Media Bisnis Online | by APPKEY

Pemasaran Marketing strategy 6 Target Penting Bisnis E-Commerce 2021 yang Wajib Anda...

6 Target Penting Bisnis E-Commerce 2021 yang Wajib Anda Pegang agar Sukses Berkarir

-

Kira-kira, apakah yang akan Anda jawab jika seseorang bertanya, “Apa target bisnis online Anda?”. Kebanyakan pebisnis online awam akan menjawab bahwa target bisnis mereka adalah “Ingin meraih untung sebanyak-banyaknya”. Anda pastinya juga setuju dengan jawaban tersebut.

Mendapatkan keuntungan dalam berbisnis sudah pasti merupakan tujuan utama yang ingin Anda raih. Namun tahukah Anda, ternyata target “meraih keuntungan” justru bukan strategi yang tepat dalam dunia bisnis online?

Saat ini, dunia bisnis online e-commerce sedang berkembang pesat dan cepat. Semakin besar keuntungan yang bisa Anda raih melalui e-commerce nyatanya sejalan dengan semakin tinggi persaingan yang harus dihadapi. Tapi tidak perlu cemas, karena sekarang Anda bisa menyiasati persaingan di e-commerce semudah dengan memiliki target bisnis yang tepat.

Anda juga beruntung karena artikel kali ini akan membagi 6 target bisnis yang harus Anda miliki selama berbisnis di e-commerce. Jadi, Anda tidak perlu repot lagi membuat target bisnis sendiri! Yuk, langsung kita intip apa saja 6 target e-commerce pada artikel tips bisnis sukses berikut ini. Selamat membaca!

Pengertian Target Bisnis

target-bisnis-1

Sebelum melihat apa saja 6 target dalam bisnis e-commerce, mari pahami pengertian dari target bisnis.

Sederhananya, target bisnis adalah tujuan-tujuan dalam bisnis yang sengaja dibuat oleh pebisnis untuk diwujudkan di kemudian hari. Target ini bisa berupa target besar maupun kecil.

Target usaha yang besar umumnya bersifat jangka panjang, menjadi “garis finish” dari sebuah perjalanan bisnis, dan dapat diraih dengan mewujudkan beragam target kecil terlebih dahulu. Contoh target yang besar misalnya “Meraih omset ratusan juta”. Untuk mencapai target besar tersebut, bisnis Anda tentunya perlu melakukan banyak usaha dalam jangka panjang.

Sedangkan target yang kecil bersifat lebih mudah dilaksanakan atau dicapai, dan bersifat jangka pendek. Selain itu, target-target kecil umumnya lebih beragam dan banyak jumlahnya ketimbang target besar. Kumpulan target kecil juga bisa membawa Anda mencapai target besar. Contohnya adalah “Meningkatkan jumlah loyalitas pelanggan” atau “Memaksimalkan SEO bisnis”.

Mengapa Tips-Tips Bisnis Sukses Menyarankan Anda untuk Punya “Target”?

Mempunyai target usaha yang jelas, rinci dan konkret atau nyata adalah sebuah cara mengembangkan usaha dagang yang baik. Sebab target usaha sudah terbukti mampu membawa banyak manfaat, seperti:

  • Mempermudah Anda dalam mengarahkan bisnis untuk mencapai tujuan utama.
  • Mampu meningkatkan kesuksesan bisnis online Anda secara signifikan.
  • Menjadi strategi khusus untuk mengungguli persaingan bisnis dengan langkah-langkah yang unik dan sulit ditiru.
  • Menambah motivasi ketika bisnis diterpa beragam cobaan dan tantangan. Anda tidak akan mudah kehilangan arah karena sudah punya beragam rencana dan target yang ingin dicapai.
  • Menyederhanakan pekerjaan bisnis yang sebelumnya dirasa lebih berat ke dalam tugas-tugas dan target kecil.

Dan masih banyak lagi keuntungan yang bisa Anda raih jika memilih cara mengembangkan usaha dagang dengan membuat target. Namun Anda perlu ingat ketika membuat target usaha, susunlah rencana dan target tersebut serealistis mungkin.

Sebaiknya hindari hanya membuat 1 target bisnis yang terlalu umum seperti “ingin meraih untung sebanyak-banyaknya”. Strategi ini tidak tepat karena tidak berisi rencana-rencana nyata terkait cara mewujudkan target.

Akan lebih baik jika Anda memodifikasi target tadi menjadi seperti ini:

  • Target utama (umum): “ingin meraih untung sebanyak-banyaknya”.
  • Target kecil (khusus) “memaksimalkan jumlah pengunjung”, “meningkatkan promosi di sosial media”, “membangun komunikasi dan loyalitas pengunjung”.

Dengan begini, Anda hanya perlu memenuhi target-target kecil yang sudah ditetapkan. Nantinya bisnis Anda akan berjalan dengan sendirinya mencapai target utama. Mudah, bukan?

Artikel terkait  Tingkatkan Penjualan Dengan Merchandise Unik Ini!

6 Target Penting yang Harus Anda Raih saat Berbisnis di E-Commerce 2021

target bisnis 2

Berikut ini adalah 6 target sebagai kiat sukses usaha dagang online yang bisa Anda coba untuk memaksimalkan omset:

Target 1: Membuat Daftar E-mail Pelanggan

Cara mengembangkan usaha dagang pertama adalah dengan mengumpulkan alamat e-mail aktif dari calon konsumen yang pernah melihat-lihat toko Anda. Tujuan dari target ini adalah untuk menambah jumlah pelanggan melalui strategi e-mail marketing.

Dalam dunia bisnis e-commerce, Anda mungkin sering sekali menjumpai orang-orang yang melihat produk Anda tetapi tidak membelinya. Tipe orang seperti ini biasanya adalah calon pembeli potensial. Hanya saja mereka memerlukan sedikit dorongan promosi agar lebih teryakinkan untuk membeli produk.

Untuk menyiasatinya, Anda bisa mencoba trik e-mail marketing. E-mail marketing terkenal manjur untuk meyakinkan calon konsumen berbelanja karena menggunakan trik pendekatan yang personal. Selain itu, promosi dapat dilakukan secara berkala kepada konsumen. Hasilnya, mereka pun tidak akan merasa ragu lagi untuk membeli produk.

Sekarang tugas Anda hanyalah mengumpulkan alamat e-mail dari setiap pengunjung e-commerce Anda. Anda bisa membujuk setiap pengunjung dengan menawarkan hadiah gratis seperti e-book dan voucher dengan syarat harus mencantumkan alamat e-mail sebelum mengklaim hadiah. Anda juga bisa mengarahkan konsumen untuk membuat akun pengguna di e-commerce.

Target 2: Membangun Loyalitas Konsumen terhadap Toko Anda

target-bisnis-3

Target berikutnya adalah bangun loyalitas konsumen terhadap toko Anda. Membangun loyalitas konsumen merupakan hal penting demi meningkatkan keuntungan.

Beberapa manfaat dari memiliki konsumen yang loyal antara lain:

  • Tidak perlu khawatir toko sepi pengunjung karena Anda sudah punya pelanggan tetap.
  • Konsumen lama jauh lebih mudah untuk diyakinkan mencoba produk atau jasa baru. Ini karena mereka sudah punya pengalaman bagus di toko Anda.
  • Konsumen yang loyal selalu mengutamakan belanja di tempat Anda alih-alih di tempat lain.
  • Pelanggan setia dapat merekomendasikan toko Anda kepada teman-teman dan keluarga mereka, sehingga Anda bisa mendapat konsumen baru.

Salah satu cara terbaik untuk membangun loyalitas konsumen adalah dengan mengadakan program “reward” atau pemberian hadiah gratis. Hadiah dapat diberikan jika konsumen sudah memenuhi syarat, seperti sudah berbelanja sebanyak 10x atau berbelanja hingga nominal tertentu.

Tidak sedikit konsumen tertarik untuk berlangganan di sebuah toko karena mereka mengincar hadiah-hadiah reward tersebut. Anda bebas menentukan hendak memberikan reward dalam bentuk apa saja, misalnya voucher diskon, hadiah merchandise, cashback, atau item-item eksklusif.

Dengan iming-iming hadiah menarik, konsumen jelas tidak akan pikir panjang untuk segera  berlangganan belanja di tempat Anda.

Target 3: Mengoptimalisasi Toko dengan SEO Google

Saat ini ada lebih dari 90% orang menggunakan Google untuk mencari semua informasi, termasuk informasi tentang produk kebutuhan. Maka dari itu, Anda wajib mengoptimalisasi toko online Anda di Google dengan SEO.

SEO atau Search Engine Optimization adalah trik marketing terpopuler dalam dunia bisnis online. Dengan menggunakan SEO, halaman website e-commerce Anda bisa selalu muncul dalam posisi teratas di Google. Akibatnya, konsumen akan langsung tertarik mengklik website e-commerce Anda.

Semakin banyak orang yang mengetahui toko Anda melalui Google, maka hasilnya akan semakin baik. Anda bisa dengan mudah menambah jumlah pembeli baru dan mendapat keuntungan maksimal.

MARKEY juga menyediakan banyak pedoman dan tutorial sukses SEO, lho! Sebagai permulaan, Anda bisa menyimak artikel spesial seputar SEO ini: Apa Itu SEO? Belajar Tuntas Ilmu Dasar SEO Paling Lengkap Sekaligus Termudah untuk Pemula

Target 4: Mendorong Konsumen untuk Check-Out Belanjaan

Survey terkait e-commerce membuktikan bahwa lebih dari 97% pengunjung toko online hanya gemar menambah produk ke dalam keranjang belanja mereka dan tidak membelinya (check out). Jika dibiarkan, maka produk Anda dapat terlalu lama tersimpan di keranjang konsumen dan tidak benar-benar terjual.

Oleh sebab itu, target Anda selanjutnya adalah mendorong konsumen untuk men-check out belanjaan mereka. Terdapat beberapa cara yang bisa Anda praktekkan untuk mengatasi masalah satu ini:

1. Mengirimkan Pengingat secara Berkala

Beberapa konsumen tidak men-check out barang di keranjang belanja online mereka karena lupa. Hal ini bisa terjadi gara-gara mereka mendiamkan produk terlalu lama di keranjang. Anda bisa mengirimkan pengingat untuk men-check out produk agar pembeli membayar barang yang telah dipilih.

2. Menganalisis Permasalahan

Lakukanlah analisis permasalahan untuk mencari tahu persisnya penyebab konsumen tidak men-check out produk Anda. Bisa saja terkadang permasalahannya datang dari sistem e-commerce Anda sendiri, seperti error saat proses pembayaran, sistem check out yang terlalu rumit, atau metode pembayaran yang tersedia sangat terbatas sehingga menyulitkan konsumen.

3. Menawarkan Diskon Flash Sale

Diskon flash sale menjadi strategi terbaik untuk mendorong konsumen men-check out produk. Ini karena harga produk menjadi sangat murah selama sesi flash sale. Konsumen tentunya tidak ingin menyia-nyiakan kesempatan dan langsung memilih untuk check out.

4. Menyediakan Banyak Pilihan Pembayaran

Jangan lupa untuk menyediakan beragam pilihan pembayaran demi memudahkan konsumen bertransaksi. Anda bisa menyediakan opsi pembayaran berupa transfer bank, e-wallet, uang tunai (COD) dan masih banyak lagi.

Target 5: Memaksimalkan Sosial Media untuk Memancing Konsumen Sebanyak-Banyaknya

Target selanjutnya adalah memaksimalkan sosial media untuk mendapatkan konsumen sebanyak-banyaknya. Saat ini sosial media sudah tidak hanya digunakan untuk mencari hiburan. Banyak bisnis online sukses mengembangkan usahanya di sosial media.

Bahkan tak sedikit juga masyarakat yang mencari informasi produk, jasa atau perusahaan di sosial media. Terutama para kaum milenial kekinian yang menghabiskan berjam-jam waktunya di sosial media seperti TikTok, Instagram, Twitter dan Facebook.

Jadi tidak ada salahnya bagi Anda untuk mencoba mempromosikan usaha semaksimal mungkin di sosial media. Selain itu, promosi di sosial media 100% gratis dan simpel.

Anda juga bisa lebih cepat akrab dan dekat dengan calon konsumen karena sosial media menyediakan banyak fitur interaktif yang menarik. Contohnya seperti fitur stories, live streaming, chat DM, emoji dan stiker, serta masih banyak lagi.

Artikel terkait  6 Cara Membujuk Pengguna untuk Meningkatkan Konversi

Target 6: Mendorong Konsumen Membeli Produk yang Lebih Besar

Target e-commerce terakhir yang harus Anda wujudkan adalah mendorong konsumen untuk membeli produk-produk yang lebih besar ukurannya. Strategi ini mulai marak dilakukan dalam dunia bisnis modern dan dikenal dengan nama “upselling”.

Mungkin Anda sendiri pernah mengalami strategi upselling sebelumnya tanpa disadari. Semisal ketika Anda membeli minuman es boba dan mendapat penawaran untuk “menambah ukuran” dengan biaya yang tidak terlalu mahal. Itulah contoh strategi upselling di toko offline / pembelian langsung.

Sedangkan contoh strategi upselling di toko online misalnya seperti ini:

Anda menjual tas wanita online. Anda bisa menawarkan kepada konsumen beberapa tas branded dengan desain eksklusif dan harga sedikit lebih mahal dibandingkan tas yang lain. Hasilnya, konsumen akan tertarik untuk membeli tas branded karena merasa lebih untung bisa mendapat tas kualitas premium dengan harga tak jauh berbeda dibanding tas yang lain.

Menarik, bukan? Strategi “upselling” ini sangat efektif untuk meningkatkan pendapatan sekaligus memperkenalkan nilai tambah pada produk Anda. Selain itu konsumen juga dapat merasa lebih puas dan mau berlangganan di toko Anda setelah mendapatkan produk yang melebihi ekspektasi awal mereka.

Demikianlah kiat sukses usaha dagang online 2021 dengan memaksimalkan target usaha. Semoga tips bisnis sukses di atas bermanfaat untuk memaksimalkan toko online Anda, ya.

Yuk lengkapi juga wawasan Anda seputar cara mengembangkan usaha dagang lainnya bersama MARKEY. Download gratis aplikasi MARKEY|Media Bisnis Online sekarang di Google Play (https://play.google.com/store/apps/details?id=com.appkey.markey). Nantinya, Anda bisa langsung terhubung ke ratusan artikel kiat sukses usaha dagang online menarik lainnya. Semuanya gratis!

Terima kasih dan sampai bertemu lagi di artikel selanjutnya dari MARKEY!


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang IT, Bisnis, Ekonomi, Berita Domestik dan Global langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

7 Jenis Font Paling Sering Digunakan Oleh Para Profesional Dalam Desain Grafis

Anda seorang desainer grafis? Atau, Anda baru hendak terjun kedalam dunia desain grafis? Pekerjaan membuat desain, meski terlihat mudah,...

Startup Repair Adalah ? Penyebab dan Cara Mengatasinya

Saat ini laptop menjadi alat yang memiliki peran begitu penting. Hampir semua orang menggunakan laptop untuk menyelesaikan pekerjaannya atau...

10 Contoh Iklan Penawaran Jasa dan Produk Paling Menarik!

Jika Anda pernah mengeluarkan produk atau layanan baru, Anda tahu betapa sulitnya mengeluarkan kata. Anda mungkin melakukan iklan penawaran...

7 Prinsip Desain Grafis yang Perlu Kamu Ketahui & Pelajari

Pernahkah Anda melihat sebuah film animasi atau sebuah gambar dengan desain grafis yang cantik, estetik dan menarik? Pernahkah Anda...

25 Tempat Jual Beli Online Terbaik dan Terpercaya di Indonesia

Dewasa ini, berkembangnya teknologi di Indonesia memunculkan beragam startup e-commerce berkonsep tempat jual beli online yang menjual produk lengkap...

Facebook Ads dan Panduan Utamanya Untuk Bisnis Anda

Hampir semua orang pernah mengakses Facebook dan dari hasil pengumpulan survey, jumlah pengguna Facebook di Indonesia pada tahun 2018...

Tahapan Produksi | Indikator Keberhasilan

Dalam dunia bisnis, produksi adalah hal yang wajib dilakukan. Tanpa adanya produksi, lalu bagaimana produk akan ada? Seorang pengusaha...

Pemasaran Internasional Adalah ? | Fungsi, Tujuan & Contoh

Salah satu topik bahasan wajib dalam dunia bisnis dan ekonomi adalah pemasaran. Kita memang tidak akan pernah terlepas dari...

14 Aplikasi Desain Taman Untuk Pemula (Gratis)

Anda adalah salah seorang yang ingin memiliki rumah dengan desain taman yang menarik maka sangat cocok sekali beberapa informasi...

Cara Mengedit Aplikasi Android Dengan Apk Editor

Pernahkah Anda berpikir untuk mengedit aplikasi Android? Jika pernah, ada banyak sekali pilihan aplikasi untuk mengedit aplikasi Android yang...

Website

WordPress

Maintenance

Server / Hosting

Domain

Front end

Backend

Laravel

Web programming

Teknologi web

Biaya pembuatan website

Aplikasi

Aplikasi Game

Aplikasi Android

Aplikasi iOS

Mobile Programming

Cross-platform

Biaya pembuatan aplikasi

Desain

Design Web

Design App

Design UI

Designer tools

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya