Tahukah Anda bahwa ada cara meningkatkan SEO website dengan menggunakan strategi hashtag URL? SEO URL symbol ini rupanya salah satu topik belajar SEO dasar yang wajib Anda kuasai.
Simbol hashtag (#) memang lebih terkenal penggunaannya di sosial media ketimbang website. Oleh karena itulah, banyak orang tertarik belajar SEO dasar seputar pemakaian hashtag URL untuk web.
Apakah Anda juga penasaran cara meningkatkan SEO website dengan hashtag URL symbol? Yuk langsung saja kita simak pembahasan selengkapnya di bawah ini!
Baja juga : Apa Itu SEO? Belajar Tuntas Ilmu Dasar SEO Paling Lengkap!
Daftar Isi
Apa Itu Hashtag URL?
Jika diperhatikan kembali, ada sejumlah URL structure yang memuat simbol hashtag (#) di dalamnya. Apakah URL structure seperti ini mampu memengaruhi peringkat SEO website? Ataukah pemakaian SEO URL hashtag justru membuat web Anda diabaikan oleh algoritma Google?
Pertama, penting bagi Anda untuk memahami perbedaan fungsi hashtag di sosial media dan di URL structure. Di sosmed, hashtag berfungsi untuk mengelompokkan postingan agar mudah dicari audiens. Tapi di URL structure, hashtag berguna sebagai anchor tag atau fragment identifier.
Anchor tag adalah alat bantu navigasi yang bermanfaat mengarahkan audiens pada bab atau sub bab website. Semisal website Anda memiliki 5 bab bahasan di dalamnya, dan audiens ingin membaca salah satu bab saja. Nah, hashtag URL symbol lah yang akan membantu mengarahkan mereka ke bab tujuan.
Maka dari itu, pemakaian hashtag URL symbol dinilai praktis sekaligus ampuh menjadi cara meningkatkan SEO website bisnis. Inilah alasan SEO URL hashtag sangat penting dipelajari sekarang ini.
Contoh URL Structure dengan Hashtag
Untuk memperjelas gambaran, inilah contoh URL structure yang memuat sistem hashtag di dalamnya:
- websitebisnis.com/artikel.html!#bab1
- websitebisnis.com/fashion.html!#celana
- websitebisnis.com/buah.html!#apel
Perhatikan bahwa bagian yang ditandai tebal (bold) adalah dua unsur yang saling berkaitan satu sama lain. Seperti bab 1 sebagai bagian dari artikel, celana adalah bagian dari fashion dan apel bagian dari buah.
Jangan sampai Anda menggunakan SEO URL hashtag untuk merujuk bagian pembahasan yang tidak sejalan (linier) dengan topik utama bahasan. Tentunya pembaca akan kebingungan mendapati hasil penelusuran yang tak sesuai.
Cara Kerja Google Memahami Hashtag URL
Google tidak memperlihatkan dua hasil penelusuran yang berbeda pada website-website yang memuat unsur hashtag di URL-nya. Ketika audiens menemukan artikel Anda, Google hanya akan menampilkan 1 hasil link saja, contohnya:
www.websitebisnis.com/fashion.html.
Nah, fitur hashtag URL symbol baru bekerja ketika pembaca sudah berada di dalam artikel. Kapanpun mereka mengklik sub-bab bahasan atau heading, barulah link URL tadi akan berubah mengikuti bahasan yang diklik, misal:
- websitebisnis.com/fashion.html!#celana
- websitebisnis.com/fashion.html!#baju
- websitebisnis.com/fashion.html!#jaket
- websitebisnis.com/fashion.html!#gaun
Browser pembaca tidak akan menyalurkan informasi anchor tag ke sistem server website remote. Alhasil server tetap menganggap pembaca mengakses artikel yang sama, meskipun mereka sesungguhnya sedang mengakses bab/sub-bab tertentu dengan hashtag berlainan.
Google juga mengadopsi sistem yang sama. Tak peduli seorang pembaca mengakses berbagai hashtag URL artikel, Google tetap menghitung hanya ada 1 pengunjung yang mendatangi website Anda. Kembali lagi, hal ini dikarenakan semua URL (seperti di contoh) mengarah ke satu link yang sama (www.websitebisnis.com/fashion.html)
4 Manfaat SEO URL Hashtag untuk Bisnis Anda
Jika Google tetap menghitung seluruh hashtag di URL sebagai 1 kali kunjungan, lantas, apa gunanya mengaplikasikan trik SEO URL?
Jangan salah kira! Cara meningkatkan SEO website lewat hashtag tetap mempunyai banyak kegunaan dan manfaat positif untuk mendukung pertumbuhan usaha online Anda, seperti:
1. Memudahkan Audiens Menyimak Konten
URL structure yang dilengkapi hashtag mempermudah audiens dalam menyimak konten. Faktanya, tidak semua orang mau membuang waktu membaca artikel dari atas sampai bawah. Mayoritas orang hanya tertarik menyimak inti informasi yang sesuai pertanyaan masing-masing.
Jadi dengan hashtag, audiens tidak perlu repot scroll mencari bagian yang memuat informasi sesuai kebutuhan. Sebab, hashtag sudah menyortir semua informasi ke dalam sub-bab yang lebih praktis diklik.
2. Memaksimalkan Tampilan Web di Google
Penyelipan unsur hashtag di struktur link web terbukti membantu memaksimalkan penampilan artikel di Google. URL berhashtag dapat memberi semacam kode pada algoritma Google untuk langsung menampilkan sub bab atau heading yang memuat informasi sesuai penelusuran pengunjung.
Dengan begini, dapat dikatakan bahwa semua pihak mendapat keuntungan: website Anda memperoleh klik, pengunjung mendapat informasi yang dibutuhkan, dan Google mendapat penilaian terbaik karena mampu menampilkan info yang relevan.
3. Memperkecil Bounce Rate
Bounce rate adalah jumlah pengunjung yang langsung meninggalkan website Anda sebelum benar-benar membaca isi halaman. Setiap website pasti memiliki bounce rate, namun, tugas Anda adalah memastikan angka tersebut cukup kecil.
Karena, website dengan bounce rate tinggi akan dipandang sebagai web yang buruk. Google akan menilai bahwa web Anda tidak menyajikan info yang relevan sehingga pengunjung langsung “kabur” begitu tiba di halaman artikel.
Nah, pemakaian hashtag di URL bisa menjadi strategi ampuh menurunkan bounce rate karena ia dapat menunjukkan informasi yang pas secara instan di hasil penelusuran.
4. Meningkatkan Ranking Website
Semua keuntungan di atas nantinya akan mengarah pada keuntungan utama yakni meningkatkan ranking website di halaman penelusuran Google. Selain itu, pemakaian anchor tag pada URL membantu ‘meyakinkan’ Google bahwa artikel Anda memuat banyak link pendukung URL utama. Alhasil kualitasnya akan dinilai lebih oke ketimbang artikel web lain.
Inovasi Hashtag URL: Hashbang (#!)
Akhir-akhir ini para pakar SEO lebih menyarankan penggunaan hashbang (ditandai dengan #!) pada link URL ketimbang hashtag (#) saja. Studi terbaru pun menunjukkan bahwa hashbang memiliki performa yang lebih canggih daripada hashtag biasa.
Tanda hashbang tersebut dikembangkan oleh Google sendiri untuk menyempurnakan fungsi hashtag. Teknologi ini sengaja dikembangkan guna menyeimbangkan fungsionalitas web dan web-app. Hashbang memungkinkan kita untuk menambah berbagai fungsi dinamis di halaman web tanpa refresh.
Selain itu, hashbang memberi tanda pada Google kalau ada variasi konten yang berbeda di artikel Anda. Singkatnya, Google akan menghitung setiap klik dari pengguna pada artikel karena menganggap setiap sub-bab sebagai poin yang berbeda.
Kalau Anda ingin Google men-crawling dan indeks 2 laman web berbeda, sebaiknya gunakan dua link URL terpisah tanpa fragment hashtag atau hashbang. Cara ini lebih baik untuk menghindari kekeliruan penafsiran maksud strategi SEO oleh mesin Google.
Cara Memanfaatkan Hashbang SEO URL
Untuk Anda yang tertarik mencoba cara meningkatkan SEO website dengan hashbang, kami sarankan pula untuk turut sekalian mengaktifkan setting Google Analytics Anda. Aplikasi gratis ini terbukti sangat mempermudah pengaplikasian cara meningkatkan SEO website Anda dengan beragam cara.
Google Analytics akan membantu melacak setiap anchor tag yang bekerja di situs Anda. Jadi Anda bisa lebih mudah memantau jumlah klik yang didapat setiap hashbang pada URL.
Anda juga bisa mengetahui apakah ada hashbang yang error (broken link) dengan mudah melalui Google Analytics. Alhasil kerusakan bisa segera diperbaiki dan kenyamanan pengunjung tetap terjaga maksimal. Selamat mencoba!
Demikianlah pembahasan artikel belajar SEO dasar edisi kali ini seputar pemanfaatan hashtag sebagai salah satu URL symbol. Semoga penjelasan di atas mampu memperluas wawasan Anda terkait cara-cara meningkatkan SEO website, ya!
Yuk temukan lagi lebih banyak tips belajar SEO dasar gratis dari MARKEY. Follow websitenya di https://markey.id/ atau download versi aplikasinya di Google Play dan Apple Store. Sampai bertemu lagi di pembahasan berikutnya!
Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.