Media Bisnis Online | by APPKEY

Pemasaran SEO 10 Kesalahan Marketing Website yang Sering Dilakukan

10 Kesalahan Marketing Website yang Sering Dilakukan

-

Sebagai pebisnis, memiliki strategi marketing website yang baik mutlak diperlukan untuk menarik pelanggan atau klien yang membayar dari luar negeri. Tetapi banyak usaha kecil dan menengah yang gagal menarik pengunjung global.

Artikel kali ini tentunya akan merangkum dan membahas kesalahan yang sering dilakukan dalam pemasaran web dan memberikan tips singkat SEO yang cocok untuk website bisnis Anda.

Daftar 10 Kesalahan Marketing Website Teratas

marketing-website

Setelah membaca beberapa refrensi dan survey lokal, berikut ini adalah 10 kesalahan teratas yang kami temukan yang sering dilakukan pebisnis berulang kali. Kesalahan ini merugikan bisnis baik secara finansial dan waktu, dan parahnya mereka tidak menyadari penyebab hal itu terjadi.

1. Tidak Memfokuskan Marketing Website untuk Pengunjung yang Pertama Kali Hadir

Banyak pebisnis mengambil pendekatan yang menganggap bahwa pengunjung situs mereka sudah tahu siapa mereka. Jadi mereka fokus untuk membuat pelanggan yang sudah ada senang. Ini adalah jebakan yang berbahaya untuk jatuh ke dalamnya. Jika Anda tidak dapat menarik pelanggan baru ke situs Anda, bagaimana Anda bisa berharap untuk mengembangkan bisnis Anda?

Jadi, beri tahu mereka untuk siapa produk Anda, dan masalah apa yang dapat Anda pecahkan. Tentunya dari hal tersebut akan menghadirkan lebih banyak pengunjung yang dapat mengarah ke masa depan bisnis Anda nanti.

Jadi cantumkan hal ini di website Anda:

  1. Siapa Anda, dan apa yang Anda tawarkan.
  2. Mengarahkan pengguna ke halaman produk yang tepat
  3. Kisah sukses seperti Studi Kasus
  4. Testimonial
  5. Mendapatkan info kontak pengguna

Jika Anda adalah perusahaan produk, fokuslah pada masalah yang sebenarnya dimiliki pelanggan Anda. Jika Anda perusahaan yang lebih besar, fokuslah untuk mengarahkan pengguna ke kategori yang tepat, sehingga Anda dapat membicarakan masalah spesifik mereka, dan menyajikan solusi Anda.

2. Tidak menangkap Alamat Email Pengguna

Jika pengguna datang dan mengunjungi situs web Anda, Anda ingin melakukan semua yang dapat Anda lakukan untuk mendapatkan alamat email mereka. Setelah Anda memiliki email mereka, ada banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk masa depan mereka, menyediakan unduhan gratis atau kursus email, mengundang mereka ke webinar atau seminar, memposting pembaruan tentang perusahaan Anda dan sejenisnya.

Namun, sebagian besar pebisnis melewatkan semua peluang ini dengan tidak menangkap alamat email pengguna. Jadi, jangan malu untuk meminta alamat email pengguna sebagai imbalan atas bantuan sesuatu. Hal-hal seperti laporan yang dapat diunduh adalah cara yang bagus untuk membangun dan daftar email yang bagus.

3. Menggunakan Slider di Halaman Beranda

Slider (Slideshows atau ketika layar utama bergeser dari gambar ke gambar setiap beberapa detik) adalah teknik populer yang digunakan oleh banyak website bisnis untuk memamerkan produk atau layanan mereka. Itu dapat memecahkan banyak masalah internal seperti persaingan antara tim internal di bagian atas beranda, dan banyak website besar suka memamerkan rangkaian produk mereka kepada pengunjung pertama kali.

Harap pertimbangkan masalah ini dengan Slider.

  1. Slider mengalihkan pengguna dari tujuan Anda.
  2. Sulit bagi pengguna untuk menggeser slide tersebut, bahkan ada yang tidak bisa melihat gambar.
  3. Memperlambat beranda, karena semua gambar perlu dimuat sebelum halaman web dapat dimuat.

4. Tidak Menggunakan Marketing Automation (MA)

Marketing Automation (MA) adalah alat yang fantastis untuk merawat pelanggan Anda di sepanjang jalan untuk membeli produk Anda. Ini juga merupakan peluang bagus untuk mensegmentasi pelanggan Anda, membuat penawaran yang tepat ke kanan pada waktu yang tepat, dan peluang untuk menjual pelanggan yang sudah ada.

5. Menggunakan Software MA Yang Terlalu Mahal

Untuk pebisnis yang menggunakan MA, banyak dari mereka membeli paket mahal dari pembuat besar. Ini sangat disayangkan. Saat ini Anda bisa mendapatkan fungsionalitas serupa dari layanan seperti Kampanye Aktif ($50/bulan), Drop (gratis), Mautic (Sumber terbuka).

Jika Anda tidak menggunakan teknik MA yang terlalu rumit, kemungkinan Anda membuang-buang uang. Hemat uang Anda, dan mulai kampanye sekarang juga, dan tentunya  Anda selalu dapat memutakhirkan hal tersebut di waktu yang mendatang.

6. Tidak Melakukan Pengujian A/B di Halaman Rujukan

A/B adalah teknik yang efektif untuk mencoba pesan yang berbeda, penawaran yang berbeda, gambar latar yang berbeda dan banyak lagi. Anda harus selalu melakukan pengujian A/B untuk melihat pesan apa yang sesuai dengan pelanggan Anda.

Perusahaan seperti Google dan Amazon telah berhasil secara online melalui pengujian AB. Hari-hari ini sangat mudah dilakukan, hari-hari bergantung pada pengembang untuk perubahan sederhana sudah berakhir. Ada alat Pengoptimalan yang mudah digunakan seperti Otimizely.

Pengoptimal Situs Web Virtual, atau bahkan plugin sederhana untuk WordPress, hal tersebut sangat mudah untuk diterapkan. Namun, beberapa pebisnis tidak menggunakan teknik ini untuk meningkatkan penjualan atau menarik prospek.

7. Tidak Menggunakan LinkedIn untuk Pemasaran B2B Internasional

Jika Anda mencari pelanggan internasional, Linked In adalah cara yang fantastis untuk menemukan mereka. Pertama, ini cukup banyak digunakan oleh hampir semua karyawan kerah putih di AS dan Eropa.

Hasilnya, Anda dapat menjalankan kampanye bertarget yang jelas, dan apabila Anda ingin menjangkau eksekutif C-Level (CEO, CTO, COO, dll) di industri Otomotif untuk perusahaan dengan lebih dari 5000 orang sangat mudah dilakukan dengan beberapa klik. Belum lagi pengguna LinkedIn di Indonesia sendiri sudah sangat tinggi, tunggu apalagi? Ayo gunakan LunkedIn Anda!

Artikel terkait  Perbesar Jangkauan Bisnis B2B Anda dengan Iklan Linkedin [Tutorial Lengkap]

8. Tidak Menggunakan Google Analytics Secara Efektif

Google Analytics (GA) adalah alat gratis yang fantastis untuk melacak pelanggan Anda dan jalur mereka ke tujuan situs web Anda. Sebagian besar pebisnis menggunakan fitur dari GA, tetapi pada nyatanya dalam banyak akun GA, sering ditemukan 2 masalah besar, yaitu:

  1. Mereka tidak menyiapkan Sasaran di GA. Jadi mereka tidak dapat melacak pengguna dalam perjalanan pelanggan mereka.
  2. Mereka tidak menggunakan “parameter utm” untuk tautan eksternal dan kampanye untuk melacak hasil mereka.

Jadi, singkatnya masih banyak yang salah kaprah dalam menggunakan fitur GA dan menganggap hal tersebut hanya sebuah kewajiban yang tidak ada gunanya.

9. Tidak Menggunakan Inline Survey

Dengan asumsi itu diatur dengan benar, GA bisa menjadi hal yang bagus untuk menentukan di mana hambatan dalam perjalanan pelanggan. Namun, GA tidak bisa menjawab pertanyaan “mengapa” dan kenapa pengunjung website terpental pada halaman tertentu? Sangat mudah untuk berspekulasi mengapa.

Melakukan teknik Inline survey (teknik yang jarang digunakan untuk mempelajari alasan kenapa tidak mendapatkan pengunjung), serta mempelajari kata-kata yang sering digunakan oleh pengunjung Anda. Pertanyaan sederhana 1 baris seperti “apa yang menghentikan Anda untuk membeli hari ini?” dapat memberikan peningkatan respons yang tinggi dan refrensi wawasan yang sangat menarik dan pastinya membuat lebih banyak pengunjung website di masa depan, alat seperti Qualaroo, Hotjar, atau Survey Monkey sangat cocok digunakan Anda.

10. Tidak Menggunakan WordPress

10 Tahun yang lalu, butuh banyak upaya teknis menggunakan CMS canggih seperti Drupal, Joomla atau CQ5 untuk membuat situs web yang terlihat profesional. Membuat perubahan pada situs web ini merepotkan, Anda perlu meminta perubahan ke tim teknik untuk setiap perubahan. Tetapi saat ini, sebagian besar perusahaan AS dan Eropa menggunakan WordPress untuk membuat situs web yang tampak cantik dengan cepat, hanya membutuhkan memilih tema dan pembuat konten berkualitas baik dan mulailah.

Selain itu, WordPress menawarkan ribuan plugin yang menambahkan fungsionalitas tepat yang Anda butuhkan (WordPress bukan hanya untuk blog lagi saat ini). Sayangnya, banyak pebisnis yang takut untuk membuat ulang situs web mereka di WordPress dan mengklik arsitektur lama mereka.

Jika Anda perlu melakukan hal-hal rumit, silakan dan pekerjakan pengembang Drupal dan tulis spesifikasi yang bagus. Tetapi untuk sekitar 90% dari situs web perusahaan di luar mereka, WordPress sudah cukup.

Menulis Judul dan Deskripsi SEO untuk Marketing Website Anda

Penting untuk mengatur tag Judul dan Deskripsi SEO untuk situs web meskipun tidak terlihat di situs web Anda sendiri, dan hal tersebut digunakan untuk menampilkan Halaman Hasil Mesin Pencari seperti yang akan dijelaskan di bawah ini.

Judul dan Meta-Deskripsi SEO sangat penting untuk SEO, namun banyak pemilik bisnis mengabaikannya. Pertama, mereka tidak terlihat di situs web Anda, tetapi jika Anda melihat sumber HTML halaman, Anda baru akan melihatnya.

Namun, meskipun tag ini tidak terlihat pada halaman, mereka muncul di “Halaman Hasil Pencarian” Google, Yahoo dan mesin pencari lainnya. Tidak hanya bidang ini yang terlihat, tetapi juga ditampilkan di atas dan di bawah pesaing Anda untuk setiap kata kunci.

Sangat penting untuk membuat bidang teks ini tepat agar sesuai dengan maksud pengguna, jika tidak, orang tidak akan pernah sampai ke halaman Anda dari Halaman Hasil Pencarian.Lalu mengapa penting untuk melakukan SEO untuk situs web Anda? Inilah alasannya:

  1. Meningkatkan visibilitas situs web Anda
  2. Meningkatkan jumlah klik dari pencari
  3. Meningkatkan peringkat di situs web Anda di Search Engine

Anda dapat mencapai semua hal di atas secara gratis. Dan dibawah ini adalah cara sederhana namun efektif untuk meningkatkan keberadaan situs web Anda secara online.

1. Memikirkan Panjang Konten

Jika konten terlalu panjang dari yang diinginkan Google atau Yahoo, mereka akan dipotong di bagian akhir dengan “…”.  Saat menulis Judul atau Deskripsi Anda sendiri, lihat di bawah untuk mengetahui panjangnya untuk menghindari hal ini.

Panjang Teks Judul SEO Optimal:

Bahasa Inggris dan teks 1-Byte (setengah ukuran) lainnya: 50-60 karakter

Panjang Teks Deskripsi SEO Optimal:

Bahasa Inggris dan teks 1-Byte (setengah ukuran) lainnya: 140-160 karakter

2. Temukan dan Sertakan Keyword target

Sebelum menulis Judul atau Deskripsi, pikirkan “Kata Kunci” yang akan diketik pengguna di Google untuk mencari konten Anda, ini akan menjadi yang terbaik untuk melalui proses penelitian kata kunci. Setelah Anda memiliki kata kunci, perhatikan 3 poin berikut dan buat judul dan deskripsi yang bagus untuk menggambarkan konten di halaman web Anda.

  • Cantumkan kata kunci sebagai bagian awal kalimat sebisa mungkin.
  • Sertakan kata kunci setidaknya sekali, tetapi tidak lebih dari 3
  • Hindari kalimat yang canggung dan fokus pada konten yang bagus

Manfaat melakukan hal di atas adalah jika kata kunci yang digunakan pencari untuk mencocokkan dengan kata kunci di konten Anda, mereka akan muncul dalam BOLD.

3. Fokus Pada Konten yang Nyaman untuk Mata Manusia

Judul dan deskripsi harus membuat pengguna ingin memilih konten di atas hasil pencarian lainnya. Deskripsi Tag harus dapat ditindaklanjuti untuk diklik oleh manusia.

  • Buat judul dan deskripsi sehingga pencari akan beresonansi dengan konten yang Anda tawarkan.
  • Sertakan Ajakan Komersil seperti “Ambil tindakan hari ini” atau “Cari tahu lebih banyak”.

Pengguna selalu memiliki pilihan lain, tetapi dengan membuat Judul dan Deskripsi untuk beresonansi dengan pengguna akan membantu mereka membawa ke situs web Anda.

Artikel terkait  SEO Website | Cara Meningkatkan Pengunjung Website

4. Hindari duplikasi atau plagiarisme.

Menurut Google, mereka mendorong untuk tidak memiliki konten duplikat, tumpang tindih, atau berlebihan.

  • Pastikan tidak ada 2 halaman yang memiliki tag Judul yang sama persis
  • Mendapatkan inspirasi dari situs web lain boleh saja, tetapi jangan menyalin.

Penutup

Dengan menghindari 10 kesalahan Marketing Website dan melakukan apa yang sudah dijelaskan diatas, sangat mungkin untuk mendatang lebuh banyak pengunjung website Anda dalam waktu yang singkat. Tetapi tidak hanya sebatas itu saja, konten yang Anda tawarkan harus sesuai dengan niche bisnis Anda, dan kualitas konten yang sesuai dengan SEO juga menentukan.

Judul SEO dan Meta-Description adalah hal yang menentukan aksesibilitas situs web Anda, dan muncul di halaman hasil pencarian. Sangat penting untuk membuat mereka menulis untuk menarik pengunjung ke situs Anda.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda dan menjadi refrensi untuk Anda dalam mengembangkan marketing website yang sesuai dengan SEO, dan jangan lupa untuk download MARKEY | Media Bisnis Online di Google Play Anda, karena masih banyak ulasan dan tips-tips, serta artikel menarik lainnya hanya untuk Anda. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing


Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang IT, Bisnis, Ekonomi, Berita Domestik dan Global langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

7 Jenis Font Paling Sering Digunakan Oleh Para Profesional Dalam Desain Grafis

Anda seorang desainer grafis? Atau, Anda baru hendak terjun kedalam dunia desain grafis? Pekerjaan membuat desain, meski terlihat mudah,...

10 Contoh Iklan Penawaran Jasa dan Produk Paling Menarik!

Jika Anda pernah mengeluarkan produk atau layanan baru, Anda tahu betapa sulitnya mengeluarkan kata. Anda mungkin melakukan iklan penawaran...

Startup Repair Adalah? Penyebab dan Cara Mengatasinya

Startup repair adalah salah satu jenis problem yang sering ditemukan pada PC, hal ini menyebabkan PC sering gagal booting. Saat...

7 Prinsip Desain Grafis yang Perlu Kamu Ketahui & Pelajari

Pernahkah Anda melihat sebuah film animasi atau sebuah gambar dengan desain grafis yang cantik, estetik dan menarik? Pernahkah Anda...

25 Tempat Jual Beli Online Terbaik dan Terpercaya di Indonesia

Dewasa ini, berkembangnya teknologi di Indonesia memunculkan beragam startup e-commerce berkonsep tempat jual beli online yang menjual produk lengkap...

Facebook Ads Adalah : Panduan Utama Untuk Bisnis Anda

Hampir semua orang pernah mengakses Facebook dan dari hasil pengumpulan survey, jumlah pengguna Facebook di Indonesia pada tahun 2018...

Cara Mengedit Aplikasi Android Dengan Apk Editor

Pernahkah Anda berpikir untuk mengedit aplikasi Android? Jika pernah, ada banyak sekali pilihan aplikasi untuk mengedit aplikasi Android yang...

11 Aplikasi Desain Jersey Terbaik Untuk Android

Anda sedang mencari inspirasi bisnis? Mengapa tidak mencoba merintis bisnis jersey tim sepak bola kenamaan saja? Bisnis fashion atau baju...

5 Aspek Pemasaran Dalam Kewirausahaan

Aspek pemasaran dalam kewirausahaan adalah aspek-aspek yang harus Anda perhatikan sebelum Anda memulai sebuah usaha. Nantinya aspek pemasaran tersebut...

Pemasaran Internasional Adalah ? | Fungsi, Tujuan & Contoh

Salah satu topik bahasan wajib dalam dunia bisnis dan ekonomi adalah pemasaran. Kita memang tidak akan pernah terlepas dari...

Website

WordPress

Maintenance

Server / Hosting

Domain

Front end

Backend

Laravel

Web programming

Teknologi web

Biaya pembuatan website

Aplikasi

Aplikasi Game

Aplikasi Android

Aplikasi iOS

Mobile Programming

Cross-platform

Biaya pembuatan aplikasi

Desain

Design Web

Design App

Design UI

Designer tools

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya