Media Bisnis Online | by APPKEY

Pemasaran SEO Cara Mempelajari SEO dari Pakar Ahli dan Buku Penunjang...

Cara Mempelajari SEO dari Pakar Ahli dan Buku Penunjang untuk Meningkatkan Online Marketing

-

SEO adalah pemahaman mendasar tentang mesin pencari dan model bisnis. Banyak profesional SEO fokus pada tindakan jangka pendek daripada taktik hasil SEO. Hal itu menjadi penting, tetapi menetapkan strategi SEO jangka panjang membutuhkan seseorang untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan ini:

  1. Bagaimana mesin pencari menghasilkan uang?
  2. Apa tujuan pemilik mesin pencari selain menghasilkan uang?
  3. Apa masa depan mesin pencarian?

Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut Anda perlu mengetahui history of search, yang artinya mempelajari sejarah Google. Untungnya, ada beberapa buku bagus yang bisa Anda baca, diantaranya adalah sebuah buku pemula untuk SEO, yaitu When Search Meets Web Usability oleh Shari Thurow dan Nick Musica.

Meskipun diterbitkan pada tahun 2009, buku tersebut melakukan pekerjaan yang sangat baik dalam menjelaskan dasar-dasar pencarian. Ini teknis dan bermanfaat bahkan untuk pakar strategi SEO, tetapi konsep dan tulisannya mudah dipahami dan dapat dijangkau oleh siapapun.

Langkah-langkah belajar SEO pemula

belajar-seo-pemula

Kedalaman pengalaman bagi banyak pakar strategi SEO kira-kira seperti ini: “Optimalkan tag judul Anda, pastikan situs Anda memuat dengan cepat, lalu tulis banyak posting blog, minta beberapa tautan kembali ke situs dan Anda akan melihat peringkat situs mulai lebih baik.”

Bahkan jika pakar strategi SEO ini memberi tahu Anda bahwa dibutuhkan lebih dari ini dan memberi Anda kesan bahwa mereka melakukan lebih banyak, seringkali ini adalah jangkauan layanan yang mereka sediakan.

Jika Anda hanya memiliki pengetahuan SEO tingkat pemula, ini akan terdengar masuk akal dan Anda tidak akan memiliki alasan untuk mengharapkan apa pun sampai Anda gagal mendapatkan hasil.

Dengan menginvestasikan beberapa jam sebulan, Anda dapat beralih menjadi ahli strategi SEO sejati dan kemudian Anda akan memiliki pengetahuan untuk mengetahui apa yang harus dilakukan oleh orang yang Anda pekerjakan untuk melakukan SEO dan Anda dapat mengukur kesiapan mereka dengan lebih baik sebelum mempekerjakan mereka.

Meskipun tidak ada pengganti untuk menggali dan mendapatkan pengalaman langsung melalui uji coba dan kesalahan, berikut adalah beberapa sumber daya paling bermanfaat yang akan membantu dalam membangun pengetahuan SEO tingkat ahli.

Artikel terkait  Membongkar Rahasia Cara Kerja Algoritma Instagram Terbaru 2021 [Pedoman Terlengkap]

Sumber Daya Online untuk belajar SEO pemula

Ada banyak “majalah” online yang meliput dunia SEO. Misalnya beberapa blogger yang menonjol adalah Hubspot,  Kissmetrics, SEMrush, Brian Dean, Moz, Bruce Clay, SEO by the SEA, Barry Schwartz/Search Engine Roundtable, SEO Book, dan tentu saja, blog resmi Google. Banyak publikasi arus utama juga menyediakan ruang untuk konten terkait SEO termasuk Mashable, Entrepreneur, TechCrunch, dan lain-lain

Belajar SEO dari pakar

Di antara para ahli di industri SEO, beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah: Rand Fishkin. tidak ada wajah yang lebih dikenal di dunia SEO selain Fishkin. Sebagai CEO Moz yang menyediakan alat, sumber informasi, dan konferensi untuk komunitas pemasaran digital.

Fishkin adalah salah satu individu yang paling terhubung di industri ini. Anda bisa mengikuti Instagramnya yakni @randderuiter untuk mengetahui postingan terbarunya mengenai SEO maupun marketing atau kesehariannya.

Yang kedua adalah Danny Sullivan. Jika Rand Fishkin adalah wajah industri SEO, Sullivan adalah ayah baptisnya. Dia adalah editor pendiri Search Engine Land dan Chief Content Officer untuk Third Door Media, yang menjalankan SMX, seri konferensi terbesar di industri pemasaran penelusuran.

Yang terakhir adalah Wil Reynolds. Reynolds adalah pendiri dan CEO dari Seer Interactive. Dia mempunyai kanal YouTube yang banyak membicarakan tentang strategi SEO dan kewirausahaan.

Tonton beberapa videonya, Anda akan melihat mengapa dia adalah sumber yang bagus bagi siapa pun yang ingin memajukan pemikiran mereka tentang SEO. Ikuti juga dia di @wilreynolds.

Sangat sulit untuk memilih tiga individu untuk mewakili industri yang begitu beragam. Saya memilih ketiganya karena jika Anda mulai mengikuti mereka, mereka akan membawa Anda ke yang lainnya. Untuk menemukan lebih banyak pakar, lakukan penelusuran “pakar SEO top” di Google dan Anda akan menemukan banyak daftar lain yang lebih panjang.

Belajar SEO dari buku

Karena teknologi berubah dengan cepat, buku-buku strategi SEO cenderung menjadi usang segera setelah diterbitkan. Untuk alasan ini, buku yang menurut saya paling berguna dalam hal SEO bukanlah buku SEO. Beberapa diantaranya adalah:

  • Analisis Web 2.0: Seni Akuntabilitas Online dan Ilmu Sentrisitas Pelanggan oleh Avinash Kaushik
  • Pengoptimalan Halaman Arahan: Panduan Definitif untuk Menguji dan Menyesuaikan Konversi oleh Tim Ash, Maura Ginty, dan Rich Page
  • Pemasaran Konten Epik: Cara Menceritakan Kisah yang Berbeda, Menghancurkan Kekacauan, dan Menangkan Lebih Banyak Pelanggan dengan Lebih Sedikit Pemasaran oleh Joe Pulizzi

Belajar SEO dari Konferensi

Seperti buku-buku SEO, banyak konferensi SEO terbaik tidak semata-mata tentang SEO, tetapi cukup tumpang tindih sehingga membantu bagi siapa pun yang ingin mendalami apa itu SEO. Konferensi berikut adalah beberapa konferensi yang lebih terkenal:

  • SMX
  • Mozcon
  • MarTech
  • ClickZ Live

Jika Anda penasaran dengan pengetahuan apa yang akan Anda dapatkan dari konferensi, Anda sering dapat menemukan klip video di YouTube atau situs web penyelenggara konferensi, atau terkadang konferensi menawarkan akses penuh ke video dari semua sesi konferensi, seperti yang dilakukan Moz.

Artikel terkait  Panduan Belajar Desain Grafis Mudah dan Menyenangkan Bagi Pemula

Praktik belajar SEO pemula

belajar-seo-pemula-1

Pahami tujuan SEO

Bisnis memiliki tujuan pemasaran yang berbeda, tetapi setiap perusahaan memiliki keinginan yang sama untuk meningkatkan pendapatan dan itulah tujuan pemasaran umum SEO.

Meningkatkan situs Anda dengan SEO memungkinkan Anda untuk mendapat peringkat di bagian atas halaman hasil mesin pencari (SERP), memicu lalu lintas yang menghasilkan pendapatan.

Anda harus memahami bagaimana cara kerja mesin pencari. Google dan mesin pencari terkemuka lainnya memiliki “spider” atau “bot” yang merayapi Internet untuk menemukan, mengindeks, dan memberi peringkat situs.

Ketika ada seseorang yang memasuki pencarian, mesin pencari akan mengirimkan daftar situs web dengan konten relevan. Mesin pencari perlu menemukan situs Anda, jadi itu harus menjadi urutan pertama bisnis Anda.

Anda kemudian dapat meminta Google untuk mengindeks URL Anda dengan sebuah alat Inspeksi URL dan Bing melalui Alat Webmaster Bing mereka.

Menguasai penelitian kata kunci

Dibutuhkan penelitian untuk memilih kata-kata yang ingin Anda rangking, alias kata kunci. Jika Anda memilih kata kunci yang sering dicari orang dan yang sesuai dengan bisnis Anda, Anda dapat menampilkan situs Anda di hadapan audiens yang lebih besar.

Ada dua jenis kata kunci- kata kunci panjang yang mencakup tiga kata atau lebih dan kata kunci pendek yang hanya berisi satu atau dua kata. Kata kunci panjang memfokuskan halaman Anda dan menghasilkan minat yang lebih baik.

Ketahui perbedaan antara SEO on-page dan off-page

SEO terjadi di dua tempat, di halaman dan di luar halaman. Apa yang terjadi di halaman adalah apa yang dapat Anda ubah secara langsung ketika Anda belajar SEO, sementara apa yang terjadi di luar halaman terserah situs lain.

Maka tidak heran apabila SEO pada halaman adalah topik yang lebih mudah untuk dibahas dan dipahami. Anda hanya perlu mengelola bagian halaman untuk menyenangkan pengunjung dan bot mesin pencari.

SEO pada halaman melibatkan pemformatan (seperti tag H1 dan H2), penggunaan kata kunci, navigasi, URL, deskripsi meta, dan deskripsi gambar atau teks alt. Tapi ini juga jauh melampaui beberapa faktor ini, yang membutuhkan banyak kerja hati-hati.

Untuk SEO off-page, Anda harus bergantung pada pendapat orang lain tentang konten online Anda. Tautan resmi ke situs Anda, menyebutkan tentang merek Anda, dan pemasaran media sosial semuanya berkontribusi pada kehadiran Anda di luar halaman.

Belajar mengidentifikasi sinyal UX

Mesin pencari bertujuan untuk memuaskan orang-orang dengan hasil yang tepat, sehingga pengalaman pengguna (UX) memainkan peran penting dalam SEO. Modifikasi pada situs Anda harus memprioritaskan pengguna, membuat desain, fungsionalitas, dan material memenuhi harapan mereka.

Algoritme seperti Google RankBrain menganalisis perilaku pengguna untuk mengukur tingkat kepuasan dan preferensi mereka. Melalui pembelajaran mesin, sekarang ada pengamatan lebih dekat pada praktik berpola pengguna.

Persentase pencari yang mengklik hasil mesin pencari, atau rasio klik-tayang (CTR) organik, adalah salah satu area pengalaman pengguna yang diperiksa Google.

Ini membantu untuk menunjukkan relevansi dan daya tarik hasil dibandingkan dengan yang lain. Sinyal UX lainnya, dwell time, yaitu berapa lama seseorang bertahan di halaman sebelum kembali ke SERP, juga dikenali oleh mesin pencari dan dapat memengaruhi performa SEO Anda.

Bergantung pada jenis kueri penelusuran, waktu tunggu yang lebih lama dapat menunjukkan minat mereka pada hasil Anda atau menunjukkan bahwa mereka kesulitan menemukan jawaban yang jelas. Kata kunci dan materi dapat menunjukkan respon mana yang lebih akurat.

Artikel terkait  Jurnal Pemasaran Online dan Cara Penerbitan Jurnal

Lakukan pembuatan konten yang ramah-SEO

Konten yang Anda buat untuk situs Anda termasuk blog, artikel informasi, rilis berita, dan video adalah metode utama bagi Anda untuk memikat pencari dan mesin pencari. Pembuatan konten yang terampil dapat menarik lalu lintas dari Google jika Anda mengikuti praktik terbaik SEO.

Konten tertulis nyaman digunakan crawler mesin pencari karena mereka mahir dalam memilah-milah teks. Mereka mencari keseimbangan kata kunci, informasi komprehensif, dan tata letak yang mudah dipahami.

Penting untuk mengetahui bahwa konten ramah-SEO berkorelasi dengan panjangnya. Posting yang lebih panjang, misalnya, memiliki peluang lebih baik untuk membantu pencari dalam berburu pengetahuan atau produk. Konten harus membahas topik yang dipilih secara menyeluruh, dan Google mencari artikel yang dipoles daripada posting yang ceroboh dan berantakan.

Penutup: Mulai Saja Dulu

Banyak pakar SEO professional yang belum pernah menghadiri konferensi atau membaca buku SEO namun mereka telah belajar dengan membaca tentang SEO secara online dan mempunyai pengalaman dengan praktek langsung.

Membaca buku dan menghadiri konferensi mungkin dapat memperluas pengetahuan mengenai SEO, tetapi mungkin daripada mempelajari SEO sendirian, Anda dapat mengelola hubungan dengan tim SEO in-house atau vendor luar dan mulai untuk mempraktekkannya secara langsung.


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang IT, Bisnis, Ekonomi, Berita Domestik dan Global langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

7 Jenis Font Paling Sering Digunakan Oleh Para Profesional Dalam Desain Grafis

Anda seorang desainer grafis? Atau, Anda baru hendak terjun kedalam dunia desain grafis? Pekerjaan membuat desain, meski terlihat mudah,...

10 Contoh Iklan Penawaran Jasa dan Produk Paling Menarik!

Jika Anda pernah mengeluarkan produk atau layanan baru, Anda tahu betapa sulitnya mengeluarkan kata. Anda mungkin melakukan iklan penawaran...

Startup Repair Adalah ? Penyebab dan Cara Mengatasinya

Saat ini laptop menjadi alat yang memiliki peran begitu penting. Hampir semua orang menggunakan laptop untuk menyelesaikan pekerjaannya atau...

25 Tempat Jual Beli Online Terbaik dan Terpercaya di Indonesia

Dewasa ini, berkembangnya teknologi di Indonesia memunculkan beragam startup e-commerce berkonsep tempat jual beli online yang menjual produk lengkap...

7 Prinsip Desain Grafis yang Perlu Kamu Ketahui & Pelajari

Pernahkah Anda melihat sebuah film animasi atau sebuah gambar dengan desain grafis yang cantik, estetik dan menarik? Pernahkah Anda...

Facebook Ads dan Panduan Utamanya Untuk Bisnis Anda

Hampir semua orang pernah mengakses Facebook dan dari hasil pengumpulan survey, jumlah pengguna Facebook di Indonesia pada tahun 2018...

Tahapan Produksi | Indikator Keberhasilan

Dalam dunia bisnis, produksi adalah hal yang wajib dilakukan. Tanpa adanya produksi, lalu bagaimana produk akan ada? Seorang pengusaha...

Pemasaran Internasional Adalah ? | Fungsi, Tujuan & Contoh

Salah satu topik bahasan wajib dalam dunia bisnis dan ekonomi adalah pemasaran. Kita memang tidak akan pernah terlepas dari...

Cara Mengedit Aplikasi Android Dengan Apk Editor

Pernahkah Anda berpikir untuk mengedit aplikasi Android? Jika pernah, ada banyak sekali pilihan aplikasi untuk mengedit aplikasi Android yang...

14 Aplikasi Desain Taman Untuk Pemula (Gratis)

Anda adalah salah seorang yang ingin memiliki rumah dengan desain taman yang menarik maka sangat cocok sekali beberapa informasi...

Website

WordPress

Maintenance

Server / Hosting

Domain

Front end

Backend

Laravel

Web programming

Teknologi web

Biaya pembuatan website

Aplikasi

Aplikasi Game

Aplikasi Android

Aplikasi iOS

Mobile Programming

Cross-platform

Biaya pembuatan aplikasi

Desain

Design Web

Design App

Design UI

Designer tools

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya