Media Bisnis Online | by APPKEY

Pemasaran SEO Segudang Kegunaan Media Sosial dalam Dunia Bisnis Penerbitan dan...

Segudang Kegunaan Media Sosial dalam Dunia Bisnis Penerbitan dan Media 2021

-

Pertumbuhan dan perkembangan teknologi pada era kehidupan masa kini mengubah banyak aspek kehidupan kita. Salah satunya adalah kebiasaan gaya hidup (lifestyle) penggunaan media sosial di kalangan masyarakat.

Dibandingkan dengan zaman dahulu, masyarakat kekinian hampir tidak bisa lepas dari gadget dan penggunaan media sosial dalam hidupnya.

Ada banyak alasan, tujuan dan kegunaan sosial media dalam hidup kita. Mulai dari mencari hiburan, berinteraksi dan berkawan dengan orang baru, mendapatkan informasi berita terbaru, hingga berbisnis online. Bahkan, kawasan Asia termasuk Indonesia dinilai mempunyai angka pertumbuhan ekonomi tercepat pasca memasuki era pemakaian internet dan media sosial.

Menurut Kominfo, di Indonesia sendiri ada sekitar 175,5 juta pengguna aktif internet untuk berbagai keperluan. Data ini pun akan terus bertambah seiring berjalannya waktu serta perluasan dan perbaikan infrastruktur internet agar bisa tersebar merata ke seluruh wilayah Indonesia. Bertambahnya jumlah pengguna internet, maka otomatis pengguna media sosial juga akan meningkat.

Kemudian menurut data riset survey Hootsuite, ada sekitar 160 juta masyarakat Indonesia yang aktif di media sosial. Dari data statistik, diketahui bahwa masyarakat Indonesia paling banyak mengakses YouTube (88%), WhatsApp (84%), Facebook (82%) dan Instagram (74%). Ini berarti media sosial tersebut sudah mempunyai posisi khusus di hati masyarakat Indonesia untuk berbagai keperluan, seperti industri penerbitan informasi dan media massa.

Tahukah Anda bahwa bisnis di industri informasi dan media massa mempunyai prospek yang amat cerah dewasa ini berkat kehadiran media sosial? Kira-kira seberapa besar peluang keuntungan bisnis di industri penerbitan dan media massa saat ini? Mari kita simak bersama penjelasan lengkapnya pada artikel edisi kali ini – selamat membaca!

Aneka Ragam Fungsi Media Sosial untuk Industri Penerbitan

Kehadiran internet dan media sosial membawa banyak manfaat bagi kehidupan kita, terutama dari segi peredaran informasi. Semenjak ada internet dan media sosial, kita dapat dengan mudah menemukan informasi apa saja dalam hitungan detik. Alhasil, media sosial adalah sarana terbaik untuk menunjang industri bisnis di bidang penerbitan dan jurnalistik.

Kini, tidak hanya penulis dan jurnalis saja, berbagai penerbit majalah dan situs berita juga memiliki dan mengelola sejumlah akun media sosial untuk keperluan usahanya. Popularitas dari sebuah media saat ini pun dapat divisualisasikan dengan lebih jelas dan baik melalui jumlah reaction, retweet, komentar, likes dan buzz dari warganet.

Namun khusus untuk dunia penerbitan saat ini, terdapat sejumlah fungsi media sosial yang perlu diperhatikan secara khusus karena ada sejumlah konten yang ditujukan untuk pembaca dengan kebutuhan khusus. Pun terdapat pula sejumlah fungsi media sosial untuk industri penerbitan guna menumbuhkan prospek potensial bisnis. Berikut ini adalah sejumlah fungsi media sosial dalam industri penerbitan, media dan web:

  • Mendorong pertumbuhan pembaca artikel secara global.
  • Menciptakan proses komunikasi langsung dengan pembaca.
  • Membagikan informasi terbaru secara super tepat waktu (super real time).
  • Memperoleh inspirasi dari narasumber berkualitas dan membagikan kisah inspiratifnya seluas mungkin.
  • Menjadi tempat di mana setiap orang dapat menjadi pengirim informasi, pemasar media web, dan penulis artikel.

Semenjak era media sosial dimulai, pebisnis yang awalnya hanya aktif di web mulai beralih ke platform ini untuk mempromosikan bisnis masing-masing dengan lebih baik dan efektif. Banyak bisnis sengaja mengombinasikan kekuatan website dan media sosial untuk mendapatkan performa promosi iklan online yang optimal.

Melalui aneka konten yang disajikan di media sosial, bisnis Anda bisa menggaet lebih banyak calon konsumen yang tertarik dengan produk. Nantinya, para calon konsumen tersebut dapat menelusuri informasi produk lebih lanjut di website bisnis Anda.

Apa itu pemasaran media sosial? Pemasaran via media sosial adalah segala publikasi, penjualan, dan promosi majalah, buku, dan merek yang dilakukan melalui media sosial. Banyak perusahaan yang sukses mengembangkan usahanya setelah rajin mempublikasikan konten di media sosial.

Contohnya adalah perusahaan majalah Makia yang sukses mendulang eksposur dan konvensi sebesar 300% di tahun 2015.

Contoh lainnya adalah VOGUE, majalah mode global. Vogue adalah salah satu majalah mode terbaik di dunia, tetapi pihaknya tetap menggunakan media sosial YouTube untuk berpromosi secara online.

Setelah menggunakan YouTube, kesuksesan Vogue meningkat hingga dua kali lipat. Jadi, bukan rahasia lagi bahwa media sosial adalah tools hebat dengan potensi besar untuk meningkatkan jumlah audiens, traffic dan pendapatan/konvensi.

Artikel terkait  Membuat Website yang Memenuhi Standar Pencarian Menggunakan Jasa SEO Berkualitas

Media Sosial untuk Menumbuhkan Prospek Potensial Bisnis

media-sosial

Dulu, kita mengenal beraneka ragam jenis penerbitan konvensional di atas kertas seperti penerbitan buku, majalah, koran, pamflet dan lainnya. Namun di era teknologi digital saat ini, muncul penerbitan secara digital atau elektronik via media sosial yang jauh lebih praktis.

Media sosial adalah “senjata utama” bagi penerbit masa kini untuk menjangkau semua jenis pembaca dari berbagai kalangan dan wilayah. Maka tidaklah berlebihan untuk mengklaim bahwa media sosial menyimpan peluang besar untuk menjangkau audiens global dan melakukan branding.

Semisal dengan semakin menarik postingan status media sosial Anda, maka akan semakin tinggi pula engagement serta traffic yang didapat. Jadi, gunakanlah strategi konten marketing supaya Anda bisa sukses meraih semua potensi bisnis yang tersedia di media massa.

Aktif dengan menerbitkan konten, tautan, dan video promosi hanyalah bagian dari strategi media sosial marketing Anda. Lebih lanjut, hal ini juga mencakup interaksi di forum diskusi, komentar, pengamatan, preferensi pembaca, dan angka share atau buzz dari warganet untuk meningkatkan visibilitas dan peluang lebih banyak lagi orang menemukan media Anda.

Namun bukan berarti Anda harus segera membuat banyak akun media sosial dan menjalankannya sekaligus untuk mendulang sebanyak mungkin atensi audiens. Justru, membangun lusinan channel media sosial dinilai tidak efektif untuk keberlangsungan pemasaran online.

Alih-alih efektif dan mendapat banyak traffic, Anda malah akan bingung, tidak fokus dan kelelahan karena mengurus banyak akun sekaligus. Hasilnya justru tidak ada akun media sosial Anda yang bisa berjalan dengan baik dan optimal.

Sebagai permulaan, lebih baik mulai dengan mengelola satu media sosial yang memiliki peluang terbaik—semisal media sosial yang digunakan oleh mayoritas target audiens Anda. Jika kelompok target audiens Anda lebih banyak menggunakan Instagram, maka lebih baik fokuskan konten dan membangun branding di Instagram alih-alih platform lain.

Media Sosial Memungkinkan Berkomunikasi Langsung dengan Audiens

media-sosial-1

Salah satu tujuan utama dari media sosial adalah memudahkan sistem komunikasi antara Anda dengan orang lain, termasuk audiens, followers atau konsumen tetap Anda. Di media sosial, Anda bisa mendapatkan banyak feedback terkait konten atau pelayanan bisnis dibandingkan dengan platform lain. Feedback tersebut pun bisa dalam beraneka wujud, seperti likes, komentar dan share.

Bahkan saat ini, hampir semua orang gemar membagikan apapun kesukaan, minat, opini dan hal-hal lain yang mereka suka di media sosial. Ketika seorang follower menyukai konten postingan yang Anda share, maka besar kemungkinan ia akan memberikan respon seperti like, komentar atau men-share ulang postingan tersebut.

Media sosial mempermudah komunikasi Anda dan audiens dalam berbagai hal. Ketika Anda mengadakan kuis atau giveaway, audiens bisa berinteraksi dengan mengetikkan komentar atau memberi likes. Atau, ketika Anda mengadakan kampanye di Twitter, para partisipan bisa mengikuti event dan menyebarkannya semudah menekan tombol re-tweet saja.

Pun calon pembeli bisa bebas bertanya terkait produk atau bisnis dengan mengirim pesan singkat di fitur live chat atau direct messages (DM). Apabila suatu hari terjadi komplain atau ada kritik dari konsumen, Anda bisa menanggapi secara profesional dan privat langsung ke pihak yang bersangkutan via live chat atau direct messages (DM). Sangat praktis!

Media Sosial Menyediakan Banyak Berita Terbaru

Salah satu alasan mengapa seseorang memfollow media sosial Anda tak lain karena mereka ingin mendapatkan banyak berita atau informasi terbaru. Mereka ingin tetap up to date dan tidak ketinggalan kabar sedetikpun. Terutama jika berita tersebut menyangkut topik-topik yang mereka sukai.

Selain itu, Anda dapat dengan cepat menyampaikan terbitan konten terbaru, baik berupa artikel, video, maupun konten foto kepada followers. Ingin menghadirkan konten dengan gaya yang lebih seru dan tidak anti-mainstream? Anda masih bisa mencoba layanan streaming gratis, stories, kuis interaktif sistem polling, atau berkreasi dengan aneka fitur lainnya yang sudah tersaji di media sosial.

Artikel terkait  Penjelasan Detail Tentang Cara Penerapan SEO Pada Situs E-commerce

Media Sosial Memberi Lebih Banyak Inspirasi

ide bisnis

Media sosial adalah harta karun informasi. Mengikuti penerbit, operator media, dan merek lain (terutama yang memiliki ribuan suka, pengikut, dan komentar) adalah cara terbaik untuk mendapatkan pengetahuan tentang minat dan kesukaan yang tengah digemari masyarakat saat ini. Ini hanyalah salah satu cara agar Anda dapat memprediksi seperti apa konten terbaik yang bisa menginspirasi pembaca.

Setiap orang atau audiens pun dapat berkontribusi menjadi pemrakarsa konten media Anda! Oleh karena pembaca adalah titik sentral pemasaran Anda, maka apapun yang mereka ingin simak bisa menjadi inspirasi terbaik untuk Anda jadikan konten.

Ada banyak cara mudah untuk menggali inspirasi di media sosial. Salah satunya adalah dengan menyimak topik-topik yang sedang trending di jagat maya. Beberapa platform media sosial pun menghadirkan rubrik khusus untuk  keperluan ini, seperti Twitter dengan kolom Trending Topics berisi hashtag dan topik yang sedang hangat diperbincangkan dari seluruh dunia.

Selain mengamati trending, Anda juga bisa menyimak konten-konten atau topik-topik apa saja yang sedang viral di media sosial. Dari sini saja Anda sudah bisa mendapatkan inspirasi konten yang baik.

Namun kalau Anda masih bingung, tidak ada salahnya mencoba menggunakan tools bantuan seperti Google Trend yang memuat perkiraan dan rincian statistik dari topik-topik yang sedang trend. Sebagai catatan, Anda akan membutuhkan sikap rajin dan ulet dalam mencari tahu topik-topik yang sedang trend di media sosial karena topik-topik trend tersebut bisa berganti secara cepat bahkan dalam hitungan jam.

Yuk Segera Manfaatkan Media Sosial Anda Sebaik Mungkin untuk Bisnis

Pada tahun 2021, media sosial adalah platform penerbitan digital yang paling banyak digunaakan masyarakat. Jadi tunggu apa lagi, segera manfaatkan akun media sosial Anda untuk bisnis sedari sekarang!

Terima kasih sudah mengikuti artikel edisi kali ini sampai di sini. Jangan lupa untuk menyimak artikel lainnya di website MARKEY terkait aneka strategi digital menggunakan media sosial secara lebih rinci. Sampai jumpa!


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang IT, Bisnis, Ekonomi, Berita Domestik dan Global langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

7 Jenis Font Paling Sering Digunakan Oleh Para Profesional Dalam Desain Grafis

Anda seorang desainer grafis? Atau, Anda baru hendak terjun kedalam dunia desain grafis? Pekerjaan membuat desain, meski terlihat mudah,...

Startup Repair Adalah ? Penyebab dan Cara Mengatasinya

Saat ini laptop menjadi alat yang memiliki peran begitu penting. Hampir semua orang menggunakan laptop untuk menyelesaikan pekerjaannya atau...

10 Contoh Iklan Penawaran Jasa dan Produk Paling Menarik!

Jika Anda pernah mengeluarkan produk atau layanan baru, Anda tahu betapa sulitnya mengeluarkan kata. Anda mungkin melakukan iklan penawaran...

7 Prinsip Desain Grafis yang Perlu Kamu Ketahui & Pelajari

Pernahkah Anda melihat sebuah film animasi atau sebuah gambar dengan desain grafis yang cantik, estetik dan menarik? Pernahkah Anda...

25 Tempat Jual Beli Online Terbaik dan Terpercaya di Indonesia

Dewasa ini, berkembangnya teknologi di Indonesia memunculkan beragam startup e-commerce berkonsep tempat jual beli online yang menjual produk lengkap...

Cara Mengedit Aplikasi Android Dengan Apk Editor

Pernahkah Anda berpikir untuk mengedit aplikasi Android? Jika pernah, ada banyak sekali pilihan aplikasi untuk mengedit aplikasi Android yang...

Facebook Ads dan Panduan Utamanya Untuk Bisnis Anda

Hampir semua orang pernah mengakses Facebook dan dari hasil pengumpulan survey, jumlah pengguna Facebook di Indonesia pada tahun 2018...

14 Aplikasi Desain Taman Untuk Pemula (Gratis)

Anda adalah salah seorang yang ingin memiliki rumah dengan desain taman yang menarik maka sangat cocok sekali beberapa informasi...

Pemasaran Internasional Adalah ? | Fungsi, Tujuan & Contoh

Salah satu topik bahasan wajib dalam dunia bisnis dan ekonomi adalah pemasaran. Kita memang tidak akan pernah terlepas dari...

Tahapan Produksi | Indikator Keberhasilan

Dalam dunia bisnis, produksi adalah hal yang wajib dilakukan. Tanpa adanya produksi, lalu bagaimana produk akan ada? Seorang pengusaha...

Website

WordPress

Maintenance

Server / Hosting

Domain

Front end

Backend

Laravel

Web programming

Teknologi web

Biaya pembuatan website

Aplikasi

Aplikasi Game

Aplikasi Android

Aplikasi iOS

Mobile Programming

Cross-platform

Biaya pembuatan aplikasi

Desain

Design Web

Design App

Design UI

Designer tools

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya