Strategi Pemasaran Online Produk yang Efektif

Berjualan atau memasarkan produk merupakan hal yang tidak mudah terlebih lagi banyaknya jumlah persaingan yang semakin meningkat. Memang laku atau tidaknya produk Anda, tergantung pada rezeki yang diperoleh. “Ya yang namanya jualan kadang ramai, ya kadang juga sepi.” Sebaiknya jauhkan diri Anda dengan pola pikiran seperti itu, karena memang ada banyak cara yang bisa diupayakan untuk meningkatkan penjualan produk Anda.

Sekarang ini adalah zamannya teknologi digital sehingga Anda harus bisa memanfaatkannya dengan baik yakni dengan mengatur strategi pemasaran online. Yang merupakan sebuah usaha yang dapat Anda lakukan untuk memperkenalkan bisnis atau usaha Anda kepada khalayak publik dengan menggunakan internet.

Apakah perlu mengatur strategi pemasaran dengan menggunakan jasa digital marketer profesional? Apabila usaha Anda memang baru saja dirintis, maka sebaiknya tidak perlu menggunakan jasa dari pihak lain, karena mulai sekarang Anda pun harus belajar tentang ilmu digital marketing.

Selama selalu mengikuti pola yang ada, maka tidak sulit untuk menjalankan digital marketing yang tepat. Sebab, kuncinya adalah konsisten. Semakin Anda konsisten dalam menerapkan strategi tersebut, maka semakin besar pula peluang agar bisnis dan produk Anda menjadi dikenal hingga dicintai oleh banyak orang.

Strategi Pemasaran Online | Memperkenalkan Produk

PEMASARAN

Pertama-tama Anda harus mengatur strategi dalam hal personal branding yakni dengan cara memperkenalkan produk Anda dalam jangkauan yang luas, yakni melalui bantuan internet. Dalam hal ini lebih tepatnya Anda harus memiliki situs website untuk bisnis sekaligus profil perusahaan / toko Anda yakni website yang memiliki kelengkapan sebagai berikut :

SEO (Search Engine Optimization)

Banyak pihak yang mengatakan bahwa keberadaan SEO memang memegang peranan penting dalam strategi pemasaran online. Berbekal dengan konten (isi website) yang dioptimalkan menggunakan teknik SEO, maka produk yang Anda tawarkan akan mudah dipasarkan karena memang akan lebih mudah dikenal dan dijangkau oleh para konsumen.

Selain itu dengan menggunakan optimasi teknik SEO target marketing maupun audien yang Anda tuju bisa menjadi lebih spesifik dan relevan sehingga memungkinkan bagi toko / perusahaan Anda untuk mendapatkan konversi yang jauh lebih besar.

SEM (Search Engine Marketing) 

Tak jauh berbeda dengan SEO, SEM juga merupakan strategi pemasaran produk yang memanfaatkan media mesin pencarian internet. Bedanya melalui SEM Anda bisa langsung menempatkan produk pada urutan teratas di halaman utama mesin pencarian. Namun untuk melakukannya Anda harus mengeluarkan biaya lebih bahkan lebih banyak daripada pemakaian teknik SEO. Sebab biaya yang harus dikeluarkan tergantung pada penggunaan keyword. Namun, baik SEO maupun SEM keduanya memiliki kesamaan, yakni sama-sama memiliki target marketing yang lebih relevan dan spesifik.

Sosial Media Marketing 

Walaupun Anda sudah memiliki situs web bisnis profesional, namun Anda tidak boleh lupa untuk memanfaatkan sosial media marketing. Pasalnya, kekuatan dari eksistensi media sosial sangat bagus digunakan untuk melakukan strategi pemasaran produk secara online. Untuk berjualan dengan perantara media sosial, maka Anda harus bisa memposting konten berupa tulisan, foto dan video yang mampu menarik perhatian serta minat para konsumen.

Hanya saja dalam pelaksanaanya, Anda perlu memperhatikan pemilihan platform media sosial tersebut. Untuk itu, Anda harus memilih media sosial yang dianggap paling sesuai dengan produk maupun brand Anda, contohnya dengan menggunakan Facebook Ads maupun Instagram Ads. Kemudian Anda bisa menghubungkan media sosial tersebut pada website bisnis Anda.

PPC (Pay per click advertising) 

Strategi pemasaran online yang satu ini memang layak untuk digunakan, dimana strategi ini membuat Anda untuk membayar tiap klik yang dihasilkan dari iklan yang telah dibuat. Cara kerjanya, memang hampir sama dengan SEM, namun bedanya terdapat beberapa platform yang dapat digunakan untuk menampilkan iklan PPC kepada para audience, yakni Google AdWords dan Facebook.

Affiliate Marketing 

Dikatakan bahwa Anda telah melakukan strategi affiliate marketing, apabila Anda menjalin kerja sama dengan pebisnis lain untuk memasarkan produk Anda, yakni dengan sepakat akan membagi setiap keuntungan yang telah didapatkan. Salah satu contohnya seperti bekerja sama dengan blogger. Jika sebelumnya Anda sudah bisa  membuat URL unik yang nantinya disisipkan ke dalam artikel karya blogger seputar produk Anda, maka apabila URL tersebut diklik oleh konsumen, maka konsumen tersebut akan beralih pada website Anda.

Apabila konsumen melakukan pembelian atau paling tidak terjadi sebuah konversi, maka pihak blogger tersebut akan mendapatkan keuntungan dari software affiliate tracking. Anda pun juga akan memperoleh keuntungan tersendiri dalam hal ini. Namun cara affiliate marketing ini biasanya hanya populer digunakan untuk memasarkan produk yang berhubungan dengan dunia kuliner maupun travelling.

Paling tidak Anda harus mencoba dan menerapkan semua strategi pemasaran tersebut. Sebab, sangat penting untuk selalu mengembangkan jaringan bisnis dalam jangkauan seluas-luasnya. Apabila suatu saat nanti Anda mampu untuk terhubung dengan jaringan yang lebih luas, maka tidak sulit bagi Anda untuk memperkenalkan produk hingga ke mancanegara.

Tak dapat dipungkiri bahwasanya pertumbuhan bisnis online saat ini semakin pesat. Sebab, pertumbuhan bisnis online saat ini ada pada berbagai macam jenis industry sehingga mau tidak mau Anda selaku salah satu pebisnis juga harus mengikuti segala perubahan dalam dunia digital dan dunia berniaga. Dengan demikian jumlah pesaing pun semakin banyak sehingga mulai dari sekarang Anda harus menyiapkan strategi marketing online secara khusus agar menjadi lebih unggul dengan yang lainnya. Dengan strategi yang Anda miliki, setidaknya Anda mampu membangun personal branding dan mampu memperkenalkan produk yang ditawarkan dalam jangkauan konsumen yang lebih luas, sehingga akan lebih mudah untuk meningkatkan jumlah pelanggan yang potensial.

Strategi Pemasaran Online Produk Yang Efektif

PEMASARAN1

Setelah Anda sudah memperkenalkan produk melalui optimasi pada website bisnis profesional, maka Anda pun juga harus menerapkan teknik strategi pemasaran online produk yang tepat. Beberapa strategi berikut ini bisa Anda coba untuk bisa bersaing di media online dalam jangkauan yang lebih luas.

Memasarkan Produk Lewat Media Sosial

Dalam tahun ke tahun, pengguna media sosial terus mengalami peningkatan secara drastis. Hal ini dapat dijadikan sebagai ladang peluang bagi Anda dengan memasarkan produk lewat media sosial. Lantas, mengapa media sosial dapat digunakan sebagai salah satu media pemasaran yang efektif? Sebab, pengguna media sosial jumlah sangat banyak, sehingga media sosial memiliki target pasar yang luas, sekaligus para penggunanya juga sangat berpotensi sebagai pelanggan Anda.

Apabila hendak memasarkan produk melalui media sosial, maka sebaiknya gunakan media sosial yang populer, seperti Facebook, Twitter dan Instagram. Berikutnya Anda harus memposting konten jualan yang semenarik mungkin. Sertakan pesan promosi di dalamnya karena sebaiknya jangan hanya menuliskan kata-kata yang membosankan seperti, “Barang ready gaes, yuk order! Bisa tanya-tanya juga.”

Akan lebih baik jika Anda menggunakan susunan kata yang menarik namun tetap mengandung maksud berpromosi, contohnya: “Yang namanya manusia pasti banyak kurangnya kan? Di kasih musim kemarau minta musim hujan, eh udah di kasih hujan malah mengeluh. Tenang, sekarang sudah zaman modern, wara-wiri naik motor menerjang hujan tak masalah! Karena di sini kami menyediakan jas hujan waterproof dengan aneka desain menarik, mulai dari desain batik, desain elegan, desain kekinian, desain animasi kartun dan lain sebagainya.” Kemudian upload produk jualan Anda sebagai pemanis konten yang diposting.

Nah, sekarang sudah paham kan seperti apa bedanya? Jika sudah mengerti, pastikan bahwa Anda selalu bisa konsisten dalam memposting konten-konten produk lewat sosial media.

Memanfaatkan Platform Website

Sebelumnya sudah dijelaskan di awal, bahwa website merupakan media pemasaran yang paling baik, karena dapat digunakan dalam jangka waktu panjang dan dapat membidik pangsa pasar yang lebih luas. Dengan adanya web bisnis profesional, maka secara otomatis perusahaan / toko Anda menjadi terlihat lebih profesional di mata konsumen, sehingga tidak sulit bagi Anda untuk meningkatkan kepercayaan konsumen. Sebab dengan penggunaan website, tak hanya difungsikan untuk memperkenalkan produk yang Anda jual, karena para pembeli pun akan menjadi semakin percaya dengan produk Anda, ketika Anda sudah memiliki situs resmi yang menyakinkan.

Dan, bagi calon buyer yang masih memiliki keraguan terhadap produk Anda, maka mereka dapat mencari informasi lebih banyak melalui mesin pencarian internet. Dengan demikian, mereka bisa merasa lebih yakin lagi untuk menjadi pelanggan setia produk-produk Anda.

Mengirimkan Email Marketing Kepada Segmen Pasar

Salah satu strategi pemasaran online yang cukup ampuh dijalankan, adalah email marketing. Hal ini disebabkan karena dengan email marketing, Anda bisa melakukan pemasaran dengan lebih efektif dan tertarget. Untuk seputar informasi yang berkaitan tentang promosi maupun update produk terbaru dan lainnya, bisa langsung Anda kirimkan kepada para target audiens, sehingga Anda bisa melakukan pendekatan secara personal kepada calon pembeli.

Memberikan Tawaran Sebagai Reseller Produk

Penerapan sistem reseller mampu meningkatkan jumlah penjualan Anda. Sebab, sistem reseller merupakan salah satu strategi pemasaran yang cukup optimal. Jadi begini sistemnya, ketika ada pihak yang tertarik menjadi reseller Anda, maka secara otomatis pihak tersebut telah bergabung menjadi mitra dengan tujuan yang sama, yakni untuk menjual produk dari toko / perusahaan Anda. Namun di sini, reseller akan menjualnya lagi dengan selisih harga, sebagai keuntungan mereka. Misalnya jika Anda menjual hijab seharga Rp. 35.000,- , maka reseller bisa menjualnya seharga Rp. 40.000,- s/d Rp. 50.000,-. Sudah paham kan?

Oleh karena itu, Anda harus memberikan harga khusus kepada reseller. Misalnya jika Anda menjual hijab ke para pembeli seharga Rp. 40.000,- , maka setidaknya reseller harus mendapatkan harga Rp. 35.000,-. Walaupun harga yang Anda tetapkan menjadi lebih murah, namun penjualan bisa terjadi dalam kuantitas besar dan rutin. Nah, agar para reseller Anda menjadi semakin yakin untuk berjualan produk-produk Anda, sebaiknya berilah reward berupa bonus atau hadiah untuk reseller yang mampu melampaui target minimal penjualan yang telah ditetapkan sebelumnya.

Menginformasikan Review Produk dan Testimoni Pelanggan 

Dengan menginformasikan review produk dan juga testimoni pelanggan merupakan salah satu cara yang paling efektif untuk membangun kepercayaan calon pembeli terhadap produk-produk Anda, terutama bagi calon pembeli yang masih merasa ragu. Untuk meyakinkan para calon pembeli, Anda bisa memberikan bukti seputar kualitas produk Anda melalui review produk dan testimoni pelanggan.

Selain menjalankan setiap strategi pemasaran online yang diinformasikan di atas, jangan lupa selalu memprioritaskan dan mengutamakan pembeli maupun calon pembeli. Berikan pelayanan yang memuaskan bagi mereka semua, tanpa pilih kasih. Sekalipun ada calon pembeli yang hanya bertanya-tanya, tetapi pada akhirnya tidak jadi melakukan transaksi pembelian, Anda tetap harus menghadapinya dengan sabar. Kemudian sebisa mungkin, balas setiap pertanyaan atau hal-hal yang disampaikan calon pembeli dengan cepat dan dengan respon yang ramah.

Pada intinya, untuk bisa unggul bersaing dalam pemasaran secara online, maka Anda harus menerapkan strategi dan teknik pemasaran online secara konsisten dan rutin. Jangan patah semangat jika di awal-awal belum ada pembeli yang tertarik dengan produk Anda. Sebab, perusahaan besar lainnya, bukan memiliki pengalaman sehari dua hari langsung sukses mendapatkan omset milyaran hingga triliunan rupiah per bulannya.

Oleh karena itu, sembari berbisnis dan berjualan, Anda pun bisa belajar dan meningkatkan pengalaman. Agar menjadi semakin sukses dalam dunia bisnis, Anda bisa melihat dan menilai strategi pemasaran yang diterapkan oleh perusahaan / toko yang populer di kalangan konsumen. Dari sana, Anda dapat belajar banyak hal, seputar bagaimana cara berkomunikasi dengan calon pembeli yang nyebelin, bagaimana cara merebut kepercayaan pelanggan, bagaimana cara closing yang akurat dan lain sebagainya.

Rangkaian Strategi Pemasaran Online 

 Untuk lebih jelasnya, berikut akan dirangkumkan mengenai serangkaian hal-hal yang dilakukan untuk menerapkan strategi pemasaran yang tepat.

  • Bangun bisnis Anda : Miliki stan atau kantor yang sewaktu-waktu dapat dikunjungi oleh para pelanggan. Kemudian, milikilah sebuah web bisnis profesional, untuk memudahkan pelanggan untuk melakukan transaksi pembelian via online.
  • Mulai perkenalkan bisnis dan produk Anda : Perkenalkan lewat promosi konten di media sosial, website, email marketing dan kepada pihak reseller produk.
  • Bangun kepercayaan pelanggan : Bisa dilakukan dengan memaksimalkan kualitas produk jualan, kualitas pelayanan dan respon pemesanan yang cepat.
  • Beri kepuasaan bagi para pelanggan : Terus tingkatkan kualitas produk jualan, tingkatkan pelayanan, berikan respon yang cepat serta lakukan proses konfirmasi pemesanan dan pengiriman produk dengan cepat.
  • Meningkatkan kualitas kepercayaan pelanggan : Tipe pembeli ada bermacam-macam, ada yang tak banyak menuntut namun ada pula yang cerewet (banyak maunya) hingga kelewat nyebelin. Namun demi meningkatkan kualitas kepercayaan para pelanggan, Anda tetap harus menghadapinya dengan sabar dan tetap memberikan pelayanan terbaik, tak peduli seperti apa sikap yang dimiliki pelanggan (selama belum terlewat batas penghinaan, penipuan dan tindakan kriminal lainnya).
  • Tingkatkan kualitas bisnis Anda : Terus lakukan upaya-upaya yang terbaik secara konsisten untuk meningkatkan kualitas bisnis Anda guna untuk dapatkan banyak pelanggan dan peningkatan omset jualan.

Sebenarnya tidak sulit untuk menerapkan strategi pemasaran online jika Anda telah memahami cara pelaksanaannya. Oleh karena itu Anda harus terus selalu meningkatkan pengetahuan dan pengalaman yang berhubungan dengan strategi pemasaran, baik secara online maupun secara offline.

Ketika tengah gencar mengoptimalkan strategi pemasaran secara online, maka jangan sampai lupa juga untuk meningkatkan strategi pemasaran secara offline, yakni dengan melakukan promosi lewat media cetak (brosur, koran dan majalah). Sebab, yang namanya pelanggan bisa datang dari mana saja, baik mereka yang membeli via online, maupun orang-orang yang datang langsung ke perusahaan / toko Anda secara langsung.

Apakah Anda memiliki masalah dalam pekerjaan Anda? | PT APPKEY
Tidak hanya terbatas pada penyediaan konten-konten tentang SEO, kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Tentang Kami
Pengenalan Layanan
Pengenalan Perusahaan
Kontak Kami

 

Jika Anda menyukai artikel ini
Acungkan jempol