Media Bisnis Online | by APPKEY

Pemasaran Marketing strategy Semua Gratis! 9 Trik Jualan Online Agar Cepat Laku...

Semua Gratis! 9 Trik Jualan Online Agar Cepat Laku untuk Bisnis Kecil-Kecilan Anda

-

Walaupun kecanggihan teknologi mempermudah kita dalam berbisnis, nyatanya teknologi tidak bisa membantu promosi bisnis online secara otomatis. Semua kembali kepada kita yang harus giat mencari beragam trik jualan online agar cepat laku. Kebetulan kami punya banyak cara unik untuk promosi bisnis online saat ini!

Secanggih-canggihnya teknologi, ia tetap benda mati yang butuh seseorang dan kecerdasan untuk menjalankannya. Teknologi hanyalah media promosi bisnis online saja. Untuk isi konten iklan, strategi promosi bisnis dan pelaksanaannya tetap kembali kepada Anda selaku orang yang menjalankan.

Sudahkah media promosi bisnis online Anda dioptimalkan dengan tepat? Atau, Anda sedang mencari aneka trik jualan online agar cepat laku di pasaran?

Jika iya, maka Anda beruntung karena sudah berada di tempat yang tepat. Yuk gunakan 9 cara bisnis kecil kecilan berikut ini untuk mempromosikan usaha dan meraih omset tinggi!

9 Trik Jualan Online Agar Cepat Laku [Cocok untuk Bisnis Kecil ataupun Besar]

Tahun 2021 adalah tahun yang penuh perjuangan untuk bangkit dari keterpurukan ekonomi pasca pandemi Covid. Setelah babak belur mengalami kerugian, kini tibalah waktunya untuk berjuang kembali merebut kesuksesan bisnis.

Berpromosi adalah cara bisnis kecil kecilan Anda agar cepat sukses. Pastinya Anda sudah tidak asing lagi dengan kata “berpromosi”, bukan? Walaupun familiar, masih banyak orang tidak tahu cara memanfaatkan media promosi bisnis online dengan baik.

Tidak perlu khawatir, Anda bisa mencoba 9 trik jualan online agar cepat laku berikut ini:

1. Beriklan Gratis di Facebook Ads

facebook-ads-2

Facebook adalah sosial media yang banyak digunakan untuk mendirikan bisnis kecil-kecilan. Tingginya angka jual-beli di Facebook pun menjadikan pihak Facebook merilis fitur pembantu usaha masyarakat seperti iklan.

Iklan Facebook sejatinya adalah iklan yang berbayar. Dengan 1x pembayaran sesuai kebutuhan dan modal, Anda sudah bisa memasang iklan yang tersebar di seluruh penjuru Facebook. Namun baru-baru ini, Facebook menyediakan layanan iklan gratis untuk mendukung semua bisnis yang mengalami kesulitan selama pandemi.

Iklan Facebook gratis ini tersedia untuk bisnis-bisnis kecil yang dijalankan oleh 2 sampai 50 orang pegawai. Anda hanya perlu mendaftar ke laman iklan Facebook saja seperti biasa dan memilih opsi pembayaran “gratis”. Jika beruntung, Anda bisa mendapatkan tambahan 100 juta dollar sebagai bentuk sumbangan dari pihak Facebook.

Tak berheti sampai di situ, Facebook juga menyediakan fitur bagi pebisnis untuk membuat aksi penggalangan dana untuk usaha masing-masing. Terdapat pula banyak pedoman, tips dan trik dari Facebook bagi pemilik usaha untuk mengelola bisnisnya dengan lebih baik secara online selama pandemi.

2. Berkarya dengan Stiker Instagram

Belakangan ini, Instagram menjadi semakin terkenal melalui aneka ragam stiker gratis pada fitur Stories-nya. Sticker-sticker tersebut bisa Anda gunakan untuk membuat postingan Stories iklan bisnis Anda tampak lebih menarik.

Namun tidak hanya untuk menambah estetika saja, ada stiker-stiker Instagram yang bersifat fungsional dan mampu menunjang transaksi. Contohnya stiker “Belanja Sekarang” yang jika ditekan dapat menghubungkan konsumen dengan halaman check-out produk. Jadi konsumen tidak perlu repot beralih ke aplikasi toko online Anda untuk membeli barang.

Stiker “Belanja Sekarang” juga bisa disesuaikan jenisnya. Semisal Anda mau menggunakannya untuk menghubungkan konsumen dengan layanan pesan antar atau check-out produk. Super praktis!

Begitu juga stiker “Detil Produk” yang memuat informasi lengkap terkait produk yang Anda jual. Cukup masukkan informasi rincian produk seperti nama, spesifikasi, warna, ukuran dan harga ke dalam stiker. Setelah ditempelkan pada Stories, konsumen bisa langsung mendapat informasi detil produk hanya dengan menekan stiker tadi.

2. Luncurkan Diskon di Momen Spesial

Memberi diskon adalah trik jualan online agar cepat laku yang terbukti ampuh. Dari dulu sampai sekarang, semua orang selalu menggemari diskon. Setiap toko yang mengadakan diskon selalu sukses ramai diburu konsumen.

Bahkan di masa pandemi saat ini, orang-orang semakin gencar memanfaatkan diskon karena mengalami kesulitan ekonomi. Dengan pendapatan yang terbatas akibat diberhentikan dari pekerjaan, masyarakat terpaksa berhemat supaya bisa memenuhi kebutuhan harian.

Anda bisa meluncurkan diskon pada momen-momen spesial. Semisal pada hari libur nasional, hari raya, harbolnas atau perayaan hari jadi bisnis Anda. Ada banyak juga bentuk diskon baru yang bisa Anda coba adakan, seperti e-voucher, diskon potongan harga, cashback, beli 1 gratis 1, bundling dan flashsale.

Apapun nantinya bentuk diskon yang akan dijalankan, yang terpenting selalu ingat untuk merumuskan perhitungan diskon dengan benar supaya Anda tetap untung.

Artikel terkait  Top 7 Inspirasi Bisnis Baju Preloved & Rekomendasi Shopping App Wajib Dicoba Pemula

3. Dekati Konsumen dengan E-Mail Marketing

email-marketing

Cara bisnis kecil kecilan berikutnya adalah dengan mendekati konsumen memakai e-mail marketing. Meskipun sekarang sudah zaman sosial media, ternyata e-mail marketing terbukti efektif untuk menjual produk hingga 80% ke konsumen.

Selain itu, e-mail marketing juga bisa menjaga hubungan Anda dengan setiap konsumen dari toko online Anda. Merawat hubungan konsumen lama dengan bisnis adalah hal yang penting karena lebih dari 70% pendapatan bisnis online didapat dari pelanggan lama. Sedangkan pembelian dari konsumen baru cenderung hanya berkisar 5 sampai 20% saja.

Melalui e-mail marketing, Anda bisa secara spesifik mengirimkan berbagai penawaran produk atau jasa terbaru ke konsumen. Plus, Anda dapat mengatur isi e-mail agar promo yang diberikan cocok dengan selera dan minat setiap konsumen. Orang-orang yang sudah pernah berbelanja di toko Anda dan merasa puas pasti akan lebih gampang teryakinkan untuk mencoba produk atau jasa baru Anda.

4. Update Deskripsi Produk atau Jasa Anda

Bisa jadi toko online Anda sepi disebabkan karena deskripsi produk atau jasa Anda terlalu monoton, kaku dan tidak menarik. Jangankan sampai di tahap membeli, konsumen yang baru melihat iklan di media promosi bisnis online Anda bisa langsung kabur karena tidak tertarik dengan apa yang ia baca.

Oleh sebab itulah, Anda wajib selalu mengupdate deskripsi produk dan jasa Anda. Deskripsi produk memang tampak sebagai sebuah hal yang sepele. Masih banyak pebisnis online menganggap deskripsi produk bisa diisi asal-asalan atau dengan meng-copy paste keterangan produk lain yang sejenis. Ini adalah kesalahan besar.

Deskripsi produk yang baik harus mampu membujuk pembaca agar tertarik untuk membeli produk. Ada trik menulis khusus bernama “copywriting” yang bisa Anda coba pelajari untuk menghasilkan aneka deskripsi produk yang lebih menggugah konsumen.

Dalam melaksanakan copywriting, setidaknya tulisan deskripsi produk harus memuat hal-hal berikut:

  • Deskripsi produk Anda disertai keunggulan, sisi positif, manfaat dan nilai-nilai uniknya yang berguna bagi konsumen. Poin ini akan membuat konsumen yakin kalau produk yang ditawarkan sesuai dengan kebutuhannya.
  • Target persona, yakni siapa Anda dan siapa pembeli Anda. Pengetahuan ini akan mempermudah Anda menyesuaikan diri dengan karakteristik dari konsumen. Tentunya konsumen anak muda memiliki gaya bahasa dan strategi pendekatan yang berbeda dengan orang dewasa, bukan?
  • Pemakaian bahasa dan nada-nada natural, tidak kaku dan tidak juga terlalu santai dengan banyak bahasa slang atau bahasa “alay”.
  • Memakai kalimat yang benar sesuai kaidah bahasa Indonesia (PUEBI). Sebisa mungkin hindari kesalahan pengetikan karena akan mengganggu dan mempersulit pembaca saat memahami deskripsi produk.

5. Berkolaborasi dengan Usaha Lain atau Influencer

Tidak ada salahnya untuk mencoba promosi dengan berkolaborasi dengan usaha lain yang sejalan dengan Anda. Saat ini banyak brand yang bekerjasama untuk menyelenggarakan acara promo bersama, mengadakan kuis atau giveaway, dan membuat produk edisi kolaborasi dengan jumlah terbatas (limited edition).

Strategi kolaborasi tergolong cukup sukses dalam menarik perhatian masyarakat. Umumnya orang-orang selalu tertarik dengan hal-hal baru. Hasilnya, reputasi brand dan penjualan Anda akan meningkat dengan cepat.

Seperti aksi kolaborasi antara bisnis minuman teh boba “Chatime” dengan perusahaan bumbu dapur “Sasa” baru-baru ini. Bersama-sama, mereka melakukan promosi dengan menghadirkan varian minuman boba dengan topping unik dari produk-produk Sasa.

Kolaborasi juga tidak melulu harus dilakukan antar bisnis. Anda dapat bekerjasama dengan influencer untuk mendapat keuntungan berupa promosi mulut-ke-mulut. Influencer adalah orang-orang yang mempunyai pengaruh besar di masyarakat. Saat ini pun ada banyak influencer yang membuka jasa kerjasama untuk membantu bisnis kecil.

Contoh kolaborasi dengan influencer yang juga sedang viral bulan ini adalah restoran makanan cepat saji “McDonald’s” dengan boyband asal Korea “BTS”. Melalui kolaborasi ini, pihak McD merilis menu khusus BTS Meal yang sukses diserbu pembeli dalam sehari.

6. Amati Gerak-Gerik Pesaing Anda

Kesuksesan cara bisnis kecil kecilan nyatanya tidak selalu dihasilkan dari promosi saja. Terkadang, mengamati gerak-gerik dan strategi pesaing bisnis Anda juga penting.

Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa bisnis adalah ladangnya persaingan. Setiap hari ada banyak bisnis saling berkompetisi untuk merebut hati pembeli. Akan tetapi kehadiran kompetitor tidak melulu merupakan hambatan yang harus disesali. Anda bisa lho mempelajari gerak-gerik pesaing untuk mengetahui bagaimana cara terbaik mendatangkan konsumen.

Pelajari apa saja produk atau jasa yang dijual pesaing Anda. Cari tahu apa kelebihan dan kekurangannya. Dari sini, Anda dapat mencoba menawarkan produk atau jasa yang belum disediakan oleh kompetitor.

Selain itu, Anda bisa menyimak cara-cara kreatif yang kompetitor lakukan saat mempromosikan bisnisnya. Tidak ada salahnya untuk mencoba dan memodifikasi teknik mereka, terutama jika Anda belum punya inspirasi atau tahu cara membuat kampanye iklan yang menarik.

Artikel terkait  Yuk Beriklan Di 10 Platform OOH Terbaik Indonesia Ini!

7. Menata Desain dan Tampilan Toko dengan Baik

desain-logo-olshop

Bayangkan situasi ini: iklan Anda sudah sukses menarik perhatian konsumen. Sekarang ia mengunjungi toko online Anda untuk membeli produk. Namun sesampainya di toko Anda, konsumen kesulitan mencerna bentuk dan tampilan toko. Ia tidak bisa menemukan produk dan juga tombol-tombol untuk memesan barang.

Dengan situasi seperti itu, apakah konsumen masih mau membeli produk yang ia lihat dari iklan Anda? Jawabannya sudah jelas “Tidak”.

Desain dan tampilan toko online Anda berperan penting untuk memberi pengalaman kunjungan yang menarik bagi calon pembeli. Sebab ketika konsumen sampai di toko Anda, yang pertama kali ia lihat adalah desain toko komposisi warna, susunan item-item di toko, tombol-tombol navigasi, dan sebagainya.

Sebuah toko yang tidak menarik tampilannya jelas akan membuat konsumen ragu untuk berbelanja. Mereka akan mempertanyakan keaslian toko Anda, dan bisa saja mencurigai toko Anda sebagai oknum bisnis palsu. Tampilan toko yang tidak rapi juga bisa menyulitkan konsumen saat bertransaksi.

Jadi mulailah untuk memastikan toko online Anda terisi dengan fitur-fitur yang baik dan lengkap. Pastikan identitas bisnis terpampang dengan jelas untuk meningkatkan rasa percaya konsumen.

Jika Anda bingung bagaimana cara menata tampilan website atau aplikasi toko online Anda, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan APPKEY. APPKEY adalah perusahaan pengembang web dan aplikasi yang juga jago dalam urusan desain toko online. Tim desainer profesional APPKEY sudah berpengalaman dalam mendesain banyak tampilan web dan aplikasi bisnis sehingga tampak lebih menarik bagi konsumen.

Tertarik untuk mencoba? Yuk hubungi APPKEY sekarang di sini.

8. Promosikan Gratis Ongkir

Trik jualan online agar cepat laku yang terakhir adalah dengan mempromosikan gratis ongkir konsumen. Saat ini hampir semua bisnis yang laku menjual barangnya adalah mereka yang menyediakan gratis ongkir.

Secara psikologis, hampir semua konsumen tidak rela membayar biaya tambahan untuk belanjaan mereka seperti ongkos kirim (ongkir). Apalagi jika tarif ongkir cukup mahal karena alamat konsumen berada di pulau yang berbeda dengan penjual.

Bahkan anehnya, konsumen rela membayar produk sedikit lebih mahal asalkan mereka tidak perlu membayar ongkir. Jadi daripada membayar produk seharga 50 ribu dan ongkir 5 ribu, konsumen online lebih memilih membayar produk seharga 55 ribu dan ongkir 0 rupiah.

Demikianlah pembahasan artikel kali ini seputar cara bisnis kecil kecilan yang sukses. Selamat mencoba dan sampai bertemu lagi di artikel berikutnya dari MARKEY!


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang IT, Bisnis, Ekonomi, Berita Domestik dan Global langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

7 Jenis Font Paling Sering Digunakan Oleh Para Profesional Dalam Desain Grafis

Anda seorang desainer grafis? Atau, Anda baru hendak terjun kedalam dunia desain grafis? Pekerjaan membuat desain, meski terlihat mudah,...

Startup Repair Adalah ? Penyebab dan Cara Mengatasinya

Saat ini laptop menjadi alat yang memiliki peran begitu penting. Hampir semua orang menggunakan laptop untuk menyelesaikan pekerjaannya atau...

10 Contoh Iklan Penawaran Jasa dan Produk Paling Menarik!

Jika Anda pernah mengeluarkan produk atau layanan baru, Anda tahu betapa sulitnya mengeluarkan kata. Anda mungkin melakukan iklan penawaran...

7 Prinsip Desain Grafis yang Perlu Kamu Ketahui & Pelajari

Pernahkah Anda melihat sebuah film animasi atau sebuah gambar dengan desain grafis yang cantik, estetik dan menarik? Pernahkah Anda...

25 Tempat Jual Beli Online Terbaik dan Terpercaya di Indonesia

Dewasa ini, berkembangnya teknologi di Indonesia memunculkan beragam startup e-commerce berkonsep tempat jual beli online yang menjual produk lengkap...

Cara Mengedit Aplikasi Android Dengan Apk Editor

Pernahkah Anda berpikir untuk mengedit aplikasi Android? Jika pernah, ada banyak sekali pilihan aplikasi untuk mengedit aplikasi Android yang...

Facebook Ads dan Panduan Utamanya Untuk Bisnis Anda

Hampir semua orang pernah mengakses Facebook dan dari hasil pengumpulan survey, jumlah pengguna Facebook di Indonesia pada tahun 2018...

14 Aplikasi Desain Taman Untuk Pemula (Gratis)

Anda adalah salah seorang yang ingin memiliki rumah dengan desain taman yang menarik maka sangat cocok sekali beberapa informasi...

Pemasaran Internasional Adalah ? | Fungsi, Tujuan & Contoh

Salah satu topik bahasan wajib dalam dunia bisnis dan ekonomi adalah pemasaran. Kita memang tidak akan pernah terlepas dari...

Tahapan Produksi | Indikator Keberhasilan

Dalam dunia bisnis, produksi adalah hal yang wajib dilakukan. Tanpa adanya produksi, lalu bagaimana produk akan ada? Seorang pengusaha...

Website

WordPress

Maintenance

Server / Hosting

Domain

Front end

Backend

Laravel

Web programming

Teknologi web

Biaya pembuatan website

Aplikasi

Aplikasi Game

Aplikasi Android

Aplikasi iOS

Mobile Programming

Cross-platform

Biaya pembuatan aplikasi

Desain

Design Web

Design App

Design UI

Designer tools

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya