Media Bisnis Online | by APPKEY

Pemasaran Internet marketing Wajib Disimak! Panduan Lengkap Terupdate Khusus Social Media Marketing...

Wajib Disimak! Panduan Lengkap Terupdate Khusus Social Media Marketing di Tahun 2021

-

Seperti yang sudah kita ketahui betul, saat ini ada banyak sekali pengguna social media dari berbagai kalangan. Warga Indonesia pun tak ketinggalan aktif membangun interaksi di dunia maya.

Bahkan menurut riset instansi “We Are Social”, jumlah pengguna aktif social media di Indonesia pada tahun 2020 mencapai 160 juta. Angka ini terus bertambah secara signifikan dari tahun ke tahun!

Tak hanya dari ukuran kuantitas pengguna saja, jenis-jenis media sosial yang ramai digunakan oleh warganet lokal Indonesia pun beragam.

Mulai dari YouTube, WhatsApp, Facebook, Instagram, Twitter, LINE, LinkedIn, Pinterest, Snapchat, Tik Tok, dan masih banyak lagi. Fakta-fakta tersebut lantas memberikan indikasi kuat bahwa di Indonesia, kehidupan bermedia sosial sudah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat.

Tingginya tingkat penggunaan social media di Indonesia ini juga memberi peluang yang bagus untuk perkembangan trend digital marketing. Dalam kacamata para digital marketer dan pebisnis online, penggunaan social media bukan hanya untuk mencari teman baru, update status, upload gambar serta video, baca berita terupdate, atau mencari hiburan saja.

Akan tetapi, aktivitas bersocial media dapat dibuat lebih produktif dengan memasarkan produk atau jasa kepada jutaan pengguna yang ada di platform tersebut.

Nah, aktivitas memasarkan dan mengembangkan bisnis di media sosial inilah yang lantas kita kenal dengan istilah Social Media Marketing. Apa itu social media marketing? Bagaimana cara melakukannya supaya aktivitas bermain media sosial kita bisa menghasilkan uang secara nyata?

Anda beruntung karena sudah berada di artikel yang tepat! Kali ini, kami sudah merangkum secara detil terkait seluk-beluk melakukan social media marketing di tahun 2021. Yuk langsung saja kita simak pembahasannya berikut ini untuk memuaskan rasa keingintahuan Anda!

Definisi Social Media Marketing

sosmed-marketing-2

Sadarkah Anda bahwa belakangan ini, banyak perusahaan menggunakan keampuhan social media untuk menggaet perhatian audiens serta calon konsumen mereka? Hal ini terjadi dikarenakan fakta tingginya jumlah pengguna internet masa kini dibandingkan dengan di zaman terdahulu.

Selain itu, generasi kekinian lebih banyak melihat informasi dari social media dibandingkan platform lain (TV, koran, baliho, dan seterusnya).

Dari sinilah akhirnya trend social media marketing dimulai. Sederhananya, social media marketing adalah teknik pemasaran produk, jasa, atau bisnis di berbagai platform social media. Contohnya seperti Facebook, Instagram, YouTube, WhatsApp, Twitter, LinkedIn, Pinterest, dan lain-lain.

Ada juga yang mendefinisikan social media marketing secara umum sebagai bentuk marketing di internet yang memanfaatkan jejaring social sebagai media pemasaran produk atau jasa secara online. Kemudian menurut laman Wikipedia, social media marketing adalah proses meraih kunjungan pengguna internet atau perhatian publik ke situs tertentu melalui social media.

3 Tujuan Utama Social Media Marketing

Kenapa social media marketing banyak dilakoni oleh pebisnis masa kini? Selain karena jumlah audiens yang tinggi, rupanya ada 3 tujuan utama dari dilakukannya social media marketing, antara lain:

1. Membangun Engagement dan Branding Perusahaan

Media sosial sangat berguna untuk membangun engagement serta branding dari perusahaan. Masyarakat modern yang menggunakan social media untuk beragam aktivitasnya jelas lebih tertarik untuk berinteraksi dengan platform Anda secara online. Bagi mereka, mengontak sebuah bisnis via social media jauh lebih praktis dan murah biaya.

Social media juga bisa menjadi platform terbaik untuk menangani aneka krisis yang terjadi dalam hubungan Anda dengan konsumen. Semisal ada konsumen yang bertanya atau melayangkan kritik dan saran, maka Anda bisa segera mengatasinya dengan sebaik mungkin. Dengan begini, hubungan engagement dan branding positif bisnis dapat terus terjalin.

2. Efektif untuk Menghasilkan Keuntungan

Media sosial juga bermanfaat untuk menghasilkan keuntungan bagi perusahaan secara efektif di dunia maya. Perkembangan media sosial di setiap harinya membuka beragam potensi baik untuk perkembangan bisnis.

Aneka jenis ide, trend, inovasi dan prospek baru untuk perkembangan bisnis ke depannya pun bisa dapat Anda peroleh dengan mudah di media sosial. Alhasil, bisnis Anda dapat menjadi selangkah lebih maju dibandingkan dengan kompetitor yang masih mengandalkan strategi marketing konvensional.

3. Selalu Mendapat Posisi di Hati Masyarakat

Derasnya arus informasi dan tingginya tingkat kompetisi di antara berbagai brand sangat memungkinkan bagi perusahaan Anda untuk “tenggelam” dan dilupakan oleh masyarakat. Akan tetapi, media sosial membawa kabar gembira di mana ia mampu mempertahankan posisi Anda di hati masyarakat!

Tidak perlu takut mengeluarkan banyak biaya untuk berpromosi setiap harinya. Sebab, media sosial memungkinkan Anda untuk menyebarkan aneka konten secara gratis setiap hari. Dengan demikian, masyarakat dapat selalu melihat informasi dari Anda dan mengingat nama brand Anda.

Artikel terkait  Awas! Inilah 10 Kesalahan E-Mail Marketing yang Sering Tidak Disadari Pebisnis

5 Platform Terbaik untuk Social Media Marketing di 2021

social-media-marketing-future

Saat memilih untuk terjun ke dunia social media marketing, pastinya Anda akan memilih platform-platform terbaik untuk mengembangkan bisnis. Lantas, apa saja platform terbaik untuk social media marketing khususnya di tahun 2021? Berikut top 5 platform untuk social media marketing 2021 terbaik versi Markey:

1. Twitter

Pertama adalah Twitter yang diakses sebanyak lebih dari 300 juta orang di setiap bulannya. Twitter adalah platform social media unik di mana Anda bebas mengemukakan pendapat dalam 280 karakter untuk 1 tweet. Twitter juga sangat cocok untuk mengadakan kampanye, event dan kontes online menggunakan trend hashtag (#) dari bisnis, sebab tingkat kemudahan share konten di Twitter merupakan yang termudah dibandingkan social media lain.

Twitter adalah media sosial sekaligus mesin pencari informasi terbaik. Di Twitter, masyarakat bisa dengan mudah menemukan berbagai berita, promosi e-commerce terbaru, hiburan, informasi olahraga hingga aneka konten dari industri B2C ataupun B2B lainnya. Karakteristik dari pengguna Twitter pun beraneka ragam mulai dari generasi usia 18 tahun hingga kurang lebih 45 tahun.

2. YouTube

Siapa yang tidak mengenal YouTube? YouTube merupakan platform media sosial unik yang mengutamakan konten berupa kumpulan video online yang bisa disimak secara gratis oleh siapa saja. Sebagai platform media sosial berbasis video pertama di dunia, YouTube mempunyai jumlah akses bulanan yang sangat besar yakni 1,9 miliar perbulannya.

Karakteristik pengguna YouTube juga sama beranekaragamnya seperti Twitter, mulai dari masyarakat berusia 18 tahun, hingga tertua mencapai 55 tahun. Di YouTube, siapa pun bisa membuat konten, membagikannya dan membangun komunitas sendiri. YouTube juga dinilai sebagai mesin pencari populer nomor 2 setelah Google.

Tak hanya untuk membuat konten video edukatif atau informatif saja, Anda pun bisa membuat aneka video promosi dan branding di YouTube serta kesempatan untuk ditonton oleh jutaan orang dari berbagai belahan dunia. YouTube juga menawarkan keuntungan khusus  bagi setiap creator atau orang-orang yang memposting video di dalamnya.

Untuk bisnis yang dibesarkan di YouTube sendiri, Anda bisa memperoleh dua keuntungan menarik. Yang pertama, Anda bisa memposting video content marketing atau video iklan secara gratis untuk menarik sebanyak mungkin calon-calon pembeli baru. Kedua, Anda bisa mendapatkan AdSense atau iklan dari YouTube yang di setiap kliknya bisa mendatangkan uang tambahan yang akan langsung ditransfer ke rekening Anda! Menarik bukan?

3. Facebook

Meskipun berada di urutan ketiga, Facebook adalah platform media sosial yang tidak boleh Anda lewatkan sebagai sarana sosial media marketing di tahun 2021. Hal ini dikarenakan Facebook sendiri mempunyai jumlah akses perbulan sebesar 2,38 miliar. Angka ini jauh lebih tinggi dibandingkan YouTube.

Facebook adalah platform media sosial yang awalnya berdiri untuk membangun relasi serta berkomunitas dengan orang-orang dari berbagai wilayah. Namun saat ini, Facebook juga ramai digunakan oleh beragam industri B2C dan B2B seperti e-commerce, layanan keuangan bank, retail fashion, café, kuliner dan domain bisnis lainnya untuk mempromosikan layanan mereka.

Anda sangat kami rekomendasikan untuk membuka minimal satu Facebook Page untuk bisnis, sebab ada banyak sekali keuntungan dari bermarketing di Facebook. Beberapa di antaranya seperti mudah untuk berinteraksi dan membangun engagement dengan calon konsumen, meningkatkan awareness, melancarkan branding, serta mudah berbagi konten setiap hari dengan audience.

4. Instagram

Dewasa ini, kebanyakan kaum milenial gemar menggunakan sosial media Instagram. Instagram merupakan platform sosial media visual yang memungkinkan setiap penggunanya untuk memposting aneka gambar dan video singkat kepada para followers mereka.

Trend penggunaan dan popularitas Instagram meningkat drastis dalam beberapa waktu terakhir dikarenakan berbagai fitur-fitur canggih Instagram seperti IGTV, livestreaming, Instagram Stories dan swipe up yang sangat praktis dan menarik untuk selalu disimak oleh user Instagram. Hingga pada akhirnya, diketahui jumlah akses Instagram perbulan sanggup mencapai angka 1 miliar akses.

Maka tidaklah mengherankan jika banyak perusahaan mencoba untuk beralih mempromosikan layanan serta produk mereka di platform media sosial yang satu ini. Kabar gembiranya, Instagram juga sudah memfasilitasi secara khusus melalui fitur Instagram bisnis untuk brand-brand atau toko online yang ingin serius mengembangkan usahanya di sosial media ini.

5. TikTok

Platform sosial media terakhir yang sedang ramai digunakan oleh kaum milenial serta generasi Z adalah TikTok. TikTok awalnya hadir sebagai sosial media untuk membagikan aneka video hiburan. Selain itu, tiktok juga lebih banyak didominasi oleh masyarakat dari kelompok umur muda 10 hingga 29 tahun.

Namun belakangan ini, tingkat popularitas TikTok meningkat tajam, khususnya di Indonesia selama masa di rumah saja dari tahun 2020 lalu. Ada lebih banyak konten kreator TikTok yang rajin mengunggah aneka video menarik berkualitas untuk disimak. Lambat laun, jumlah akses per bulan dari TikTok sanggup menyaingi jumlah akses Instagram yakni sebesar 1 miliar akses.

Namun berbeda dari platform-platform sosial media marketing yang telah disebutkan sebelumnya, di TikTok ada lebih banyak tipe pedagang B2C dari berbagai niche. Seperti pedagang fashion, kuliner, buku, alat-alat olahraga dan seterusnya.

Keuntungan utama marketing di TikTok adalah setiap konten berkesempatan untuk menjadi viral di laman FYP (For You Page) hingga ke ranah media sosial lainnya. Jadi tidak ada salahnya untuk brand Anda mencoba mempromosikan layanan atau produk di media sosial yang satu ini demi meningkatkan awareness.

Artikel terkait  Marketplace Adalah? Pengertian, Jenis dan Contohnya

8 Langkah Mudah Praktek Social Media Marketing di Tahun 2021

Setelah melihat definisi, tujuan dan aneka platform terbaik dari social media marketing di 2021, kini waktunya untuk membahas topik utama dari artikel edisi kali ini yakni langkah-langkah praktek dari social media marketing.

Menerapkan social media marketing mungkin terdengar sulit bagi pemula. Agar tidak membingungkan, berikut ini kami sajikan 8 langkah mudah menerapkan social media marketing di tahun ini:

Langkah 1: Membuat Tujuan Pemasaran

Langkah pertama adalah membuat tujuan pemasaran. Sebab tanpa tujuan yang jelas kita tidak dapat mengeksekusi rencana pemasaran dengan baik.

Dalam konteks ini, kita perlu menetapkan rencana untuk menampilkan produk/jasa kepada target atau pengguna. Ada banyak tujuan pemasaran yang bisa Anda capai, namun sebagai permulaan, Anda bisa memilih salah satu tujuan pemasaran yang cocok:

Brand Awareness

Brand awareness adalah kemampuan audiens, masyarakat atau konsumen dalam mengenali sebuah merk. Dengan kata lain, tujuan ini bermaksud untuk menumbuhkan kesadaran dan pengetahuan masyarakat terkait brand Anda. Setelah konsumen mengetahui eksistensi brand Anda, barulah mereka dapat membeli produk atau mencoba jasa.

Beberapa manfaat dari penciptaan brand awareness antara lain:

  • Membangun relasi dengan masyarakat.
  • Mencapai target pasar luas.
  • Meningkatkan penjualan.
  • Mempertahankan loyalitas konsumen.

Traffic Situs

Traffic web adalah jumlah total data yang diterima dan dikirim dari pengunjung situs web Anda. Traffic ini juga bisa menentukan besar kecilnya angka penjualan, sehingga traffic sering diandalkan dalam proses digital marketing. Semakin tinggi traffic, maka akan semakin besar pula keuntungannya untuk bisnis online Anda.

SEO

SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization yang berarti sekumpulan rangkaian proses sistematis untuk meningkatkan kualitas traffic dan jumlah traffic website. SEO juga penting supaya laman website Anda bisa menduduki halaman pertama Google. Semakin bagus SEO yang dipraktekkan, maka akan semakin besar pula traffic yang didapat.

Konversi

Konversi (conversion) merupakan aktivitas dari pengunjung website yang dapat memberi keuntungan bagi usaha online Anda. Aktivitas ini bisa beraneka jenis rupanya, seperti mendaftar akun, menjadi subscriber, mendownload e-book, hingga membeli produk.

Langkah 2: Siapa Target yang Ingin Disasar?

target-audience

Anda juga harus tentukan target yang ingin disasar. Caranya dengan mengelompokkan pelanggan berdasarkan kriteria-kriteria sesuai dengan produk/jasa yang ditawarkan. Jika Anda mau menyebarkan iklan, tanpa mengelompokkan pelanggan terlebih dahulu, maka Anda akan kesusahan menemukan target atau bahkan salah sasaran. Setiap pelanggan tidak bisa dipukul rata, karena setiap pelanggan memiliki kriteria yang berbeda-beda.

Jika, salah sasaran dalam memasarkan produk/jasa, pasti akan menimbulkan efek yang kurang baik untuk pelanggan maupun bisnis Anda sendiri.

Kelompokkan pelanggan sesuai dengan produk/jasa yang ditawarkan. Pengelompokkan dapat dibuat seperti ini:

  • Pelanggan tetap: orang-orang, organisasi, atau lembaga yang terus-menerus (reguler) membeli produk atau layanan Anda.
  • Pelanggan baru: individu atau organisasi yang baru pertama kali membeli produk atau layanan Anda akibat tertarik dengan iklan yang Anda pasang atau sebarkan.
  • Calon pelanggan: orang-orang atau lembaga yang belum pernah berbelanja atau menjadi pelanggan Anda, tapi mereka berpeluang untuk menjadi konsumen baik untuk di waktu dekat atau masa depan.

Langkah 3: Platform Manakah yang Terbaik?

Setelah punya tujuan dan sasaran konsumen, sekarang waktunya memilih platform terbaik untuk melakukan social media marketing. Dari 5 platform terbaik untuk social media marketing yang sempat dijelaskan sebelumnya, kira-kira, platform mana yang paling cocok dengan kebutuhan marketing Anda?

Berdasarkan hasil pantauan trend terbaru, netizen didapati paling gemar menyimak konten video (visual). Maka dari itu, platform YouTube, Instagram dan TikTok bisa menjadi pilihan terbaik untuk memulai marketing social media. Namun tetap tidak ada salahnya untuk mengembangkan bisnis di sebanyak mungkin platform social media. Sebab ada banyak social media yang tersedia saat ini dan setiap social media memiliki fasilitas dan fitur yang berbeda-beda.

Misalnya, perusahaan Anda mempunyai produk/jasa yang disukai oleh anak muda kekinian. Kemudian, Anda mau memasarkan produk/jasa itu melalui social media. Pastinya, Anda akan memasarkan produk/jasa itu melalui platform social media yang paling sering digunakan oleh anak muda kekinian, yaitu Twitter dan Facebook.

Intinya, Anda harus menentukan platform social medianya terlebih dahulu sebelum memulai promosi supaya “tidak salah tempat”. Nah, social media apa yang cocok dengan produk/jasa yang Anda tawarkan?

Langkah 4: Perbanyak Konten Video

Dewasa ini, kebanyakan pengguna media sosial lebih menyukai konten video dibandingkan tulisan. Konten video lebih menarik dan mudah untuk disimak sebab memiliki tampilan gambar dan suara yang ciamik. Bahkan, mengelola aneka konten video juga bisa mendatangkan penghasilan tambahan seperti pada YouTube yang menawarkan AdSense.

Untuk Anda yang memiliki bisnis online dan ingin memasarkan iklan melalui konten-konten video, maka sebaiknya cobalah untuk membuat konten terkait produk Anda. Sebaiknya juga, jangan hadirkan penjualan dalam bentuk hardselling atau penjualan secara langsung. Lebih baik kemas promosi dalam bentuk softselling.

Anda bisa mengombinasikan konten promosi dengan konten informasi dan edukatif yang bermanfaat bagi penonton, sehingga mereka tidak akan merasa sepenuhnya menonton iklan di YouTube Anda.

Langkah 5: Tipe Engagement

Setelah memilih salah satu social media—misalnya, Instagram—selanjutnya, dengan segala fasilitas dan fitur yang tersedia di dalam Instagram, kini mulailah menyajikan konten menarik terkait produk/jasa yang dapat membentuk interaksi atau keterlibatan (engagement) dengan pelanggan.

Menurut Avinash Kaushik, engagement atau interaksi bisa berupa:

  • Applause: Like, emoji, klik.
  • Conversation: Comments (percakapan para pengguna /follower yang berada di akun).
  • Amplification: Share (aktivitas penyebaran konten oleh para pengguna).

Instagram adalah social media yang memiliki tampilan visual indah dan menarik. Alhasil IG pun cocok untuk Anda yang ingin menampilkan iklan produk/jasa dalam bentuk video (IGTV) ataupun grafis.

Untuk pembuatan kontennya, Anda bisa melibatkan beberapa orang professional dari berbagai bidang, mulai dari fotografer, videografer, dan sampai ke ahli digital marketing. Kita memang akan dituntut untuk memiliki teknik social media marketing tersendiri di platform ini sebab Instagram salah satu platform yang paling favorit dan kompetitif. Namun ada beberapa teknik social media marketing untuk Instagram sederhana yang bisa Anda praktekkan, seperti:

  1. Untuk profil akun, gunakanlah identitas brand perusahaan atau bisnis Anda sendiri
  2. Gunakan Bio untuk deskripsikan merek produk/jasa, jelaskan apa yang dapat Anda bantu dan kerjakan, memberikan kontak yang details agar fast response, lalu buat link yang menghubungkan ke website perusahaan Anda.
  3. Pilih username yang mudah diingat, dikenali, dan ditelusuri.
  4. Buat berbagai jenis konten dengan berbagai pilihan seperti posts, stories, video IGTV, dan live videos.
  5. Manfaatkan Shoppable pPosts dan Stories untuk lebih meningkatkan konversi penjualan.
  6. Gunakan hastag yang populer di captions agar bisa menjangkau followers yang lebih luas. Contohnya seperti: #foody ruangceritacafe #instafood #foodstagram #sukabumifoodies #instacoffee
  7. Gunakan taktik dengan menampilkan foto dan testimony pengguna di konten yang sudah menggunakan produk/jasa Anda.
  8. Lakukan posting secara berkala sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. Tetapi, jangan sampai mengganggu pelanggan dengan update terlalu berlebihan alias spam.

Langkah 6: Media Sosial adalah Search Engine Baru

Di tahun 2021 ini, search engine tidak hanya terbatas pada Google, Yahoo atau Bing. Media sosial pun turut menjadi search engine baru yang digunakan oleh masyarakat kekinian. Hal ini dikarenakan sosial media mempunyai kemudahan akses informasi dari berbagai kalangan.

Orang-orang dapat dengan mudah mencari produk Anda hanya dengan mengetikkan nama produk atau mengikuti akun Anda di media sosial. Supaya pencarian konten di media sosial menjadi lebih efektif, maka ada baiknya Anda selalu menyertakan hashtag atau tagar dengan teks dan kata kunci yang berkaitan dengan produk atau jasa yang dipromosikan.

Fitur penelusuran berbasis hashtag akan sangat mempermudah masyarakat untuk menemukan informasi yang berkaitan dengan bisnis anda di sosial media.

Artikel terkait  Apa itu ASO (App Store Optimization) yang Bertujuan Memaksimalkan Instalasi Aplikasi Sebagai Hasil dari Pencarian

Langkah 7: Support Pelanggan dan Feeds

Kehadiran social media begitu potensial di mata pemasar online. Tetapi, tetap ada persaingan yang kompetitif di antara para digital marketer. Oleh sebab itu, harus selalu aktif di social media. Jika Anda secara teratur melakukan kontak dengan pelanggan, rutin menerbitkan posting, mengirim pesan, dan fast response. Anda akan mendapatkan respon positif dan image yang baik dari mereka. Pelanggan akan merekomendasikan produk/jasa perusahaan atau bisnis Anda kepada pengguna yang lain.

Langkah 8: Kedepankan Orisinalitas

Langkah terakhir sekaligus tak kalah penting adalah menghadirkan konten-konten orisinal alias bebas dari plagiarisme. Memang terkadang menggali ide konten orisinal sendiri adalah hal yang sulit. Namun hal tersebut bukan menjadi alasan untuk Anda boleh meniru konten milik orang lain.

Meniru konten milik orang lain adalah perbuatan yang tidak terpuji dan dapat melanggar hukum serta hak cipta konten dari sang kreator asli. Selain itu, banyak platform media sosial yang tidak mendukung aksi plagiarisme konten. Salah satunya adalah YouTube.

YouTube bisa mendeteksi apakah konten yang Anda publikasikan melanggar hak cipta milik orang lain atau tidak. Apabila terbukti konten Anda adalah plagiat, maka YouTube tidak akan menghadirkan konten Anda di posisi teratas serta mengeliminasi konten dari daftar penerima AdSense.

Demikianlah pembahasan artikel edisi kali ini tentang social media marketing di tahun 2021. Semoga artikel kali ini mampu menambah wawasan Anda seputar melakukan social media marketing, ya! Nantikan lebih banyak artikel menarik dan berwawasan lainnya hanya dari Markey. Sampai jumpa lagi.


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang IT, Bisnis, Ekonomi, Berita Domestik dan Global langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

7 Jenis Font Paling Sering Digunakan Oleh Para Profesional Dalam Desain Grafis

Anda seorang desainer grafis? Atau, Anda baru hendak terjun kedalam dunia desain grafis? Pekerjaan membuat desain, meski terlihat mudah,...

Startup Repair Adalah ? Penyebab dan Cara Mengatasinya

Saat ini laptop menjadi alat yang memiliki peran begitu penting. Hampir semua orang menggunakan laptop untuk menyelesaikan pekerjaannya atau...

10 Contoh Iklan Penawaran Jasa dan Produk Paling Menarik!

Jika Anda pernah mengeluarkan produk atau layanan baru, Anda tahu betapa sulitnya mengeluarkan kata. Anda mungkin melakukan iklan penawaran...

7 Prinsip Desain Grafis yang Perlu Kamu Ketahui & Pelajari

Pernahkah Anda melihat sebuah film animasi atau sebuah gambar dengan desain grafis yang cantik, estetik dan menarik? Pernahkah Anda...

25 Tempat Jual Beli Online Terbaik dan Terpercaya di Indonesia

Dewasa ini, berkembangnya teknologi di Indonesia memunculkan beragam startup e-commerce berkonsep tempat jual beli online yang menjual produk lengkap...

Tahapan Produksi | Indikator Keberhasilan

Dalam dunia bisnis, produksi adalah hal yang wajib dilakukan. Tanpa adanya produksi, lalu bagaimana produk akan ada? Seorang pengusaha...

Facebook Ads dan Panduan Utamanya Untuk Bisnis Anda

Hampir semua orang pernah mengakses Facebook dan dari hasil pengumpulan survey, jumlah pengguna Facebook di Indonesia pada tahun 2018...

Pemasaran Internasional Adalah ? | Fungsi, Tujuan & Contoh

Salah satu topik bahasan wajib dalam dunia bisnis dan ekonomi adalah pemasaran. Kita memang tidak akan pernah terlepas dari...

14 Aplikasi Desain Taman Untuk Pemula (Gratis)

Anda adalah salah seorang yang ingin memiliki rumah dengan desain taman yang menarik maka sangat cocok sekali beberapa informasi...

Cara Mengedit Aplikasi Android Dengan Apk Editor

Pernahkah Anda berpikir untuk mengedit aplikasi Android? Jika pernah, ada banyak sekali pilihan aplikasi untuk mengedit aplikasi Android yang...

Website

WordPress

Maintenance

Server / Hosting

Domain

Front end

Backend

Laravel

Web programming

Teknologi web

Biaya pembuatan website

Aplikasi

Aplikasi Game

Aplikasi Android

Aplikasi iOS

Mobile Programming

Cross-platform

Biaya pembuatan aplikasi

Desain

Design Web

Design App

Design UI

Designer tools

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya