Media Bisnis Online | by APPKEY

Pemasaran Marketing strategy 6 Cara Baru Mengoptimalkan Trik Marketing Online Empati untuk...

6 Cara Baru Mengoptimalkan Trik Marketing Online Empati untuk Brand di 2021

-

Apakah Anda ingin bisnis online Anda bisa lebih cepat mendapatkan traffic dan penjualan baru? Jika iya, maka cobalah gunakan trik marketing online berbasis empati untuk menggaet sebanyak mungkin perhatian target market.

Saat ini, kita sudah punya banyak sekali contoh strategi pemasaran. Bahkan setiap contoh strategi pemasaran pun mempunyai karakteristik, target dan cara penggunaannya dengan jelas. Namun pada artikel kali ini, kami akan mengajak Anda untuk membahas salah satu contoh strategi pemasaran terbaik di era 2021 yaitu empati marketing.

Empati marketing lahir dan menguat setelah seluruh negara mengalami cobaan berat pandemi global di tahun lalu. Sebagai imbasnya, pola kehidupan bisnis di tahun 2021 berubah drastis. Adapun salah satu perubahan yang kentara di dunia bisnis tahun ini adalah penggunaan trik marketing online berbasis empati yang semakin massif baik dari bisnis kecil hingga besar.

Seperti apa itu empati marketing? Bagaimana pula cara memanfaatkan strategi bisnis yang satu ini untuk memaksimalkan brand toko Anda di tahun 2021?

Yuk langsung saja kita simak penjelasan lengkap contoh strategi pemasaran empati untuk brand pada artikel spesial Markey kali ini. Selamat membaca!

Apa Itu Empati Marketing?

Tentunya Anda pernah mendengar istilah empati sebelumnya. Empati adalah kata yang sangat sering digunakan dalam kehidupan kita sehari-hari. Ternyata, kata empati juga memiliki makna khusus dalam dunia marketing digital.

Menurut kamus umum, arti empati adalah kemampuan seseorang untuk melihat dan memaknai sebuah kejadian dari sudut pandang lawan bicara. Semisal Anda yang ikut merasa bersedih jika teman sedang curhat mengenai kisah buruk dalam hidupnya. Sedangkan dalam dunia digital marketing, empati merupakan kemampuan sebuah brand untuk memahami situasi sekitar melalui sudut pandang konsumen.

Dengan kata lain, strategi marketing empati adalah trik dari brand untuk memikat konsumen dengan menggunakan sudut pandang masyarakat sebagai landasan utama pelaksanaan aktivitas bisnis serta promosi.

Ketika Anda menjalankan trik marketing online ini, brand Anda berpotensi semakin cepat populer karena masyarakat cenderung senang dengan brand yang mampu memahami suasana hati, kebutuhan dan keinginan mereka.

Kekuatan utama dari strategi marketing empati adalah perasaan emosional dari calon konsumen. Kalau Anda ingin menumbuhkan hubungan baik antara brand dan masyarakat, maka strategi marketing empati bisa menjadi tools yang tepat. Sebab apabila dijalankan dengan benar, trik marketing online berbasis empati ini bisa menumbuhkan rasa percaya konsumen terhadap brand.

Artikel terkait  6 Target Penting Bisnis E-Commerce 2021 yang Wajib Anda Pegang agar Sukses Berkarir

Kegunaan Strategi Marketing Empati untuk Brand

marketing-tips-1

Selengkapnya, inilah kegunaan dari strategi marketing empati untuk brand online Anda di tahun 2021 ini:

  • Konsumen lebih mudah diyakinkan untuk berbelanja ketika mereka sudah punya rasa percaya dan hubungan baik dengan brand Anda.
  • Kampanye iklan atau promosi yang sukses harus mampu membangkitkan perasaan positif dari audiens, seperti rasa senang, gembira, terharu, terenyuh, simpati, dan sebagainya.
  • Brand Anda bisa dengan lebih mudah mempertahankan loyalitas konsumen.
  • Masyarakat masih berusaha pulih dari cobaan pandemi, jadi brand Anda harus turut membantu dengan menunjukkan kepedulian kepada mereka. Bagaimanapun caranya, usahakan supaya calon konsumen tahu bahwa perusahaan Anda mengerti kebutuhan mereka dan sudah menyediakan solusi terbaik melalui aneka produk atau jasa yang ditawarkan.
  • Bisnis yang terang-terangan hanya berfokus pada kepentingan mencari untung akan dianggap sebagai bisnis yang egois oleh masyarakat. Hasilnya, masyarakat tidak akan tertarik untuk berbelanja dan mendukung kelangsungan usaha Anda.

6 Cara Mudah Mempraktekkan Trik Marketing Empati untuk Brand Online

marketing-tips-2

Setelah mengenal apa itu trik marketing online berbasis empati, selanjutnya kita akan melihat seperti apa langkah-langkah mudah mempraktekkan strategi marketing ini.

Sama seperti strategi marketing lainnya, tujuan penerapan trik marketing empati adalah untuk menaikkan jumlah penjualan produk atau jasa sekaligus membangun branding bisnis ke masyarakat. Hanya saja, strategi empati ini lebih menekankan pada hubungan emosional brand dengan masyarakat.

Sesungguhnya, mempraktekkan trik marketing empati sama sekali tidak sulit. Anda bisa memulainya dengan 6 cara mudah yang kami rangkum berikut ini:

1. Memaksimalkan Interaksi dengan Konsumen

Cara pertama, jangan jadi brand yang pasif. Sebagian toko masih hanya melakukan interaksi dengan konsumen sebatas untuk urusan transaksi saja. Di luar itu, banyak toko yang memilih menjadi pasif dan melakukan promosi sebatas memasang iklan saja. Cara ini tidak akan efektif kalau Anda ingin membangun kedekatan emosional dengan konsumen.

Lebih baik, maksimalkan interaksi antara brand Anda dengan konsumen. Terlebih saat ini sudah ada banyak platform media sosial yang memungkinkan toko online Anda untuk bisa lebih dekat dengan konsumen. Dengan media sosial canggih, Anda bisa memposting banyak konten interaktif, kuis, permainan, giveaway dan memaksimalkan fitur live chat untuk berinteraksi dengan target market.

Jangan sepelekan interaksi dengan konsumen, sebab rasa percaya dan ketertarikan mereka terhadap bisnis bisa tumbuh melalui proses ini. Bisnis yang sering menanggapi pertanyaan, komentar, maupun kritik konsumen akan dicap sebagai bisnis yang peduli dengan konsumen tidak semata-mata hanya ingin mencari untung saja.

Apalagi kalau Anda sering melibatkan pendapat konsumen untuk aktivitas bisnis. Dijamin mereka akan semakin betah bertahan menjadi konsumen setia Anda!

2. Memahami Kebutuhan dan Emosi dari Target Market

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, strategi marketing empati merupakan bisnis yang mengutamakan kemampuan brand untuk memahami situasi melalui sudut pandang konsumen. Adapun yang dimaksud dengan situasi tersebut mencakup kebutuhan dan emosi dari audiens.

Bisnis yang mampu memahami semua kebutuhan, keinginan dan perasaan konsumen berpotensi lebih besar untuk cepat menghasilkan penjualan. Sebab, konsumen dapat merasa lebih nyaman dan puas berbelanja di toko Anda dibandingkan di tempat lain.

Anda bisa memahami kebutuhan dan perspektif konsumen dengan beberapa cara praktis berikut:

  • Mengetahui isu atau permasalahan yang sedang dihadapi konsumen di masyarakat. Semisal masyarakat sedang menghadapi pandemi, bencana alam, atau justru sedang merayakan momen bahagia hari raya.
  • Memahami keinginan dan ekspektasi konsumen terhadap bisnis. Informasi terkait ini bisa Anda dapatkan dari survey kepuasan pelayanan konsumen.
  • Menganalisa traffic, konversi, dan gerak-gerik konsumen terhadap platform bisnis online Anda menggunakan tools analytics.
  • Cari tahu keluhan dari konsumen terhadap brand Anda. Apabila mereka punya masukan khusus untuk memperbaiki permasalahan yang ada, tidak ada salahnya untuk mencoba mengikuti saran tersebut.
  • Sesering mungkin untuk berkomunikasi dan berinteraksi dengan konsumen supaya Anda bisa memahami perspektif mereka terhadap brand dengan lebih baik.

Setelah mengetahui apa saja keinginan, keluhan, kritik dan saran dari konsumen terhadap brand maka Anda bisa dengan lebih mudah menentukan langkah selanjutnya entah untuk memperbaiki kualitas pelayanan atau menghadirkan inovasi baru untuk memenuhi keinginan konsumen.

Namun tetap usahakan untuk tidak memberikan janji-janji kosong kepada konsumen agar tidak menimbulkan kekecewaan di masa yang akan datang.

Artikel terkait  5 Cara Pemasaran Seluler (mobile marketing) Untuk Smartphone Era Pertama?

3. Gunakan Gambaran Kehidupan Masyarakat Sehari-Hari

Tips selanjutnya adalah menggunakan gambaran kehidupan masyarakat sehari-hari sebagai bahan konten promosi Anda. Banyak brand mulai mencoba mempublikasikan momen-momen kecil sehari-hari mereka untuk mempromosikan usaha ke masyarakat.

Semisal Anda memiliki bisnis café kopi kekinian, Anda bisa memposting foto candid barista ketika menyambut konsumen dengan hangat ke media sosial untuk menumbuhkan engagement.

Kunci kesuksesan trik yang satu ini hanya satu: gunakan hal-hal di sekitar Anda saja. Misalnya dengan membagi momen seru dengan konsumen, membuat konten video behind the scene pelayanan toko, menghadirkan tips dan trik yang berguna untuk kehidupan sehari-hari seperti DIY atau lifehack tips sembari menyelipkan promosi di dalamnya.

4. Repost Konten Buatan Konsumen (User-Generated Content)

Tak hanya brand yang bisa berkreasi di media sosial, konsumen Anda juga bisa membuat aneka konten dengan produk Anda dan mempostingnya di media sosial. Anda bisa me-repost atau memposting ulang konten dari konsumen ke media sosial. Trik ini biasa disebut dengan UGC atau User-Generated Content.

Me-repost konten konsumen ini bisa memberi dua manfaat sekaligus yakni menumbuhkan rasa apreasiasi terhadap konsumen, dan menambah stok konten Anda sendiri tanpa perlu repot-repot membuat konten.

Pun Anda kini bisa dengan mudah me-repost konten dari konsumen dengan media sosial. Semisal ada konsumen yang men-tag akun Anda pada postingan mereka. Kemudian, Anda bisa memposting kembali post tersebut memakai fitur repost 1x klik.

Trik UGC ini juga bisa meningkatkan awareness dan engagement Anda. Masyarakat yang melihat Anda rajin merepost postingan konsumen otomatis akan menganggap brand Anda peduli serta memiliki hubungan baik dengan konsumen. Tidak jarang konsumen yang postingannya di-repost akan merasa sangat senang sekaligus bangga karena kontennya berkesempatan menjadi viral dan terkenal.

Kalau Anda ingin mendapatkan konten promosi dari konsumen, Anda bisa mengadakan kontes kecil-kecilan atau giveaway di mana syaratnya adalah dengan membuat konten terkait produk Anda. Ketika orang-orang tertarik dan memposting konten terkait brand, Anda pun bisa langsung me-repostnya. Selamat mencoba!

5. Beradaptasi dengan Kebutuhan Masyarakat

Salah satu trik ampuh lain dalam strategi marketing empati adalah dengan beradaptasi dengan kebutuhan masyarakat. Cara ini akan dapat dengan mudah dilakukan setelah Anda mengetahui apa saja kebutuhan dan keinginan dari konsumen seperti yang sudah dijelaskan di tips nomor 2 di atas.

Semisal Anda mempunyai toko online yang menjual makanan. Mengingat saat ini masyarakat masih berusaha pulih dari kelesuan ekonomi, Anda bisa memfasilitasi pesanan tanpa ongkos kirim supaya masyarakat bisa berbelanja dengan lebih hemat.

Atau semisal Anda adalah supplier dengan banyak reseller tersebar di mana-mana. Pun Anda bisa membantu para reseller dengan mengatur ulang jumlah fee supaya bisnis reseller kecil yang bekerja sama dengan Anda bisa tetap untung.

Saat berusaha beradaptasi dengan kebutuhan konsumen atau para reseller, usahakan untuk mengingat poin-poin ini:

  • Mulai dari hal-hal kecil yang bisa Anda laksanakan dan ubah segera.
  • Selalu ingat tujuan, keinginan dan kebutuhan utama dari konsumen.
  • Sebisa mungkin untuk mengupayakan yang terbaik bagi konsumen. Jangan ragu untuk menolong konsumen jika mereka membutuhkan.

6. Gunakan Konten yang Mendidik dan Menarik

Tips terakhir, gunakanlah berbagai metode pendekatan yang menarik dan mendidik pada konten-konten postingan brand Anda. Maksudnya, buatlah konten yang menarik secara visual sekaligus mendidik dan informatif dari segi isi.

Konten yang menarik secara visual memang efektif untuk meraih perhatian masyarakat. Namun mereka akan cepat juga meninggalkan laman toko Anda jika isi konten ternyata tidak dirasa bermanfaat.

Ada banyak metode pendekatan konten yang bisa digunakan oleh brand untuk menarik perhatian audiens. Semisal dengan membuat:

  • Konten infografis terkait isu-isu yang sedang happening atau trend.
  • Konten tips dan trik membuat sesuai secara mandiri di rumah. Semisal DIY (do-it-yourself) mengolah barang bekas menjadi produk berguna baru, tips memasak, tips merawat koleksi tas, dan lain-lain
  • Postingan informasi trivial alias info fakta singkat yang belum banyak diketahui oleh masyarakat. Banyak orang senang menyimak info fakta baru yang belum diketahui sebelumnya.
  • Membagikan momen kebersamaan brand Anda dengan konsumen. Contohnya brand Spotify yang sering membagikan end-year playlist yang berisi koleksi lagu-lagu terfavorit dari seorang user selama 1 tahun tersebut.

Jadi, itulah pembahasan lengkap terkait strategi marketing berbasis empati untuk meningkatkan engagement, awareness dan penjualan dari brand Anda! Tidak sulit bukan untuk mempraktekkan strategi marketing yang satu ini?

Nah, tunggu apa lagi, segera coba praktekkan cara-cara di atas dan rasakan sendiri perubahan kemajuan pada brand Anda mulai hari ini. Selamat mencoba dan jangan lupa untuk menyimak aneka tips strategi marketing digital lainnya dari MARKEY, ya!

 


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang IT, Bisnis, Ekonomi, Berita Domestik dan Global langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

7 Jenis Font Paling Sering Digunakan Oleh Para Profesional Dalam Desain Grafis

Anda seorang desainer grafis? Atau, Anda baru hendak terjun kedalam dunia desain grafis? Pekerjaan membuat desain, meski terlihat mudah,...

Startup Repair Adalah ? Penyebab dan Cara Mengatasinya

Saat ini laptop menjadi alat yang memiliki peran begitu penting. Hampir semua orang menggunakan laptop untuk menyelesaikan pekerjaannya atau...

10 Contoh Iklan Penawaran Jasa dan Produk Paling Menarik!

Jika Anda pernah mengeluarkan produk atau layanan baru, Anda tahu betapa sulitnya mengeluarkan kata. Anda mungkin melakukan iklan penawaran...

7 Prinsip Desain Grafis yang Perlu Kamu Ketahui & Pelajari

Pernahkah Anda melihat sebuah film animasi atau sebuah gambar dengan desain grafis yang cantik, estetik dan menarik? Pernahkah Anda...

25 Tempat Jual Beli Online Terbaik dan Terpercaya di Indonesia

Dewasa ini, berkembangnya teknologi di Indonesia memunculkan beragam startup e-commerce berkonsep tempat jual beli online yang menjual produk lengkap...

Cara Mengedit Aplikasi Android Dengan Apk Editor

Pernahkah Anda berpikir untuk mengedit aplikasi Android? Jika pernah, ada banyak sekali pilihan aplikasi untuk mengedit aplikasi Android yang...

Facebook Ads dan Panduan Utamanya Untuk Bisnis Anda

Hampir semua orang pernah mengakses Facebook dan dari hasil pengumpulan survey, jumlah pengguna Facebook di Indonesia pada tahun 2018...

14 Aplikasi Desain Taman Untuk Pemula (Gratis)

Anda adalah salah seorang yang ingin memiliki rumah dengan desain taman yang menarik maka sangat cocok sekali beberapa informasi...

Pemasaran Internasional Adalah ? | Fungsi, Tujuan & Contoh

Salah satu topik bahasan wajib dalam dunia bisnis dan ekonomi adalah pemasaran. Kita memang tidak akan pernah terlepas dari...

Tahapan Produksi | Indikator Keberhasilan

Dalam dunia bisnis, produksi adalah hal yang wajib dilakukan. Tanpa adanya produksi, lalu bagaimana produk akan ada? Seorang pengusaha...

Website

WordPress

Maintenance

Server / Hosting

Domain

Front end

Backend

Laravel

Web programming

Teknologi web

Biaya pembuatan website

Aplikasi

Aplikasi Game

Aplikasi Android

Aplikasi iOS

Mobile Programming

Cross-platform

Biaya pembuatan aplikasi

Desain

Design Web

Design App

Design UI

Designer tools

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya