juga bisa berinteraksi dengan pelanggan Anda. Dengan adanya fitur komentar dan lainnya Anda bisa mengetahui kesan mereka menggunakan jasa/produk Anda. Testimoni mereka inilah yang bisa Anda jadikan dasar untuk selalu memperbaiki kualitas layanan Anda.

Nyaman dan mudah diakses

Sebuah website akan mudah diakses oleh siapapun khususnya pelanggan setia Anda selama mereka memiliki jaringan internet. Artinya toko yang Anda miliki buka terus setiap hari selama setahun yang tentu potensial meningkatkan jumlah penjualan Anda.

Jadi meski toko offline Anda tutup mereka tetap bisa membeli produk Anda dengan nyaman.

Menjangkau target pasar yang lebih luas

Manfaat website berikutnya bagi pemasaran adalah website bisa menjangkau target pasar yang lebih luas dan banyak yang tentu akan meningkatkan penjualan. Jadi baik produk atau jasa, maka website bisa menjadi alternatif utama sarana untuk mempromosikannya kepada pelanggan potensial.

Artikel terkait  Perilaku Konsumen : Pengertian, Faktor dan Contohnya

Menjalin hubungan yang baik dengan pelanggan

Strategi pemasaran yang baik berikutnya adalah dengan selalu menjalin hubungan yang baik dengan konsumen atau pelanggan Anda. Hubungan yang baik dengan mereka harus Anda jaga karena merekalah yang memungkinkan Anda mendapatkan jumlah penjualan yang direncanakan.

Cara membina hubungan yang baik dengan konsumen adalah dengan melayani mereka sebaik mungkin. Minta mereka untuk memberikan testimoni tentang produk dan jasa yang Anda tawarkan. Selain itu Anda juga bisa menghubungi mereka jika ada promo khusus yang mana akan membuat mereka merasa penting.

Kerjasama dengan influencer media sosial

Strategi pemasaran yang baik selanjutnya adalah Anda bisa mencoba untuk bekerja sama dengan influencer media sosial. Sudah disebutkan sebelumnya bahwa media sosial adalah sarana promosi yang efektif namun jika ditambah dengan influencer maka hal ini akan menjadi kombinasi yang sempurna untuk meningkatkan penjualan Anda.

Influencer adalah orang yang memiliki pengaruh di jagat maya yang memiliki jumlah follower atau liker yang banyak. Mereka bisa berasal darimana saja semisal artis, dokter, penikmat hobi, anak-anak, dewasa. Intinya mereka adalah individu yang memiliki penggemar yang banyak.

Dengan bekerja sama dengan influencer yang tepat plus memiliki basis pengikut yang besar sesuai dengan target pasar Anda maka penjualan Anda bisa ditingkatkan. Sesuai fakta bahwa hampir 71 persen konsumen melakukan pembelian produk dan jasa setelah mendapatkan referensi dari media sosial.

Nah demikianlah pembahasan tentang strategi pemasaran yang baik dan efektif untuk usaha. Semoga hal-hal di atas bisa Anda terapkan dan penjualan Anda meningkat menjadi lebih baik. Semoga sukses dan selamat mencoba.
[marketing-about]

Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang IT, Bisnis, Ekonomi, Berita Domestik dan Global langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

Blog Post Ranking 10

7 Prinsip Desain Grafis yang Perlu Kamu Ketahui & Pelajari

Sebagai sebuah ilmu, desain grafis juga memiliki sejumlah aturan untuk menyusun berbagai elemen desain hingga menjadi sebuah desain yang...

Teknologi Jaringan Tanpa Kabel Disebut ? | Pengertian & Ulasannya

Apa sih sebenarnya teknologi jaringan tanpa kabel itu? Teknologi jaringan tanpa kabel disebut dengan nirkabel. Yang mana jaringan tersebut...

14 Aplikasi Desain Taman Untuk Pemula (Gratis)

Anda adalah salah seorang yang ingin memiliki rumah dengan desain taman yang menarik maka sangat cocok sekali beberapa informasi...

5 Aspek Pemasaran Dalam Kewirausahaan

Aspek pemasaran dalam kewirausahaan adalah aspek-aspek yang harus Anda perhatikan sebelum Anda memulai sebuah usaha. Nantinya aspek pemasaran tersebut...

7 Jenis Font Paling Sering Digunakan Oleh Para Profesional Dalam Desain Grafis

Anda seorang desainer grafis? Atau, Anda baru hendak terjun kedalam dunia desain grafis? Pekerjaan membuat desain, meski terlihat mudah,...

15 Website Jurnal Gratis Terbaik

Menyusun sebuah jurnal bagi para cendekiawan ataupun para mahasiswa membutuhkan waktu yang tidak singkat. Seperti kita ketahui sampai detik...

10 Contoh Iklan Penawaran Jasa dan Produk Paling Menarik!

Jika Anda pernah mengeluarkan produk atau layanan baru, Anda tahu betapa sulitnya mengeluarkan kata. Anda mungkin melakukan iklan penawaran...

Produksi Massal Adalah : Ciri, Keuntungan dan Tujuannya

Pernahkah Anda membayangkan atau memikirkan bagaimana suatu proses produksi dilakukan? Di mana seorang produsen menciptakan sebuah produk yang dapat...

Jenis-Jenis Perusahaan Jasa di Indonesia

Pengertian perusahaan jasa adalah perusahaan yang menjadikan suatu jasa sebagai produk utama perusahaannya. Bisa juga dikatakan sebagai perusahaan, yang...

Startup Repair Adalah ? Penyebab dan Cara Mengatasinya

Saat ini laptop menjadi alat yang memiliki peran begitu penting. Hampir semua orang menggunakan laptop untuk menyelesaikan pekerjaannya atau...

Jasa Web

Bisnis online

Pengembangan

Murah

Profesional

Toko online

SEO

Pemasaran

Tips

Jasa Aplikasi

Pembuatan Aplikasi

Bisnis online

Pemasaran

Istilah IT

TIPS

TOOLS

JASA

HARGA

Jasa Marketing

Istilah SEO

Teknik SEO

Tips Marketing

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya