Media Bisnis Online | by APPKEY

Pemasaran SEO Search Intent : Pahami Apa yang Ada dalam Pikiran...

Search Intent : Pahami Apa yang Ada dalam Pikiran Konsumen Melalui Keyword Anda!

-

Sebagai seorang pemilik website, memiliki website dengan peringkat teratas di search engine seperti Google atau Bing adalah hal yang paling diinginkan.

Oleh karena itu, mengetahui apa yang diinginkan oleh pembacanya adalah hal yang penting sekali.

Bagaimana cara mengetahui apa yang diminati oleh pembaca?

Salah satunya dengan memiliki search intent.

Apa yang dimaksud dengan hal tersebut?

Simak pembahasannya berikut ini!

Selamat membaca dan menikmati!

Search Intent

user-intent-search

Search intent, atau disebut juga dengan keyword intent (user intent, audience intent), adalah alasan dibalik permintaan pencarian pengguna di search engine Google atau Bing. Atau, secara sederhana adalah jawaban dibalik pertanyaan, konten seperti apa yang dicari dan mengapa seseorang mencari konten tersebut.

Memahami keyword intent adalah hal yang akan menentukan kesuksesan strategi SEO, membuat sebuah website mendapatkan peringkat teratas di search engine Google, atau search engine – search engine lainnya. Dengan menjadi peringkat teratas di Google atau search engine – search engine lainnya, sebuah website akan menarik banyak pengunjung ke website-nya.

Menurut laporan yang dilakukan oleh Ahrefs.com, mereka merasakan kenaikan sebanyak 677% dari pencarian, hanya dengan melakukan perubahan kecil pada keyword intent mereka.

Dan hal ini jugalah yang dilakukan oleh Google, memahami penggunanya.

Google selalu mengubah algoritma untuk dapat menentukan search intent penggunanya. Setelah melakukan update algoritma Google Hummingbird dan Google RankBrain, search engine Google lebih dapat mengetahui maksud dari penggunaan keyword.

Dikarenakan hal tersebut, tentunya keyword intent adalah hal yang penting.

Jika Google saja melakukannya, mengapa Anda tidak menggunakan keyword  intent demi mendapatkan peringkat teratas di search engine Google?

Manfaat Search Intent untuk SEO

Apa manfaat keyword intent terhadap SEO?

Dengan menggunakan keyword intent seseorang dapat menentukan jenis konten yang tepat untuk suatu keyword.

Sebagai contoh, ada seseorang yang menggunakan keyword, seperti:

  1. Laptop Asus;
  2. Beli laptop Asus;
  3. Laptop Asus terbaik;

Berdasarkan hal tersebut, tentunya seseorang dapat membayangkan konten apa yang tepat untuk keyword tersebut.

Sebagai contoh:

  1. Ingin mengetahui jenis laptop Asus, seseorang dapat membuat konten yang berhubungan dengan spec-spec laptop Asus;
  2. Ingin membeli laptop Asus, seseorang dapat membuat konten yang berisi jenis laptop Asus, yang terdiri dari gambar laptop Asus, harganya, dan juga spec-spec-nya dengan lebih detail
  3. Ingin mendapatkan rekomendasi laptop Asus terbaik, seseorang dapat membuat konten yang berisi laptop-laptop Asus terbaik, dengan keunggulan dan harga yang lebih detail.

Benar, bukan?

Dengan mengetahui maksud dari keyword intent tersebut, seseorang dapat membayangkan konten apa yang dicari dan membuat konten yang tepat.

Ini jugalah yang dilakukan oleh Google.

Google memahami, bahwa orang yang menggunakan keyword “Beli laptop Asus” pastinya ingin membeli laptop, maka konten yang paling cocok menurut Google adalah konten berupa halaman produk dari toko online atau website yang dapat menyediakan informasi terbaik mengenai laptop merk Asus.

Sedangkan konten artikel mustahil sekali untuk dapat mendapatkan peringkat teratas Google.

Itulah yang disebut dengan keyword intent.

Lalu terdapat jenis-jenis keyword intent yang dapat dipergunakan sebagai referensi untuk membuat konten.

Yaitu sebagai berikut!

Artikel terkait  Cara Sukses dalam Analisis Media Sosial | Kesalahan Mendasar yang Masih Sering Dilakukan Pemilik Usaha

Jenis-Jenis Search Intent

Dengan memahami kebutuhan pengguna, Anda sebagai seorang pemilik website dapat menciptakan konten yang sesuai dengan kebutuhan pengguna.

Terdapat jenis-jenis keyword intent yang dapat Anda pahami

1. Informational

Informational adalah jenis keyword intent yang bertujuan untuk pencarian informasi. Keyword intent ini dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan seperti:

  1. Pertanyaan khusus, seperti, siapakah perdana menteri Canada?
  2. Pertanyaan yang membutuhkan jawaban yang lebih rinci, detail dan mendalam, seperti, bagaimana cara kerja sesuatu.

Selain menjawab pertanyaan seperti yang dijelaskan sebelumnya, keyword yang diinginkan pengunjung untuk mendapatkan topik lebih dalam lagi juga termasuk dalam keyword intent ini.

Sebagai contoh, “Allah,” “Matahari,”, “Muhammad”, dan sebagainya.

2. Navigational

Navigational bertujuan untuk pencarian sebuah situs atau brand. Pengunjung sebenarnya sudah mengetahui website atau brand mana yang ingin dikunjungi, tetapi daripada mengetikkan seluruh URL, lebih mudah untuk langsung mengetikkan nama situs atau brand yang ingin dikunjungi.

Sebagai contoh, langsung mengetikkan, “Facebook”, “Shopee”, dan sebagainya.

3. Transactional

Keyword intent ini ditujukan untuk transaksional ataupun pembelian. Pada umumnya, para pengguna ingin melakukan pembelian dan sudah tahu apa yang akan dibeli. Namun mereka ingin mencari store yang tepat untuk membelinya. Oleh karena itu mereka melakukan pencarian di search engine seperti Google, Bling atau Yandex.

Contoh kata-kata untuk keyword intent transactional adalah “softlens premium murah”, “baju untuk lebaran”, dan sebagainya.

4. Commercial Investigation

Commercial investigation dimaksudkan untuk seseorang yang sedang berada di pasar suatu produk atau layanan dan sedang mencari sesuatu, namun belum menentukan keputusan akhir. Di search engine seperti Google, Baidu, Yahoo, atau DuckDuck Go, para pencari suatu produk atau layanan kemungkinan akan mencari ulasan lengkap sebuah produk, atau mungkin perbandingan antara produk atau layanan yang satu dengan yang lainnya.

Contoh keyword dengan commercial investigation adalah “brand susu terbaik”, “restaurant fastfood terenak”, dan sebagainya.

Jadi, dengan memahami keyword intent pengguna search engine, seorang pemilik website dapat membuat konten yang relevan dengan keyword yang melambangkan kebutuhan dari pengunjung website.

Oleh karena itu penting sekali untuk memperhatikan keyword intent pengguna search engine yang digunakan.

Lalu bagaimanakah cara mengetahui keyword intent?

Yuk, disimak pembahasannya!

Cara Mengetahui Search Intent

user-search-intent

Terdapat dua cara untuk mengetahui keyword intent, yaitu sebagai berikut.

Memahami Kata Khusus

Kata khusus adalah kata-kata yang sering digunakan oleh keyword intent tertentu. Masing-masing keyword intent memiliki kata-kata khususnya, diantaranya:

 Informational

Keyword intent informational memiliki kata-kata khusus seperti apa, siapa, dimana, dan sebagainya, kemudian kata-kata untuk mendapatkan informasi, seperti belajar, cara, panduan, tutorial, tips, dan sebagainya.

Navigational

Kata-kata khusus untuk keyword intent navigational adalah nama-nama seperti nama merk atau brand,  produk atau layanan jasa.

Transactional

Keyword intent transactional memiliki kata-kata khusus seperti harga, diskon, murah, beli, dan sebagainya.

Selain kata-kata khusus seperti yang telah disebutkan diatas, terdapat kata-kata khusus lainnya yang dimiliki oleh keyword intent lainnya, sebagai contoh, keyword intent Navigational. Keyword intent Navigational memiliki kata-kata khusus seperti nama merk, produk atau layanan.

Setelah memahami bagaimana keyword intent sebenarnya, seseorang seharusnya dapat menciptakan konten yang sesuai untuk dapat memahami kebutuhan pengunjung website-nya.

Kemudian, bagaimana cara mengoptimalkan konten agar dapat memenuhi kebutuhan penggunanya?

Berikut ini pembahasannya!

Bagaimana Cara Mengoptimalkan Konten untuk Website Anda?

Bagaimana cara menciptakan konten yang sesuai dengan kebutuhan pengunjung website Anda?

Sebelumnya, lakukan pengecekan terlebih dahulu melalui private browser windows atau SERP-checker mengenai keyword-keyword yang sedang dilakukan research.

Bagaimana cara melakukannya?

Terdapat langkah-langkah yang dapat Anda lakukan, yaitu:

  1. Pilihlah keywords dari keyword researchs Anda, kemudian masukkan ke dalam private browser windows atau SERP-checker
  2. Analisislah hasil result pages-nya. Keyword intent mana yang akan menjadi trending topic? Apakah keyword intent informational, transactional, atau lainnya?
  3. Evaluasilah konten yang Anda miliki, atau konten yang sedang Anda persiapkan.

Apakah konten tersebut sesuai dengan keyword intent keyword-keyword yang sedang menjadi trending topic.

Jika iya, Anda bisa melihat peringkat ide-ide terbaik di result page yang relevan. Kemudian lihatlah sebentar kompetisi-nya, hanya untuk sekedar mengetahui apa yang akan Anda hadapi. Tetapi, jika tidak, Anda bisa tetap mempertimbangkan untuk melihat peringkat ide-ide, tetapi jika peringkat ide-ide tersebut tidak sesuai dengan konten yang ingin Anda ciptakan atau Anda memiliki otoritas sendiri mengenai konten yang akan Anda ciptakan, tentunya ini akan sulit.

Tetapi, Anda bisa mempertimbangkan untuk menciptakan konten ini, atau menyesuaikan sedikit strategi Anda.

Pada intinya, pastikan bahwa landing page website sesuai dengan keinginan audience.

Apabila seseorang membutuhkan informasi, berikan sebuah artikel yang tidak hanya bagus, tetapi juga berbobot. Tetapi jika seseorang ingin membeli sebuah produk atau menggunakan layanan, berikan sebuah product page yang bagus dan dapat memenuhi kebutuhan mereka, jangan berikan artikel panjang yang membuat bosan

Atau, guide mereka ke online store secara langsung.

 Selain itu, mengoptimalkan product page dengan commercial driven keyword yang lebih baik lagi juga menjadi ide yang bagus.

Sebagai contoh, saat seseorang menjual barang, misalnya, obat-obat kesehatan, orang tersebut tidak hanya dapat membuat product page yang baik, tetapi juga dapat mempertimbangkan untuk membuat sebuah artikel menarik yang dapat memberikan informasi terbaik mengenai obat-obat kesehatan.

Terkadang, memang, sulit sekali untuk menciptakan konten yang tepat untuk audience, audience yang berbeda akan memiliki keyword intent yang berbeda, namun tetap memilih untuk datang ke website Anda.

Ada cara yang dapat digunakan untuk menentukan konten yang tepat untuk pembaca, yaitu dengan melihat Search Result Pages atau SERP.

Dengan menggunakan SERP atau Search Result Pages, seseorang dapat mendapatkan wawasan langsung mengenai apa yang paling sering dicari oleh seseorang atau apa yang sedang menjadi trending topic.

Selain itu, SERP juga dapat memperlihatkan apa yang sudah dilakukan oleh konten sebuah website beserta kompetitornya, kemudian menemukan kesempatan baru, atau menentukan apakah seseorang butuh untuk memperbaiki SEO strategi-nya.

Disamping itu, SERP juga membuat seseorang menyadari, jika sebuah SERP memberikan banyak informasi mengenai sesuatu, tetapi tidak memberikan informasi juga mengenai sesuatu, sementara orang tersebut menyadari bahwa ia dapat memberikan informasi yang berbeda, yang tidak pernah ada, sebelumnya, maka ia dapat menciptakan sebuah konten menarik yang tidak pernah ada sebelumnya, yang dapat melengkapi informasi lebih baik lagi.

Ada cara lain juga yang dapat dilakukan untuk mencari tahu kebutuhan pengunjung website, yaitu dengan cara bertanya secara langsung.

Bisa juga dengan melakukan survei kecil, berisi pertanyaan mengenai apa yang sedang dicari oleh orang-orang dan membuat survei itu muncul secara otomatis begitu seorang pengunjung membuka sebuah website.

Artikel terkait  SEO Teknis adalah? Panduan Utama untuk Anda Memulai

Keyword Research

Sebelum menciptakan sebuah konten, ada baiknya untuk melakukan keyword research terlebih dahulu.

Dengan begitu konten ciptaan Anda dapat lebih menarik dan dapat memberikan informasi yang berharga, sehingga website Anda dapat menjadi peringkat satu di search engine Google, Yahoo, ataupun search engine lainnya.

Terdapat beberapa tips yang dapat Anda lakukan, diantaranya berkaitan dengan keyword research, yaitu sebagai berikut:

Prioritaskan Keyword List

Tidak ada batasan berapa banyak keyword yang harus dilakukan research. Namun memiliki lebih dari seribu kata sudah cukup, atau bahkan mungkin terlalu banyak. Meskipun begitu, apabila seseorang memiliki small business, mungkin akan memiliki keyword  lebih dari seribu.

Keyword research adalah sesuatu yang penting, buat peringkat keyword list Anda, untuk memprioritaskan keyword mana yang merupakan peringkat teratas untuk membuat konten Anda.

Pahami prioritas keyword Anda dan ciptakan konten yang menarik!

Fokus pada Keypharase dan Sinonimnya

Di masa lalu, setiap keyword yang ingin ditemukan, langsung mendapatkan landing page-nya. Namun sekarang, search engine semakin pintar, search engine ini menggunakan user intent untuk membuat penggunanya mendapatkan hasil terbaik untuk pertanyaannya.

Page yang berhasil menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut akan selalu mendapatkan peringkat teratas. Search engine juga menggunakan perbedaan yang cerdik antar keyword, jadi Anda tidak perlu membuat landing pages untuk sebuah variasi yang cerdik dari sebuah keyword, seperti sinonim.

Conclusion

Berdasarkan pemaparan sebelumnya, memahami konten yang sesuai dengan sebab seseorang mencari sesuatu, tentunya adalah hal yang bermanfaat. Dengan begitu, Anda dapat menciptakan traffic organic untuk website Anda.

Apa yang dimaksud dengan traffic organic?

Traffic organic adalah lalu lintas pengunjung yang mengunjungi website Anda, melalui pencarian hasil organic, bukan dari iklan-iklan berbayar.

Yang dimaksud dengan pencarian organic adalah pengunjung yang mengetikkan query atau keyword di search engine seperti Google atau Bing, kemudian menemukan website Anda dan mengunjunginya.

Oleh karena itu, penting sekali untuk mengoptimalkan SEO atau Search Engine Optimation untuk website kesayangan Anda.

Demikian informasi mengenai search intent, jenis-jenis dan manfaatnya, juga bagaimana mengoptimalkan konten agar sesuai dengan kebutuhan pengunjung website Anda.

Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda!

Terima kasih!


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang IT, Bisnis, Ekonomi, Berita Domestik dan Global langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

7 Jenis Font Paling Sering Digunakan Oleh Para Profesional Dalam Desain Grafis

Anda seorang desainer grafis? Atau, Anda baru hendak terjun kedalam dunia desain grafis? Pekerjaan membuat desain, meski terlihat mudah,...

Startup Repair Adalah ? Penyebab dan Cara Mengatasinya

Saat ini laptop menjadi alat yang memiliki peran begitu penting. Hampir semua orang menggunakan laptop untuk menyelesaikan pekerjaannya atau...

10 Contoh Iklan Penawaran Jasa dan Produk Paling Menarik!

Jika Anda pernah mengeluarkan produk atau layanan baru, Anda tahu betapa sulitnya mengeluarkan kata. Anda mungkin melakukan iklan penawaran...

7 Prinsip Desain Grafis yang Perlu Kamu Ketahui & Pelajari

Pernahkah Anda melihat sebuah film animasi atau sebuah gambar dengan desain grafis yang cantik, estetik dan menarik? Pernahkah Anda...

25 Tempat Jual Beli Online Terbaik dan Terpercaya di Indonesia

Dewasa ini, berkembangnya teknologi di Indonesia memunculkan beragam startup e-commerce berkonsep tempat jual beli online yang menjual produk lengkap...

Tahapan Produksi | Indikator Keberhasilan

Dalam dunia bisnis, produksi adalah hal yang wajib dilakukan. Tanpa adanya produksi, lalu bagaimana produk akan ada? Seorang pengusaha...

Facebook Ads dan Panduan Utamanya Untuk Bisnis Anda

Hampir semua orang pernah mengakses Facebook dan dari hasil pengumpulan survey, jumlah pengguna Facebook di Indonesia pada tahun 2018...

Pemasaran Internasional Adalah ? | Fungsi, Tujuan & Contoh

Salah satu topik bahasan wajib dalam dunia bisnis dan ekonomi adalah pemasaran. Kita memang tidak akan pernah terlepas dari...

14 Aplikasi Desain Taman Untuk Pemula (Gratis)

Anda adalah salah seorang yang ingin memiliki rumah dengan desain taman yang menarik maka sangat cocok sekali beberapa informasi...

Cara Mengedit Aplikasi Android Dengan Apk Editor

Pernahkah Anda berpikir untuk mengedit aplikasi Android? Jika pernah, ada banyak sekali pilihan aplikasi untuk mengedit aplikasi Android yang...

Website

WordPress

Maintenance

Server / Hosting

Domain

Front end

Backend

Laravel

Web programming

Teknologi web

Biaya pembuatan website

Aplikasi

Aplikasi Game

Aplikasi Android

Aplikasi iOS

Mobile Programming

Cross-platform

Biaya pembuatan aplikasi

Desain

Design Web

Design App

Design UI

Designer tools

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya