Sebelum membahas lebih dalam, saya akan menjelaskan apa itu Google Search Console. Jika Anda sedang mengalami kesulitan dalam mengidentifikasi performa website, Anda bisa menggunakan Google Search Console.
Ya, Google Search Console sendiri merupakan tool gratis yang disediakan oleh Google untuk membantu para pemilik website mengidentifikasi website mereka di ranah organik.
Dengan menggunakan Google Search Console memungkinkan Anda untuk mengetahui kinerja website di perangkat mobile, domain mana yang memberikan link ke website Anda, sampai menganalisis halaman website dengan traffic tertinggi.
Sebenarnya terdapat banyak sekali manfaat dari Google Search Console. Anda bisa menemukan keyword yang populer untuk bisnis Anda, mengetahui darimana datangnya pengunjung, mencari tahu backlink ke website Anda, dan masih banyak lagi.
Tetapi kadang-kadang Anda akan mengalami kebingungan ketika melihat laporan dari Google Search Console, terutama jika Anda baru mengenal SEO. Sebagai contoh adalah “kinerja pencarian”. Kinerja pencarian menyediakan berbagai informasi mengenai lalu lintas dari pencarian alami.
Berikut akan dijelaskan bagaimana panduan Google yang mudah dipahami mengenai tayangan, klik, dan posisi.
Daftar Isi
Penjelasan Panduan Google yang Mudah Dipahami tentang Tayangan, Klik, dan Posisi
Jumlah Tampilan
Dalam hasil pencarian alami, jumlah tampilan akan dihitung walaupun tidak digulir, karena ia ditampilkan di browser. Atau dalam kata lain jika terdapat 10 tautan biru dan Anda mendapatkan peringkat ke-9.
Kemudian hasil pencarian dibaca maka jumlah tampilan adalah 1. Jumlah tayangan akan dihitung untuk mencatat peringkat.
Tautan ke Situs Eksternal dan Tautan yang Dipersempit oleh Kueri
Tidak semua masuk ke jumlah tampilan. Jika terdapat elemen yang muncul pada hasil pencarian yang tidak bertransisi ke situs selain Google, itu tidak akan dihitung sebagai jumlah tampilan.
Tautan yang dilengkapi kueri ini tidak dihitung ke dalam jumlah tampilan karena tetap mempertahankan pengguna di Google.
Posisi
Posisi dihitung dari atas ke bawah sesuai dengan kebutuhan layar. Namun terdapat perbedaan, tentu sangat penting untuk memahami hal ini. Misalnya cuplikan merupakan indikator utama yang mempengaruhi peringkat, kemudian indikator informasi mungkin berada di peringkat ke-11, sekalipun itu berada di halaman hasil pencarian pertama.
Tentu mengenai posisi ini pasti selalu berubah. Indikator penentunya pun juga begitu, bisa saja berubah tanpa kita ketahui.
Tautan dalam Elemen Blok
Semua tautan dalam elemen yang sama juga termasuk dalam hasil pencarian memiliki peringkat yang sama. Misalnya, semua tautan dalam korsel AMP akan memiliki peringkat yang sama.
Jika korsel ditempatkan di halaman kedua hasil pencarian, maka tautan ke semua halaman AMP di korsel akan ditampilkan di tempat kedua laporan. Hal yang sama berlaku juga untuk Panel Pengetahuan. Jika ditempatkan di tempat ke-11 maka seluruh tautan di Panel Pengetahuan akan diberikan di tempat ke-11.
Tindakan Kembali ke Layar Hasil Pencarian
Mengklik halaman yang sama dua kali tidak dihitung dua. Ketika pengguna mengklik ke tautan eksternal, mereka dikembalikan ke layar hasil pencarian.
Kemudian jika pengguna mengklik kembali tautan ke halaman eksternal tersebut, jumlah klik tetap saja dihitung satu. Namun berbeda jika Anda mengklik tautan lain, maka itu dikatakan sebagai klik lain dan masuk ke dalam hitungan.
Dampak Iklan
Iklan tidak diberikan posisi dalam hasil pencarian. Ini adalah hal penting yang perlu diingat. Bahkan jika halaman Anda mendapatkan peringkat pertama namun pasti masih ada iklan di dalam halaman tersebut.
Akibatnya mungkin halaman Anda tidak bisa memberikan kesan yang kuat kepada pengguna karena iklan tersebut. Atau dalam kata lain meskipun halaman Anda berada di peringkat pertama jika terdapat iklan di halaman Anda mungkin tidak terlalu mengesankan bagi pengguna.
URL Mana yang Menjadi Target?
Jumlah klik, tayangan dan posisi peringkat ditargetkan pada URL yang ditransisikan oleh pengguna. Bahkan jika URL tersebut tidak ditampilkan di layar hasil pencarian. Contohnya adalah URL terpisah seluler (m-dot) yang sebenarnya dijangkau pengguna setelah mereka mengklik tautan yang muncul di layar hasil pencarian.
Meskipun begitu, URL m-dot akan menerima jumlah klik dan tayangan walaupun tidak menerima URL versi desktop yang muncul di halaman hasil pencarian. Pada dasarnya, URL target akan menerima tayangan, klik, dan posisi.
Carousel
Tautan di carousel tidak akan digulir dan ditampilkan hingga jumlah tampilan dihitung. Ini merupakan metode perhitungan yang berbeda dari 10 tautan biru yang biasa. Seperti yang sudah disebutkan di atas, jika peringkat situs Anda berada di peringkat ke-9, maka itu akan diposting di bagian bawah halaman.
Tetapi itu akan dihitung 1 bahkan jika pengguna tidak menggulir. Tetapi dalam kasus carousel berbeda, tautan harus digulir dan terlihat. Metode perhitungan ini harus dibaca ulang beberapa kali.
URL Versi AMP
Sebelumnya, Accelerated Mobile Page (AMP) merupakan sebuah program open-source dari Google yang akan ditujukan untuk memberikan mobile internet yang lebih cepat dan lebih baik. Jika URL versi AMP yang ditampilkan dalam hasil pencarian mobile, maka URL yang menerima jumlah tayangan, klik, dan posisi akan menjadi URL versi AMP.
Metode perhitungan AMP berbeda. Dalam korsel AMP jika digulir dan ditampilkan, akan dihitung beberapa kali tampilan. Berbeda dengan tautan lainnya, satu dari sepuluh tautan biru tidak perlu digulir atau ditampilkan agar tayangan dihitung.
Cuplikan Penekanan
Pada dasarnya aturan yang yang sama berlaku pada sepuluh tautan biru. Jika cuplikan yang disorot muncul di bagian atas hasil pencarian maka akan menjadi peringkat pertama. Namun, panel pengetahuan yang berada di sebelah kanan layar hasil pencarian berada di posisi ke-11.
Gambar
Gambar yang dimaksud disini adalah tautan ke halaman tempat gambar tersebut berada. Karenanya, Google tidak membedakan antara gambar yang terhubung ke halaman yang sama.
Dokumen bantuan menyatakan bahwa dalam hal klik, tayangan, dan posisi seluruh gambar hanya dianggap sebagai tautan.
Pencarian Web dan Pencarian Gambar
Pencarian web dan pencarian gambar pada dasarnya direkam secara terpisah. Laporan kinerja pencarian tidak menjadikan satu data ini. Untuk memeriksanya, Anda dapat memfilternya dalam kinerja pencarian.
Jumlah Klik pada Gambar
Ketika pengguna melakukan pencarian gambar dan muncul banyak gambar, pasti pengguna akan mengklik suatu gambar untuk diperbesar bukan? Hal tersebut tidak dihitung sebagai jumlah klik. Jumlah klik pada gambar akan dihitung ketika pengguna bertransisi ke situs selain Google.
Tampilan Gambar
Untuk hasil pencarian normal termasuk dalam gambar yang terdapat di dalam elemen blok, jumlah tayangan akan dihitung 1, terlepas apakah mereka digulirkan atau ditampilkan.
Misalnya, gambar yang terdapat di dalam elemen blok ditampilkan dalam salah satu dari 10 tautan biru pada layar hasil pencarian maka akan dihitung 1 tampilan.
Pencarian gambar
Dalam hal pencarian gambar, jumlah waktu tampilan tidak dihitung kecuali gambar yang ditampilkan di bagian bawah hasil pencarian telah digulir dan ditampilkan oleh pengguna. Atau dalam kata lain gambar tidak akan dihitung jika tidak digulir atau ditampilkan oleh pengguna.
Posisi Gambar
Dalam hal hasil pencarian, jumlah tampilan semua gambar adalah 1. Semua gambar yang ditampilkan di blok yang sama memiliki peringkat yang sama.
Dengan kata lain, jika elemen blok yang terdiri dari 7 gambar berada di tempat ke-3, maka seluruh gambar akan ditempatkan di tempat ke-3.
Satu Elemen yang Terdiri dari Banyak Tautan
Saat satu elemen memiliki banyak tautan yang bertransisi ke situs yang sama, maka akan dihitung 1 tayangan untuk situs ini. Namun jika tautan yang bertransisi ke URL berbeda dalam situs yang sama, tautan tersebut akan dihitung sebagai jumlah tampilan yang berbeda dalam laporan yang dipersempit berdasarkan halaman.
Banyak Tautan ke Halaman yang Sama di Elemen yang Sama
Jika sebuah elemen berisi tiga tautan yang merujuk kepada halaman yang sama maka jumlah tampilan akan menjadi 1 bukan 3.
Itulah beberapa penjelasan mudah panduan Google mengenai tayangan, klik, dan posisi. Jika Anda masih kurang memahami Anda bisa membaca dokumentasi bantuan Google untuk membantu Anda lebih memahami topik ini.
Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.