Media Bisnis Online | by APPKEY

Pemasaran SEO Apa Itu Nofollow Link? Maksimalkan SEO dengan Nofollow Link

Apa Itu Nofollow Link? Maksimalkan SEO dengan Nofollow Link

-

Google mengumumkan bahwa mereka kini mempertimbangkan Nofollow link pada web untuk mempertimbangkan posisi SEO website. Akan tetapi, apa itu Nofollow link? Bagaimana pula cara kerjanya?

Sederhananya, Nofollow link adalah backlink yang tidak dihitung oleh crawler. Meski demikian, Nofollow tag juga tetap dihitung dan berpengaruh terhadap posisi ranking web SEO, lho. Seperti apa cara kerja Nofollow SEO ini lebih lengkapnya?

Daripada penasaran dan bertanya-tanya sendiri, yuk langsung saja kita telusuri penjelasan perihal Nofollow SEO pada artikel berikut ini. Selamat membaca!

Apa Itu Rel Nofollow SEO?

no-follow-link

Saat berbicara soal upaya peningkatan posisi website di SEO, pikiran kita tentunya langsung terpikir pada beragam cara optimalisasi, bukan? Salah satu bentuk optimalisasi website yang sering dilakukan oleh pemilik website e-commerce adalah penggunaan backlink.

Mungkin Anda sendiri juga sudah tahu bahwa semakin banyak backlink maka akan semakin tinggi juga kedudukan website menurut peringkat SEO Google Search.

Namun tahukah Anda bahwa sesungguhnya ada banyak sekali jenis backlink? Ada jenis backlink yang terhitung oleh robot web crawler Google dan ada juga yang tidak. Nah, rel nofollow inilah jenis backlink yang tidak terhitung oleh robot web crawler Google.

Rel nofollow adalah komponen penting dalam membangun profile link yang kuat milik website bisnis Anda. Profile link web adalah komponen SEO terpenting, sebab melalui link inilah web Anda bisa ditautkan ke web eksternal lain dan menjadi backlink.

Profile link yang ‘solid’ dapat membawa banyak manfaat bagi web bisnis, seperti meningkatkan visibilitas dan pencarian di laman search Google, mengoptimalkan kualitas tampilan halaman web, dan memaksimalkan jumlah otoritas domain web.

Sayangnya, banyak orang masih mengabaikan kehadiran dari rel nofollow tag ini. Bahkan setelah Google secara resmi memperkenalkan rel nofollow di tahun 2005 silam untuk mengoptimalkan ranking website di SEO first page mereka – sampai saat ini masih banyak pemilik web yang mengabaikan komponen rel nofollow di website mereka.

Apakah Anda juga demikian? Jangan khawatir, masih belum terlambat untuk mulai peduli pada nofollow tag Anda. Yuk lanjut tuntaskan membaca artikel ini agar pemahaman Anda menjadi lebih lengkap!

Rel nofollow sesungguhnya merupakan sebuah atribut HTML khusus yang sengaja dipasang agar mesin pencari Google tidak ikut menjelajah dan merekam data sampai ‘keluar’ dari link yang dipasangi tag.

Ada pula yang mendefinisikan rel nofollow adalah sistem yang memberitahukan Google search bahwa website Anda tidak mendukung atau berkaitan dengan link-link yang ada di website.

Rel nofollow muncul pertama kali di tengah-tengah maraknya persaingan para blogger menduduki peringkat SEO dengan cara curang seperti memakai komentar spam. Dulu, sistem spam komentar bisa dijadikan sebagai sarana untuk membangun backlink.

Caranya pun sangat mudah! Anda hanya perlu mencopy dan paste link website Anda ke kolom komentar website yang ramai dikunjungi masyarakat. Dari sana saja, peringkat website Anda sudah bisa naik secara signifikan karena mesin crawler mengira website korban berafiliasi dengan website Anda.

Untuk menghindari cara-cara bermain curang seperti ini, Google akhirnya merilis sistem HTML nofollow. Sistem HTML nofollow ini sangat membantu dalam memelihara aktivitas dan persaingan website e-commerce yang sehat dan bersih.

Sehingga, jika website e-commerce Anda berada di posisi teratas SEO, maka itu artinya website Anda sungguh-sungguh berkualitas – bukan karena hasil spam link.

Artikel terkait  Tiga Tindakan untuk Menganalisis Maksud Pencarian Pengguna dan Mengoptimalkan Situs Web Anda

Kapan Anda Sebaiknya Memakai Rel Nofollow?

seo-blog-1

Perlu diingat, rel nofollow mempunyai fungsi khusus jadi tidak bisa digunakan secara sembarangan. Ada momen-momen tertentu di mana website Anda bisa menggunakan rel nofollow sebagai tag HTML terbaik untuk memaksimalkan kualitas web menurut SEO. Momen-momen tersebut adalah:

Saat Menautkan Referensi Link Eksternal

Pernah menulis konten website dan mencantumkan link eksternal sebagai referensi bahan tulisan? Jika iya, maka Anda sebaiknya memakai nofollow karena Anda tidak bisa mengendalikan konten yang dimuat oleh web yang Anda jadikan referensi.

Jika tidak, maka web scraper dan sistem SEO akan mengira website Anda berafiliasi dengan web referensi. Syukurlah jika web referensi yang Anda cantumkan linknya selalu memuat konten positif – namun bagaimana jika sebaliknya? Otomatis citra website Anda pun akan ikut buruk.

Untuk menghindari kemungkinan tersebut, Anda bisa memasang nofollow ke website. Dengan begini, Google akan memahami bahwa Anda hanya sekadar memakai link web lain sebagai referensi untuk konten tersebut, tidak lebih.

Saat Memasang Sponsor atau Kerja Sama dengan Web Lain

Anda juga sebaiknya memasang nofollow ketika memasang sponsor, iklan atau berafiliasi (kerja sama) dengan website lain. Sekarang ini, tidak sedikit website yang memasang iklan / sponsor agar bisa mendapatkan pemasukan tambahan. Bahkan website e-commerce pun turut memasang iklan agar kontennya semakin ramai dan tampak meriah.

Anda harus memasang nofollow ke link-link sponsor, iklan maupun link afiliasi eksternal lainnya agar search engine tidak berpikir web Anda sebagai web spam! Apabila tidak, maka Google akan menganggap website Anda turut andil dalam menyebarkan link promosi yang sama berkali-kali (spamming) ke visitor. Alhasil, website Anda akan berpotensi menerima penalti serta penurunan ranking SEO.

Saat Memakai Link Sidebar

Momen terakhir di mana Anda sebaiknya memakai nofollow adalah ketika website Anda menambahkan link eksternal apapun ke sidebar. Jika Anda menambahkan link eksternal ke sidebar, maka Anda wajib memasang nofollow, karena kapanpun ada halaman baru dibuat di web Anda, maka Anda turut membuat backlink untuk web eksternal yang tertaut di sidebar.

Link nofollow akan membantu website Anda mendapat semua SEO juice yang tercipta dari setiap akses ke link eksternal dari halaman web Anda.

Artikel terkait  Sebelum Menulis! Raih Peringkat Teratas dengan Alat Analisis Kompetitif SEO

Bagaimana Cara Memasang Nofollow?

Bagaimana, apakah sampai di sini Anda tertarik untuk memasang HTML nofollow pada website? Jika iya, maka bagus sekali! Berikut ini pun kami sudah menyiapkan cara termudah untuk memasang link nofollow pada website.

Nofollow adalah link yang bekerja memakai tag HTML rel = nofollow. Nofollow link dapat Anda buat memakai tag HTML dengan kode:

<a href=”http://www.namawebsiteanda.com/” rel=”nofollow”> Link Text </a>

Setelah terpasang, nofollow akan memberitahukan search engine untuk mengabaikan aneka link eksternal yang kebetulan tertaut ke website utama. Untuk menambahkan tag nofollow secara praktis, Anda bisa memakai plugin ‘All in One SEO’ milik WordPress.

Plugin ini akan membantu Anda menambahkan kode nofollow ke link website e-commerce tanpa perlu repot mengedit kode HTML.

Cara-caranya menambahkan nofollow dengan All in One SEO adalah:

  1. Buka website WordPress > klik dashboard > klik menu plugin.
  2. Cari plugin All in One SEO > klik install dan aktivasi. Tunggu hingga proses berlangsung dan selesai secara otomatis.
  3. Buat postingan atau halaman website baru > tambahkan ‘anchor text’ ke link web Anda.
  4. Pilih anchor text > klik ikon ‘link’. Setelah mengklik ikon link, Anda akan mendapatkan tampilan kotak terbuka dan menampilkan link web Anda disertai sejumlah opsi setting yang bebas dikonfigurasi.
  5. Cari opsi ‘open in a new tab’ > klik ‘add nofollow to link’.
  6. Klik enter. Selesai! Link nofollow sudah terpasang otomatis ke halaman web Anda.

Untuk memastikan link nofollow sudah terpasang, Anda bisa mengeceknya sendiri pada bagian link website. Caranya juga sederhana:

  1. Buka link website di browser > arahkan pointer mouse ke link.
  2. Klik kanan > pilih inspect.
  3. Panel inspect akan muncul di window browser Anda. Di sini, perhatikan baik-baik source code HTML pada halaman website Anda. Setiap link nofollow pasti akan berisi atribut HTML rel = “nofollow” atau contohnya seperti:

<a href=”https://namawebsiteanda.com” rel=”nofollow”> Google </a>

Jika Anda sudah bisa menemukan kode tersebut, maka artinya, link nofollow sudah sukses terpasang dengan baik. Selamat mencoba!

Kesimpulan

Search engine Google selalu mempunyai cara tersendiri dalam sistem perankingan SEO-nya. Salah satunya adalah mempertimbangkan nofollow saat melakukan proses indeks dan crawling.

Walaupun sering terlupakan oleh para pebisnis, nyatanya nofollow link mempunyai banyak manfaat seperti mencegah spam link dari website lain, menjaga citra kualitas website Anda di mata penilaian SEO, dan melahirkan sistem persaingan yang sehat antar website.

Nofollow juga bermanfaat untuk memperkuat otoritas dari domain web Anda, menghindarkan ‘pencemaran brand’ karena website Anda tertaut ke link eksternal yang negatif, memudahkan mengarahkan traffic ke web Anda serta menormalkan tampilan profil link website. Banyak sekali bukan manfaat dari nofollow link ini? Yakin tidak ingin menggunakan nofollow tag dari sekarang?

Demikianlah pembahasan artikel edisi kali ini seputar pengertian nofollow untuk mengoptimalkan ranking SEO website bisnis Anda. Semoga artikel ini bermanfaat menambah wawasan Anda, ya!

Jangan lupa temukan lebih banyak artikel menarik, informatif dan kaya wawasan lainnya hanya dari Markey. Sampai jumpa lagi!


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing


Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang IT, Bisnis, Ekonomi, Berita Domestik dan Global langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

7 Jenis Font Paling Sering Digunakan Oleh Para Profesional Dalam Desain Grafis

Anda seorang desainer grafis? Atau, Anda baru hendak terjun kedalam dunia desain grafis? Pekerjaan membuat desain, meski terlihat mudah,...

Startup Repair Adalah ? Penyebab dan Cara Mengatasinya

Saat ini laptop menjadi alat yang memiliki peran begitu penting. Hampir semua orang menggunakan laptop untuk menyelesaikan pekerjaannya atau...

10 Contoh Iklan Penawaran Jasa dan Produk Paling Menarik!

Jika Anda pernah mengeluarkan produk atau layanan baru, Anda tahu betapa sulitnya mengeluarkan kata. Anda mungkin melakukan iklan penawaran...

7 Prinsip Desain Grafis yang Perlu Kamu Ketahui & Pelajari

Pernahkah Anda melihat sebuah film animasi atau sebuah gambar dengan desain grafis yang cantik, estetik dan menarik? Pernahkah Anda...

25 Tempat Jual Beli Online Terbaik dan Terpercaya di Indonesia

Dewasa ini, berkembangnya teknologi di Indonesia memunculkan beragam startup e-commerce berkonsep tempat jual beli online yang menjual produk lengkap...

Facebook Ads dan Panduan Utamanya Untuk Bisnis Anda

Hampir semua orang pernah mengakses Facebook dan dari hasil pengumpulan survey, jumlah pengguna Facebook di Indonesia pada tahun 2018...

Cara Mengedit Aplikasi Android Dengan Apk Editor

Pernahkah Anda berpikir untuk mengedit aplikasi Android? Jika pernah, ada banyak sekali pilihan aplikasi untuk mengedit aplikasi Android yang...

5 Aspek Pemasaran Dalam Kewirausahaan

Aspek pemasaran dalam kewirausahaan adalah aspek-aspek yang harus Anda perhatikan sebelum Anda memulai sebuah usaha. Nantinya aspek pemasaran tersebut...

Tahapan Produksi | Indikator Keberhasilan

Dalam dunia bisnis, produksi adalah hal yang wajib dilakukan. Tanpa adanya produksi, lalu bagaimana produk akan ada? Seorang pengusaha...

7 Dasar Belajar Komputer dengan Cepat Untuk Pemula

Apakah Anda ingin belajar komputer? Rasanya agak ketinggalan jika kita belum menguasai komputer di era modern yang serba digital...

Website

WordPress

Maintenance

Server / Hosting

Domain

Front end

Backend

Laravel

Web programming

Teknologi web

Biaya pembuatan website

Aplikasi

Aplikasi Game

Aplikasi Android

Aplikasi iOS

Mobile Programming

Cross-platform

Biaya pembuatan aplikasi

Desain

Design Web

Design App

Design UI

Designer tools

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya